7 Cara Membuat Amlop Lebaran DIY, dari Kertas Kado hingga Microsoft Word

2678
cara membuat amplop lebaran

Berikut cara mudah membuat amplop THR lebaran dari kertas kado, kertas hvs, kain flanel, kertas origami, serta Microsoft Word maupun Corel Draw!


Cara Membuat Amplop Lebaran – Lebaran sebentar lagi tiba dan salah satu tradisi yang pasti ada di Indonesia adalah pemberian Tunjangan Hari Raya (THR), betul Toppers? Dalam memberikan THR biasanya kita akan langsung membagikannya atau dengan dibungkus amplop.

Agar lebih berkesan, kamu bisa mencoba membuat kartu ucapan Lebaran sendiri atau kegiatan ini disebut dengan Do It Yourself (DIY). Selain jumlah uang yang ada di dalamnya, desain amplop Lebaran yang unik akan memberikan makna yang lebih kepada para penerimanya, khususnya saudara-saudara kamu yang lebih kecil.

Amplop lebaran bisa kamu kreasikan dengan menggunakan berbagai macam bahan. Mulai dari kertas kado, kertas hvs, kain flanel hingga kertas origami. Bahkan, kamu juga bisa mendesainnya memanfaatkan software Microsoft Word ataupun Corel Draw.

Tidak sulit kok untuk mulai membuatnya, kamu tinggal mempersiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkah membuat kartu dan amplop Lebaran DIY di bawah ini, Toppers!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Cara Membuat Amplop Lebaran DIY

1. Amplop Lebaran Sederhana

cara membuat amplop lebaran sederhana
Sumber Gambar: Pexels

Untuk membuat desain amplop Lebaran yang unik, kamu tidak perlu mengumpulkan terlalu banyak bahan kok, Toppers.

Kamu cukup mempersiapkan peralatan yang biasa kamu temukan sehari-hari. Berikut ini daftar bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat amplop Lebaran.

Bahan-bahan dan Alat Amplop Lebaran Sederhana:

Cara Membuat Amplop Lebaran Sederhana:

  1. Langkah pertama, print desain amplop Lebaran yang telah kamu pilih sebelumnya. Cetak gambar tersebut dengan menggunakan kertas berukuran A4 yang telah kamu siapkan sebelumnya. Untuk hal ini, kamu bisa mencari dan mendapatkan sangat banyak ide dari internet Toppers, jadi tidak usah bingung.
  2. Setalah kamu print desain yang kamu mau pada kertasmu, guntinglah mengikuti sesuai dengan polanya. Kamu dapat membuat bentuk apapun sesuai dengan keinginanmu! Beberapa ide untuk bentuk unik adalah seperti amplop yang bulat.
  3. Lipat kertas amplop yang sudah digunting tadi, sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Usahakan bagian pinggiran kertas-kertas yang kamu gunting tadi terlihat rapi dan tidak berantakan.
  4. Setelah itu, rekatkan dengan lem agar kuat dan tidak terbuka-buka.
  5. Setelah itu, amplop Lebaran kreasi DIY pun selesai! Kamu bisa memasukkan uang sebanyak yang kamu mau untuk diberikan kepada saudara-saudaramu!

2. Amplop Berbahan Dasar Kertas Kado

cara membuat amplop lebaran, cara membuat amplop lebaran dari kertas kado
Sumber Gambar: My Mind’s Eye Paper Goods

Sebenarnya jika kamu mau bikin amplop sendiri itu gampang banget. Apalagi sekarang banyak cara yang bisa kamu lihat di internet. Untuk amplop ini, kamu cuma perlu bikin polanya di atas kertas kado yang nggak kepake di rumahmu.

Gunting sesuai pola, lalu lipat. Setelah lipat-melipat, kamu bisa langsung lem. Mudah sekali, kan, Toppers? Informasi seperti ini sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba untuk kreatif dan sebagai stok amplop dirumah dan digunakan pada saat lebaran.

3. Amplop Lebaran Unik dengan Kertas Origami

cara membuat amplop lebaran, cara membuat amplop lebaran dari kertas origami
Sumber Gambar: Japanese American National Museum Store

Jika kamu punya banyak stok kertas origami yang belum terpakai ataupun dalam kondisi yang masih layak. Manfaatkan lah kertas berbentuk persegi ini untuk kamu jadikan amplop yang unik dan lucu.

Cukup kamu kasih selotip di bagian depan untuk meratakan permukaan amplopnya dan hanya butuh sedikit lipatan di setiap sisinya. Lalu kertas origamimu siap digunakan untuk kamu gunakan kembali dan akan sangat lebih berguna pada saat hari lebaran tiba.

4. Amplop Lebaran Lucu dari Kain Flanel

cara membuat amplop lebaran, cara membuat amplop lebaran dari kain flanel
Sumber Gambar: Wikipedia

Kamu bisa kreasikan amplop yang berbahan kain flanel ini menjadi tokoh kartun favorit kamu agar menampilkan kesan yang lucu, Toppers! Walaupun termasuk kerajinan tangan sederhana, tapi gunanya bisa sangat banyak.

Fungsinya sudah jelas sebagai amplop, yang bisa kamu modif juga untuk mengantarkan undangan dan berbagai ucapan. Kamu cuma tinggal siapkan kain flanel, jarum pentul, dan benang untuk menjahit.

Pertama-tama kamu tentukan desain seperti apa yang ingin kamu buat, lalu bentuklah pola tersebut dan jahit setiap sisi kecuali bagian pada tutup amplop. Cukup mudahkan, Toppers?

jual souvenir dan kado
Temukan berbagai macam kado dan souvenir terlengkap untuk setiap hari spesial di sini!

Baca Juga: 12 Tren Fashion Lebaran 2019 yang Kekinian untuk Wanita dan Pria

5. Amplop Lebaran dari Kertas HVS

cara membuat amplop lebaran, cara membuat amplop lebaran dari kertas hvs
Sumber Gambar: Uprint

Amplop kreasi sendiri tentu bisa kalian kreasikan dengan menambahkan sedikit sentuhan pribadi pada kartu ucapan terima kasih atau ucapan yang lainnya, serta ternyata pembuatan amplop ini mudah serta menyenangkan untuk dilihat.

Kamu bisa menggunakan kembali kertas-kertas seperti HVS, ataupun kertas HVS warna yang tidak terpakai atau kalian juga bisa beli kertas hiasan dari toko kerajinan tangan di sekitar rumah untuk berkreasi membuat amplop sendiri.

Kamu hanya melipat bagian setiap sudut hingga membentuk seperti amplop. Lalu lem bagian yang diperlukan hingga membentuk lidah amplop. Setelah itu amplop siap digunakan deh, Toppers!

6. Membuat Amplop Menggunakan Microsoft Word

cara membuat amplop lebaran, cara membuat amplop lebaran di microsoft word
Sumber Gambar: YouTube/Akin Magneto

Microsoft Word 2010 memiliki beragam template amplop yang bisa digunakan, baik itu untuk sekadar pencetakan halaman depan amplop atau bahkan format amplop secara keseluruhan.

Sehingga kamu nantinya hanya tinggal menggunting kertas hvs dan merekatkan dengan lem untuk menjadi sebuah amplop yang siap pakai.

7. Membuat Amplop Menggunakan Corel Draw

cara membuat amplop lebaran, cara membuat amplop lebaran di corel draw
Sumber Gambar: Rhino Explore

Namun beda halnya dengan Corel Draw. Kamu dipaksa untuk lebih kreatif dalam menggunakan software ini, Toppers!

Jika kamu menggunakan software untuk membuat amplop seusai kreasi kamu, akan lebih mudah dan tidak perlu rumit-rumit atau rame objek, namun lebih baik buat dengan simpel dan sederhana.

Setelah dicetak, kamu hanya tinggal menggunting sesuai template dan gunakan lem untuk sisi yang masih belum rapih.

baca juga: Kiat Jitu Mengelola Uang THR Lebaran

Amplop lebaran custom yang diberi kepada keluarga kamu akan berbeda dari amplop lebaran lainnya dan akan ada sentuhan khusus yang unik dan berkesan! Sebagai ide tambahan, kamu juga bisa menuliskan pesan-pesan lucu ataupun doa-doa di depan amplop lebaran DIY kamu!

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk membuat amplop sendiri, kamu bisa mendapatkan berbagai macam desain amplop Lebaran unik dan menarik dengan harga termurah hanya di Tokopedia! Selamat berbagi Toppers!

Gift Card Tokopedia
Beri orang terdekatmu hadiah digital dengan mudah di sini!

Bagikan Artikel