10 Film Donnie Yen Terbaik dari Tahun 2005 hingga Terbaru

0
555
film donnie yen
Sumber gambar: SOMP

Donnie Yen merupakan salah satu aktor laga mandarin paling populer. Berikut adalah 10 film Donnie Yen terbaik yang menunjukan keahliannya dalam beladiri.


Bukan hanya Jackie Chan dan Jet Li, nama Donnie Yen juga merupakan salah satu nama artis beladiri yang terkemuka.

Pria kelahiran tahun 1963 ini juga tidak hanya bisa menjadi aktor beladiri, tetapi juga dapat menyutradarai dan memproduksi film-film berbau beladiri.

Yen memiliki seorang ibu bernama Bow Sim-Mark, seorang Grandmaster Wushu terkenal dan juga Master Taichi. Sejak kecil, aktor kelahiran Guangzhou ini telah dididik oleh ibunya dalam seni beladiri.

Memasuki dunia film, Donnie Yen pertama kali muncul di layar lebar dalam film Drunken Taichi pada tahun 1985 dan masuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik. Penghargaan pertamanya ia raih berkat aksinya di film The Twins Effect tahun 2003 sebagai Best Action Choreography.

Penasaran dengan film Donnie Yen yang seru untuk ditonton? Simak 10 film Donnie Yen terbaik berikut ini.

tokopedia nyam
Nonton film enaknya sambil ngemil. Yuk, temukan kuliner yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam

Kumpulan Film Donnie Yen

1. SPL: Kill Zone (2005)

film donnie yen
Sumber gambar: IMDB

Chan Kwok Chung, seorang detektif senior yang mendedikasikan karirnya untuk memenjarakan boss penjahat bernama Wong Po.

Namun, usahanya tersebut belum membuahkan hasil ditambah mobilnya yang ditabrak oleh Jack dan membunuh saksi penting kejahatan Po.

Petugas kepolisian dari kantor lain, Ma Kwun (Donnie Yen), ditugaskan untuk menggantikan Chan. Ma, bersama dengan anggota Chan lainnya, Wah, Sum, dan Lok, memulai tugasnya sebagai polisi untuk mengakhiri kejahatan Wong Po.

Beradu akting bersama Sammo Hung yang berperan sebagai Wong Po, film Donnie Yen satu ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Bahkan, berkat aksi beladiri kedua petarung tersebut, film Saat Po Long ini sukses memenangkan Best Action Choreography di Hong Kong Film Awards 2006.

Baca Juga: Rekomendasi Film Romantis Korea Terbaik

2. Dou Foh Sin (2007)

film donnie yen
Sumber gambar: IMDB

Jun Ma (Donnie Yen) merupakan seorang detektif temperamental dan selalu bergerak sesuai keinginannya.

Berbeda dengan Wilson yang merupakan partnernya, ia lebih tenang dan sukses menyusup ke dalam sindikat pengedar narkotika yang dikepalai oleh Tony, Archer, dan Tiger.

Wilson yang terluka akibat penyusupannya yang terbongkar, harus menjadi saksi ketika sidang untuk Archer.

Namun, Julie, pacarnya Wilson, disekap oleh Tony yang membuat dirinya harus bungkam dan membuat salah satu kepala sindikat itu terbebas.

Dalam film ini, Donnie Yen berperan penting sebagai pengarah adegan-adegan pertarungannya.

Arahan yang ia berikan juga sukses meraih kembali Best Action CHoreography di Hong Kong Film Awards tahun 2008.

3. Ip Man (2008)

film donnie yen
Sumber gambar: IMDB

Banyaknya perguruan beladiri di kota Foshan, tidak membuat Ip Man tertarik untuk menerima anak didik.

Dengan kemampuan yang diakui oleh para master, dirinya pun kerap dipanggil dengan sebutan Master Ip.

Pada tahun 1937, tentara Jepang yang dikomandoi oleh Jenderal Miura, sampai ke Cina dan menjajah kota Foshan.

Kekejaman dan perilaku yang semena-menanya tersebut, membuat Master Ip harus bertarung dan mengajari penduduk Foshan beladiri untuk pertahanan mereka.

Berkat aksinya melawan penjajah Jepang ini, Donnie Yen berhasil memenangkan tiga penghargaan dan satu nominasi.

Dalam film Donnie Yen satu ini, sosok Master Ip juga merupakan sosok guru dari Bruce Lee dengan keahliannya dalam bidang Wing Chun.

4. Shi Yue Wei Cheng (2009)

film donnie yen
Sumber gambar: IMDB

Pada tahun 1905, Dinasti Ching hampir jatuh akibat revolusi yang digagas oleh Dr Sun Yat-Sen.

Hal tersebut membuat pimpinan Dinasti Ching mengirimkan pembunuh profesional yang ditugaskan untuk menghabisi sang revolusioner tersebut.

Kesempatan pembunuhan pun datang ketika Dr Sun datang ke Hong Kong untuk menggalang kekuatan.

Kelima bodyguard sang revolusioner, Gambler (Donnie Yen), Tycoon, Beggar, Revolutionary, dan Rickshaw Man harus berhadapan dengan pembunuh yang jumlahnya banyak.

Film yang dirilis tahun 2009 ini sukses memberikan penghargaan Best Actor di Shanghai Film Critics Awards untuk Donnie Yen.

Selain itu, film Donnie Yen satu ini juga membawanya ke dalam nominasi Best Actor lain di Iron Elephant Film Awards dan Hundred Flowers Awards di tahun 2010.

Baca Juga: 10 Film Ernest Prakasa Terbaik dari Tahun 2014 hingga Terbaru

5. Jing Wu Feng Yun: Chen Zhen (2010)

film donnie yen
Sumber gambar: IMDB

Chen Zhen telah dinyatakan meninggal setelah menerima tembakan mengetahui pembunuh sang guru.

Tujuh tahun kemudian, seorang pria misterius datang ke kota Shanghai yang telah dikuasai oleh Jepang dan berteman dengan seorang boss mafia lokal.

Orang tersebut adalah Chen Zhen yang berniat untuk menyusup ke dalam pasukan Jepang sebagai seorang petarung bertudung di malam hari. Chen berniat untuk menjatuhkan semua orang yang terlibat dengan pembunuhannya dan gurunya.

Film DOnnie Yen satu ini merupakan film Hong Kong pertama yang menggunakan audio Dolby Surround 7.1.

Sekali lagi, berkat keahliannya mengarahkan pertarungan, film ini memasuki nominasi Best Action Choreography di Hong Kong Film Awards satu tahun setelah dirilis.

6. Wu xia (2011)

film donnie yen
Sumber gambar: IMDB

Seorang pria biasa, Liu Jin Xi (Donnie Yen), merupakan orang pendiam yang tidak tampil mencolok.

Namun, pria pendiam ini terlihat misterius di mata detektif Xu Bai Jiu usai aksinya yang telah menghabisi nyawa dua orang perampok.

Menyelidiki rasa penasarannya, Xu menemukan identitas sesungguhnya dari pria pendiam ini. Usai beberapa penyelidikan, akhirnya sang detektif menemukan identitas asli Liu, yaitu Tang Long yang merupakan komandan kedua dari kelompok prajurit yang kejam dan haus darah.

Nuansa noir yang kental dalam film ini membuatnya terasa seperti film produksi Eropa. Terlebih lagi, dengan arahan yang diberikannya, film Donnie Yen satu ini sukses memasuki satu nominasi dan memenangkan dua penghargaan Best Action Choreography.

7. Yi Ge Ren De Wu Lin (2014)

film donnie yen
Sumber gambar: IMDB

Ketika waktu sarapan pagi tiba, Hahou Mo (Donnie Yen) bersama para tahanan lainnya makan di ruangan yang terdapat televisi.

Dengan berita yang diputar di televisi, ia mendengar kabar bahwa salah satu ahli kungfu telah terbunuh mengenaskan.

Ia pun berbicara dengan kepala polisi, Luk Yuen Sum bahwa pembunuhan tersebut akan terus berlangsung.

Ternyata apa yang diucapkannya benar terjadi dan membuat kepala polisi Sum menunjuk Hahou untuk membantunya dalam pencarian pembunuh tersebut.

Dalam bahasa Inggris, film ini memiliki judul Kung Fu Killer atau Kung Fu Jungle yang sesuai dengan jalan ceritanya.

Film Donnie Yen satu ini juga berhasil masuk ke dalam 4 nominasi penghargaan dan memenangkan dua penghargaan untuk Best Actor in Motion Pictures dan Best Action Choreography.

8. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

film donnie yen
Sumber gambar: IMDB

Pakar riset Galen Erso bersama keluarganya bersembunyi di planet Lah’mu. Namun, upayanya untuk menggagalkan pembuatan Death Star harus gagal, karena pihak Imperial telah mengetahui lokasinya dan berujung pada pembantaian Erso dan Istrinya.

Jyn, anak dari Galen dan Lyra, berhasil melarikan diri dan diselamatkan oleh seorang pasukan Rebel, Saw Gerrera.

Setelah lima belas tahun, Jyn yang kini menjadi pasukan Rebel pun harus melakukan segala upaya untuk mencegah dan menghancurkan penggunaan Death Star yang mampu melenyapkan sebuah planet dalam satu tembakan.

Spin off dari serial Star Wars ini, menghadirkan Donnie Yen sebagai prajurit spiritual yang mengidap kebutaan bernama Chirrut Imwe.

Berkat aksi Yen bersama aktor dan artis lainnya, mereka pun masuk ke dalam nominasi SQUAD di Kids Choice Awards pada tahun 2017.

Baca Juga: Rekomendasi Film tentang Islam yang Mendunia

9. Ip Man 4 (2019)

film donnie yen
Sumber gambar: IMDB

Pada tahun 1964, Master Ip mendapatkan berita bahwa dirinya menderita penyakit kanker tenggorokan akibat kebiasaan merokoknya.

Permasalahan bertambah ketika Ip Chun, sang anak, melukai pengganggu di sekolahnya yang berujung pada pengeluarannya.

Master Ip pun memutuskan untuk pergi ke San Francisco dan bertemu dengan muridnya Bruce Lee.

Permasalahan tiba ketika banyak komunitas beladiri lain yang menganggap rendah sekolah Wing Chun milik Bruce Lee yang membuat sang Grandmaster bertarung kembali.

Seri terakhir dari kisah Ip Man ini sukses menarik banyak perhatian pecinta film beladiri. Hadirnya Danny Chan sebagai Bruce Lee, membuat film Donnie Yen ini semakin menarik dan sukses memenangkan dua penghargaan sekaligus di Chinese American Film Festival tahun 2020.

10. Fei Lung Ghow Gong (2020)

film donnie yen
Sumber gambar: IMDB

Seorang polisi ternama, Fallon Chu (Donnie Yen), merupakan seorang penegak keadilan yang terpandang di mata kepolisian dan juga di mata publik.

Karena hal tersebut, ia pun diberikan tugas untuk mengawal pemindahan penjahat ternama ke Jepang.

Namun, kehidupan asmara Chu bersama tunangannya yang tidak berjalan lancar, membuat dirinya tenggelam dalam keputus asaan.

Rasa patah hati dan kesedihannya, membuat Chu melampiaskannya pada makanan dan membuatnya menjadi pria yang sangat gemuk.

Berbeda dengan film Donnie Yen lain yang menunjukkan bentuk fisik seorang petarung, dalam film ini kita akan disuguhkan sosok Donnie Yen yang gemuk. Campuran romansa dan aksi membuat film Donnie Yen satu ini menarik dan unik untuk ditonton.

Baca Juga: 10 Film Liam Neeson Terbaik dari 2003 hingga Terbaru

Kesuksesan seorang Donnie Yen dalam film beladiri, membuat namanya terdengar di seluruh dunia.

Bahkan, keahliannya dalam beladiri, membuat dirinya dipercaya untuk mengangkat salah satu game terlaris besutan Square Enix, Sleeping Dogs, untuk dijadikan film.

Itulah 10 film Donnie Yen terbaik dari tahun 2005 hingga yang paling baru, Toppers! Selain sepuluh film di atas, kamu juga bisa menemukan banyak film aksi lainnya yang dibintangi oleh salah satu aktor sekaligus seniman beladiri ini!

Bagi yang ingin menyaksikan film Donnie Yen yang seru, kamu bisa menemukannya di berbagai layanan streaming seperti Viu.

Jangan lupa untuk beli voucher streaming kamu di Tokopedia agar bisa menonton film Donnie Yen lainnya ya!

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!