20 Daftar Anime Slice of Life Terbaik yang Ringan dan Realistis

325
anime slice of life, anime slice of life terbaik, daftar anime slice of life

Dari sekian banyak genre, anime slice of life punya keunikan yang membuatnya menarik. Karena membahas cerita ringan dan realistis. Simak daftar terbaiknya!


Anime Slice of Life Terbaik – Siapa tak tahu animasi asal Jepang? Anime sudah sangat populer di Indonesia dan memasuki masa kejayaannya di era 90-an. Dari sekian banyak genre, seperti anime action hingga anime romance memiliki cerita yang menarik dan menghibur.

Tidak heran kalau kartun asal Negeri Sakura ini sangat diminati bahkan hingga ke negara-negara Barat. Tetapi, pernahkah Toppers menonton Anime yang bergenre slice of life?

Genre ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari dengan konflik yang lebih ringan dan realistis. Nah, berikut rekomendasi film anime dengan aliran slice of life terbaik!

Baca Juga: 20 Anime Drama Terbaik yang Bikin Emosi Naik Turun

Anime Slice of Life Terbaik

1. K-On

anime slice of life, anime slice of life terbaik
Sumber Gambar: Fandom

Berpadu dengan musik, yang satu ini bisa menjadi favorit bagi kalian yang menyukai Anime dengan sentuhan musik di dalamnya. K-On bercerita tentang kehidupan sekelompok anggota klub musik di sebuah sekolah SMA.

Hirasawa Yui, seorang gadis periang yang baru memasuki masa SMA dan sedang mencari klub di sekolahnya dan tertarik untuk bergabung dengan K-On (klub musik).

Karena kekurangan anggota, Ritsu, Mio dan Mugi langsung menerima Yui walaupun tidak bisa memainkan alat musik apa pun.

2. Barakamon

anime slice of life, anime slice of life terbaik
Sumber Gambar: Rice Digital

Bercerita tentang seorang kaligrafi berbakat asal Jepang, Seishuu Handa mendapatkan masalah karena memukul wajah seorang pembuat kaligrafi terkenal. Ia harus pergi ke pulau kecil dan menghadapi banyak hal yang tidak terduga.

Sebagai seorang yang tinggal di kota, Handa harus beradaptasi dengan tetangga yang aneh pedesaan yang asing baginya. Seperti orang-orang yang menggunakan traktor hingga anak-anak tetangga yang mengganggu.

3. Toradora!

anime slice of life, anime slice of life terbaik
Sumber Gambar: DevianArt

Dua siswa paling ditakuti di sekolah bernama Aisaka Taiga dan Takasu Ryuuji harus saling berurusan, karena secara tidak sengaja menemukan rahasia satu sama lain.

Ryuuji, memiliki wajah yang mengintimidasi dengan sorot mata yang tajam sedangkan Taiga, seorang siswi yang ditakuti karena sifatnya yang dikenal ganas.

Ryuuji mendapati Taiga sebenarnya memiliki sisi manis dalam dirinya dan menyukai seorang wakil presiden yang populer di sekolahnya.

4. The Melancholy of Haruhi Suzumiya

anime slice of life, anime slice of life terbaik
Sumber Gambar: CG Magazine

Ryuuichi Kashima dan adiknya yang masih sangat kecil, Kotarou, baru saja kehilangan kedua orang tuanya karena kecelakan pesawat. Membuat mereka harus pindah ke sebuah akademi dan beradaptasi dengan keadaan baru.

Ryuuichi ditugaskan untuk menjadi babysitter di akademi tersebut sebagai ganti biaya akademi yang membuatnya bukan mengurus adik balitanya saja tetapi juga balita lainnya. Dijamin anime yang satu ini akan membuatmu terharu.

5. Clannad

anime slice of life, anime slice of life terbaik
Sumber Gambar: Amino Apps

Clannad merupakan anime slice of life – romance yang menceritakan kisah seorang siswa yang sangat tidak menyukai hidupnya dan kota dimana ia tinggal. Okazaki Tomoya, kehilangan ibunya dan memiliki ayah pemabuk dan penjudi.

Hal tersebut membuatnya menjalani kehidupan sendiri dan jauh dari ayahnya. Kemudian, ia bertemu dengan gadis bernama Furukawa Nagisa yang memiliki penyakit yang dideritanya dan sangat berbeda dengan apa yang Tomoya rasakan.

Di mana, ia sangat menyukai kota tersebut. Hal itu pun mampu merubah Tomoya dan mereka sering menghabiskan waktu bersama.

action figure naruto
Kagum dengan karakter Naruto yang tangguh dan pantang menyerah? Dapatkan koleksi action figure-nya di sini!

Baca Juga: 20 Anime Adventure Terbaik yang Penuh Tantangan dan Pantang Menyerah

6. Servant X Service

anime slice of life terbaik, daftar anime slice of life
Sumber Gambar: Fanpop

Menceritakan kehidupan sehari-hari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kota Mitsuba, Hokkaido, Lucy, memiliki nama yang sangat panjang. Ketika ia beranjak dewasa, Lucy berniat membalaskan dendam kepada orang yang mengesahkan namanya.

Lucy mendapati bahwa, bekerja sebagai PNS bukanlah hal yang mudah karena menghadapi banyak warga sipil yang datang dan marah-marah.

Selain itu, banyak hal yang menghalanginya untuk melakukan balas dendam atas namanya yang panjang.

7. Bunny Drop

anime slice of life terbaik, daftar anime slice of life
Sumber Gambar: Fanpop

Berkisah seorang pria berumur 30 tahun bernama Daikichi Kawachi yang hidup sendiri bertemu dengan Rin pada pemakaman kakeknya di rumah utama keluarganya.

Rin adalah seorang anak yang lahir dari hasil hubungan yang tidak diketahui oleh kakeknya dengan seorang wanita. Sehingga ia ditolak oleh seluruh keluarga dan tidak ada yang mau menerimanya.

Daikichi pun marah dengan orang-orang yang menolak Rin dan memutuskan untuk mengambil dan merawat Rin. Walaupun ia tinggal sendiri dan tidak memiliki pengalaman dalam merawat anak.

Kisah pada Anime yang satu ini mencerminkan sebuah kisah kehidupan yang sebenarnya.

8. Dagashi Kashi

anime slice of life terbaik, daftar anime slice of life
Sumber Gambar: Lost in Anime

Di sebuah pedesaan berdiri sebuah toko makanan ringan yang telah dijalankan selama 9 generasi oleh keluarga Shikada. Kokonotsu Shikada, seorang anak dari pemilik toko menolak menjadi pewaris pemilik toko karena ia ingin menjadi manga artist.

Suatu hari, datanglah seorang wanita berambut ungu yang nyentrik, Hotaru Shidare datang untuk membujuk ayah Kokonotsu bergabung kembali pada perusahaannya yaitu Shidare Corporation.

Ayah Kokonotsu pun akhirnya menyetujui dengan syarat, anaknya harus menjadi pewaris toko. Cerita Hotaru membujuk Kokonotsu pun dimulai.

9. Ore Monogatari

anime slice of life terbaik, daftar anime slice of life
Sumber Gambar: IMDb

Seorang siswa SMA bertubuh besar dengan perawakan yang menyeramkan dan wajah yang menakutkan membuat para wanita takut dan tidak mau mendekatinya.

Tetapi di balik perawakannya yang menyeramkan, Takeo Gouda disukai oleh teman-teman sekitarnya karena ia memiliki sifat dan sikap yang baik terhadap sesamanya.

Takeo memiliki sahabat yang sangat berbanding terbalik dengannya yaitu, Makoto Sunakawa yang sangat disukai banyak wanita. Hingga suatu hari Takeo menyelamatkan seorang gadis dari pelaku pelecehan di dalam kereta dan kemudian menyukainya.

10. Himouto! Umaru Chan

anime slice of life terbaik, daftar anime slice of life
Sumber Gambar: Akibento

Umaru Doma, seorang siswi SMA yang sempurna, disukai orang, gadis tercantik yang populer di sekolahnya. Tetapi, ia akan berubah setelah sampai di rumah. Ketika di rumah Umaru menjadi sangat manja dan menyebalkan.

Umaru senang bermalas-malasan dengan membaca komik, menonton anime atau berjalan-jalan bersama temannya. Membuat kakaknya, Taihei sangat jengkel dengan kelakuan adiknya yang menyebalkan.

jual fiture one piece
Kamu salah satu pengagum karakter Luffy One Piece? Temukan action figure kerennya di sini!

Baca Juga: 20 Daftar Anime Horor Terbaik yang Seru dan Bikin Penasaran

11. Hyouka

Bagi penggemar cerita detektif mungkin, kisah dari Houtarou Oreki ini akan menjadi salah satu anime favorit. Houtarou adalah seorang murid pemalas yang menganggap kegiatan sekolah hanya akan membuang-buang tenaga saja.

Hingga ketika ia dipaksa oleh kakaknya untuk menjadi anggota klub sastra klasik dan ia pun tidak bisa menolak. Houtarou pun akhirnya bergabung dengan teman baiknya, Fukube Satoshi dan bertemu dengan Chitanda Eru, siswi cantik yang ikut bergabung karena alasan pribadi.

Kemudian diikuti oleh masuknya Ibara Mayaka ke klub tersebut untuk mengejar pujaan hatinya, Satoshi. Setelah berkumpulnya anggota klub tersebut, mereka pun bersama-sama memecahkan misteri yang ada di SMA Kamiyama.

Anime ini akan bercerita tentang kehidupan sekolah dan memecahkan misteri di sekolah tersebut.

12. Working

Karena restoran yang semakin sibuk dan butuh karyawan tambahan, Popura Taneshima mendapat tugas untuk mencari pekerja tambahan. Popura yang bertubuh mungil ini pun bertemu dengan Souta Takanashi dan memintanya untuk bekerja di restoran keluarga tersebut.

Souta pun tidak dapat menolak tawaran itu karena ia sangat menyukai Popura yang bertubuh mungil tersebut. Di restoran ini Souta akan bertemu dengan berbagai rekan kerja yang berbeda dan unik satu sama lain.

Dari koki dengan wajah yang tampan hingga wanita yang phobia dengan laki-laki. Working adalah anime komedi unik berlatar restoran dengan cerita keseharian pegawai-pegawai restoran Wagnaria.

13. Sweetness & Lightning

Sweetness & Lightning bercerita tentang seorang guru SMA single parent bernama Kouhei Inuzuka yang tinggal bersama putri kecilnya, Tsumugi. Ia harus membesarkan putrinya sendirian semenjak kepergian istrinya.

Karena tidak bisa memasak, setiap hari ia dan Tsumugi selalu mengkonsumsi makanan instan dan makanan luar. Keadaan pun berubah ketika mereka bertemu dengan Kotori Ida, anak didik Inuzuka.

Kotori menawarkan memasak bersama di restoran lama keluarganya agar Tsumugi dapat memakan makanan yang layak. Mereka pun akhirnya sering memasak makanan lezat bersama.

14. Mitsuboshi Colors

Jika menyukai Anime seperti Himouto! Umaru Chan, maka kisah Mitsuboshi Colors bisa jadi rekomendasi selanjutnya. Berkisah tiga gadis kecil yang selalu bersama ini senang melakukan hal menyenangkan bersama.

Seperti bermain game, memecahkan teka-teki, dan pergi ke kebun binatang. Mereka menamakan kelompok mereka sebagai “Colors”. Anime ini akan menceritakan kehidupan bahagia 3 gadis kecil ini.

15. March Comes in Like a Lion

Sebuah Anime dengan cerita tentang seorang remaja bernama Kiriyama Rei yang ber-fokus untuk menjadi pemain Shogi profesional. Ia kehilangan keluarganya pada umur 17 tahun dan hal tersebut sangat menyakiti hatinya.

Rei tinggal dengan keluarga angkatnya dan memiliki hubungan yang tidak terlalu baik dengan orang tua angkatnya. Pemain Shogi yang independen ini seringkali harus menghadapi masalah yang dialami di komunitas Shogi dan keluarganya.

Sampai ia bertemu dengan kakak beradik Kawamoto dimana, keluarga kakak beradik ini sangat berbeda dengan keluarga Rei.

film dan musik
Temani akhir pekanmu dengan deretan film dan alat musik terlengkap di sini!

Baca Juga: 20 Daftar Anime Action Terbaik Sepanjang Masa dan Paling Seru

16. Poco’s Udon World

Beristirahat dari hiruk pikuk Tokyo, seorang web designer bernama Souta Tawara kembali ke kampung halamannya yaitu Kagawa. Saat ia kembali ke rumahnya, Souta menemukan seorang anak laki-laki yang ternyata adalah seekor Tanuki (anjing rakun) dan menamainya Poco.

Souta memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan merawat Poco. Poco’s Udon World akan mengisahkan permasalahan seorang pria pada usia 20an akhir dan hubungan manisnya dengan Poco si anak Tanuki.

Di mana, Souta akan kembali mengingat masa lalunya dengan masalah yang ia hadapi saat ini.

17. Lucky Star

Izumi Konata, Kagami Hiiragi, Tsukasa Hiiragi, Miyuki Takara, adalah 4 gadis SMA Ryoo yang bersahabat. Konata merupakan seorang gadis otaku kelas berat seperti ayahnya.

Lucky Star banyak menampilkan cerita tentang kehidupan sekolah yang santai. Dan di anime ini, akan banyak budaya Jepang serta anime atau manga yang akan ditemui di sini.

Anime Lucky Star ini tidak memiliki main story. Dimana, cerita-cerita yang disuguhkan per episodenya berisi komedi dan cerita kehidupan anak SMA yang tidak bersambung setiap episodenya.

18. Non Non Biyori

Berlatar belakang di pedesaan, menceritakan Ichijou Hotaru sebagai siswa kelas 5 SD yang harus pindah dari Tokyo karena ayahnya yang berpindah tugas. Hotaru bertemu dengan banyak hal baru yang tidak pernah ia temui di kota sebelumnya.

Disana ia pun menemui bahwa dalam 1 kelas di sekolahnya hanya terdapat 5 siswa. Itu pun tidak semua pada umur yang sama. Anime ini akan bercerita tentang Hotaru dan kawan-kawan yang memberikan warna di desa Asahigaoka.

19. Daily Live of High School Boys

Anime komedi ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari murid SMA di sekolah khusus laki-laki, SMA Utara Sanada yang sedang mencari jati diri. Tiga sekawan Tadakuni, Hidenori dan, Yoshitake menjalani kehidupannya sebagai murid SMA.

Dari memenangkan turnamen basket, mencari cinta sejati, dan cerita drama yang intens. Tetapi, itu semua hanya merupakan imajinasi liar mereka.

Sebuah Anime dengan kisah komedi pendek dari kekonyolan Tadakuni, Hidenori, dan Yoshitake ini bisa menjadi rekomendasi slice of life komedi selanjutnya.

20. Nodame Cantabile

Merupakan adaptasi manga karya Tomoko Ninomiya yang telah dibuat versi life-action yang sangat populer. Bercerita tentang seorang pelajar, Shinichi Chiaki, di Akademi Musik Momogaoka yang sangat berbakat.

Chiaki masuk di jurusan piano, walaupun sebenarnya ia ingin menjadi konduktor. Megumi Noda, seorang pelajar jurusan piano yang terkenal sebagai gadis yang berantakan ditambah perilakunya yang eksentrik.

Chiaki dan Nodame (sebutan Megumi Noda) bertemu secara tidak sengaja dan ternyata, mereka pun bertetangga membuat Nodame jatuh cinta dengan Chiaki.

Mereka pun semakin dekat dan kisah perjalanan dua musisi yang mengejar karir dan cinta di mulai.

Baca Juga: 10 Anime Romance Terbaik yang Bikin Mewek

Gimana Toppers? Pastinya bisa menjadi daftar Anime selanjutnya kalau bosan dengan Anime bergenre fantasi atau action. Atau Toppers ada yang sudah nonton list di atas?

Yang pasti jangan lupa siapkan camilan supaya nonton film favorit makin seru! Selain itu, pasang TV kabel di Tokopedia agar tontonan yang lebih bervariatif!

pasang tv kabel
Temukan berbagai tontonan menarik dan berkualitas dengan memasang TV kabel secara praktis di sini!

Bagikan Artikel