6 Teknik Meracik Kopi yang Bisa Dipelajari di Sekolah Barista

0
94
kursus barista terbaik

Mulai dari manual brewing hingga basic roasting, inilah sejumlah teknik meracik kopi yang bisa diperoleh dari sekolah barista.


Bagi banyak orang, keberadaan kopi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Alasannya karena kopi dapat meningkatkan fungsi otak, menambah energi ketika sedang merasa lesu, dan juga memperbaiki mood.

Bahkan, bagi beberapa orang, kopi dianggap sebagai kebutuhan dasar sama halnya seperti makanan.

Tidak heran jika kedai kopi tumbuh menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Nah, bagi Toppers yang tertarik membuka kedai kopi, atau sekadar belajar menyajikan kopi yang enak, kamu bisa mengikuti sekolah barista profesional.

Lantas, apa saja sih, cara atau teknik meracik kopi yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti sekolah barista? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Manual Brewing

sekolah barista jakarta
Sumber gambar: pexels

Seperti namanya, teknik manual brewing merupakan cara penyeduhan kopi manual tanpa mesin espresso.

Kamu hanya memerlukan kertas penyaring khusus. Teknik ini dapat menonjolkan rasa kopi yang tajam dan lebih organik.

Dalam teknik ini, terdapat beberapa metode yang juga dapat menghasilkan rasa berbeda. Metode-metode tersebut antara lain French Press, V60, Plunger, Dripper, Aeropress, Syphon, dan Cafflano Kompact.

BACA JUGA: PERBEDAAN ARABIKA DAN ROBUSTA YANG WAJIB DIKETAHUI PECINTA KOPI

2. Latte Art

kursus barista - latte art
Sumber gambar: pexels

Latte art merupakan seni menghias secangkir kopi dengan bahan dasar cappuccino dan latte.

Teknik ini terbagi menjadi dua, yaitu free pour dan etching. Bedanya hanya terletak di penggunaan alat bantu untuk menggambar di teknik etching. 

Dengan teknik ini, kamu bisa menghias kopi dengan variasi bentuk seperti hati, bunga tulip, atau bahkan wajah orang jika kamu sudah ahli, Toppers.

3. Basic Espresso

sekolah barista buat espresso
Sumber gambar: pexels

Di dalam kursus ini, peserta akan diajarkan mengenai pengetahuan dasar kopi, pengenalan peralatan dan mesin untuk membuat espresso, dan juga tekstur susu yang tepat untuk membuat berbagai macam jenis kopi.

Kamu akan mengetahui komponen apa saja yang dibutuhkan untuk membuat kopi berkualitas baik.

4. Advance Espresso

Berbeda dengan kelas sebelumnya, kali ini di kelas Advance Espresso kamu akan mempelajari teknik membuat kopi yang lebih kompleks dan membutuhkan pengetahuan dasar mengenai kopi sebelumnya.

Teknik yang akan diajarkan adalah coffee cupping (coffee tasting), cara membuat coffee blend, VST espresso, dan ekstraksi espresso.

5. Coffee Cupping

kursus barista - coffee cuping
Sumber gambar: kauaicoffee

Selain kelas-kelas dasar yang bersifat umum, terdapat juga kelas yang lebih spesifik. Di kelas Coffee Cupping, kamu akan diajarkan mengenai pengetahuan dasar tentang kopi, standarisasi biji kopi, juga berbagai macam latihan seperti latihan indra pengecap dan penciuman, cupping origin, cacat, dan profil roasting.

6. Basic Roasting

kursus barista - cofee roasting
Sumber gambar: pexels

Untuk melakukan kegiatan roasting yang baik, membutuhkan keahlian dan ilmu yang memadai.

Di kelas Basic Roasting, program yang akan diajarkan adalah mengenai pengetahuan dasar kopi, basic roasting, lalu kegiatan seperti demo dan latihan roasting yang lalu akan dianalisis, dan juga coffee cupping. Karena membutuhkan keahlian lebih, kelas ini memakan waktu lebih lama.

BACA JUGA: Review Coffee Maker Severin KA 4811: Cara Efisien Nikmati Kopi

Itu dia teknik meracik kopi yang akan kamu dapatkan jika mengikuti kursus barista profesional.

Mengikuti sekolah barista cocok bagi kamu yang ingin meneruskan karier sebagai barista, ingin membuka usaha kedai kopi, atau sekadar untuk membuat kopi sendiri di rumah.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti sekolah barista, kamu bisa mengikuti sekolah barista yang diselenggarakan oleh Indonesia Coffee Academy.

Kamu bisa membeli voucher untuk mengikuti kursus barista melalui platform Tokopedia Belajar. Dapatkan juga penawaran spesial dengan harga terbaik hanya untuk bulan ini. Bagimana, Toppers? Tertarik menjadi ahli membuat kopi enak?

Bagikan Artikel