Film horror Indonesia terbaik

12 Film Horror Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

/   Entertainment, Informasi

Industri film Indonesia terkenal akan film-film horror yang keren. Buat Toppers yang suka menyaksikan kengerian film horror, kali ini kita akan membahas kumpulan film horror Indonesia terbaik sepanjang masa yang wajib disaksikan buat siapapun yang ngaku sebagai pecinta film horror!

Baca juga: 9 Destinasi Wisata Angker dan Horror di Indonesia

Daftar Film Horror Indonesia Terbaik

  1. Jelangkung – 2001

Film Horror Indonesia - JelangkungSumber gambar: Wikipedia

Film Horror Indonesia terbaik yang pertama diangkat dari urban legend populer di Indonesia, Jelangkung. Mengusung judul yang sama, film horror Indonesia ini awalnya tidak dibuat untuk bioskop dan ditayangkan di TransTV yang waktu itu belum mengudara secara  nasional. Kualitasnya kemudian membawa film ini ke layar bioskop dan mendulang kesuksesan.

Jelangkung mengisahkan tentang emapat sekawan yang memang tengah berburu tempat-tempat angker guna mendapatkan pengalaman mistis. Sayangnya, hal tersebut nggak mereka dapatkan sampai pada kunjungan mereka ke desa Angkerbatu di Jawa Barat. Singkat cerita, Soni, salah satu dari empat sekawan tersebut memutuskan untuk menggunakan ritual Jelangkung untuk mendapatkan ilmu gaib. Setelah itu, justru malapetaka yang akan menghantui empat sekawan ini.

  1. Macabre / Rumah Dara  – 2009

Film Horror Indonesia - MacabreSumber gambar: Subscene

Rumah Dara atau yang memiliki judul lain Macabre adalah film horror yang merupakan lanjutan dari sekuel lepasnya pada film antologi horror Indonesia, “Takut”. Berbeda dengan genre film horror Indonesia yang biasanya berkutat pada hantu dan setan, Rumah Dara lebih mengususng tema thriler dengan karakter antagonis berupa seorang psikopat.

Film horror Indonesia ini menceritakan sepasang suami istri dan bayi mereka yang hendak berlibur ke Bandung bersama teman dan saudara mereka. Ditengah perjalanan, mereka bertemu Maya, seorang gadis yang mengaku baru saja dirampok. Berniat menolong Maya, mereka kemudian mengantarkan Maya pulang kerumahnya. Di rumah tersebut, seorang wanita misterius bernama Dara menyambut mereka. Disinilah satu persatu mereka terjebak dalam permainan Dara yang menjadikan nyawa sebagai taruhannya.

Untuk yang nggak kuat adegan penuh darah dan pembunuhan, film horror Indonesia satu ini mungkin harus kamu hindari.

  1. Pengabdi Setan – 1980

Film Horror Indonesia - Pengabdi SetanSumber gambar: Wikipedia

Pengabdi Setan yang dirilis pada 1980 adalah film horror Indonesia yang sangat populer pada masanya, bahkan di tingkat Internasional. Saking suksesnya, film ini dibuat kembali pada 2017 dengan judul yang sama, dan mendulang kesuksesan.

Film horror Indonesia satu ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang kaya raya namun jauh dari agama. Keanehan di keluarga ini mulai terungkap saat sang ibu meninggal. Mulai dari penampakan kuntilanak, hingga sosok pembantu baru yang misterius, dan terbunuhnya penjaga rumah semakin memberikan teka-teki aneh untuk mengungkap latar belakang yang disembunyikan oleh keluarga ini.

  1. Ratu Ilmu Hitam – 1981

Film Horror Indonesia - Ratu Ilmu HitamSumber gambar: Wikipedia

Berbicara film horror Indonesia terbaik, tak akan lengkap rasanya jika tak memasukkan film yang dibintangi ratu horror Indonesia, Suzzana. Ratu Ilmu Hitam yang dirilis pada 1981 adalah salah satu film Suzzanna terbaik yang berhasil menyabet penghargaan sinematografi terbaik dan nominasi aktris terbaik pada FFI 1982.

Film horror Indonesia ini berkisah tentang Murni, gadis desa yang dibakar dan dibuang ke jurang oleh penduduk karena diduga menganggu sang mantan kekasih dengan menggunakan ilmu hitam. Beruntungnya Murni diselamatkan seorang dukun yang ternyata adalah orang yang menggunakan ilmu hitam tersebut. Dihasut untuk membalas dendam, Murni akhirnya mempelajari berbagai ilmu hitam dari sang dukun hingga dijuluki Ratu Ilmu Hitam.

  1. Modus Anomali – 2012

Film Horror Indonesia - Modus AnomaliSumber gambar: Kompasiana

Sebuah keluarga tengah berlibur disebuah villa kecil di tengah hutan. Liburan mereka awalnya terasa sangat menyenangkan sampai akhirnya mereka semua terbunuh. Saat itulah muncul sosok Evan yang tiba-tiba hilang ingatan dan dihadapkan oleh berbagai bukti bahwa baru saja terjadi pembunuhan mengerikan. Mulai dari rekaman terbunuhnya seorang wanita, serta berbagai senjata yang tampaknya baru saja digunakan untuk membunuh.

Siapakah sebenernya Evan? Dan mengapa keluarga tersebut dibunuh? Teka-teki inilah yang akan Toppers temui jawabannya lewat film Horor Modos Anomali karya Joko Anwar.

  1. Keramat – 2009

Film Horror Indonesia - KeramatSumber gambar: Wikipedia

Keramat adalah film horror Indonesia karya sutradara Monti Tiwa yang masuk kedalam jajaran film horror terbaik Indonesia selanjutnya. Berkisah tentang sebuah tim produksi film yang tengah melakukan pre-shooting di sebuah desa terpencil di Bantul. Sayangnya, banyak  konflik yang terjadi diantara tim, mulai dari molornya jadwal hingga ketidaksepahaman naskah.

Konflik makin menjadi-jadi saat salah satu pemain kemudian mengalami kerasukan. Untuk menyelamatkan pemain tersebut mereka terpaksa menemui paranormal dan akhirnya terjebak di dalam hutan yang penuh keanehan dan juga misteri.

Baca juga: Hobi Nonton Film Bertema Zombie? Ini Dia 8 Film Zombie yang Wajib Kamu Tonton

  1. Kuntilanak – 2006

Film Horror Indonesia - KuntilanakSumber gambar: Wikipedia

Film horror Indonesia selanjutnya yang bisa dikategorikan sebagai film horror terbaik adalah Kuntilanak yang dibintangi Julie Estelle. Film horror Indonesia satu ini mengisahkan Samantha, gadis broken home yang memutuskan untuk keluar dari rumah dan pindah ke sebuah kost-kost-an misterius.

Tak disangka, Samantha ternyata memiliki garis keturunan untuk memanggil Kuntilanak. Ditambah lagi, keluarga pemilik Kost tersebut ternyata pernah melakukan pesugihan kepada Kuntilanak. Keanehan makin terjadi pada Samantha yang didalam kamarnya terdapat cermin keramat, yang menjadi penghubung dunia manusia dan dunia gaib. Bagaimana kelanjutan teror Kuntilanak dalam kehidupan Samantha? Cari tahu jawabannya di film horror Indonesia Kuntilanak.

  1. Takut: Faces of Fear – 2008

Film Horror Indonesia - TakutSumber gambar: Wikipedia

Takut atau yang memiliki judul Inggris “Faces of Fear” adalah film antologi Horror Indonesia yang berisi berbagai film horror pendek. Film horror tersebut adalah Titisan Naya, Peeper, The List, The Rescue, dan Dara yang merupakan sekuel film horror Indonesia Rumah Dara / Macabre yang telah kita bahas sebelumnya.

  1. Bangsal 13 – 2004

Film Horror Indonesia - Bangsal 13Sumber gambar: Wikipedia

Bangsal 13 adalah film horror Indonesia yang bercerita mengenai dua orang sahabat Nat dan Mina yang tak sengaja menabrak seorang gadis bernama Hera. Nat dan Mina kemudian membawa ke rumah sakit untuk mengobati Hera. Sayangnya rumah sakit yang mereka kunjungi penuh sehingga suster terpaksa membuka bangsal yang selama itu tertutup, yaitu Bangsal 13.

Keanehan di Bangsal 13 mulai terasa saat suster memberikan pesan-pesan yang tak masuk akal seperti tidak mengindahkan ketukan dari luar dan juga tidak boleh mengetuk pintu dari dalam. Sayangnya, Nat melanggar kedua hal tersebut dan kengerian mulai meneror mereka di Bangsal 13.

  1. Mirror – 2005

Film Horror Indonesia - MirrorSumber gambar: Wikipedia

Film horror Indonesia terbaik selanjutnya adalah Mirror yang dirilis pada 2005. Film horror yang dibintangin  Nirina Zubir ini bercerita mengenai Kikan, anak SMA yang tiba-tiba memiliki kemampuan supranatural untuk melihat kematian seseorang hanya lewat pantulan cermin. Bermula dari tetangga Kikan yang bayangannya tak terlihat di cermin dan kemudian meninggal, Kikan mulai banyak melihat kematian orang-orang terdekatnya.

Semua semakin menjadi menyeramkan ketika Kikan tak bisa melihat bayangannya sendiri di cermin. Akankah Kikan selamat dari maut yang mengejarnya?

  1. Pintu Terlarang – 2009

Film Horror Indonesia - PintuSumber gambar: Wikipedia

Satu lagi karya Joko Anwar yang layak di sebut sebagai film horror terbaik Indonesia. Dirilis pada 2009, Pintu Terlarang yang dibintangi Fahry Albar dan Marsha Timothy ini bercerita tentang seorang pematung sukses bernama Gambir. Ia terkenal karena karya-karya patung yang bertemakan ibu hamil. Ia mendapatkan inspirasi mematung sosok ibu hamil dari tragedi gugurnya jabang bayi Talyda, sang Istri.

Sosok patung yang begitu hidup kemudian menimbulkan tanda tanya, terlebih ketika kejadian-kejadian aneh mulai menghantui Gambir. Hingga akhirnya terungkap fakta bahwa didalam setiap patung ibu hamil yang Gambir buat ternyata terdapat janin bayi yang ia dapatkan dari klinik Aborsi.

Film horror Pintu Terlarang layak dikatakan sebagai film horror terbaik karena sepanjang film akan menyajikan misteri yang berbagai teka-teki yang bakal menguras imajinasimu.

  1. The Doll 2 – 2017 

Film Horror Indonesia - The DollSumber gambar: Wikipedia

The Doll 2, film horror yang hadir setelah kesuksesan sekuel pertamanya ini bercerita mengenai teror dari boneka mistis bernama Sabrina. Dibintangi oleh Luna Maya yang berperan sebagai Maira, seorang ibu yang baru saja kehilangan sang anak karena tragedi kecelakaan. Setelah kejadian malang, boneka Sabrina milik sang anak mulai terlihat aneh. Boneka Sabrina mulai terlihat sering berpindah tempat sendiri.

Keanehan yang semakin banyak pada boneka Sabrina membuat Maira mulai menganggap roh Kayla, sang anak terperangkap di dalam boneka tersebut. Tapi, apakah benar roh Kayla yang berada di dalam boneka Sabrina? Cari tahu kelanjutannya lewat film horror Indonesia terbaik satu ini, ya.

Baca juga: 8 Mitos Malam Halloween Unik yang Buat Merinding

Itulah daftar film horror Indonesia terbaik yang boleh jadi referensi tontonanmu untuk Halloween tahun ini. Film horror Indonesia mana yang jadi favoritmu?

THEAUTHOR

Markus Yohannes

Markus Yohannes has written 73 Article, See all posts