• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Data Center baru Tokopedia

Share

Data Center baru Tokopedia

Hi Tokopediawan/Tokopediawati,

Sejak akhir tahun kemarin, seiring dengan meningkatnya kunjungan dan aktivitas para Tokopediawan/wati, membuat semakin sering halaman “Kasir sedang sibuk” muncul di layar para pengguna setia Tokopedia. Hal ini tentunya menjadi prioritas utama team dapur kami untuk segera diatasi.

Segenap team dapur Tokopedia dipimpin langsung oleh Leon, pun langsung bergotong-royong mulai mempersiapkan beberapa server baru tambahan, dan juga mencari data center baru yang dipercaya mampu meningkatkan kualitas layanan Tokopedia ke depannya.

Tampilan Halaman Kasir Sibuk

Setelah berbagai persiapan ditempuh, mulai awal bulan February kemarin, aktivitas pemindahan data center dan penambahan server pun kami lakukan. Namun, di luar dugaan, ternyata infrastruktur internet Indonesia masih banyak yang tidak mampu secara cepat mendeteksi perubahan alamat baru Tokopedia ini, sehingga sempat ada masa dimana para pengunjung kami kesulitan untuk mengakses Tokopedia.

Bahu-membahu antara team dapur kami dengan pihak ISP, dan juga dengan bantuan laporan Tokopediawan/wati, berangsur akses ini mulai pulih. Kami pun terus berkonsentrasi melakukan berbagai perbaikan dan optimasi, agar kualitas layanan dari sisi teknis semakin meningkat dan bisa diandalkan.

Saat ini, dari catatan log kami, tingkat kunjungan tidak hanya pulih, namun terus meningkat dan telah jauh melampaui tingkat kunjungan sebelum proses pemindahan data center terjadi. Tingkat transaksi pun meningkat drastis, menandakan masalah-masalah yang dialami beberapa ISP tersebut sudah mulai tertangani dengan baik.

Lewat tulisan ini, kami juga ingin terus menampung saran dari para pengguna, seandainya hingga hari ini masih ada kendala mengakses Tokopedia, mohon bisa diinformasikan kepada kami, termasuk informasi ISP yang digunakan.

Selain optimasi dan peningkatan kualitas layanan, tim dapur kami juga sedang menggodok wajah baru untuk situs Tokopedia, yang dibangun berdasarkan kritik, saran, dan masukan yang selama ini kami kumpulkan. Targetnya sebelum pertengahan tahun nanti, tampilan baru yang lebih keren, dan juga lebih responsif dapat dinikmati oleh semua pengguna Tokopedia. Tunggu tanggal mainnya yah ;)

Berikut foto-foto aktivitas pemindahan dan penambahan server Tokopedia ke data center baru.






Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!
Founder's Letter
CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!
© 2009-2024, PT Tokopedia