Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
Aksi Sosial Tokopedia dalam Merespon Pandemi COVID-19
24 March 2020
Share icon
Share
Aksi Sosial Tokopedia dalam Merespon Pandemi COVID-19

Jakarta, 23 Maret 2020 Berdasarkan data dan informasi Kementerian Kesehatan melalui Juru Bicara Penanganan COVID-19, dr. Achmad Yurianto, hingga Minggu 22 Maret 2020 tercatat 514 kasus positif COVID-19 di Indonesia. 

Dari data tersebut, dikonfirmasi juga bahwa virus ini telah menyebar hingga 20 provinsi di Indonesia. Jumlah ini kian bertambah setiap harinya, sehingga upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi ini telah menjadi tanggung jawab kita bersama.

Tenaga medis seperti dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya, merupakan orang-orang yang berada di garis terdepan penanganan COVID-19. Namun, saat ini mereka mengalami kesulitan untuk mengakses Alat Pelindung Diri (APD) yang jumlahnya semakin terbatas.

 Tidak hanya tenaga medis, masyarakat yang bekerja di fasilitas publik dan sektor informal lainnya pun ikut terdampak secara sosial ekonomi akibat penyebaran virus ini.

Merespon hal tersebut, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif sosial mulai dari menggalang kepedulian pengguna melalui Tokopedia Salam, hingga melakukan kegiatan tanggung jawab sosial lewat program CSR Tokopedia.

Aksi Sosial Tokopedia merespon COVID-19

Dalam merespon pandemi global COVID-19, Tokopedia melaui CSR & Social Impact melakukan beberapa inisiatif sosial guna mempercepat proses penanganan virus, serta melindungi warga Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengamanan serta meringankan beban bagi kelompok masyarakat yang rentan, terutama para tenaga medis yang berada di garis terdepan penanganan pandemi. Kegiatan ini diantaranya:

Senin, 16 Maret 2020
Tokopedia mendonasikan 75.600 masker yang dikirimkan melalui jalur udara, bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Hongkong. Masker ini diterima secara langsung oleh Bapak Ricky Suhendar selaku Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hongkong, yang selanjutnya akan didistribusikan kepada para TKI di Hongkong yang sangat membutuhkan masker.

Rabu, 18 Maret 2020

Foto oleh Human Initiative dan Yayasan Seeds of Hope

Adapun lebih dari 10.000 bingkisan makanan juga telah diberikan kepada para lansia, janda, anak yatim, dhuafa, remaja putus sekolah & terlantar, dan masyarakat lain yang tergolong kurang mampu. CSR & Social Impact Tokopedia bersama 26 organisasi sosial membagikan lebih dari 8 ribu bingkisan makanan kepada warga di wilayah Jabodetabek, ribuan bingkisan di Manado dan ratusan bingkisan di daerah Lampung dan Denpasar.

Jum’at, 20 Maret 2020 (masih berlangsung)

Foto oleh Palang Merah Indonesia DKI Jakarta

Selain itu, CSR & Social Impact Tokopedia menyalurkan donasi kepada Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta, untuk pembelian logistik yang menunjang kegiatan sterilisasi dan penyemprotan desinfektan pada fasilitas umum yang terdapat di 5 wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta. CSR Tokopedia juga menyalurkan bantuan berupa susu steril siap minum untuk meningkatkan daya tahan tubuh para petugas yang bekerja di lapangan.

Senin, 23 Maret 2020 
Tokopedia selanjutnya juga mengambil langkah strategis dalam upaya penanganan bencana, dengan memberikan donasi senilai Rp1.000.000.000 (satu milyar rupiah) kepada Gugus Tugas COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Yayasan Benih Baik. Donasi ini didedikasikan untuk tim tenaga kesehatan dalam bentuk bantuan logistik dan obat-obatan yang dapat meningkatkan pelayanan menjadi lebih optimal.

Donasi Bantu Tenaga Medis COVID-19 melalui Tokopedia Salam.

Tokopedia membuka kesempatan bagi pengguna yang ingin membantu meringankan beban mereka melalui Donasi Tokopedia Salam. Pengguna dapat berdonasi di halaman DONASI COVID-19, atau ketika selesai berbelanja di Tokopedia. Untuk berdonasi secara langsung Toppers dapat langsung mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di akhir artikel.

Donasi ini selanjutnya akan langsung disalurkan melalui BenihBaik.com, WeCare.id dan Human Initiative yang merupakan lembaga resmi dan terpercaya untuk menyalurkan donasi dari Toppers.

Hingga Senin, 6 April 2020 pukul 23.59 WIB, jumlah donasi yang terkumpul di aplikasi Tokopedia berjumlah Rp 6.548.504.000,- yang akan disalurkan terutama melalui BenihBaik.com, WeCare.id, dan Human Initiative.

Donasi saat ini tengah disalurkan dalam bentuk alat pelindung diri (APD) yang meliputi baju hazmat, safety googles, masker, serta multivitamin dan kebutuhan sanitasi di lebih dari 150 fasilitas kesehatan rujukan COVID-19.

Adapun berikut perkembangan penyaluran donasi:

30 Maret 2020: Melalui BenihBaik.com, donasi telah diserahkan kepada Yayasan Media Group untuk disalurkan ke 15 fasilitas kesehatan rujukkan COVID-19.

31 Maret 2020: Melalui WeCare.id, donasi telah disalurkan dalam bentuk APD untuk 5 rumah sakit rujukan COVID-19. Bantuan ini meliputi: APD lengkap, masker N95, Coverall, Handscoen steril, Googles, Hand sanitizer dan cairan desinfektan.

Foto oleh WeCare.ID

1 – 7 April 2020: Bersama ketiga organisasi, Tokopedia menyalurkan donasi Toppers berupa APD dan logistik medis lainnya di lebih dari 25 unit layanan kesehatan. Tercatat hingga 7 april, donasi ini telah menjangkau lebih dari 9 provinsi di Indonesia.

Selain melalui halaman donasi, pengguna dapat terus memantau perkembangan penyaluran donasi melalui artikel ini.

Cara Berdonasi Melalui Tokopedia Salam

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia