• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Donasi Untuk Kartini Masa Kini

Share

Donasi Untuk Kartini Masa Kini

Kita mengenang Raden Ayu Kartini, atau Ibu Kartini, untuk perjuangannya akan hak pendidikan dan emansipasi perempuan pada tanggal 21 April setiap tahunnya. Walaupun sekarang siapa saja dapat bersekolah sampai ke tingkat tertinggi, tetapi tahukah kamu? Menurut data UNICEF, bahwa ada sekitar 2.5 juta anak Indonesia yang putus sekolah pada tahun 2016, dengan keterbatasan biaya sebagai faktor utama.

Pendidikan diketahui dapat memberantas kemiskinan, membuka peluang ekonomi dan memastikan kelangsungan hidup yang lebih baik. Oleh karena itu, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) berkomitmen untuk mendukung anak-anak kurang mampu agar mereka dapat terus mendapatkan pendidikan melalui berbagai program.

Salah satunya adalah dengan program bimbingan untuk para ibu dari siswa-siswi tersebut dalam menjalankan usaha kecil. Penghasilan usaha tersebut dapat digunakan untuk membiayai buah hati mereka bersekolah.

Salah satu ibu di bawah bimbingan YCAB adalah Ibu Dwi Kewani, seorang penjual kue basah. Ibu Dwi memulai usahanya untuk mengikuti program YCAB agar anak-anaknya bisa terus bersekolah. “Pokoknya anak saya jangan putus sekolah!”, tegasnya saat ditanya mengenai pendidikan untuk para buah hati.

Anak sulung Ibu Dwi Kewani telah bersekolah sampai ke tingkat perguruan tinggi di salah satu universitas swasta di Jakarta. Sedangkan, anak bungsunya masih duduk di bangku SMP. Ibu Dwi Kewani ingin selalu bisa membiayai kedua anaknya untuk terus mendapat pendidikan, tanpa meminta keringanan biaya dari pihak sekolah.

“Saya nangis. Iya, nangis saya waktu itu. Tidak menyangka bisa nyekolahin anak. Tidak menyangka bisa nguliahin anak.”, jelasnya di tengah air mata yang menetes ketika mengenang saat anak pertamanya berhasil lolos tes penerimaan universitas.

Tidak hanya untuk pendidikan anak-anaknya, Ibu Dwi Kewani pun juga dibimbing program YCAB agar dapat mengatur keuangan rumah tangga. Ia belajar menghemat dan memisahkan keuangan untuk keperluan usahanya dan kebutuhan sehari-hari. Melalui program ini, YCAB berharap tidak hanya biaya pendidikan anak-anaknya yang tertutupi, tetapi juga kehidupan keluarga Ibu Dwi Kewani dan keluarga yang kurang mampu lainnya terjamin secara jangka panjang.

Dalam rangka peringatan Bulan Kartini, Tokopedia bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa untuk terus mendukung para Kartini masa kini, seperti Ibu Dwi Kewani, agar anak-anak mereka dapat menimba ilmu sampai ke tingkat tertinggi. Setiap donasi yang terkumpul untuk YCAB di TopDonasiBebas pada periode 19-30 April 2018 akan digunakan untuk mendukung perjuangan para Kartini masa kini.

Ayo, kita teruskan semangat Ibu Kartini dengan membantu para Kartini masa kini beserta anak-anaknya melalui YCAB! Untuk membantu sesama, mulai aja dulu dari Tokopedia.

donasi online tokopedia

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Tokopedia Lite PWA, Aplikasi Versi Ringan Tanpa Install dan Hemat Penyimpanan
Seputar Tokopedia
Tokopedia Lite PWA, Aplikasi Versi Ringan Tanpa Install dan Hemat Penyimpanan
© 2009-2024, PT Tokopedia