• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Desain Mushola di Dalam Rumah, Terasa Nyaman

31 March 2022

Share

6 Desain Mushola di Dalam Rumah, Terasa Nyaman

Keberadaan mushola di dalam rumah menjadi hal penting. Simak beragam desain mushola di dalam rumah berikut!


Bagi beberapa umat Islam, keberadaan mushola dalam rumah merupakan perihal utama. Pasalnya, ibadah salat 5 waktu yang dijalankan umat Islam membutuhkan kekhusyukkan sehingga diperlukan ruang khusus agar kegiatan ibadah semakin khidmat. Maka dari itu, tak sedikit umat Islam yang memilih untuk membuat mushola dalam rumah guna menunjang aktivitas ibadahnya. Apalagi sebentar lagi ramadhan, kebutuhan mushola dalam rumah menjadi sangat penting supaya bisa digunakan untuk beribadah bersama keluarga. Buat kamu yang sedang ingin membangun mushola dalam rumah guna menyambut ramadhan, di bawah ini ada beberapa referensi yang bisa kamu tiru. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: 12 Desain Wastafel Minimalis untuk Kamar Mandi, Simple & Futuristik

Inspirasi Desain Mushola di dalam Rumah

Inspirasi desain Mushola

Sumber Gambar: Propertyinside

Besar kecilnya mushola yang akan kamu bangun bergantung pada fungsinya. Jika kamu ingin membangunnya supaya bisa digunakan untuk beribadah dengan keluarga besar, diperlukan ukuran mushola yang luas dan pastinya membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Sebaliknya, jika keluargamu hanya terdiri dari keluarga kecil saja, kamu bisa bangun mushola dengan ukuran medium. Berikut beberapa contoh desain mushola dalam rumah yang dapat membawa suasana tenang saat beribadah di rumah:

1. Mushola Mini Bawah Tangga

Mini bawah tangga

Sumber Gambar: Pinterest

Jika kamu memiliki rumah bertingkat dengan ukuran yang tidak terlalu besar, kamu bisa memanfaatkan space kecil di bawah tangga untuk mushola. Dengan begitu, kamu tetap memiliki ruangan ibadah khusus sehingga salatmu semakin khusyuk. Apabila kamu khawatir musholamu akan terlihat sumpek, kamu bisa memodifikasinya sedemikian rupa agar mushola tetap enak dilihat dan nyaman. Seperti mendekorasinya dengan beberapa gantungan kaligrafi atau menambahkan ventilasi supaya sirkulasi udara tetap ada. Jangan lupa untuk meletakkan sajadah atau karpet yang nantinya akan digunakan untuk salat. Persiapkan juga gantungan untuk tempat menggantung mukenah supaya mukenahmu tidak perlu repot-repot dilipat sehabis selesai salat.

2. Mushola di Ruang Keluarga

Mushola Ruang Keluarga

Sumber Gambar: Pinterest

Biasanya, suasana khidmat memang akan baru terasa jika tidak ada orang yang mengganggu ibadah. Itulah mengapa banyak orang sengaja membuat ruangan khusus untuk beribadah di rumah supaya kegiatan beribadah semakin khusyuk. Bagi kamu yang memiliki rumah dengan ukuran luas, mungkin tidak masalah membuat ruangan baru untuk mushola. Namun jika rumahmu tidak terlalu luas, kamu bisa, lho, memanfaatkan ruangan yang ada untuk dijadikan mushola rumah. Ruang keluarga biasanya memiliki space yang sedikit lebih besar dari ruangan-ruangan lain di rumah. Nah, kamu bisa memanfaatkan sedikit area luas yang masih tersisa itu, Toppers. Atur sedemikian rupa misalnya membatasinya dengan bilik supaya ada pembatas antara ruang keluarga dan mushola.

3. Mushola dengan Pemandangan Outdoor

Pemandangan Outdoor

Sumber Gambar: 99.co

Inspirasi desain mushola selanjutnya ialah mushola dengan pemandangan outdoor. Mushola model seperti ini cocok untuk kamu yang memiliki taman di pekarangan rumah.

Bangun mushola menghadap ke taman luar. Tambah jendela kaca yang besar supaya musholamu mendapatkan cahaya yang cukup pada siang hari dan menghemat listrik karena pencahayaan. Selain itu, jendela kaca besar yang menampilkan taman atau pekarangan rumah juga akan membuat mushola menjadi lebih hidup dan sejuk. Kamu bisa melengkapi tirai agar bisa menutup atau membuka jendela sesuka hati.

4. Mushola Serba Putih

Mushola Serba Putih

Sumber gambar: Pinterest

Nah, buat kamu pecinta minimalis, cobalah bangun mushola dengan desain serba putih. Desain mushola serba putih akan membuat mushola tampak elegan dan cantik. Warna putih juga melambangkan kesucian sehingga cocok untuk mushola. Jika kamu tidak terlalu suka putih polos, kamu bisa menambahkan wallpaper dinding bermotif supaya dinding tidak terlalu kosong. Kamu bisa mencoba menempelkan wallpaper dinding berdesain batu-bata putih untuk menjaganya teteap minimalis. Tambahkan juga hiasan dinding pada dinding bagian depan tepat di depan mushola seperti lafadz Allah dan nabi Muhammad SAW. Jangan lupa untuk menyediakan lemari kecil untuk menyimpan segala peralatan solat seperti mukena, sajadah, sarung, dan lainnya.

5. Mushola Lantai Kayu

Lantai Kayu

Sumber Gambar: Rumah.com

Desain mushola dalam rumah selanjutnya yang kamu jadikan inspirasi adalah mushola lantai kayu. Lantai kayu memang menjadi favorit banyak orang akhir-akhir ini. Pasalnya, lantai kayu memang bisa membuat ruangan terkesan kalem dan adem sehingga ibadah menjadi lebih nyaman dan tenang.

Kamu bisa menambahkan beberapa hiasan dinding agar mushola semakin hidup. Jangan lupa juga bentangkan karpet atau sajadah yang berbahan lembut supaya kegiatan ibadah keluargamu semakin nyaman.

Jika ukuran musholamu memiliki space lebih, kamu bisa menambahkan tempat wushu kecil dengan desain bebatuan alam pada bagian lantai atau dinding tempat wudhu. Tambahkan juga rak yang dapat digunakan untuk meletakkan peralatan sholat lainnya.

6. Mushola Semi Outdoor

Semi Outdoor

Sumber Gambar: Pinterest

Apabila kamu memiliki rumah dengan pekarangan yang luas, manfaatkan halaman tersebut untuk membangun mushola. Tidak perlu terlalu besar atau luas, sesuaikan saja dengan halaman tersisa yang ada di pekarangan rumahmu. Tidak seperti di gambar, tambahkan pintu kaca besar yang bisa digeser pada sisi kanan, kiri, depan, dan belakang untuk melindungi musholamu dari hujan. Dengan model mushola seperti ini, kamu tidak perlu repot-repot lagi memikirkan hal-hal yang dapat membuat mushola terasa sejuk karena angin bisa masuk dari segala penjuru arah hanya tinggal menggeser pintunya saja. Tempatkan pula lemari atau kabinet gantung untuk menempatkan peralatan solat agar tidak mudah kotor jika tak digunakan. Jangan lupa juga untuk menambahkan karpet serta sajadah pada bagian lantai musholla.

BACA JUGA: 9 Desain Rak Piring Minimalis: Dapur Rapi dan Estetik Seketika!

Itulah beragam desain mushola di dalam rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi. Sebentar lagi Ramadhan tiba, tidak ada salahnya kamu mempersiapkan mushola dalam rumah supaya ibadahmu bersama keluarga semakin khidmat. Ayo mulai jalani hidup yang indah dan berkah dari sekarang bersama Tokopedia Salam. Sambut Ramadhan dengan kesungguhan dan keikhlasan!

article

Penulis: Rizfa Putri Khainayya

© 2009-2024, PT Tokopedia