• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

DIY: 8 Inspirasi Pot Tanaman dari Barang Bekas

Share

DIY: 8 Inspirasi Pot Tanaman dari Barang Bekas

Kreasikan kebunmu dengan pot buatan sendiri. Simak inspirasi pot tanaman dari barang bekas yang unik berikut ini.


Banyak manfaat bisa kita dapatkan dengan berkebun. Aktivitas berkebun merupakan pilihan kegiatan bagi banyak orang, baik untuk refreshing atau untuk memperoleh buah dan sayuran segar dari pot tanaman hasil sendiri.

Masyarakat perkotaan, atau yang tinggal di daerah minim ruang hijau, dapat memanfaatkan ruang indoor untuk berkebun juga, lho. Selain, meningkatkan kadar udara segar dan kelembaban yang cukup di dalam ruangan, tanaman indoor juga bisa memperindah ruangan.

Buat Toppers yang suka atau ingin mencoba berkebun di luar maupun dalam ruangan, beberapa kreasi pot tanaman dari barang bekas ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat pot tanaman dan dekorasi ruangan.

1. Botol dan Kaleng

Botol

Pot Tanaman - Botol Bekas
Sumber foto: saltycanary.com

Bahan dan cara pembuatan pot tanaman ini mudah dan murah, Toppers. Bahan yang dibutuhkan, yakni botol, cat warna, dan spidol. Setelah mengumpulkan bahan, kamu dapat memulainya dengan membentuk pola kucing (atau hewan berkaki empat lain yang kamu inginkan) pada permukaan botol dan mengguntingnya sesuai pola yang telah kamu buat. Setelah itu, tinggal kamu warnai dan gambar sesuai karakter yang telah kamu tentukan.

Kaleng

Pot Tanaman - Kaleng Bekas
Sumber foto: shopify.com

Punya kaleng soda yang menumpuk? Kaleng yang sudah tidak dipakai bisa kamu kreasikan juga menjadi pot, lho. Jika kamu menyukai model yang minimalis dan berwarna, pot yang satu ini menjadi pilihan yang tepat. Yang perlu kamu lakukan hanya melepas bagian permukaan atas kaleng dengan pisau atau gunting. Setiap kaleng yang kamu jadikan pot dapat kamu berikan variasi warna. Dan voila! Pot bikinanmu pun siap ditanam. Tepi jendela yang kosong bisa kamu dekor dengan pot tanamanmu dan tanaman pun akan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

2. Kursi

Alas tempat duduk atau kursi rusak? Eits. Jangan dibuang dulu. Alas tempat duduk bisa dilepas secara total dan digantikan dengan keranjang atau kain untuk dijadikan pot tanaman yang unik.

Pot Tanaman - Kursi
Sumber foto: sewcaroline.com

3. Cangkang Siput dan Kerang

Toppers suka bersantai di pantai? Pastinya sering melihat cangkang siput atau kerang bertebaran di pasir. Nah, kumpulin aja, Toppers. Cangkang tersebut bisa dijadikan sebagai pot kecil dan dekorasi ruangan unik seperti ini.

Pot Tanaman - Siput
Sumber foto: hative.com

4. Sepatu

Sepatu yang sudah tidak terpakai lagi juga bisa dijadikan pot tanaman. Ini contohnya.

Pot Tanaman - Sepatu
Sumber foto: hgtv.com

5. Lemari Laci

Jika lemari laci rusak, biasanya orang-orang akan menggantinya dengan lemari yang baru. Lalu mau diapakan lemari laci yang sudah tak dipakai? Dijadikan pot tanaman aja, Toppers. Bisa sekalian go green juga, lho.

Pot Tanaman - Lemari
Sumber foto: amorq.com

6. Ban

Sebelumnya, Toped pernah membahas tentang kegunaan ban bekas yang bisa dijadikan sebagai perabotan rumah, seperti sofa. Selain itu, ban bekas juga dapat difungsikan menjadi pot tanaman. Pot tanaman dari ban bisa diletakkan di lantai/tanah ataupun dijadikan sebagai penghias dinding, baik dengan bentuk utuh melingkar atau setengah lingkaran. Pot tanaman dari ban bekas juga bisa dikreasikan menjadi karakter kartun seperti ini.

Pot Tanaman - Ban
Sumber foto: amazinginteriordesign.com

7. Bola Lampu

Bola lampu yang sudah rusak atau tidak bisa dipakai lagi juga bisa dimanfaatkan menjadi pot tanaman atau vas bunga. Pot dari lampu bekas cocok ditanaman dengan aneka tanaman sekulen dan hidroponik untuk hiasan ruangan.

Pot Tanaman - Bola Lampu
Sumber foto: diytag.com

Bahan yang dibutuhkan juga sederhana. Hanya bola lampu, tang, dan benang ikat. Karena bahan terbuat dari kaca, jangan lupa pastikan keselamatan dengan memakai kacamata pengaman ya.

8. Bingkai Foto

Bingkai foto Toppers sudah tidak memadai untuk dipajangkan foto? Ganti fungsinya menjadi pot tanaman aja. Bingkai foto yang sudah rusak bisa dipakai untuk menumbuhkan aneka tanaman hidup.

Yang Toppers butuhkan untuk menyulap bingkat foto menjadi pot:

  • 1 bingkai foto
  • 1 gergaji
  • balok kayu untuk membuat bingkai pot (panjang kayu papan sesuai dengan bingkai foto yang kamu pakai)
  • meteran
  • bor dan baut mur
  • bahan shading/kain
  • papan kayu (untuk memberi permukaan dan menutup bagian belakang bingkai)
  • gunting
  • lumut daun, tanah, dan tanaman secukupnya untuk mengisi pot bingkai

Setelah bahan terkumpul, kamu pun siap membuat pot tanaman dari bingkai bekas. Berikut cara membuatnya:

Pot Tanaman - Bingkai
Sumber foto: empressofdirt.net

Bagaimana Toppers? Sudah menentukan DIY project kamu berikutnya? Jika perlengkapan DIY  Toppers masih belum lengkap atau sudah habis, perlengkapan tersebut bisa didapatkan di Tokopedia. Untuk mengisi pot tanaman kreasi Toppers, Toppers juga bisa membeli aneka benih bibit tanaman dan tanaman-tanaman lainnya, seperti kaktus.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

10 Merk Joran Pancing Terbaik, Memancing Lebih Mantap!
Hobi dan Gaya Hidup
10 Merk Joran Pancing Terbaik, Memancing Lebih Mantap!
© 2009-2024, PT Tokopedia