15 Film Biografi Terbaik untuk Kamu yang Sedang Butuh Inspirasi

149
menonton film biografi terbaik

Inilah daftar film biografi terbaik sepanjang masa. Sangat cocok untuk kamu yang sedang butuh motivasi!


Setiap tokoh pasti memiliki kisah hidup yang berbeda. Beberapa di antaranya memiliki cerita yang menginspirasi dan mendorong sineas untuk mendramatisasikannya dalam sebuah film. Film tentang kehidupan seorang tokoh kita kenal dengan nama film biografi.

Singkat kata, film biografi adalah film yang menampilkan kehidupan seorang tokoh yang diambil dari kisah nyata dalam hidupnya.

Biasanya orang yang diangkat kisahnya untuk dijadikan film biografi adalah orang yang punya pengaruh besar, dikenal luas oleh masyarakat dan inspiratif.

Buat Toppers yang lagi cari inspirasi, berikut ini 15 film biografi terbaik sepanjang masa yang cocok untuk kamu tonton.

15. Gandhi (1982)

film biografi gandhi, film biografi terbaik
Sumber gambar: hanoigrapevine

Film ini diangkat dari kisah tokoh terkenal, Mahatma Gandhi. Dia merupakan seorang pemimpin India yang menentang kekuasaan penjajahan Inggris. Ia melihat banyak masyarakat India berada dalam kemiskinan dan ketidakadilan.

Gandhi pun berjuang untuk membebaskan India dari imperialisme Inggris. Banyak hal dapat dipetik dari film ini.

Salah satunya, Gandhi menolak jalan kekerasan untuk mencapai tujuannya. Namun, tidak mudah untuk mewujudkan mimpi tersebut. Gandhi pun harus menghadapi banyak masalah dan rintangan.

14. 127 Hours (2010)

127 hours, film biografi terbaik
Sumber gambar: wikipedia

Film ini bercerita tentang seorang anak muda bernama Aron Ralston yang terjebak dalam sebuah ngarai di Blue John Canyon, Utah. Sendirian, dia harus bertahan hidup selama 127 jam.

Saat jatuh tergelincir ke dalam ceruk setinggi 65 kaki, tangannya terjepit dan terluka parah. Mau tidak mau, ia harus bertahan dengan berbagai keterbatasan. Film ini mengajarkan kita untuk selalu optimis meski keadaan tidak menguntungkan kita.

13. Lion (2016)

film lion, film biografi terbaik
Sumber gambar: .weekendnotes

Lion adalah film yang diadaptasi dari buku autobiografi Saroo Brierley berjudul A Long Way Home. Film ini bercerita tentang Saroo yang terpisah dari keluarganya selama 25 tahun.

Kejadian itu bermula saat Saroo kecil pergi bersama kakaknya. Dia pun terpisah di stasiun kereta api. Saroo terjebak di kereta yang pergi menuju kota lain. Kehidupan tidak mudah bagi Saroo.

Namun, dia tetap tabah dan berjuang untuk bertahan. Hingga akhir, dia diadopsi oleh pasangan asal Australia. Saat dewasa Saroo berusaha mencari keluarga aslinya di India dengan bantuan teknologi.

baca juga: 19 Film Komedi Terbaik Sepanjang masa

12. The Social Network (2010)

film biografi terbaik, the social network, film biografi facebook
Sumber gambar: impawards.

Inilah film tentang sejarah terciptanya Facebook. Tokoh utama dalam film ini adalah Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard yang menciptakan Facebook. Sebelum Facebook besar seperti sekarang, Mark menghadapi banyak rintangan.

Jika kamu mengetahui biografi Mark Zuckerberg, kamu tentu tahu jika dia menciptakan Facemash sebelum pada akhirnya ia menciptakan Facebook.

Dalam prosesnya MArk juga harus menghadapi tuntutan hukum dari seniornya di Harvard yang menuduh Mark mencuri ide mereka.

11. The Theory Of Everything (2014)

film biografi terbaik, film biografi Stephen Hawking
Sumber gambar: imdb

Film biografi ini bercerita mengenai kisah hidup Stephen Hawking, ahli kosmologi lumpuh yang terkenal dengan teorinya tentang lubang hitam.

Saat sedang melakukan penelitian, Stephen tiba-tiba terjatuh tanpa sebab dan hapir semua ototnya tidak berfungsi.

Setelah divonis mengidap penyakit syaraf motorik, dokter memprediksi hidupnya hanya bertahan 2 tahun.

Namun, dengan segala keterbatasannya, Stephen Hawking mampu menciptakan teori yang membuatnya terkenal, mendapatkan gelar dokter lebih cepat dari temannya, dan bertahan hidup hingga berusia 76 tahun.

banner Top-up M-Tix cobadong

10. Bohemian Rhapsody (2018)

Dalam film biografi ini, kita akan menyaksikan kehidupan Freddie Mercury, musisi dan vokalis dari band legendaris Queen.

Judul filmnya sendiri, Bohemian Rhapsody, diambil dari salah satu judul lagu yang dipopulerkan Queen.

Di film biografi ini, kamu akan melihat kehebatan seorang Freddie Mercury dalam bermusik. Penonton akan menyaksikan bagaimana ide jeniusnya mengenai lirik dan nada yang rumit saat menciptakan lagu.

Musisi yang punya nama asli Farrokh Bulsara ini berhasil membawa Queen menjadi salah satu band terbaik di dunia. Film ini juga mengisahkan awal kehidupan Freddie sebelum terkenal.

9. 12 Years A Slave (2013)

12 Years a Slave adalah sebuah film biografi terbaik yang diadaptasi dari novel karangan Solomon Northup. Kisah dalam film ini benar-benar terjadi, lho Toppers.

Cerita adalah tentang orang kulit hitam yang dijadikan budak dan diperjualbelikan oleh orang kulit putih.

Awalnya, Solomon merupakan orang kulit hitam yang merdeka dan berpendidikan. Namun, dia ditipu dan dijual sebagai seorang budak di daerah New Orleans.

Kehidupan pahit sebagai seorang budak pun harus dijalaninya selama 12 tahun. Di film ini, kita akan melihat perjuangan manusia yang mengharukan.

8. Green Book (2018)

Latar film ini adalah Amerika Serika di era 1960-an. Saat itu, persatuan Amerika dikoyak oleh rasisme terhadap warga kulit hitam.

Ceritanya, Don Shirley, komponis keturunan Jamaika sedang mengadakan tur untuk tampil di sejumlah tempat di Amerika Serikat.

Akhirnya ia merekrut Tony ‘Lip’ Vallelonga, seorang keturunan Italia untuk dijadikan sopir dan penjaganya selama tur.

Awalnya, Tony merasa gengsi karena menjadi bawahan orang kulit hitam. Namun karena membutuhkan uang, akhirnya mengambil pekerjaan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, mereka pun saling memahami dan menghilangkan batasan rasial di antara mereka. Akhirnya, mereka pun menjadi sepasang sahabat.

7. The Wolf of Wall Street (2013)

Inilah Film biografi tentang Jordan Belfort, mantan pialang saham sukses yang dijuluki The Wolf of Wall Street. Pada awal kariernya di tahun 1987, Jordan terkena imbas krisis Wall Street.

Akhirnya dia bekerja di sebuah perusahaan kecil, hingga bertemu dengan Donnie, teman barunya.

Bersama sama, mereka pun mendirikan Stratton Oakmont. Sebuah perusahaan pialang yang kerap tidak jujur dalam berbisnis.

Dia pun merekrut sejumlah kenalannya dan mengajarkan mereka cara jual-beli saham. Jordan menjadi kaya raya melalui komisi transaksi saham. Sampai akhirnya kelakuan Jordan diketahui dan diselidiki FBI.

6. American Sniper (2014)

American Sniper merupakan film biografi terlaris sepanjang sejarah. Ini adalah film biografi tentang seorang penembak jitu Amerika Serikat bernama Chris Kyle. Di negerinya, Chris adalah seorang pahlawan dan legenda.

Nama harumnya diperoleh atas sejumlah pencapaian Chris di perang Irak. Di film ini, pentonton akan melihat pertarungan antara Chris dan seorang penembak jitu musuh yang merupakan mantan juara olimpiade untuk Suriah.

Film ini ditutup dengan kejadian sedih. Chris yang akhirnya bekerja di pusat rehabilitasi pascaperang untuk tentara AS ditembak mati oleh salah seorang pasien.

5. The Pursuit of Happyness (2006)

film biografi terbaik pursuit of happyness
Sumber gambar: icrt

Film biografi ini diangkat dari kisah nyata salesman bernama Chris Gardner yang berhasil menjadi pialang saham sukses. Awalnya, Chris menghabiskan seluruh tabungannya untuk membeli alat kedokteran.

Namun, perjuangannya dalam menjual alat tersebut penuh lika-liku karena kurang laku. Dalam kondisi tidak memiliki penghasilan, Chris harus ditinggalkan oleh istrinya.

Dia pun hidup bersama anaknya. Tanpa rumah dan terkadang tanpa makanan sedikitpun. Untuk bertahan hidup, dia dan anaknya tinggal di panti soosial khusus tunawisma.

Di tengah kondisi yang penuh kesulitan, dia bertemu seorang pialang saham dan terinspirasi untuk terjun di dunia investasi saham. Akhirnya, Chris melamar bekerja di sebuah perusahaan sekuritas untuk menjadi seorang pialang saham magang.

Usaha Chris akhirnya membuahkan hasil, dia berhasil menjadi peserta magang terbaik dan diterima bekerja di Dean Witter Reynolds.

4. Into The Wild (2007)

film biografi into the wild
Sumber gambar: insessionfilm

Film ini diangkat dari buku non-fiksi berjudul Into The Wild yang ditulis oleh Jon Krakauer. Kisahnya tentang petualangan seorang sarjana yang juga atlet berprestasi bernama Christoper McCandless.

Setelah lulus dari jurusan sejarah dan antropologi dengan nilai sempurna, Christoper McCandless justru tumbuh sebagai pemuda idealis dan cenderung menjauhkan diri dari kehidupan modern.

Suatu hari, Christ memutuskan untuk menggantungkan hidupnya pada alam dan tidak memikirkan risiko yang akan dihadapi. Dia pun mencoba bertahan hidup di tengah kebekuan dan kesunyian Alaska.

3. The Intouchables (2011)

film biografi the intouchables
Sumber gambar: wikimedia

Film yang diangkat dari kisah nyata ini berkisah tentang Driss, orang kulit hitam yang berusaha untuk mendapatkan tunjangan kesejahteraan bagi pengangguran.

Dia pun melamar pekerjaan pada Philippe, seorang tunadaksa kaya raya yang seluruh tubuhnya tidak bisa digerakan kecuali bagian kepalanya.

Driss yang berharap ditolak dalam interview kerja untuk mendapatkan tunjangan kesejahteraan bagi pengangguran justru mendapat pekerjaan itu. Perlahan Driss dan Phillippe mulai saling memahami walaupun kehidupan mereka jauh berbeda.

baca juga: 15 Film KOLOSAL YANG MENDOMINASI BOX OFFICE

2. The Pianist (2002)

film biografi the pianist
Sumber gambar: tryps

Film biografi ini mengangkat kehidupan Wladyslaw Spilzman, pianist Yahudi Polandia yang hidup di era invasi Nazi (Jerman) ke Polandia. Ia pun menjadi saksi kejamnya Perang Dunia II.

Kehidupannya sangat sulit, dia sering menyaksikan saudaranya disiksa, dibunuh dan dibakar. Szpilman pun harus berpisah dengan keluarganya yang dibawa ke kamp konsentrasi Nazi.

1. Catch Me If You Can (2002)

film biografi catch me if you can
Sumber gambar: moviepostershop

Film biografi Frank Abagnale Jr yang diperankan Leonardo DiCaprio ini menuai sukses besar di masanya.

Frank adalah seorang anak berumur 16 tahun yang pintar. Namun, keluarganya bermasalah hingga dia memilih untuk menjadi con man.

Selama menjadi con man, dia mendalami banyak profesi. Menariknya, seluruh profesi dijalani secara ilegal dengan melakukan pemalsuan uang dan identitas.


Nah, itulah Toppers, 15 Film biografi terbaik yang bisa menginspirasi kamu. Jadi, Toppers mau mulai nonton dari judul yang mana dulu, nih?

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Bagikan Artikel