11 Daftar Perkakas/Alat Pertukangan Rumah Tangga, Wajib Ada!

0
1101
perkakas / alat pertukangan
Sumber Gambar: GoodFon

Daftar perkakas atau alat pertukangan yang memudahkan segala urusan pemasangan, perbaikan hingga pembuatan furnitur sendiri.


Salah satu hal yang tak luput dari perhatian dalam rumah tangga adalah kemampuan kita dalam memasang, memperbaiki maupun membuat sesuatu sendiri. Hal ini terutama berlaku bagi laki-laki.

Entah itu memasang atau memperbaiki keran air yang bocor, mengatasi masalah pada pintu dan jendela, hingga mencoba untuk membuat furnitur sederhana hasil karya sendiri di rumah.

Untuk melakukan hal itu semua, yang kita butuhkan adalah ‘peralatan perang’ dalam rumah alias perkakas atau alat pertukangan.

Baca Juga: Rekomendasi Bor Listrik Berkualitas Terbaik, Andal dan Awet

Daftar Perkakas/Alat Pertukangan Wajib

Tanpa ‘alat perang’ lengkap, melakukan beberapa hal yang disebutkan di atas akan lebih sulit. Mungkin kita bisa meminta pertolongan jasa, akan tetapi melakukan segalanya di rumah sendiri akan lebih memuaskan dan tentunya tanpa biaya.

Untuk membantu Toppers melaksanakan tugas rumah dengan baik dan maksimal, berikut ini beberapa daftar perkakas atau alat pertukangan yang wajib dimiliki dalam setiap hunian:

Alat Penggerak

1. Mesin Bor

Mesin bor akan memudahkan kita ketika akan membuat lubang pada bidang seperti dinding, kayu dan sebagainya. Bor yang umum digunakan untuk pekerjaan ini adalah bor tangan.

Toppers bisa mengandalkan bor tangan manual, bor listrik maupun bor bertenaga baterai. Ini akan memudahkan dalam memasang dan membantu membuat meja hingga kursi sendiri.

2. Palu

Palu merupakan salah satu perkakas paling umum dan wajib terdapat dalam setiap rumah. Seperti diketahui, fungsinya untuk memaku, memperbaiki hingga memipihikan benda.

Palu bisa diandalkan dalam menyambungkan kaki-kaki dengan bagian atas meja, menempelkan benda ke tembok atau pintu, hingga memasang bingkai foto.

3. Obeng

Obeng berguna dalam mempermudah pengerjaan pengencangan baut. Di seluruh dunia sendiri terdapat beberapa jenis obeng, sementara di Indonesia tipe obeng paling umum adalah model Philips alias obeng plus dan minus.

4. Tang

Tang membantu sebagai pemegang benda. Bisa juga memudahkan dalam memuntir, mencabut paku atau bahkan memotong kawat dan kabel.

5. Kunci Inggris

Ditinjau dari namanya, asal-usul penamaan kunci Inggris cukup menarik. Benda yang disebut adjustable spanner ini populer di Eropa dengan sebutan English key, maka dari itu jika diserap dalam bahasa Indonesia namanya menjadi kunci Inggris.

Kunci Inggris sendiri berfungsi untuk melepas atau memasang mur atau baut yang dapat disetel menyempit atau melebar sesuai dengan ukurannya.

jual mesin bor
Salah satu alat pertukangan wajib di rumah, temukan mesin bor andalan di sini!

Baca Juga: Jenis-jenis Obeng dan Fungsinya yang Wajib Ada di Rumah

Alat Pemotong

6. Gergaji

Untuk urusan potong-memotong benda seperti kayu, besi maupun pipa. Gergaji adalah andalan utama. Gergaji sendiri terbagi menjadi gergaji kayu dan besi.

7. Gunting Baja Ringan

Berbeda dengan gunting biasa, gunting baja ringan bisa memotong benda yang lebih keras dan tebal. Ini bisa diandalkan untuk menggunting seng, kawat dan semacamnya.

Alat Pengikat

8. Paku

Paku tersedia dalam beberapa jenis tergantung fungsinya. Pada umumnya, terdapat tiga jenis paku. Yaitu paku kayu, paku beton dan paku payung.

Paku kayu tentunya digunakan untuk menyambungkan furnitur berbahan kayu. Paku beton atau dinding untuk menyatukan maupun menempelkan benda ke tembok.

Sementara paku seng atau biasa disebut paku payung berfungsi untuk menempelkan benda lebar namun tipis seperti seng dan memastikannya tidak bergerak.

9. Sekrup dan Baut

Baut dan sekrup adalah dua benda berbeda yang mungkin masih banyak yang keliru. Keduanya punya bentuk dan fungsi yang tidak sama.

Baut memiliki ulir tidak penuh dan kepalanya biasanya berbentuk segi enam. Baut juga dilengkapi dengan mur.

Sementara sekrup ulirnya penuh dan bagian kepalanya terdapat guratan untuk obeng plus atau minus. Berbeda dari baut, sekrup tidak dipasangkan dengan mur.

Alat Pengukur

10. Penggaris Besi

Untuk pengukuran material, penggaris besi bisa diandalkan untuk membuat garis atau pola pada kayu untuk kaki-kaki meja agar presisi. Dengan begitu, memotongnya menggunakan gergaji bisa lebih terukur.

11. Meteran Bangunan

Meteran bangunan memiliki fungsi yang mirip penggaris, namun bisa menjangkau skala yang lebih panjang. Bentuknya juga ringkas karena pita seng akan tergulung ke dalam, sehingga mudah digunakan.

Baca Juga: Alat Wajib untuk Membuat Kerajinan Kayu DIY

Dengan melengkapi daftar perkakas atau alat pertukangan di atas, pekerjaan perbaikan atau pemasangan, maupun pembuatan furnitur di rumah bisa dilakukan secara lebih praktis dan tanpa tenaga berlebih.

alat pertukangan
Lengkapi alat pertukangan penting yang wajib ada di rumah! Temukan yang berkualitas dan terjangkau di sini!