12 Film Horor Suzzanna Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton

0
32819
Film Horor Suzzanna Terbaik

Siapa nggak kenal Suzzanna? Terkenal sebagai ratu horror Indonesia, Suzzanna sudah banyak melahirkan film horor laris yang masih populer dan digemari hingga saat ini. Banyak membawa budaya dan mitos lokal, film horor Suzzanna terasa sangat dekat dengan keseharian sehingga banyak orang seperti nggak bisa move on dari kejayaan Suzzanna sebagai ratu horor Indonesia.

Yuk, simak 12 film horor Suzzanna terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton penggemar film horor klasik Indonesia!

Baca juga: 5 Film Sci-Fi di 2017 Yang Wajib Ditonton

Film Horor Suzzanna Terbaik Sepanjang Masa

1. Sundel Bolong – 1981

film horror suzanna - Sundel BolongSumber gambar: Bintang

Sundel bolong adalah salah satu karakter ikonik yang diperankan Suzzanna dalam film horor yang ia bintangi. Dalam film horor terbaik yang dirilis pada 1981 ini, Suzzanna berperan sebagai Alisa, seorang mantan PSK yang hidupnya berubah semenjak dipersunting Hendarto yang diperankan oleh aktor Barry Prima.

Sayangnya, Alisa kemudian diperkosa oleh seorang pengusaha bernama Rudi yang membuatnya depresi dan memilih untuk bunuh diri. Rohnya kemudian gentayangan sebagai sundel bolong yang menakutkan. Film horor Suzzanna yang disutradarai Sisworo Gautama Putra ini layak masuk dalam jajaran film Suzzanna terbaik sepanjang masa..

2. Perkawinan Nyi Blorong – 1983

film horror suzanna - perkawinan nyi blorongSumber gambar: Wikipedia

Film horor Suzzanna terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah Perkawinan Nyi Blorong. Film Suzzanna ini juga berhasil menyabet penghargaan film terlaris oleh FFI pada 1983. Dalam film horor ini, Suzzanna menghidupkan kembali tokoh mitos legenda laut selatan Nyi Blorong yang merupakan sosok wanita cantik dengan tubuh setengah ular.

Dalam film ini, Ia juga bertemu Clift Sangra, lawan mainnya yang kemudian menjadi suaminya dalam dunia nyata.

3. Malam Jumat Kliwon – 1986

film horror suzanna - malam jumat kliwonSumber gambar: Koleksi Film

Dirilis pada 1986, Film Malam Jumat Kliwon adalah salah satu film terbaik Suzzanna. Dalam film ini, Suzzanna memiliki dua peran berbeda. Pertama ia berperan sebagai Minati, seorang wanita hamil tua yang tewas karena terkena santet dan kemudian menjadi sundel bolong. Arwah penasaran Minati kemudian menghantui seorang penulis novel misteri, Ayu Trisnaningrat yang juga diperankan Suzzanna.

Ayu yang hendak pergi mencari inspirasi untuk menulis, kemudian terjebak bersama sang kekasih di rumah yang penuh keanehan mistis, dan tentunya arwah Minati yang penasaran.

4. Malam Satu Suro – 1988

film horror suzanna - malam satu suroSumber gambar: Wikipedia

Lagi-lagi Suzzanna memerankan sosok sundel bolong yang sangat fenomenal. Dalam film horor Suzzanna terbaik satu ini, Suzzanna berperan sebagai Suketi, sundel bolong yang kepalanya ditancapkan paku dan menjadi sesosok manusia guna diangkat sebagai “anak” oleh seseorang yang menganut ilmu hitam.

Singkat cerita Suketi kemudian jatuh cinta dan hendak menikahi lelaki dari Jakarta. Sayangnya, pernikahannya ini terancam karena ada orang yang hendak mencabut paku diatas kepalanya dan akan berakibat kembalinya Suketi pada sosok Sundel Bolong. Penasaran dengan kelanjutan film terbaik Suzzanna satu ini? Tontong, langsung aja film “Malam Satu Suro”.

5. Ratu Buaya Putih – 1988

film horror suzanna - Ratu Buaya PutihSumber gambar: Antv

Nggak melulu sundel bolong, pada film horor satu ini, Suzzanna berperan sebagai siluman Buaya Putih. Film Suzzanna satu ini berkisah tentang seorang pawang buaya yang menggunakan jimat untuk menaklukkan buaya. Kemampuan sang pawang kemudian mengusik Larsih, Ratu Buaya Putih yang diperankan Suzzanna.

Apakah sang Ratu Buaya Putih sanggup mengalahkan sang pawang? Cari tau kelanjutannya dalam film horor terbaik Suzzanna satu ini.

6. Beranak Dalam Kubur – 1972

film horror suzanna - Beranak Dalam KuburSumber gambar: Brigade 89 Movies

Lila adalah seorang gadis desa yang hidup di kota bersama bibinya, hidupnya bahagia terlebih setelah dinikahi pria tampan idamannya. Namun, kedengkian muncul didalam hati sang Kakak yang masih tinggal di desa. Hal ini membuat sang kakak, Dhora tega mengguna-guna Lila sehingga berakibat tewasnya. Apakah cerita film horor ini berakhir di situ? Tidak, arwah Lila yang diperankan Suzzanna kembali  untuk membalas dendam.

Itu adalah ringkasan cerita dari film horor Suzzanna terbaik satu ini dimana ia kembali berperan sebagai sosok arwah wanita penasaran. Kepiawaiannya memerankan arwah wanita penasaran seperti kuntilanak dan sundel bolong nggak akan membuatmu kecewa menonton film horor terbaik-nya satu ini.

7. Telaga Angker – 1984

film horror suzanna - Telaga AngkerSumber gambar: Agen Film

Film terbaik Suzzanna selanjutnya adalah Telaga Angker yang dirilis pada 1984. Di film horor ini, Suzzanna berperan sebagai Anita, wanita hamil yang menjadi korban kejahatan. Ia dibunuh dan ditenggelamkan di sebuah telaga. Namun, suatu hari sosok Anita kembali. Sang suami gembira bukan kepalang, tanpa mengetahui ternyata itu adalah sosok arwah Anita yang bangkit untuk balas dendam. Berani nonton film horor Suzzanna satu ini?

Baca juga: 10 Film Bertema Kuliner Ini Dijamin Bikin Kamu Laper

8. Ratu Ilmu Hitam – 1982

film horror suzanna - Ratu Ilmu HitamSumber gambar: NUTS4R2

Film Suzzanna satu ini wajib banget masuk dalam jajaran film horor Suzzanna terbaik. Bahkan film horor berjudul “Ratu Ilmu Hitam” ini berhasil dianugerahi film dengan sinematografi terbaik dan nominasi untuk aktris terbaik pada Festival Film Indonesia pada 1982.

Film horor “Ratu Ilmu Hitam” berkisah tentang Murni yang diperankan Suzzanna. Murni dibakar dan dibuang ke jurang oleh penduduk karena diduga menganggu sang mantan kekasih menggunakan ilmu hitam. Beruntungnya Murni diselamatkan seorang dukun yang ternyata adalah orang yang menggunakan ilmu hitam tersebut. Dihasut untuk membalas dendam, Murni akhirnya mempelajari berbagai ilmu hitam dari sang dukun hingga dijuluki Ratu Ilmu Hitam.

9. Santet – 1988

film horror suzanna - SantetSumber gambar: Calculator city to city

Masih menggangkat mitos dan legenda ilmu hitam, film horor Suzzanna terbaik selanjutnya adalah “Santet”. Di film ini, Suzzanna berperan sebagai Katemu yang disukai oleh pria jahat bernama Bisman. Bisman yang sudah beristri, kemudian membunuh istrinya yang tengah sakit dan memfitnah suami Katemi sebagai yang membunuhnya. Sarma, suami Katemi kemudian dibunuh penduduk. Katemi yang ketakutan melarikan diri ke gua yang ternyata merupakan tempat tinggal Nyi Angker.

Katemi mempelajari ilmu hitam dibawah bimbingan Nyi Angker berniat membalaskan dendam suaminya. Namun, seorang pria bernama Achmad membuat Katemi jatuh cinta dan mengurungkan niatnya tersebut. Sayangnya, Nyi Angker tidak bisa merelakan murid terbaiknya mengkhiatinya. Kelanjutan cerita Katemi bisa kamu temukan di film horor Suzzana yang berjudul “Santet” ini. Dijamin, kamu bakal dibuat begidik ngeri.

10. Titisan Dewi Ular – 1990

film horor suzanna - Titisan Dewi UlarSumber gambar: Zeta Boards

“Titisan Dewi Ular” adalah film horor Suzzanna lain yang boleh banget jadi referensi film horor klasik Indonesia. Berkisah tentang Kemala yang ayahnya memiliki mustika Mahkota Kemala Sakti yang didapatkan dari membunuh ribuan ular. Kemala kemudian jatuh cinta pada Radi. Namun, hubungan mereka nggak disetujui oleh sang ayah.

Apa yang akan dilakukan oleh sang Ayah dan apakah Mahkota Kemala Sakti itu? Cari tahu jawabannya di film horor “Titisan Dewi Ular”.

11. Perjanjian di Malam Keramat – 1991

film horor suzanna - Perjanjian di malam keramatSumber gambar: Ninja Dixon

Film horor Suzzanna selanjutnya adalah “Perjanjian di Malam Keramat”. Suzzanna kembali berperan sebagai arwah wanita bernama Kartika yang haus akan balas dendam. Kartika sekeluarga dibunuh oleh lawan bisnisnya. Namun, arwah Kartika nggak rela, dan membuat perjanjian dengan arwah lain untuk mendapatkan kekuatan. Berhasilkan Kartika membalaskan dendamnya.

12. Ajian Ratu Laut Kidul – 1991

film horor suzanna - Ajian Ratu Laut KidulSumber gambar: Antv

Film horor Suzzanna terbaik terakhir yang akan kita bahas adalah film horor “Ajian Ratu Kidul”, dimana Suzzanna berperan sebagai Lurah Desa yang diguna-guna menggunakan ilmu hitam oleh saingannya. Suzzanna yang tubuhnya rusak dan penuh luka kemudian lari ke tengah hutan dimana ia bertemu dengan Ki Jagastru. Setelah membantu mengobati luka Suzzanna, apa yang akan dilakukannya pada saingannya yang jahat itu? Temukan kelanjutannya di film horor “Ajian Ratu Laut Kidul”.

Jadi nostalgia dengan berbagai film horor Suzzanna terbaik tersebut, kan? Apalagi sebentar lagi kita akan menyambut Halloween, tentu film Suzzanna bisa jadi pilihan pas untuk dijadikan bahan nobar saat pesta Halloween, kan? So, film horor Suzzanna mana yang jadi favoritmu?