Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

7 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

27 January 2022
Share
7 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Sedang tidak enak badan atau ada kepentingan keluarga? Berikut ini contoh surat izin tidak masuk sekolah yang bisa kamu tulis untuk wali kelas.


Surat izin tidak masuk sekolah adalah sebuah surat izin yang biasa diajukan oleh siswa saat berhalangan hadir untuk ke sekolah. Dalam penulisannya, surat ini biasa ditulis oleh orangtua murid atau siswa itu sendiri.

Dalam pembuatannya, surat izin tidak masuk sekolah tidak memerlukan kop surat, nomor surat, atau kepala surat karena bersifat pribadi, namun tetap harus menggunakan bahasa resmi atau baku karena ditujukan untuk lembaga atau instansi di sekolah.

Ada banyak penyebab seorang siswa tidak bisa menghadiri kegiatan belajar mengajar di sekolah, seperti sakit, kecelakaan, kepentingan keluarga, dan juga rawat inap karena sakit. Berikut ini contoh surat izin tidak masuk sekolah yang bisa kamu tulis untuk wali kelas. Simak selengkapnya.

Baca Juga: 7 Contoh Surat Niaga untuk Kebutuhan Bisnis

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat izin tidak masuk sekolah biasanya ditulis dalam kertas satu lembar yang dimasukkan ke dalam sebuah amplop. Biasanya para orangtua akan mengirimnya ke sekolah sebelum berangkat kerja.

Namun, kamu juga bisa mengirimkannya via WhatsApp, Toppers. Untuk lebih jelasnya, simak contoh suratnya berikut ini.

1. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Sakit

Sakit merupakan kondisi saat kesehatan seseorang terganggu. Hal ini seringkali dialami seseorang, sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Berikut ini surat izin tidak masuk sekolah karena sakit yang bisa kamu gunakan, Toppers.

Bandung, 5 Mei 1999

Yth. Bapak/Ibu Guru

di Sekolah

Dengan hormat,

Dengan ini saya beritahukan bahwa saya yang bernama Sukma Ayu Kelas XII IPA 4 tidak dapat melaksanakan kegiatan belajar seperti biasanya dikarenakan sakit demam, mohon Bapak/Ibu guru dapat memakluminya.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sukma Ayu

2. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Ditulis oleh Orangtua

Surat sakit biasanya ditulis oleh orangtua siswa sebagai wali murid dari siswa tersebut. Surat pribadi ini bersifat resmi karena ditujukan untuk wali kelas murid di sekolah.

Para orangtua biasanya menitipkan surat izin tidak masuk sekolah kepada satpam di sekolah yang langsung diteruskan kepada wali kelas.

Bandung, 7 Mei 2004

Yth. Bapak Wali Kelas XII IPA 5

Bandung, Jawa Barat

Dengan hormat,

Semoga kesejahteraan, keselamatan, dan kesehatan selalu mengiringi Bapak sebagai Wali Kelas anak saya. Dengan ini, saya, orang tua Ari Yusuf, mohon agar Bapak dapat mengizinkan Ari untuk ikut dalam perjalanan bisnis saya keluar kota, mulai dari tanggal 10 Mei hingga 24 Mei 2004.

Demikian surat permohonan izin ini saya ajukan. Atas perhatian dan izin yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih. Tak lupa kami sekeluarga mengucapkan mohon maaf lahir batin.

Wassalamualaikum wr. wb

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Rudolf

3. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Ditulis Sendiri

Selain oleh orang tua, surat izin tidak masuk sekolah juga bisa ditulis oleh siswa itu sendiri karena orangtua sedang berhalangan untuk mewakili anaknya menulis surat sakit. Surat ini harus ditulis dengan bahasa yang formal dengan alasan yang jelas.

Bandung, 11 Januari 2011

Yth. Wali Kelas X B

SMPN 11 Bandung

Dengan hormat,

Dengan ini saya beritahukan kepada Ibu Wali Kelas, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter Nuraini, tanggal 11 Januari 2011, saya diharuskan istirahat selama 3 hari, mulai 11-13 Januari 2011. Sehubungan dengan hal tersebut, saya mohon izin kepada Ibu Wali Kelas X B untuk tidak masuk kelas.

Atas izin yang Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Trivona

4. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Ada Kepentingan

Tak hanya sakit, surat izin tidak masuk sekolah juga bisa ditulis karena ada kepentingan yang mewajibkan anak mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh keluarga, kepentingan bisnis, atau kegiatan lainnya, Toppers.

Bandung 10 Agustus 2021

Yth. Ibu Wali Kelas 8 A

SMPN 8 Bandung

Dengan hormat,

Saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama: Dennis Arrasyi

Kelas: 8A

Alamat: Jalan Mawar 2

Memberitahukan bahwa anak saya tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasanya pada hari Senin 10 Agustus 2021 karena saudara kandung sedang menikah dan tidak bisa ditinggalkan. Maka dari itu, kamu memohon kepada Ibu Wali Kelas 8 A agar memberikan izin.

Demikian surat yang kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

(Ttd)

Waluyo

5. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah via WhatsApp

Ingin mengirim surat izin tidak masuk sekolah dengan praktis? Kamu juga bisa mengirimkannya via WhatsApp, Toppers. Jangan lupa memperkenalkan diri dan gunakan bahasa yang sopan, ya!

Assalamualaikum, selamat pagi Ibu Nani.

Nama Saya Arabella dari kelas 9C. Saya ingin mengabarkan bahwa hari ini belum bisa masuk sekolah dan mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya dikarenakan sakit. Atas situasi ini, dimohon kepada Ibu Nani untuk memberikan izin. Terima kasih, Bu.

6. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Rawat Inap

Surat izin tidak masuk sekolah biasanya ditulis jika siswa tidak bisa mengikuti pelajaran mulai dari 1-3 hari. Namun, para orangtua juga bisa menuliskan surat secara formal kepada wali kelas jika anaknya sedang menjalani rawat inap di rumah sakit.

Jakarta, 5 Mei 2020

Yth. Ibu Wali Kelas 5A

SD Pelita Mulia

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua dari:

Nama: Ayu Almas

Kelas: 5A

Alamat: Jalan Melati 5

Memberikan kabar kepada Ibu Wali Kelas 5A, bahwa putri saya izin untuk tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar, mulai dari tanggal 5-10 Mei 2020. Hal tersebut dikarenakan anak saya sedang sakit tipes dan membutuhkan rawat jalan oleh dokter.

Saya sebagai orangtua dari Ayu Almas, memohon kepada Ibu Wali Kelas untuk memberikan izin tidak masuk sekolah untuk beberapa hari.

Demikian surat ini saya buat dengan benar. Atas perhatian Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(ttd)

Siti S.

7. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Kecelakaan

Musibah memang tidak bisa diprediksi. Ketika anak mengalami musibah seperti kecelakaan, adakalanya, siswa tersebut harus izin mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Berikut ini surat izin tidak masuk sekolah karena kecelakaan yang bisa para orangtua tulis.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Kecelakaan

Jakarta, 4 Mei 2020

Yth. Ibu Wali Kelas X B

SMAN 17 Bandung

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua dari:

Nama: Richardo

Kelas: X B

Alamat: Jalan Anggrek 1

Memberikan kabar kepada Ibu Wali Kelas X B, bahwa putra saya izin untuk tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar, mulai dari tanggal 4-20 Mei 2020. Hal tersebut dikarenakan anak saya mengalami musibah kecelakaan dan sedang dirawat di rumah sakit.

Saya sebagai orangtua dari Richardo, memohon kepada Ibu Wali Kelas untuk memberikan izin tidak masuk sekolah untuk beberapa hari.

Demikian surat ini saya buat dengan benar. Atas perhatian Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(ttd)

Wawan

Baca Juga: 8 Contoh Kop Surat, Bagian Penting dalam Surat Formal


Itu dia Toppers cara membuat surat izin tidak masuk sekolah jika sang buah hati sedang tidak enak badan atau perlu ikut dalam kepentingan keluarga yang mendesak.

Ingin membuat surat lainnya untuk berbagai keperluan sekolah, bisnis, atau kerja? beli perlengkapan surat-menyurat seperti amplop dan cap surat hanya di Tokopedia.

article

Share
Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

Daftar Promo Imlek 2023 Tokopedia, dari Makanan sampai Gadget!
Topik Seru Lainnya
Daftar Promo Imlek 2023 Tokopedia, dari Makanan sampai Gadget!
© 2009-2023, PT Tokopedia