• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau!

03 November 2022

Share

15 Fakta Unik tentang Cosplay yang Buat Kamu Terpukau!

Kamu suka cosplay? Cosplay bukan hanya sekedar menggunakan kostum lho, kamu harus tau 15 fakta unik mengenai cosplay berikut ini!

Fakta Unik tentang Cosplay – Bila kamu merupakan penggemar komik asal Jepang dan pernah menghadiri event asal Jepang pasti istilah cosplay sudah tidak asing lagi buat kamu. Kegiatan cosplay ini telah berkembang dengan pesat hingga ke berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Cosplay sendiri merujuk pada hobi berkostum ala karakter animasi, komik maupun video games. Cosplay sendiri merupakan gabungan dari kata Costum dan Play, sehingga orang yang melakukannya disebut sebagai cosplayer.

Di Jepang, setiap tahunnya digelar ajang tahunan bagi cosplayer dari seluruh Indonesia, yaitu World Cosplay Summit. Dulunya, ajang ini merupakan acara kecil yang diadakan oleh TV Aichi Jepang. Namun , sejak tahun 2015, event ini menjadi ajang perebutan gelar cosplay terbaik di seluruh negeri.

BACA JUGA: 10 Mood Booster Penghilang Stress Paling Ampuh

Fakta Unik Tentang Cosplay

Tidak hanya unik dan menarik, kamu bisa melihat 15 fakta unik lainnya tentang Cosplay yang buat kamu terpukau.

Penasaran kan? Yuk simak berikut ini:

1.  Indonesia Pernah Menyabet Juara 3 World Cosplay Summit di Jepang

Indonesia pernah menyabet juara 3 world cosplay summit

Sumber: fiqflash.blogspot.com

Pada tahun 2012 beberapa Cosplayer asal Indonesia berhasil menjadi juara 3 WCS (World Cosplay Summit) yang diadakan di Nagoya, Jepang, dan kembali meraih juara ke-3 pada WCS di tahun 2014.

Pemberitaannya mungkin kurang terdengar saat itu, tapi pemuda asal Indonesia ini telah mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional melalui hobinya melakukan cosplay.

2. Cosplay adalah Hobi yang Bisa Menyalurkan Seni, Bakat, dan Ekspresi

Cosplay adalah hobi yang bisa menyalurkan seni, bakat, dan ekspresi

Sumber: Unsplash

Cosplay tidak hanya sekedar menggunakan kostum dan wig seperti karakter anime, tapi dibaliknya ada proses memainkan karakter dan persiapan dalam melakukan cosplay.

Cosplay dapat melatih akting di atas panggung saat mendalami karakter. Saat ini juga sudah ada berbagai komunitas dan event yang menawarkan bantuan dan diskusi terkait persiapan dalam melakukan cosplay.

Komunitas tersebut juga memberikan bantuan dan saran untuk memaksimalkan penampilan saat melakukan cosplay.

3. Cosplay itu Multi Talented!

Cosplay itu multi talented lho!

Sumber: Unsplash

Seorang cosplayer tidak hanya sekedar berusaha meniru karakter, tapi harus terlibat dalam proses pembuatan kostum, aksesoris hingga mendalami karakternya, sehingga saat diatas panggung dapat memberikan penampilan yang maksimal.

Proses ini membutuhkan berbagai usaha dan persiapan dari seorang cosplayer, mereka harus mampu mendalami dunia seni peran hingga belajar untuk menghasilkan sebuah kostum yang sesuai.

4. Cosplayer Memiliki Bakat Akting yang Luar Biasa

Cosplayer memiliki bakat akting yang luar biasa

Sumber: Pixabay

Cosplayer yang berada di atas panggung harus menirukan karakter yang dipilihnya, dari mimik wajah, gerakan hingga intonasi suara dibuat sedemikian rupa agar terlihat sama.

Mereka akan menampilkan potongan adegan atau gerakan yang dapat menginterpretasikan karakter tersebut, bisa saja saat berada diatas panggung dan saat berada diluar kegiatan cosplay mereka terlihat berbeda, karena saat cosplay mereka harus mendalami peran yang diambil.

5. Para Cosplayer Selalu Ramah dan Tidak Sombong

Para cosplayer selalu ramah dan tidak sombong

Sumber: Unsplash

Saat seorang cosplayer sedang bermain peran jangan sungkan untuk menyapa mereka, termasuk bila kamu bertemu mereka saat event. Seluruh cosplayer akan dengan senang hati diajak berfoto bersama.

Kamu dapat berinteraksi atau meminta foto bersama mereka saat sedang tidak berada di atas panggung, mereka akan menyambut kamu dengan senang hati.

6. Cosplayer Banyak yang Suka, Banyak Juga yang Benci

Cosplayer banyak yang suka, banyak juga yang benci

Sumber: Pixabay

Tidak bohong bila banyak orang yang menyukai dan juga membenci cosplayer, alasannya karena setiap orang memiliki penilaian dan standar masing-masing atas penampilan seorang cosplayer.

Ada cosplayer yang telah berusaha menampilkan yang terbaik, namun dianggap kurang menarik dan tidak seperti karakter aslinya, oleh sebab itu kamu harus selalu menghargai setiap usaha dan penampilan dari cosplayer tersebut yah.

7. Menjadi Cosplayer akan Membuatmu Menjadi Orang yang Kreatif

Menjadi cosplayer akan membuatmu menjadi orang yang kreatif

Sumber: Pixabay

Menjadi cosplayer berarti kamu dituntut untuk menjadi kreatif, kamu akan belajar membuat kostum dan aksesoris yang beragam.

Bahkan hal-hal kecil seperti mencari pernak-pernik pelengkap, mengecat dan menjahit kostum, semuanya disiapkan sendiri untuk memberikan penampilan yang maksimal, bahkan bila kostum karakter tersebut tampak sulit untuk dibuat.

BACA JUGA: 12 Jenis Koleksi Gundam Terfavorit Wajib untuk Koleksi

8. Ingin Memiliki Koneksi yang Luas? Jadi Cosplayer Aja!

Kamu bisa mendapatkan koneksi yang luas dengan menjadi cosplayer, apa lagi bila kamu memiliki hobi yang sama, kamu bisa menghadiri event dan komunitas yang dibuat untuk menjalin relasi.

Event dan komunitas yang dibuat akan sering berdiskusi dan memberi saran satu sama lain, sehingga kamu juga bisa mulai mencari teman dan relasi disana.

9. Suka Elsa atau Anna dari Frozen? Bisa Kuga kok Jadi Cosplayer

Cosplay tidak terbatas hanya pada anime, bila kamu menyukai animasi Disney bahkan Superhero Marvel, kamu juga bisa mengikuti cosplay.

di-Indonesia sendiri cosplayer masih didominasi dengan karakter anime sehingga tidak banyak orang yang tahu bahwa cosplayer karakter diluar anime pun cukup banyak peminatnya.

10. Cosplay adalah Hobi yang Menghasilkan Uang

Cosplay adalah hobi yang menghasilkan uang

Sumber: Pixabay

Menjadi cosplayer akan membantu kamu memperluas relasi bisnis. Kamu bisa menjual pernak-pernik maupun barang buatan kamu pada cosplayer lainnya.

Bisnis cosplay tidak main-main, banyak orang yang telah menekuni bisnis tersebut dan mendapat keuntungan yang berkali-kali lipat dari hasil barang buatannya. Kamu bisa menawarkannya saat event cosplay maupun melalui komunitas para pecinta cosplay.

11.  Cosplay Tidak Hanya Soal Anime, Tapi Bisa Terinspirasi dari Game dan Film

Cosplay tidak hanya soal anime, tapi bisa terinspirasi dari game dan film

Sumber: Pixabay

Memang benar bahwa cosplay erat kaitannya dengan anime, sayangnya masih tidak banyak yang tahu bahwa cosplay tidak hanya sebatas dari anime saja.

di-Amerika sendiri sudah banyak cosplayer yang terinspirasi dari film fantasi dan game, termasuk superhero dari marvel dan DC yang sering dijadikan sebagai inspirasi cosplay.

12. Cosplay Juga Memiliki Aturan dan Etika

Cosplay juga memiliki aturan dan etika

Sumber: Unsplash

Mungkin tidak setiap orang mengetahui bahwa cosplay juga memiliki etika dan aturan yang tidak disebutkan secara langsung.

di-Jepang, para cosplayer tidak boleh langsung menggunakan kostumnya dari rumah hingga tempat acara, karena kostum yang digunakan terkadang memiliki cukup banyak aksesoris yang dapat mengganggu orang sekitar.

Bayangkan jika seorang cosplayer yang mengenakan baju dengan lebar hampir 1 meter harus menggunakan kereta untuk sampai ke tempat acara, tentu akan memakan tempat saat menggunakan kendaraan umum.

Oleh sebab itu, para cosplayer memiliki etika untuk menggunakan kostum hanya ditempat acara dan melepasnya seusai acara.

13. Istilah Cosplay Bukan dari Bahasa Jepang

Istilah cosplay bukan dari bahasa jepang

Sumber: Unsplash

Banyak yang tidak menyangka bahwa istilah cosplay sendiri bukan berasal dari Jepang. Istilah ini pertama kali dibuat setelah melihat cukup banyak orang yang senang mendalami karakter sebuah toko fantasi, hingga menggunakan kostum dan pernak-pernik yang mirip.

Akhirnya istilah ini muncul dari penggabungan dua kata, yaitu costum dan play. Menggambarkan kegiatan seni peran menggunakan aksesoris dan kostum yang senada dengan karakter tersebut.

14. Event dan Komunitas Cosplay Terbuka Bagi Orang Awam

event dan komunitas cosplay terbuka bagi orang awam

Sumber: Unsplash

Event dan komunitas cosplay tidak hanya bagi para cosplayer lho! Semua orang terbuka untuk mengikuti event ini, kamu yang baru pertama kali mencari tahu juga bisa berpartisipasi dalam event tersebut.

Komunitas cosplay sangat terbuka bagi pendatang baru, kamu akan diarahkan dan diberikan saran untuk memulai kegiatan cosplay.

15. Lomba Cosplay Dapat Berhadiah Tunai Maupun Ucapan Selamat

Lomba cosplay dapat berhadiah tunai maupun ucapan selamat

Sumber: Unsplash

Sebenarnya tidak seluruh lomba cosplay memberikan hadiah uang tunai, beberapa diantaranya akan memberikan penghargaan berupa ucapan selamat.

Bila kamu ingin mengikuti lomba cosplay, pastikan kamu sudah mengetahui mengenai hadiah yang diberikan dalam bentuk apa agar sesuai dengan harapan kamu.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Gaya Foto di Sosmed Kekinian yang Wajib Dicoba!

Itulah 15 fakta unik tentang Cosplay. Nah, buat kamu yang ingin jadi cosplayer, kamu bisa temukan berbagai kostum hingga wig serta perlengkapan cosplay lainnya secara mudah dan murah hanya di Tokopedia!

jual wig cosplay

Mau mencontek gaya cosplay biar makin gaul seperti remaja di Jepang? Kamu wajib punya Wig Cosplay dong biar makin kece.

Penulis: Claudia Angelista

© 2009-2024, PT Tokopedia