• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dalam Berbagai Bidang

20 February 2024

Share

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dalam Berbagai Bidang

Contoh surat perjanjian kerjasama terdapat beberapa jenis yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak macam-macam surat perjanjian kerjasama dan penjelasannya di sini!


Surat perjanjian kerjasama adalah dokumen perjanjian hukum antara dua pihak yang bekerja sama. Dokumen ini bertujuan untuk menjelaskan syarat dan ketentuan hubungan di antara pihak yang terkait.

Dalam dunia bisnis, surat perjanjian kerjasama adalah salah satu dokumen yang sering kali ditemui. Ini karena dalam berbisnis, adakalanya kamu perlu melakukan kerjasama dengan orang lain atau bahkan suatu perusahaan.

Isi surat perjanjian kerjasama atau yang lebih dikenal dengan nama Memorandum of Understanding (MoU) ini bisa berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, tergantung dari kerjasama apa yang dilakukan oleh pihak yang berkaitan.

Macam-macam Surat Perjanjian Kerjasama

Macam-macam Surat Perjanjian Kerjasama

Sumber: Pexels

Ada berbagai jenis surat perjanjian kerjasama yang dapat kamu buat, mulai dari kerjasama dagang, usaha, jasa, proyek, hingga investasi. Untuk selengkapnya, yuk simak pembahasan dan contoh surat perjanjian kerjasama berikut ini!

Baca Juga: Pengertian Supervisor dan Apa Saja Tugas & Tanggung Jawabnya

1. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Dagang

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Dagang

Sumber: Daya

Surat perjanjian kerjasama dagang biasanya dibuat oleh dua pihak yang ingin melakukan kerjasama dagang untuk meminimalkan risiko terjadinya kerugian yang tidak diinginkan, seperti penyalahgunaan aset atau penipuan.

Untuk membuat surat perjanjian kerjasama dagang, kamu perlu mencantumkan judul perjanjian, identitas pihak yang berkaitan, tujuan dibuatnya surat perjanjian kerjasama, cakupan kerjasama, ketentuan dan persyaratan, tanggal pembuatan surat, serta tanda tangan kedua belah pihak di atas meterai.

Mudahnya, kamu bisa membuat surat perjanjian seperti contoh surat perjanjian kerjasama dagang di atas.

2. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha

Sumber: Karinov

Contoh surat perjanjian kerjasama usaha hampir mirip dengan surat perjanjian kerjasama dagang. Ini karena keduanya sama-sama menyangkut suatu usaha atau bisnis.

Untuk membuat surat kerjasama usaha, kamu perlu mencantumkan judul surat, nomor surat, identitas diri pihak pertama dan pihak kedua, tujuan pembuatan surat, syarat dan ketentuan, tanggal pembuatan surat, dan meterai yang dibubuhi tanda tangan kedua belah pihak.

Syarat dan ketentuan dalam surat perjanjian kerjasama dapat ditulis dalam bentuk pasal-pasal, yang menjelaskan tentang bagaimana pihak-pihak yang terkait akan berkontribusi pada kerjasama yang dilakukan.

3. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Perusahaan

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Perusahaan

Sumber: JDIHN

Surat perjanjian kerjasama perusahaan biasanya dibuat oleh dua perusahaan yang melakukan kesepakatan untuk melakukan kerjasama, seperti yang tertera di contoh surat kerjasama perusahaan di atas.

Dalam membuat MoU perusahaan, kamu perlu mencantumkan logo perusahaan, judul surat, komparisi, ruang lingkup kerjasama, durasi, hak dan kewajiban para pihak, harga dan cara pembayaran, larangan, kerahasiaan, informasi ganti rugi, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kerjasama yang kamu lakukan.

Yang paling penting, kamu perlu mengecek kembali setiap detail yang tercantum dalam surat perjanjian kerjasama perusahaan, apakah sudah sesuai dengan kesepakatan yang disepakati bersama kedua belah pihak, sebelum menandatanganinya.

Tokopedia Print - Kebutuhan Perkantoran

Cetak peralatan kantor online di percetakan online Tokopedia Print! Hasil memuaskan dengan hasil cetakan berkualitas dan harga terbaik!

Baca Juga: Apa Itu Tenaga Kerja Outsourcing? Simak Penjelasannya!

4. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Proyek

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Proyek

Sumber: FH UII

Sama seperti namanya, surat perjanjian kerjasama proyek diperuntukkan untuk kegiatan proyek, seperti proyek konstruksi dengan pemborongan kerja atau proyek pembangunan suatu gedung.

Kamu dapat melihat contoh perjanjian kerjasama proyek seperti di atas. Secara keseluruhan struktur penulisannya tidak jauh berbeda dengan surat perjanjian kerjasama lainnya.

Namun yang perlu kamu perhatikan adalah tempat pelaksanaan proyek, anggaran dan proyek, serta ketentuan-ketentuan lainnya di antara pihak yang terkait.

5. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Investasi

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Investasi

Sumber: Dawet Raja

Surat perjanjian kerjasama investasi umumnya dibuat oleh perusahaan yang ingin meminta investasi atau memberikan investasi pada suatu perusahaan.

Untuk membuat surat perjanjian kerjasama investasi, kamu perlu mencantumkan syarat, ketentuan, serta nilai investasi yang disetujui oleh pihak terkait seperti contoh surat perjanjian kerjasama investasi di atas. 

Jangan lupa untuk menyebutkan rencana anggaran belanja perusahaan dengan rinci, agar pihak yang memberikan dana investasi atau investor percaya dan setuju untuk menandatangani surat perjanjian kerjasama.

6. Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Jasa

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Jasa

Sumber: Dinpermades Kab. Temanggung

Bentuk surat perjanjian kerjasama jasa tidak jauh berbeda dengan contoh surat perjanjian kerjasama jasa di atas.

Untuk membuat surat perjanjian ini, kamu perlu mencantumkan judul surat, nomor, surat, tanggal pembuatan surat, identitas pihak yang terkait, lingkup pekerjaan, lama kerjasama, nilai pekerjaan, serta hak dan kewajiban pihak-pihak yang melakukan kerjasama.

Jangan lupa untuk membubuhi surat perjanjian kerjasama atau MoU dengan tanda tangan kedua belah pihak yang disertai dengan meterai. Ini bertujuan agar perjanjian kerjasama kamu memiliki kekuatan hukum.

Baca Juga: Jadi Staff HRD Perusahaan? Simak Arti, Tugas, dan Kriteria

Itu dia Toppers macam-macam surat perjanjian kerjasama beserta dengan contohnya. Kamu bisa menyesuaikan surat perjanjian kerjasama yang kamu buat dengan ketentuan dan persyaratan yang kamu sepakati bersama dengan pihak terkait.

Jangan lupa untuk mencetak surat perjanjian kerjasama di kertas hvs menggunakan printer dan dimasukan ke dalam sebuah amplop atau map dokumen

Nah, untuk kamu yang ingin beli alat tulis, peralatan surat menyurat, dan kebutuhan stationery lainnya, sekarang semuanya bisa kamu dapatkan dengan mudah secara online di Tokopedia!

Penulis: Nyimas Pamela

© 2009-2024, PT Tokopedia