5 Destinasi Wisata Kuliner Favorit di Indonesia

2155
Wisata Kuliner

Destinasi Wisata Kuliner Favorit – Jalan-jalan ke suatu kota di Indonesia rasanya tidak akan lengkap tanpa kamu mencoba kuliner khasnya. Dari surabi di Bandung, sampai pempek dari Palembang, hampir setiap kota di Indonesia punya kuliner khasnya masing-masing, yang dijamin bakal mampu menggoyang lidah kamu. Jadi, buat Toppers yang punya hobi wisata kuliner tidak usah sulit menentukan kota tujuan. Yuk, cek destinasi wisata kuliner favorit Indonesia berikut ini!

Baca juga: 15 Kuliner Khas Bali yang Wajib Kamu Coba saat Mampir ke Pulau Dewata

Destinasi Wisata Kuliner Favorit di Indonesia

1. Bandung

Wisata Kuliner Sumber: Kuliner Panduan Wisata

Seperti yang sudah kita ketahui kota yang dijuluki Paris Van Java ini memang merupakan kota wisata kuliner paling favorit di Indonesia. Tidak heran lagi, karena Bandung memang memiliki banyak macam pilihan kuliner khas yang bisa kamu eksplor, mulai dari siomay, batagor, karedok, cimol, bandros, mie kocok, peuyeum, dan masih banyak lagi makanan hits lainnya. Dan kalau kamu mau mencari aneka kue di Bandung, Braga Permai tempatnya, tempat tersebut merupakan salah satu restoran tertua di Bandung.

Toppers tidak akan sulit mencari kuliner di Bandung karena aneka kuliner di sana sangat mudah ditemui dimana saja. Baik penjaja makanan ala street food hingga restoran-restoran high class. Mau liburan sambil berwisata kuliner? Yuk, ke Bandung!

2. Padang

Wisata Kuliner Sumber: katalogkuliner

Ibukota Provinsi Sumatera Barat ini adalah kota surga favorit bagi penikmat wisata kuliner di Sumatera. Buat kamu yang akan liburan ke Padang maupun sedang berkunjung ke Kota Padang, tidak ada salahnya mengeksplor wisata kuliner khas Padang yang dijamin bikin ketagihan. Mulai dari rendang paru, gulai ayam, gulai kepala ikan mas, dendeng balado, dendeng batoko yang pakai minyak kelapa dan cabai hijau mentah bisa kamu temui ketika menyisiri pusat kota, disana ada banyak warung yang menjajakannya.

3. Surabaya

Wisata Kuliner Sumber: Surabayafamily

Kota terbesar kedua di Indonesia ini merupakan Kota Pahlawan karena sejarah panjangnya terhadap kemerdekaan bangsa. Ada banyak museum dan bangunan bersejarah di sudut kota ini. Namun tidak hanya itu, Surabaya juga boleh dibilang sebagai gudang wisata kuliner. Ada banyak jenis makanan unik yang sayang kalau kamu lewatkan. Salah satu kuliner khas Surabaya yang paling terkenal di Surabaya yaitu rujak cingur. Rujak ini adalah campuran cingur dan petis. Untuk toppers yang belum tahu, cingur adalah sebutan lain untuk hidung sapi. Rujak cingur terdiri dari beberapa bahan, seperti lontong, kangkung, toge, tempe, tahu, cingur, dan kacang panjang. Tidak hanya rujak cingur, aneka kuliner khas Surabaya yang mampu bikin kamu ketagihan adalah lontong balap, tahu tek, semanggi, rawon, sate klopo, dan nasi pecel.

baner Maret Mantap

4. Makassar

Wisata Kuliner Sumber: selerasa

Makassar tidak hanya punya kecantikan dari Pantai Losari atau Pulau Samalona saja. Namun, kota ini juga disebut sebagai wisata kuliner favorit di Indonesia. Salah satu kuliner khas Makassar yaitu coto Makassar, makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga dan turis di Makassar. Coto Makassar berupa sup berbahan dasar jeroan sapi dan dicampur dengan irisan daging sapi yang dibumbui dengan racikan rempah. Dan dihidangkan dalam mangkuk lalu dimakan dengan ketupat dan “burasa”. Selain coto Makassar, masih ada sop konro dan sop sodara yang jadi kuliner tersohor di Makassar.

5. Palembang

Wisata Kuliner Sumber: pergikuliner

Satu lagi, Ibukota Sumatera Selatan yang terkenal dengan pempeknya. Ada pempek telur yang berbentuk seperti kapal selam dan ada juga yang keriting. Tapi tahukah toppers selain pempek, Palembang juga mempunyai banyak pilihan kuliner lainya yang tidak kalah lezat. Seperti taekwan yang menyerupai bakso ikan, laksan dengan kuah santannya, pindang patin yang rasanya pedas, mie celor dengan kuah kental dan gurihnya, dan satu lagi makanan spesial yang biasa disajikan pada saat hari raya di Palembang yaitu kue delapan jam. Yang membuat kue delapan jam spesial yaitu karena proses pembuatanya yang menghabiskan waktu sampai delapan jam.

Baca juga: Wisata Kuliner Belitung? 7 Makanan Khas Belitung ini Wajib Kamu Coba!

Nah, itulah beberapa kuliner khas dari beberapa kota di Indonesia yang pastinya enak dan bisa bikin kamu ngiler. Masih banyak lagi tempat yang bisa kamu eksplor di Indonesia karena begitu banyaknya macam ragam kebudayaan yang kita miliki, menjadikan Indonesia kaya akan kuliner khasnya. Selamat berlibur dan selamat berwisata kuliner, Toppers!

batagor

Bagikan Artikel