6 Kartu Elektronik yang Bisa Dipakai untuk Bayar Tol

0
165
kartu yang bisa buat bayar tol

Pengguna tol kini tidak dapat lagi melakukan pembayaran secara tunai. Agar kamu dapat menggunakan tol, berikut ini 6 pilihan kartu yang bisa kamu gunakan.


Saat ini sistem pembayaran di gerbang tol sudah tidak lagi menggunakan uang tunai, melainkan menggunakan uang elektronik/e-money.

Oleh karena itu, pengguna tol diwajibkan untuk memiliki e-Money agar lebih mudah saat membayar tol.

Kebijakan penggunaan kartu e-money untuk pembayaran tol telah diresmikan sejak Oktober 2017, lho.

Coba saja perhatikan, saat ini hampir seluruh gerbang tol di kota-kota besar telah dilengkapi teknologi Radio Frequency Identification (RFID) sebagai pendukung pembayaran melalui kartu e-money.

Maka dari itu, penting bagi pengendara roda 4 untuk memiliki kartu e-Money, terutama yang dapat digunakan untuk bayar tol.

Baca Juga: 10 Manfaat Kartu Kredit yang Memudahkan Urusan Finansial

Lantas. kartu apa saja sih yang bisa digunakan untuk bayar tol? Untuk membantumu, berikut ini 5 jenis kartu e-Money yang bisa digunakan untuk pembayaran tol. Yuk, disimak!

1. E-Money Mandiri

Bank Mandiri adalah salah satu pionir uang elektronik di Indonesia. Salah satu bank pelat merah terbesar ini menggunakan nama E-Money sebagai merek produk uang elektroniknya.

Ketika kebijakan penggunaan uang elektronik untuk pembayaran tol ditetapkan, E-Money merupakan salah satu kartu pertama yang mendukung sistem baru tersebut.

2. Indomaret Card

Bekerja sama dengan Bank Mandiri, kini manfaat Indomaret Card semakin banyak.

Selain bisa digunakan untuk membayar tol, Indomaret Card juga bisa digunakan untuk berbelanja di Indomaret dan supermarket/mini market lain yang menerima pembayaran dengan uang elektronik.

3. BCA Flazz

Tak hanya Bank Mandiri saja yang mengeluarkan kartu yang dapat digunakan untuk bayar tol, Bank BCA pun juga mengeluarkan kartu serupa.

Selain dapat digunakan untuk bayar tol, kartu Flazz BCA juga bisa digunakan untuk membayar TransJakarta dan MRT serta berbagai merchant yang bekerjasama dengan BCA.

4. Brizzi BRI

Brizzi dikeluarkan oleh Bank BRI dan menggunakan teknologi chip di dalam kartunya.

Kartu ini bisa digunakan untuk membayar tol dan kebutuhan lain seperti belanja di supermarket dan merchant tertentu yang bekerjasama dengan BRI.

Kartu e-Money dari BRI ini memiliki batas maksimal yaitu Rp 1.000.000. Brizzi bisa digunakan untuk pembayaran tol di wilayah Jabodetabek, Bandung, Medan, Palikanci, Semarang, Bali, Surabaya dan Makassar.

5. E-Toll Card

Mungkin kartu ini yang paling sering kamu lihat. Sama dengan kartu e-Money Indomaret, kartu ini juga dikeluarkan oleh Bank Mandiri.

Kartu ini tak hanya bisa digunakan sebagai alat pembayar tol namun juga sebagai alat pembayaran di toko-toko yang menyediakan layanan pembayaran menggunakan Mandiri e-Money.

6. Blink BTN

Meski namanya Blink BTN, kartu ini dibuat atas kerja sama Bank Mandiri dan Bank BTN.

Kartu ini juga memiliki fungsi yang sama dengan kartu-kartu e-Money lainnya yaitu sebagai alat pembayaran tol.

Selain itu, kartu ini juga bisa digunakan untuk berbelanja di supermarket dan bisa digunakan untuk membayar makanan di merchant yang melayani jenis pembayaran menggunakan kartu e-Money Blink BTN.

Baca Juga: Cara Cek Limit Kartu Kredit 10 Bank Terkemuka di Indonesia

Nah, itulah toppers 6 kartu yang bisa kamu gunakan untuk pembayaran tol.

Bagi pengendara mobil, kartu-kartu ini sudah menjadi benda wajib yang harus kamu miliki karena gerbang tol di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan kota-kota besar lainya sudah tidak menerima pembayaran dengan uang tunai lagi.

Jadi tunggu apa lagi? Miliki kartu e-Money dan lakukan top up melalui Tokopedia.

Bagikan Artikel