Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Siap Cari Kerja? Ini Dia 7 Contoh CV Fresh Graduate yang Menarik!

11 January 2021
Share icon
Share
Siap Cari Kerja? Ini Dia 7 Contoh CV Fresh Graduate yang Menarik!

Baru lulus dan bingung mau buat CV fresh graduate yang menarik? Simak contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman yang dapat kamu kembangkan untuk CV milikmu!


CV Fresh Graduate – Setelah menyelesaikan kegiatan kuliah dan dinyatakan lulus, seseorang tersebut telah menjadi lulusan baru atau fresh graduate. Seorang fresh graduate dapat langsung membuat CV miliknya untuk memulai karir di dunia profesional.

Dalam membuat CV fresh graduate, kamu harus selektif dalam menentukan dan memasukan konten ke dalam CV. kamu perlu memperhatikan perusahaan yang ingin dilamar dengan isi dari CV fresh graduate yang kamu buat.

Maka dari itu, kamu pasti sudah mencari contoh CV menarik untuk fresh graduate yang dapat kamu gunakan sebagai acuan membuat CV pertama kamu. Terlebih, bagi yang belum memiliki pengalaman profesional, pasti akan mencari contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman.

Membuat CV fresh graduate yang tepat merupakan langkah utama kamu dalam memasuki dunia profesional. Seperti apa contoh CV menarik untuk fresh graduate yang dapat kamu buat? Simak ringkasan contoh CV fresh graduate berikut ini!

BACA JUGA: Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan CV dan Resume

Bagian – Bagian Penting dalam CV Fresh Graduate Kamu

Bagian Penting dalam CV Fresh Graduate
Sumber: Unsplash

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam membuat CV fresh graduate harus selektif dalam memilih isi. Namun secara umum, CV sendiri biasanya berisi pernyataan komprehensif yang mencantumkan kualifikasi profesional, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, hobi hingga skill yang relevan.

Berikut adalah bagian – bagian penting yang harus kamu cantumkan dalam CV fresh graduate kamu:

1. Personal Detail dan Informasi Kontak

Pastikan kamu menaruh data personal dan informasi kontak yang meliputi, nama, tanggal lahir, alamat, nomor handphone, dan email. Bisa juga dengan menambahkan akun sosial media yang berkaitan dengan dunia profesional seperti LinkedIn.

2. Ringkasan

Ringkasan yang dimaksud merupakan ringkasan dari pencapaian kamu pada bagian awal CV. ringkasan yang kamu tulis dapat berisikan skill, pengalaman, dan juga pekerjaan apa yang sedang kamu cari.

3. Pencapaian

Kamu bisa menuliskan pencapaian kamu di masa kuliah seperti beasiswa, cumlaude, student exchange, double degree, kejuaraan pada tingkat terkecil ataupun internasional, dan lain sebagainya.

4. Pendidikan dan Kualifikasi

Jangan lupa untuk menuliskan nama lembaga atau universitas, jurusan, gelar, dan IPK terakhir kamu. Jika kamu membuat tugas akhir atau skripsi yang relevan dengan kebutuhan pekerjaan, kamu juga bisa mencantumkan judul skripsi pada bagian ini.

5. Internship

Semasa kuliah, beberapa universitas meminta anak didiknya untuk terjun ke lapangan dengan program magang atau Internship. Pengalaman magang ini dapat juga kamu cantumkan pada CV fresh graduate sebagai nilai pengalaman tambahan.

Kamu bisa mencantumkan posisi saat magang, deskripsi pekerjaan, nama perusahaan, lokasi, juga rentang waktu magang.

BACA JUGA: 8 Contoh Desain CV yang Kreatif untuk Menarik Perhatian Recruiter

6. Volunteer atau Community 

Mengikuti komunitas semasa kuliah juga dapat menjadi nilai tambah bagi fresh graduate yang sedang mencari kerja. Fresh graduate yang aktif di kegiatan sosial diasumsikan memiliki jiwa sosial yang tinggi, dapat diandalkan, kreatif, bertanggung jawab, mudah beradaptasi, serta dapat lebih bijaksana dalam menghadapi permasalahan.

Kamu bisa menuliskan posisi dan hasil dari pekerjaan kamu dalam komunitas tersebut.

7. Skill

Dalam mencantumkan skill atau keterampilan, kamu perlu mencantumkannya secara spesifik dan relevan sesuai dengan kebutuhan posisi yang akan kamu lamar. Pada kategori ini, biasanya meliputi keterampilan teknis, komputer, dan bahasa.

Bagian keterampilan ini dapat lebih kamu tonjolkan jika belum memiliki pengalaman profesional sama sekali.

8. Hobby

Sebelum mengirimkan CV fresh graduate kamu, pastikan untuk melihat perusahaan terlebih dahulu. Jika kamu mendaftarkan diri di perusahaan yang lebih informal dan menekankan pentingnya keseimbangan kehidupan kerja, kamu bisa menambahkan hobi dan minat pada CV fresh graduate yang akan dikirimkan.

Contoh CV Menarik untuk Fresh Graduate

Setelah memahami konten atau isi dari CV, kamu bisa melihat contoh CV menarik untuk fresh graduate berikut sebagai contoh yang dapat kamu kembangkan lebih jauh lagi:

1. CV Fresh Graduate Two Tone

CV fresh graduate Two Tone
Sumber: Freepik

Contoh CV menarik untuk fresh graduate pertama adalah dengan menggunakan kombinasi dua warna. Kamu bisa menggunakan warna utama pada bagian penting yang meliputi pengalaman, skill, komunitas, dan riwayat pendidikan.

Bagi yang belum memiliki pengalaman, bisa juga mengganti bagian experience dengan prestasi akademik maupun non akademik yang pernah diraih selama kuliah.

2. CV Fresh Graduate untuk Perusahaan Informal

CV Fresh Graduate untuk Perusahaan Informal
Sumber: Freepik

Seperti penjelasan sebelumnya, kamu bisa mencantumkan kolom hobi pada CV fresh graduate untuk perusahaan yang lebih informal. Meski begitu, bagian hobi tersebut jangan sampai menutupi bagian penting lainnya, seperti pengalaman, skill, dan edukasi.

BACA JUGA: Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021

3. CV Fresh Graduate Colorful

CV Fresh Graduate Colorful
Sumber: Freepik

Bagi yang ingin melamar di perusahaan kreatif atau agensi, kamu bisa juga menggunakan contoh CV fresh graduate colorful ini. Pastikan kamu melihat latar belakang perusahaan agar CV yang kamu kirimkan dapat lebih relevan.

Contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman dapat mengganti bagian “Work Experience” dengan produk seperti blog atau desain yang sudah pernah kamu buat.

4. Fokus Interest pada CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Fokus Interest pada CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman
Sumber: Freepik

Contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman satu ini, menggunakan Interest atau ketertarikan yang relevan dengan Requirements yang dibutuhkan. Kamu bisa mengganti bagian “Work Experience” sepenuhnya dengan Interest atau menggantinya menggunakan pencapaian akademik formal dan informal yang pernah didapat.

5. Tambahkan Bagian Kemampuan Bahasa

Tambahkan Bagian Kemampuan Bahasa
Sumber: Freepik

Selain skill dan interest, kamu juga bisa menjadikan contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman yang menambahkan bagian kemampuan bahasa seperti ini. Dengan begitu, pada bagian “Experience” kamu bisa menunjukan skill atau interest yang sesuai dengan kebutuhan.

6. Gunakan Pengalaman Organisasi

Gunakan Pengalaman Organisasi
Sumber: Freepik

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pengalaman organisasi atau komunitas dapat memberikan nilai lebih pada CV kamu. Selain itu, pengalaman organisasi juga dapat kamu gunakan untuk menggantikan bagian pengalaman kerja bagi yang belum mempunyai pengalaman.

7. Perbanyak Referensi CV Modern

Perbanyak Referensi CV Modern
Sumber: Freepik

Semakin berkembangnya teknologi memudahkan kamu dalam mencari contoh CV menarik untuk fresh graduate di Internet. Kamu bisa menemukan desain – desain menarik seperti dengan menambahkan kalimat pembuka pada nama, desain skill yang bervariasi, dan lain sebagainya.

Kamu dapat menggunakan desain – desain yang relevan dengan perusahaan yang ingin dilamar sebelum membuat CV kamu sendiri. Dengan banyaknya contoh CV menarik untuk fresh graduate ini, kamu bisa mendapatkan dan mengembangkan ide untuk membuat CV kamu.

BACA JUGA: Panduan dan Cara Mengisi Survei Prakerja yang Benar


Itu dia 7 contoh CV bahasa inggris fresh graduate yang dapat kamu kembangkan dan gunakan untuk kepentingan proses melamar kerja kamu. Kamu juga bisa mengganti beberapa bagian pada CV bagi yang belum memiliki pengalaman di dunia kerja.

Pastikan kamu memperhatikan latar belakang perusahaan sebelum menggunakan desain CV yang akan digunakan. Terdapat perusahaan yang bersifat formal dan informal yang mengharuskan kamu untuk memeriksa desain untuk CV yang digunakan.

Bagi yang belum memiliki pengalaman di dunia kerja, kamu bisa meningkatkan atau menambahkan skill yang dibutuhkan dengan mudah di Tokopedia, lho! Kamu bisa membeli voucher Kartu Pra Kerja dari berbagai kategori yang kamu butuhkan untuk membuat CV fresh graduate yang lebih menarik! Ayo kembangkan kemampuanmu untuk membuat CV fresh graduate yang berkualitas bersama Tokopedia!

jual laptop
Tunjang produktivitas tingkat tinggi dengan laptop andalan terbaik di sini!

Penulis: Lazuardi

TAGS
    Share icon
    Share

    RELATED ARTICLES

    Editor Picks
    NFT, Masa Depan Seni Digital atau 'Fatamorgana'?
    Popular Category
      © 2009-2022, PT Tokopedia