• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

20 Destinasi Wisata Gunung Kidul, Hits dan Eksotis!

Share

20 Destinasi Wisata Gunung Kidul, Hits dan Eksotis!

Ada banyak destinasi wisata Gunung Kidul yang bisa kamu kunjungi sewaktu liburan nanti. Mulai dari pantai, gua, hutan pinus yang indah, gunung api, hingga air terjun.


Yogyakarta sudah lama dikenal sebagai salah satu tujuan liburan favorit masyarakat Indonesia. Selain menikmati ramainya Malioboro, ada juga daerah Yogya lain yang harus kamu kunjungi yaitu Gunung Kidul. Meskipun namanya diawali Gunung, destinasi wisata di Gunung Kidul terkenal akan pantainya yang eksotis. Kabupaten yang terletak di bagian tenggara Provinsi Yogyakarta ini dijamin bisa menghipnotis kamu yang hobi mendekatkan diri dengan alam. Mulai dari pantai, pepohonan hijau, bunga yang indah, hingga air terjun bisa kamu temukan di Gunung Kidul. Tentunya, daerah ini juga memiliki beberapa wisata gua dan bukit yang bisa kamu eksplor. Makin nggak sabar untuk tahu lebih lanjut? Yuk simak daftar destinasi wisata Gunung Kidul di bawah ini!

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Tawangmangu yang Harus Kamu Kunjungi

Rekomendasi Destinasi Wisata Gunung Kidul

Toppers, siapkan list rencana destinasi wisata liburan kamu, karena Tokopedia telah merangkum berbagai wisata Gunung Kidul buat rencana liburanmu nanti. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Pantai Watu Lawang

wisata gunung kidul pantai watu lawang

Sumber Gambar : Kompas Travel

Rekomendasi destinasi wisata Gunung Kidul pertama adalah Pantai Watu Lawang. Pantai ini terletak Desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Kamu bisa mengendarai kendaraan pribadi dari Yogyakarta, perjalanan akan memakan waktu hampir dua jam. Harga tiket masuknya terjangkau, kamu harus bayar Rp10.000 dan biaya parkir untuk menikmati kecantikan pantai pasir putih ini.

2. Hutan Pinus Pengger

wisata gunung kidul hutan pinus pengger

Sumber Gambar : Kartanesia Tour

Toppers butuh tempat dengan spot instagramable? Maka, Hutan Pinus Pengger tempatnya! Di lokasi wisata ini banyak sekali spot-spot foto yang unik. Seperti, spot foto tangan rotan raksasa, jembatan kayu, lubang raksasa, rumah pohon, dan pemandangan lampu Kota Yogyakarta dari jauh. Pastikan kamu telah mengatur kamera kamu yang benar supaya hasil jepretan menarik. Harga tiket masuk di Hutan Pinus Pengger juga sangat murah, hanya Rp2.500/orang.

3. HeHa Sky View

wisata gunung kidul heha sky view

Sumber Gambar : yogyes.com

HeHa Sky View menawarkan pemandangan langit di atas kota Yogyakarta yang indah. Di sini, kamu bisa santai mengobrol sambil mengambil foto di spot-spot yang keren. Toppers, juga bisa membeli makanan di food stall atau resto yang tersedia di sini. Mengambil foto di beberapa spot tertentu di sini kamu harus bayar harganya bervariatif dari Rp10.000 - Rp30.000/orang, namun sudah ada fotografer yang bisa mengambil foto terbaik kamu.

4. Pantai Indrayanti

wisata gunung kidul pantai indrayanti

Sumber Gambar : Jogjakita.co.id

Jika Bali punya Pantai Kuta, maka Gunung Kidul punya Pantai Indrayanti sebagai pantai populernya. Pantai Indrayanti terkenal dengan kebersihannya dan aturan buang sampah yang ketat, kamu jangan sampai melanggar ya! Kalau tidak, akan dikenakan denda yang cukup besar. Di sini, Toppers bisa menikmati makanan dan kopi dengan santai di pinggir pantai. Jangan lupa untuk menyiapkan uang sebesar Rp10.000/orang untuk bisa menikmati keindahan pantai pasir putih ini.

5. Pantai Watu Kodok

wisata gunung kidul pantai watu kodok

Sumber Gambar : Instagram.com/pantai.jogja

Jika kamu berpikir nama pantai ini terinspirasi dari batu yang berbentuk seperti kodok, maka selamat! Kamu benar. Pantai Watu Kodok memiliki daya tarik batu karang yang terjal dan pasir putih yang bersih. Toppers bisa memasang tenda di sini dan camping semalaman, ataupun mencicipi kuliner laut sambil menikmati pemandangan pantai. Tertarik untuk pergi ke sini?

Baca Juga: Kunjungi Masjid Terbesar di Indonesia untuk Ibadah sambil Wisata Religi

6. Gua Jomblang

wisata gunung kidul gua jomblang

Sumber Gambar : Liputan Islam

Toppers berani untuk masuk ke Gua Jomblang? Pacu adrenalin kamu untuk memasuki gua vertikal ini! Ya, untuk memasuki Gua Jomblang, kamu harus turun ke bawah menggunakan alat pengaman. Setelah melewati perjalanan yang ekstrim, kamu akan dihadiahi oleh keadaan gua subur dan unik. Penggunaan alat pengamanan sekaligus menyewa pendamping di gua Jomblang, kamu harus merogoh kocek dari Rp450.000 - Rp1.000.000/orang.

7. Air Terjun Sri Gethuk

wisata gunung kidul air terjun

Sumber Gambar : dolanyok.com

Air terjun Sri Gethuk memiliki pesona tersendiri, salah satunya ialah memiliki tiga sumber mata air yang berkumpul dan membentuk air terjun. Banyak aktivitas yang ditawarkan oleh tempat wisata ini, kamu bisa mengarungi sungai dengan menyewa rakit, lompat tebing, berenang, ataupun berjalan di sekitar air terjun. Hanya dengan Rp15.000/orang, Toppers bisa mendapatkan tiket masuk ke air terjun Sri Gethuk ini.

8. Bukit Pengilon

wisata gunung kidul bukit pengilon

Sumber Gambar : antareja tour

Destinasi Gunung Kidul selanjutnya adalah Bukit Pengilon. Wisata alam ini merupakan pantai, namun muaranya adalah bukit dengan hamparan rumput yang luas. Spot di atas bukit menjadi area yang indah karena kamu dapat menikmati pemandangan pantai yang bikin hati tenteram. Kamu juga bisa berkemah di sekitar bukit hanya dengan membayar uang keamanan Rp20.000/tenda.

9. Pantai Wohkudu

wisata gunung kidul pantai wohkudu

Sumber Gambar : pantainesia

Meskipun jarang terdengar, namun pantai Wohkudu menjadi destinasi wisata Gunung Kidul yang cocok untuk Toppers berkemah bersama kerabat. Keberadaan dua tebing hijau yang mengapit pantai bikin area sekitar pantai yang menghadap langsung Samudera Hindia ini begitu indah. Tarif masuk ke pantai ini juga begitu bersahabat dengan Rp3.000/orang dan retribusi parkir.

10. Taman Bunga Nawari

wisata gunung kidul taman bunga nawari

Sumber Gambar : merapi adventure

Mengunjungi hamparan bunga matahari nan indah di Taman Bunga Nawari. Lahan seluas 5000 meter ini merupakan tempat budidaya bunga matahari yang dikelola warga setempat. Kamu bisa memasuki wisata alam ini hanya dengan Rp6.000/orang saja. Taman Bunga Nawari juga menawarkan bibit bunga matahari kepada pengunjung dengan mematok harga Rp35.000. Apakah kamu tertarik untuk budidaya bunga matahari, Toppers?

pesan hotel tokopedia

Pesan hotel di Tokopedia, anti ribet dan banyak promonya!

11. Pantai Krakal

wisata gunung kidul pantai krakal

Sumber Gambar : datawisata.com

Pantai Krakal yang terletak Desa Ngestiharjo hanya berjarak 65 km dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini memiliki pesona alam pantai berpasir putih dengan sebuah gunung karang besar. kamu bisa eksplor ke atas gunung karang tersebut untuk melihat pemandangan indah di sekitar pantai. Toppers juga bisa menghabiskan waktu dengan mengamati biota laut, atau mencicipi menu seafood di restoran pinggir pantai. Harga tiket masuk berkisar dari Rp7.000 - Rp.10.000/orang sesuai hari.

12. Pantai Kukup

wisata gunung kidul pantai kukup

Sumber Gambar : WnE Volutions

Ketika Toppers pertama kali menginjakkan kaki ke Pantai Kukup, Toppers akan disuguhi dengan begitu banyak deretan payung yang terpasang di sepanjang pantai. Ada pula beberapa pengunjung yang membawa atau menyewa tikar dan berteduh di bawah tebih karang pantai. Kamu juga akan menemukan begitu banyak ikan-ikan kecil di pinggir pantai, namun perlu diperhatikan kehadiran bulu babi di sekitar terumbu karang, jangan sampai kamu menginjaknya! Tiket masuk Pantai Kukup adalah Rp10.000.

13. Pantai Sedahan

wisata gunung kidul pantai sedahan

Sumber Gambar : alodiatur.com

Pantai Sedahan terkenal sebagai tempat perkemahan dan hamparan pantai yang luas. Pantai Sedahan akan memanjakan mata kamu dengan air laut biru yang begitu bening, pantai pasir putih yang luas, dua batu karang yang mengapit pantai dan tipikal pantai selatan dengan ombak yang kuat. Uniknya, destinasi wisata Gunung Kidul yang satu ini biasanya menjadi lokasi bertelurnya para penyu. Biaya retribusi pantai juga cukup murah, kamu hanya harus membayar Rp5.000 dan bisa sewa tenda dengan rentang harga Rp25.000 hingga Rp200.000.

14. Pantai Drini

wisata gunung kidul pantai drini

Sumber Gambar : mytrip123.com

Pantai Drini merupakan salah satu lokasi wisata yang populer di Gunung Kidul. Jika berangkat dari pusat Yogyakarta, maka kamu akan menempuh kurang lebih dua jam perjalanan untuk dapat sampai ke pantai unik ini. Dikatakan unik karena Pantai Drini memiliki dua bagian yang dibelah oleh beberapa gugusan pulau. Toppers bakal menemukan sisi barat Pantai Drini dipenuhi oleh kesibukan para nelayan untuk mencari hasil laut, sedangkan sisi timur disuguhi pantai yang menenangkan. Kamu dapat menikmati keindahan Pantai Drini dengan membayar tiket masuk seharga Rp10.000/orang.

15. Gua Pindul

wisata gunung kidul gua pindul

Sumber Gambar : Instagram.com/jogjanight

Ayo seru-seruan di Gua Pindul, Toppers! Gua Pindul sendiri memungkinkan para pengunjung untuk mengarungi sungai di sepanjang lorong gua. Yap, kamu bisa melakukan rafting di sini bersama orang terdekat kamu. Karena itu, sebaiknya kamu memesan jasa pemandu tur sekaligus untuk bisa menikmati kegiatan tersebut. Harga masuk objek wisata ini juga terjangkau, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp40.000, namun belum dengan jasa pemandu.

Baca Juga: Menguak Pesona Wisata Terindah di Alor

16. Pantai Nglambor

wisata gunung kidul pantai nglambor

Sumber Gambar : Instagram.com/absurdf/

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi yang menawarkan wisata menyelam atau snorkeling di sekitar pantai. Meskipun pantai ini terletak di bagian selatan dengan ombaknya yang besar, aktivitas menyelam ini aman untuk dilakukan di beberapa area. Atau, Toppers bisa juga bersantai di pinggir pantai lalu menikmati sunset ketika sore tiba. Hampir seluruh wisata pantai Gunung Kidul mematok harga tiket masuk yang murah, termasuk juga Pantai nglambor yang hanya sebesar Rp6.000/orang.

17. Gunung Api Purba Nglanggeran

wisata gunung kidul gunung api

Sumber Gambar : Dedy Triyana

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan gunung yang telah ada 60 - 70 juta tahun lalu, namun sekarang gunung ini tidak aktif lagi, sehingga Toppers bisa mendaki gunung ini dengan tenang. Tak hanya itu yang bisa kamu lakukan di sini, melainkan kamu juga bisa menikmati kesejukan Air Terjun Kedung Kandang, Kampung Pitu, dan Embung Nglanggeran. Wisata yang lengkap, bukan? Untuk memasuki daerah Gunung Api Purba Nglanggeran, kamu harus menyiapkan uang Rp20.000 saat malam dan siang Rp15.000.

18. Pantai Ngrenehan

wisata gunung kidul pantai ngrenehan

Sumber Gambar : haryhermawan.com

Pantai Ngrenehan berupa sebuah teluk berpasir putih yang diapit oleh perbukitan kapur. Di pantai ini, Toppers bisa menyaksikan aktivitas nelayan yang akan berlayar mencari ikan segar untuk dijual. Kamu juga bisa menikmati masakan ikan ataupun membawa ikan segar untuk ke rumah. Cukup merogoh kocek Rp5.000/orang dari kantong, kamu bisa menikmati keindahan dari Pantai Ngrenehan.

19. Pantai Grigak

wisata gunung kidul pantai grigak

Sumber Gambar : Instagram.com/pamungkasedwin

Jika kebanyakan pantai di Gunung Kidul diberkahi pantai pasir putih yang begitu indah, pantai Grigak hadir dengan bebatuan karang yang menyimpan keanekaragaman biota laut di celah-celahnya. Pantai yang berada di Desa Girikarto ini memiliki suasana tenang dan damai, sehingga kalau kamu ingin menjernihkan pikiran atau sekedar berfoto ria, maka Pantai Grigak tempatnya. Kabar baiknya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengunjungi wisata ini alias gratis. Apakah kamu tertarik dengan Pantai Grigak yang tenang ini?

20. Pantai Kesirat

wisata gunung kidul pantai kesirat

Sumber Gambar : Folk Jogja

Sama seperti Pantai Grigak, Pantai Kesirat juga tidak memiliki pasir putih, melainkan sebuah pantai berkarang dengan hamparan rumput hijau dan sebuah pohon yang bertengger di bagian depan tersebut. Masyarakat sekitar menyebut pohon itu adalah pohon abadi. Biasanya masyarakat sekitar bakal memancing di area panta ini, sedangkan ada beberapa wisatawan yang memasang tenda di sekitaran pohon abadi. Toppers harus membayar Rp5.000 untuk bisa memasuki obyek wisata ini.

Baca Juga: Tempat Romantis di Yogyakarta yang Cocok Didatangi Pasangan Muda

Itulah rekomendasi destinasi wisata di Gunung Kidul, Yogyakarta. Bagaimana tanggapan kamu tentang daerah dengan julukan 1001 pantai ini? Pastinya kamu tidak sabar untuk bisa berpetualang ke wisata alam Gunung Kidul! Sebelum berangkat, sebaiknya Toppers persiapkan perlengkapan kemah, seperti: alas tidur, alat masak kemah, tenda kemping, ataupun hammock semuanya bisa di Tokopedia. Karena belum klop rasanya jika tidak berkemah di pinggir pantai Gunung Kidul. Nah, setelah semua perlengkapan traveling sudah siap juga, Toppers bisa memesan tiket pesawat dari kotamu ke Yogyakarta lebih mudah dan aman di Tokopedia!

promo tiket pesawat tokopedia

Jangan sampai terlewat, cek promo pesawat Tokopedia sebelum berangkat!

Penulis: Melly Yustin Aulia

© 2009-2024, PT Tokopedia