• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

13 Desain Taman Minimalis: Pemandangan Indah dalam Rumah

Share

13 Desain Taman Minimalis: Pemandangan Indah dalam Rumah

Inspirasi desain taman minimalis untuk rumah, tak melulu harus luas. Ciptakan nuansa nyaman, sejuk dan indah dalam hunian.


Taman bukanlah hal yang asing, sejak dulu orang-orang seringkali memanfaatkan taman untuk mengisi lahan kosong di pekarangan rumah. Beberapa orang bahkan menyewa arsitektur lanskap profesional untuk membangun taman yang indah dan nyaman.

Taman sendiri selain untuk mempercantik hunian juga memiliki peran dan fungsi yang lebih besar. Seperti memberikan keseimbangaan dalam rumah, sebagai area berkumpul bersama teman, hingga tempat relaksasi untuk melepas stres dan penat.

Selain itu, kehadiran taman di rumah juga dapat memberi manfaat lain. Mulai dari memperbaiki sirkulasi udara, membuat suasana lebih segar, hingga memberikan ruang serapan kepada air.

Baca Juga: Jenis Aglonema: Tanaman Sri Rejeki, Si Pembawa Hoki

Desain Taman Rumah Minimalis

Lahan sempit tidak lantas menghambat kamu untuk memiliki taman impian di rumah. Meskipun agak terdengar menantang, tapi ini bisa membuat hunian terasa unik dan berbeda.

Selain itu, keuntungan memiliki taman kecil adalah minim perawatan. Tapi harus diingat ya Toppers, kamu perlu berkonsentrasi pada detail dan aksen yang digunakan pada taman minimalis.

Selain taman minimalis, berikut ini juga tersedia lengkap ide desain taman ter-update. Ada apa saja? Yuk, simak inspirasi berikut ini:

1. Jalan Paving untuk Desain yang Kuat

taman
Sumber Gambar: Patio Mate

Memasang paving block pada taman dapat membentuk dan menciptakan suasana tertentu. Paving block dengan corak atau motif tertentu seperti papan catur, model mozaik, atau geometris tentunya dapat memberikan arahan desain yang kuat untuk keseluruhan taman.

Paving juga dapat menghasilkan kesan tertentu misalnya, paving abu-abu atau putih yang diletakan dengan acak dapat memunculkan nuansa pedesaan Prancis.

Kamu juga bisa bereksperimen dengan pola dan warna lainnya untuk menemukan gaya yang cocok.

2. Dekorasi Taman Unik dan Fungsional

taman
Sumber Gambar: Home World Design

Selain pohon, bunga, dan rumput. Menurut kamu apalagi objek penting pada suatu desain taman? Ya, benar sekali Toppers dekorasi unik dan fungsional seperti bangku taman, ayunan, lampu, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki nilai pakai, dekorasi fungsional juga dapat menciptakan tema tertentu untuk taman kamu.

Kamu bisa memasang satu set sofa taman untuk menambah kesan mewah dan elegan, atau rumah pohon untuk menciptakan taman yang seru dan asyik bagi anak-anak.

3. Bentuk Pola pada Rumput Halaman

taman
Sumber Gambar: My Garden Life

Jika kamu punya lahan yang cukup di belakang atau depan rumah tidak ada salahnya menyisakan beberapa meter untuk menanam rumput halaman. Area rumput halaman ini tidak hanya terlihat segar tetapi juga menambah kesan luas pada taman.

Tidak perlu selalu persegi panjang, kamu dapat membentuk area rumput taman dalam lingkaran, oval, dan persegi.

Jika kamu memutuskan untuk mebangun area rumput taman pastikan untuk selalu memangkas rumput secara berkala dan semak-semak agar terlihat teratur.

4. Taman Minimalis Indoor

taman minimalis
Sumber Gambar: Inhabitat

Tren berkebun tidak lagi membutuhkan taman dengan pekarangan di luar rumah. Cara ini banyak diterapkan oleh penghuni apartemen, atau rumah bergaya minimalis.

Untuk membuat taman dalam rumah kamu perlu ruangan yang cukup sinar matahari, selain itu pastikan agar kelempaban tanah tetap terjaga, jangan sampai terlalu basah karena terlalu banyak disiram.

Kamu juga dapat memanfaatkan rak gantung minimalis untuk pot-pot kecil. Area ini tentunya bisa digunakan sekaligus sebagai ruang bersantai atau berkumpul bersama keluarga.

5. Private Area dalam Taman

taman minimalis
Sumber Gambar: Water Feature Pros

Saat membuat taman jangan lupa untuk mempertimbangkan membuat area pribadi dimana kamu bisa bersantai sambil minum atau mengobrol di taman.

Untuk membuat area terpisah pada taman yang sempurna kamu perlu membangun lanskap keras dengan lantai kayu atau batu yang dibatasi oleh pagar tanaman seperti semak mawar yang kuat atau bambu tinggi.

Sebagai alternatif pilihan lain, kamu juga dapat memanfaatkan pohon untuk menghalau terik matahari.

6. Bangun Suasana dengan Ornamen

taman minimalis
Sumber Gambar: The Spurce

Ornamen seperti air mancur, patung, atau bingkai jendela yang unik merupakan salah satu objek pendukung untuk mempertegas konsep atau tema taman.

Namun, pemilihan ornament ini tidak bisa sembarangan dan asal-asalan. Ornamen terlalu kecil bisa jadi sia-sia karena luput dari pandangan, sedangkan oramen terlalu besar dapat memakan banyak ruang dan menghancurkan keseimbangan desain taman.

Sesuaikan penggunaan ornamen dengan kebutuhan agar tidak berlebihan atau sia-sia ya, Toppers!

Jual Pupuk Organik Tanaman
Biar tumbuhan jadi subur, gunakan dan campurka Pupuk Organik ke dalam lahan tanaman yang akan diolah. Beli disini!

Baca Juga: Jenis Monstera: Tanaman Eksotis Berharga Fantastis

7. Taman Vertikal untuk Ruang Terbatas

taman rumah
Sumber Gambar: Apartement Theraphy

Rumah minimalis seringkali kekurangan ruang untuk membuat taman. Namun, hal ini tentu saja bisa diakali dengan membuat taman vertikal.

Manfaatkan tembok atau rak untuk menggantung tanaman. Kamu juga dapat menanam kayu penyanggah untuk tumbuhan merambat.

8. Pertahankan Pohon Tua untuk Menambah Kesan Alami

taman rumah
Sumber Gambar: Gallagher Associates Architects

Sisakan satu atau dua pohon besar di pekarangan rumahmu. Ini selain menghalau sinar matahari juga bisa kamu manfaatkan sebagai area beristirahat dengan menambahkan bangku dan meja taman, atau memasang ayunan.

Pepohonan juga dapat menyaring pemandangan tidak menarik, mengurangi polusi udara jika kamu tinggal di dekat jalanan yang sibuk.

9. Tambahkan Elemen Air

taman rumah minimalis
Sumber Gambar: This Old House

Bayangkan setelah satu pekan yang padat akhirnya kamu bisa bersantai di taman rumahmu dengan tanaman yang hijau dan suara tetesan air yang menenangkan.

Unsur air merupakan elemen tanah paling kuat tidak heran objek ini dapat mendatangkan suasana sejuk dan relaksasi.

Kamu dapat mebangun sebuah kolam kecil yang dipadukan dengan berbagai model air mancur seperti waterfall, water sprout, atau water fountain.

10. Taman Modern dan Minimalis

desain taman rumah minimalis
Sumber Gambar: Design for Me

Ada banyak sekali ide untuk rumah minimalis. Beberapa contoh desain taman yang bisa menjadi alternatif kamu seperti memanfaatkan sisa space pada area samping rumah.

Tidak hanya tanah, tembok dan menanam tumbuhan merambat pada atap rumah juga dapat menjadi tempat berkebun yang unik sekaligus mengasyikan.

Untuk mendukung kesan modern kamu dapat mengatur pencahayaan dengan lampu taman yang apik sehingga terlihat estetik.

11. Mini Garden di Rooftop

desain taman
Sumber Gambar: The Times

Ingin sesuatu yang berbeda dan tidak biasa? Membangun taman di atas rooftop rumah merupakan tren kekinian.

Pertama tentunya kamu harus punya atap rumah yang datar, setelah itu tambahkan bak untuk diisi oleh tanah atau kamu juga bisa menggunakan pot. Selanjutnya pastikan kamu tidak melupakan instalasi air bersih dan kotor untuk menyiram tanaman.

Tempat ini tentunya dapat menjadi area baru yang menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga atau teman-teman saat berkunjung ke rumah.

12. Taman Minimalis Daur Ulang

taman
Sumber Gambar: Modern Garden

Menghadirkan desain taman minimalis yang apik nggak melulu soal budget yang selangit. Maanfaatkan bahan-bahan daul ulang seperti pada inspirasi desain taman minimalis satu ini.

Perabot bekas sederhana seperti ember dan baskom bekas bisa menjadi sebuah media tanam yang manis pada taman kecil milikmu. Mulai dari ban mobil bekas hingga pipa air secara kreatif juga bisa menjadi elemen keren untuk desain taman minimalis.

13. Taman Bertingkat

taman
Sumber Gambar: Home My Design

Ingin menghadirkan desain taman minimalis yang lebih dinamis? Yuk, mainkan landskap dari desain taman terbaik dengan membuat desain taman bertingkat seperti pada inspirasi desain taman minimalis terbaik satu ini.

Pada tingkatan yang tinggi, kamu bisa menanam pohon-pohon berukuran sedang hingga besar sebagai peneduh sedangkan di bagian bawah taman kecil bisa dihiasi dengan berbagai bunga-bunga dan tanaman hias.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Daun: Rumah Jadi Lebih Anggun

Mendesain taman memang tidak harus selalu terlihat besar dan mewah. Kunci terpenting adalah membuat taman yang bisa menjadi tempat penghilang stres atau membantu membangun momen hangat bersama keluarga.

Cari berbagai dekorasi taman unik dan modern mulai dari bangku taman hingga perlengkapan berkebun terlengkap ada di Tokopedia!

Lampu Taman Minimalis
Tingkatkan estetika taman dengan lampu berdesain minimalis berikut!

Penulis: Andina Naza Apriliani

© 2009-2024, PT Tokopedia