• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Bacaan Doa Kedua Orang Tua - Arab, Latin, Arti

30 May 2024

Share

Bacaan Doa Kedua Orang Tua - Arab, Latin, Arti

Temukan doa untuk kedua orang tua dalam Islam, lengkap dengan panduan dan kumpulan doa yang bisa dipanjatkan untuk kesejahteraan, kesehatan, dan ampunan bagi orang tua.


Orang tua adalah sosok yang sangat berharga dalam kehidupan kita. Dalam Islam, berbakti kepada orang tua adalah salah satu perintah Allah yang sangat dianjurkan. Salah satu bentuk bakti yang bisa kita lakukan adalah dengan mendoakan mereka.

Doa adalah sarana untuk memohon kebaikan, perlindungan, dan rahmat dari Allah SWT bagi kedua orang tua kita, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia.

Ketahui pentingnya berdoa untuk orang tua dan doa apa yang bisa kamu panjatkan demi keduanya.

Baca Juga: Doa Nabi Sulaiman - Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua

Bacaan doa kedua orang tua bisa dipanjatkan sesuai kebutuhan, berikut beberapa lafalnya:

1. Doa agar Orang Tua diampuni Dosanya

Setiap manusia pasti memiliki dosa, oleh karena itu kita dianjurkan untuk memohonkan ampunan bagi orang tua. Berikut adalah salah satu doa yang bisa dipanjatkan:

doa kedua orang tua

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfirlii wa li waalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

2. Doa Memohon Kesembuhan Orang Tua

Ketika orang tua sedang sakit, kita dianjurkan untuk memohon kesembuhan untuk mereka. Berikut adalah salah satu doa yang bisa dipanjatkan:

 اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ البَاسَ، اِشْفِ أَنْتَ الشَّافِي، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma Rabbannasi adzhibi al-ba'sa. Isyfi anta as-syaafiyyu laa syifaa-a illa syifaa-uka syifaa-an laa yughadiru saqama.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit ini. Sembuhkanlah, hanya Engkaulah yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu"

3. Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Untuk orang tua yang sudah meninggal, kita tetap bisa mendoakan mereka agar diterima di sisi Allah dan diberikan tempat terbaik di akhirat. Berikut adalah salah satu doa yang bisa dipanjatkan:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Allāhummaghfir lil muslimīna wal muslimāt, wal mukminīna wal mukmināt, al-ahyā'i minhum wal amwāt, min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā, barrihā wa bahrihā, khushūshan ilā ābā'inā, wa ummahātinā, wa ajdādinā, wa jaddārinā, wa asātidzatinā, wa mu'allimīnā, wa li man ahsana ilainā, wa li ashhābil huquqi 'alaynā. 

Artinya: "Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami."

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Arab + Latin serta Arti dan Waktu Membacanya

Pentingnya Mendoakan Orang Tua

Dalam Islam, berdoa untuk kedua orang tua adalah salah satu bentuk kebajikan dan penghormatan yang sangat dianjurkan. Allah SWT memerintahkan umat Muslim untuk berbuat baik kepada orang tua, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya" (QS. Al-Ahqaf: 15).

Berdoa untuk orang tua bisa dilakukan kapan saja, namun ada waktu-waktu yang lebih utama untuk berdoa, seperti setelah shalat wajib, saat sujud, di sepertiga malam terakhir, dan setelah membaca Al-Qur'an.

Saat berdoa, hendaknya kita menghadap kiblat, mengangkat tangan, dan berdoa dengan penuh kekhusyukan. Doa yang dipanjatkan dengan hati yang ikhlas dan penuh keyakinan insya Allah akan lebih mudah dikabulkan.

Baca Juga: Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun, Kapan Membacanya?

Itu dia bacaan doa kedua orang tua yang memiliki arti nan mulia, Toppers. Baik masih ada maupun telah tiada, sempatkan waktu untuk membacakan doa untuk keduanya, ya!

Salah satu waktu terbaik untuk membaca doa adalah setelah shalat. Jangan sampai terlewat, kini kamu bisa mengakses semua jadwal sholat lengkap untuk semua wilayah di Indonesia dengan membuka fitur Tokopedia Salam di Tokopedia. Yuk, perbanyak dan permudah ibadahmu dengan fitur-fitur unggulan dari Tokopedia Salam!

© 2009-2024, PT Tokopedia