• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

25 Jedi dalam Sejarah Star Wars

Share

25 Jedi dalam Sejarah Star Wars

Berikut ini 25 Jedi terkuat dalam sejarah Star Wars. Jangan bilang penggemar berat Star Wars jika kamu tidak tahu semua Jedi dalam daftar ini.


Seiring berjalannya waktu, penggemar film Star Wars terus berkembang dari generasi ke generasi.

Jadi, tidak heran apabila orang tua kita merupakan penggemar Star Wars, karena film pertama Star Wars dirilis 40 tahun lalu pada tahun 1976.

Jika kamu mengaku penggemar Star Wars, maka salah satu hal yang harus kamu ketahui adalah betapa beragamnya karakter Jedi dalam seri Star Wars.

Jedi adalah karakter protagonis utama di alam semesta Star Wars. Mereka merupakan  penjaga perdamaian di galaksi Star Wars dengan mempertahankan dan melindungi semua kehidupan di galaksi.

Dalam tiga kata, Jedi adalah karakter yang bijaksana, pintar, dan sakti. Kalanya, semua Jedi memang merupakan karakter yang baik. Tapi, tidak semua nya berujung baik, lho, Toppers.

Penasaran, kan, mengenai beberapa karakter Jedi tersebut? Jika kamu ingin mendalami Star Wars, ketahuilah 25 Jedi dalam sejarah perfilman Star Wars di bawah ini!

Belanja Bebas Ongkir
Nikmati promo Bebas Ongkir Tokopedia, biar belanja makin hemat!

25 Jedi dalam Sejarah Star Wars

1. Coleman Trebor

Coleman Trebor merupakan Jedi dalam Star Wars: Episode II Attack of the Clones. Karakter Jedi yang memiliki kepala berbentuk seperti dinosaurus ini merupakan hasil rekaan gambar komputer.

Ia menyerang Count Dooku dalam pertempuran Geonosis dan ditembak beberapa kali oleh Jango Fett.

Baca Juga: 15 FILM BARAT TERBARU YANG SEDANG TAYANG DI BIOSKOP

2. Agen Kolar

Agen Kolar adalah anggota Jedi Order di Republik Galactic. Selain menjadi anggota Jedi Order, Kolar adalah seorang Zabrak Jedi Master, seorang duel terkemuka, dan juga duduk di Dewan Tinggi Jedi. Sayangnya, dia dibunuh oleh Darth Sidious dalam duel lightsaber.

3. Saesee Tiin

Saesee Tiin merupakan salah satu Jedi di Star Wars yang melawan Palpatine. Ia bertahan lebih lama dalam perang melawan Palpatine daripada Agen Kolar.

Selain itu, Tiin memiliki kekuatan telepati. Sedihnya, kekuatan telepati itu tidak melayaninya dengan baik pada saat-saat terakhirnya.

Dia tidak bisa merasakan niat jahat Palpatine sejak awal. Kesalahan ini mengorbankan nyawanya.

4. Yaddle

Yaddle merupakan salah satu Jedi yang bertemu dengan Sith Lord, Darth Vader. Yaddle merupakan salah satu Jedi perempuan yang memiliki jenis spesies serupa dengan Yoda.

Ia juga merupakan Jedi Master dan anggota Dewan Tinggi Jedi selama tahun-tahun terakhir di Republik Galactic. 

Top-Up M-Tix sekarang dan dapatkan promo spesial khusus untuk pelanggan setia Tokopedia!

5. Aayla Secura

Aayla Secura merupakan karakter Jedi yang kuat dengan kekuatan the Force pada seri Clone Wars.

Dia terkenal sebagai mentor Ahsoka Tano saat muda ketika master nya sedang jatuh sakit.

Dengan adanya perang saudara antara Republik Galactic dan Confederacy of Independent Systems, Secura dan rekannya mendukung Republik dengan menjadi perwira dalam militer yang baru dibentuk. 

6. Barriss Offee

Barriss Offee adalah Mirialan yang dilatih sebagai Jedi Padawan selama Clone Wars. Dia menggunakan lightsaber biru dan dilatih oleh Master Jedi Luminara Unduli.

Selama Offee berlatih sebagai Jedi Padawan, Offee berteman dengan Ahsoka Tano, Pelajar Padawan oleh Anakin Skywalker.

BACA JUGA: 15 FILM INDONESIA TERBARU YANG SEDANG TAYANG DI BIOSKOP

7. Shaak Ti

Shaak Ti merupakan Togruta Master Jedi dan merupakan member dari Dewan Tinggi Jedi di tahun-tahun terakhir Republik Galactic.

Sayangnya, Shaak Ti harus mati karena pertempuran yang terjadi saat ia melindungi Jedi Temple dengan meditasi dan akhirnya dieksekusi oleh Darth Vader.

8. Jocasta Nu

Jocasta Nu merupakan pustakawan yang berada di daftar Jedi legenda. Jocasta Nu merupakan member dari Dewan TInggi Jedi sebelum terjadi invasi Naboo.

Dia merupakan salah satu Jedi yang bertahan dalam pertempuran tersebut. Dia melarikan diri dari Kuil Jedi dan mulai membangun holokon dengan informasi tentang Jedi.

Dia melanjutkan pekerjaan ini sampai Darth Vader sendiri harus memburunya dan mengakhiri usaha nya dan juga hidupnya.

9. Sifo-Dyas

Sifo-Dyas merupakan Jedi yang memerintah untuk membuat gedung Clone Army. Jedi Sifo Dyas ini memiliki kelebihan untuk melihat masa depan sehingga ia merupakan Jedi yang sangat kuat dan hebat.

Dia meramalkan pertempuran besar di masa depan, sehingga memutuskan untuk membuat pasukan Republik jika mereka membutuhkannya.

10. Kanan Jarrus

Kanan Jarrus, sebelumnya dikenal sebagai Caleb Dume, adalah Jedi petarung yang melewati banyak kejadian pertempuran hebat.

Karena itu, Jarrus bergabung dengan Rebels, mengajari Ezra Bridger apa yang ia ketahui tentang the Force meskipun ia hanya seorang Padawan.

Ia juga mengorbankan hidupnya untuk menyelamatkan teman-temannya. Jarrus mungkin bukan Jedi yang paling kuat, tetapi dia mencapai banyak hal dalam hidupnya yang patut dibanggakan.

11. Plo Koon

Plo Koon adalah seorang Kel Dor Jedi Master yang melayani sebagai anggota Dewan Tinggi Jedi selama tahun-tahun terakhir Republik Galactic.

Dia sering melakukan misi berbahaya yang seru dan menyeramkan. Jedi ini lah yang menemukan Ahsoka Tano, mengenali kemampuan Force nya, dan membawanya ke Jedi Order.

12. Ezra Bridger

Ezra Bridger adalah salah satu dari tipe murid berkepala panas, tetapi dia mendapat reputasi tinggi dalam daftar Jedi ini karena mencoba-coba mengikut aliran Dark Force dan berhasil kembali lagi.

Sejak Empire menghancurkan orang tua Bridger, dia harus berurusan dengan banyak kemarahan.

Mantan Sith Lord, Darth Maul, mencoba mengambil kesempatan dan mengubah Bridger ke Dark Force.

Namun, niatnya pun keliru dan Bridger kembali ke cahaya Force. Tidak banyak Jedi dapat dikatakan telah melakukan itu.

Baca Juga: Mari Berkenalan dengan 10 Karakter Star Wars Paling Populer Sepanjang Masa

13. Ahsoka Tano

Ahsoka Tano adalah Padawan kecil yang berkembang pesat menjadi Jedi yang sangat mengesankan.

Ia berduel dengan Asajj Ventress dan Darth Vader, lalu membantu memulai Rebel Alliance, dan menjadi seorang Jedi yang begitu membanggakan.

14. Depa Billaba

Depa Billaba adalah Jedi yang luar biasa hebat yang tidak diketahui banyak orang. Master Jedi-nya ketika dia adalah Padawan, yaitu Mace Windu.

Dia juga melatih Caleb Dume ketika dia menjadi Jedi Master. Dia menyelamatkan hidup Dume ketika Jedi Purge dimulai, mengorbankan nyawanya dalam pertempuran tersebut. Caleb Dume kemudian tumbuh menjadi Jedi yang dikenal sebagai Kanan Jarrus.

15. Ben Solo

Ben Solo memiliki warisan besar untuk dijalani, dan sementara waktunya sebagai murid Jedi, ia mungkin salah satu yang paling kuat.

Ben berasal dari garis keturunan pengguna Force. Kakeknya adalah Anakin Skywalker, “Chosen One” beberapa tahun yang lalu.

Luke Skywalker, pamannya, bisa merasakan kekuatan yang ada di dalam Ben Solo. Hanya saja, kekuatan itu berbalik melawan the Light.

Ben Solo jatuh ke Dark Force dan akhirnya menjadi Kylo Ren, pengikut First Order yang jahat.

16. Luminara Unduli

Luminara Unduli adalah Jedi Master yang hebat, dan dia tidak pantas menerima nasib yang diberikan di masa depannya.

Ketika Order 66 diberikan, Unduli berada di Kashyyyk. Alih-alih dieksekusi oleh klonnya seperti banyak Jedi lainnya, dia ditangkap dan kemudian dihukum mati oleh Kaisar. Jenazahnya kemudian digunakan sebagai tipu daya untuk menjebak Jedi lain di galaksi.

17. Kit Fisto

Kit Fisto adalah salah satu dari Jedi yang dibawa oleh Mace Windu bersamanya untuk menangkap Kanselir Palpatine.

Di tengah baku tembak dengan pertempuran Droid, Fisto bisa merasakan kehadiran dan kebaikan C3PO, meskipun ia saat ini melekat pada tubuh droid pertempuran. 

tokopedia x bts

18. Ki-Adi-Mundi

Ki-Adi-Mundi menduduki peringkat tinggi dalam daftar ini karena kehadirannya di Dewan Jedi.

Seringkali, pertemuan Dewan lebih terasa seperti diskusi antara Mace Windu dan Yoda. Ki-Adi-Mundi adalah satu-satunya Jedi lain yang tampaknya memiliki bobot yang sama dengan mereka berdua selama rapat Dewan.

19. Anakin Skywalker

Anakin Skywalker merupakan salah satu Jedi yang banyak dikenal oleh orang. Prestasi terbesarnya adalah melemparkan Kaisar Palpatine ke inti Death Star II sambil menahan beberapa Force Lightning.

Namun, sayangnya, ia jatuh ke tangan Dark Force dan menjadi Sith Lord bernama Darth Vader.

20. Qui-Gon Jinn

Qui-Gon Jinn adalah Jedi yang tidak banyak dibicarakan. Ia melatih Obi-Wan Kenobi dan berperang melawan Darth Maul (bisa dibilang Sith paling kuat).

Satu-satunya catatan suram dalam resume-nya adalah fakta bahwa ia membawa Anakin ke Jedi.

21. Mace Windu

Mace Windu menonjol dari kerumunan Jedi. Lightsaber-nya berwarna ungu tua, warna yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Dia juga satu-satunya Jedi yang muncul di level yang sama dengan Yoda. Keduanya melakukan percakapan teman-teman sepanjang waktu di tayangan prequel.

Windu juga mengalahkan Darth Sidious dalam pertarungan lightsaber. Anakin Skywalker adalah orang yang datang dan mengalahkan Windu ketika penjaganya turun.

BACA JUGA: 10 FILM TENTANG LUAR ANGKASA YANG SANGGUP MENYAINGI POPULARITAS STAR WARS

22. Obi-Wan Kenobi

Obi-Wan Kenobi adalah Jedi favorit banyak orang sepanjang masa. Setiap kali dia berduel dengan Darth Maul (dalam The Phantom Menace, The Clone Wars, and Rebels), aksi nya mengingatkan betapa kuatnya dia meskipun dia tidak berusaha menunjukkannya. 

23. Rey

Meskipun Rey tidak pernah menjadi bagian dari Jedi Order, dia sedang dalam perjalanan untuk menjadi salah satu Jedi yang paling kuat yang pernah ada.

Dengan sedikit pelatihan saja, Rey belajar lebih banyak tentang the Force dalam waktu yang jauh lebih singkat daripada Luke Skywalker.

Ia tampak begitu kuat dibandingkan Luke sehingga Luke sendiri khawatir tentang konsekuensi potensial dari melatihnya. 

24. Luke Skywalker

Luke memulai pelatihan Jedi-nya pada usia yang lebih tua dari Jedi lain pada umumnya. Walaupun begitu, dengan pengajaran yang minim dan kondisi yang penuh tekanan, Luke belajar menjadi satu Jedi Knight yang sangat kuat.

Dan di saat-saat terakhirnya, Luke Skywalker melakukan salah satu trik terhebat yang pernah disaksikan di pertunjukan Jedi.

Ia memproyeksikan gambar dirinya di sebuah planet yang jaraknya beberapa tahun cahaya darinya, lalu menggunakannya untuk menyelamatkan beberapa anggota Perlawanan yang tersisa dan menipu Kylo Ren pada saat yang bersamaan. 

25. Yoda

Titel terbaik jatuh di tangan Yoda, Jedi paling kuat di antara semua Jedi. Orang yang tidak mengikuti semua trilogi prekuel Star Wars pasti tetap mengenali sosok Yoda.

Kebijaksanaan Yoda menjadikannya berada di kedudukan tertinggi dan sosok yang jadi panutan bagi siapapun yang ingin menjadi Jedi setelahnya.

Dia adalah kepala Jedi Order di beberapa prekuel yang menginspirasi banyak Jedi lainnya. Pasti kamu juga tidak dapat memikirkan kata “Jedi” tanpa gambar Yoda muncul di otak kamu, kan?


Salah satu cara menjadi penggemar Star Wars adalah mengetahui karakter-karakter Jedi di atas.

Tentu saja dengan banyaknya Jedi di sejarah Star Wars, 25 merupakan angka yang kecil. Namun, itulah tadi 25 Jedi terbaik di riwayat Star Wars, Toppers!

Kamu dapat menyaksikan aksi mereka yang keren di beberapa film dan seri Star Wars. Salah satu nya dengan berlangganan streaming berbayar seperti HOOQ, Viu, atau iflix.

Kamu dapat berlangganan dengan mudah, praktis, dan dengan beberapa promo yang menarik dan terjangkau hanya di Tokopedia!

promo tokopedia
Udah tau mau beli barang yang mana? Dapatkan penawaran terbaiknya di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia