• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

13 Film Kartun Terbaik untuk Isi Liburan Anak, Seru & Bermakna

07 December 2023

Share

13 Film Kartun Terbaik untuk Isi Liburan Anak, Seru & Bermakna

Temukan daftar film kartun terbaik dan sinopsisnya di sini, pengisi waktu luang yang menyenangkan!


Film kartun adalah salah satu jenis film terlaris saat ini. Meskipun sebagian besar film kartun ditujukan untuk penonton anak-anak, film kartun juga bisa dinikmati oleh kalangan dewasa, lho.

Perhatikan saja, dalam beberapa tahun terakhir, film seperti “Frozen,” “Toy Story 3” dan “Finding Nemo” telah meraup keuntungan lebih dari 400 juta dollar di wilayah domestik dan menjadikannya sebagai salah satu film paling sukses sepanjang masa.

Menyambut liburan akhir tahun, 

Baca Juga: Urutan Film Marvel Berdasarkan Kronologi Waktu MCU

Film Kartun Terbaik dan Ratingnya

Alur cerita film kartunterbilang sangat seru dengan genre yang beragam mulai dari aksi, thriller, hingga komedi. Berikut daftar film kartun terbaik yang wajib masuk ke watchlist kamu:

1. Elemental (2023) - 7/10

  • Durasi: 1 jam 49 menit
  • OTT Media: Disney+

Film yang satu ini ada sentuhan romance-nya, Toppers! Tapi tenang, tetap boleh ditonton anak-anak di bawah pengawasn orang tua. Elemental menceritakan kisah para elemen (api, angin, air, dan tanah) yang hidup di kota yang sama.

Inti dari Elemental adalah kisah tentang hubungan -- antara Api dan Air, antara orang tua dan anak-anak mereka, serta antara kita semua dan tetangga kita yang mungkin berbeda dengan kita.

Selain sebagai kisah cinta tentang daya tarik yang mustahil, Elemental juga merupakan pengumpamaan kisah tentang para imigran yang menjalani kehidupan di tempat yang berbeda, membawa sebagian dari kehidupan lama, budaya, dan nilai-nilai mereka ke dunia baru.

2. Spider-Man: Across the Spider-Verse (2023) - 8.7/10

  • Durasi: 2 jam 19 menit
  • OTT Media: Google Play Movies, Apple TV, Netflix

Setelah menjadi fenomena sejak muncul sebagai film Spiderman animasi pertama di tahun 2018, Spider-Verse kembali lagi dengan cerita yang tak kalah memukau.

Setelah bersatu kembali dengan Gwen Stacy, Spider-Man terlempar melintasi Multiverse, di mana ia bertemu dengan tim Spider-People yang bertugas melindungi keberadaannya. Namun, saat para pahlawan bentrok mengenai cara menangani ancaman baru, Miles mendapati dirinya diadu melawan Laba-laba lainnya. Dia harus segera mendefinisikan kembali apa artinya menjadi pahlawan agar dia bisa menyelamatkan orang-orang yang paling dia cintai.

3. The Super Mario Bros. Movie (2023) - 7.1/10

  • Durasi: 1 jam 32 menit
  • OTT Media: Google Play Movies, Apple TV

Tokoh-tokoh yang biasanya muncul sebagai karakter game kini hadir dalam film yang ditunggu-tunggu. Film ini menampilkan kisah asal usul sepasang saudara Mario dan Luigi, tukang ledeng berdarah Italia-Amerika yang diangkut ke dunia alternatif dan terjerat dalam pertempuran antara Kerajaan Jamur yang dipimpin oleh Putri Peach, dan Koopas, yang dipimpin oleh Bowser.

4. Trolls Band Together (2023) - 6/10

  • Durasi: 1 jam 32 menit

Di film ini, Poppy mengetahui bahwa Branch pernah menjadi bagian dari boy band 'BroZone' bersama saudara-saudaranya, Floyd, John Dory, Spruce dan Clay.

Ketika Floyd diculik, Branch dan Poppy memulai perjalanan untuk menyatukan kembali dua saudara lelakinya yang lain dan menyelamatkan Floyd.

5. Turning Red (2022) - 7/10

  • Durasi: 1 jam 40 menit
  • OTT Media: Disney+

Kartun Turning Red merupakan kolaborasi dari Disney dan Pixar. Di mana penonton dapat streaming melalui saluran Disney+ Hostar untuk menontonnya.

Film ini berkisah mengenai seorang gadis remaja yang berubah menjadi panda merah raksasa. Mei Lee seorang gadis berusia 13 tahun ini dikenal memiliki kepribadian unik. Namun sang ibu yakni Ming begitu protektif terhadap dirinya sampai-sampai berbagai aktivitasnya terkadang cukup terbatas.

Hal inilah yang terkadang memicu pertengkaran antara Mei Lee dan sang ibu. Hingga suatu waktu Mei Lee tiba-tiba berubah menjadi panda merah raksasa. Perubahan ini dipicu ketika emosinya mulai tidak terkendali. Akibatnya membuat Mei Lee berubah jadi panda merah.

6. Chip 'n Dale: Rescue Rangers (2022) - 7/10

  • Durasi: 1 jam 37 menit
  • OTT Media: Disney+

Chip 'n Dale: Rescue Rangers memiliki genre petualangan sekaligus komedi. Film kartun ini berkisah mengenai pertemuan Chip 'n Dale setelah 30 tahun. Pertemuan tersebut akan kembali menghidupkan persahabatan dua tupai kecil ini dalam kisah yang cukup menarik. 

Pasalnya ada kolaborasi antara kartun 2D dengan manusia mengambil latar tempat di Los Angeles. Pertemuan tersebut membuat mereka sadar ternyata memiliki sejumlah kesamaan.

7. Lightyear (2022) - 6.1/10

  • Durasi: 1 jam 45 menit
  • OTT Media: Disney+

Sama seperti film sebelumnya, karakter Buzz di film Lightyear juga akan diisi oleh suara Chris Evans. Pada film terbaru animasi komputer Pixar, Lightyear berfokus pada kisah awal mula Buzz berevolusi dan menjadi mainan di kamar Andy.

Ada yang berbeda di film Lightyear terbaru ini, yaitu kisah akan berfokus pada perjalanan dan petualangan manusianya; bukan karakter mainan yang bermimpi menjadi pilot. Menggabungkan genre sci-fi dan petualangan, Buzz Lightyear siap membawamu berpetualang keluar angkasa pada 15 Juni 2022 nanti!

8. Hotel Transylvania 4 (2022) - 6/10

  • Durasi: 1 jam 27 menit
  • OTT Media: Google Play Movies, Amazon Prime, Apple TV

Dimulai dengan film pertamanya di 2012, hampir 10 tahun kemudian, penonton akan dimanjakan kembali dengan Hotel Transylvania 4. Film-film sebelumnya sudah terbukti berhasil membuat penontonnya jatuh cinta dan tertawa terbahak-bahak.

Yang keempat ini juga seharusnya tidak kalah lucu, ya. Selena Gomez tidak hanya akan mengisi suara Mavis lho, tetapi juga berperan sebagai executive producer.

9. Minions: The Rise of Gru (2022) - 6.5/10

  • Durasi: 1 jam 28 menit
  • OTT Media: Google Play Movies, Apple TV

Minions: The Rise of Gru mengisahkan kehidupan Gru (Steve Carell) yang tumbuh di pinggiran kota pada tahun 1970-an. Saat itu, ia merupakan seorang penggemar dari kelompok penjahat bernama Vicious 6. Gru bahkan sampai menyusun rencana agar bisa menjadi jahat demi bergabung dengan mereka.

Film Minions: The Rise of Gru tidak hanya menyajikan cerita yang menarik akan tetapi setiap adegan juga dibungkus dengan humor yang subversif. Kira-kira bagaimana sinopsi Minions: The Rise of Gru?

Baca Juga: Urutan Film Harry Potter: Tahun Awal Hingga Kematian Voldemort

10. DC League of Super-Pets (2022) - 7.1/10

  • Durasi: 1 jam 45 menit
  • OTT Media: Google Play Movies, Apple TV

DC League of Super-Pets mengisahkan petualangan Krypto, anjing peliharaan Clark Kent/Superman. Dia punya kekuatan super yang sama dengan tuannya. Karenanya, dia tumbuh menjadi anjing yang arogan, tidak kenal kerja sama, dan sangat memuja tuannya. Tapi, dia kemudian mengalami krisis kepercayaan diri. Kedekatan Clark dan Lois Lane membuat Krypto goyah. 

Dia takut ditinggalkan Clark begitu pasangan itu jadi semakin dekat. Clark sepertinya menyadari kalau Krypto butuh teman. Makanya, dia berusaha mencarikan teman untuk Krypto. Tapi, kunjungan mereka ke sebuah tempat penampungan hewan tidak berhasil.

11. The Bad Guys (2022) - 6.8/10

  • Durasi: 1 jam 40 menit
  • OTT Media: Google Play Movies, Apple TV

The Bad Guys merupakan film kartun terbaru 2022 garapan DreamWorks Animation yang menggunakan perpaduan karakter 3D yang canggih dengan karakteristik 2D, sehingga membuat film ini lebih menonjol dari film Dreamworks lainnya.

The Bad Guys sendiri berceritakan tentang sekumpulan anggota kerajaan hewan yang paling ditakuti yakni serigala, hiu, ular dan laba-laba. Mereka ingin bertobat dan membuka lembaran baru dari kehidupan kriminal menjadi warga yang baik. Film ini dijadwalkan rilis pada 22 April 2022.

Baca Juga: Daftar Film Chris Evans Terbaik, dari Kartun hingga Super Hero (2021)

12. Puss in Boots: The Last Wish (2022) - 7.8/10

  • Durasi: 1 jam 42 menit
  • OTT Media: Google Play Movies, Apple TV

Rekomendasi film kartun terbaik selanjutnya adalah Puss in Boots: The Last Wish. film ini mengisahkan tentang seekor kucing yang dikenal dengan nama Puss In Boots dan merupakan sekuel dari film sebelumnya, yakni Puss in Boots dan Puss in Boots: The Three Diablos.

Puss in Boots berencana menyelamatkan penduduk desa dari raksasa, namun akhirnya malah berbuah malapetaka, Puss In Boots tertimpa bell dari raksasa yang membuatnya mati. Dari sinilah petualangannya untuk mendapatkan kesembilan nyawanya dimulai.

13. Sonic the Hedgehog 2 (2022) - 6.5/10

  • Durasi: 1 jam 40 menit
  • OTT Media: Apple TV

Film kartun terbaru yang rilis di tahun 2022 selanjutnya adalah Sonic The Hedgehog 2. Film ini merupakan sekuel dari Sonic the Hedgehog (2020) yang juga dibalut dengan genre komedi dan sci-fi.

Film ini menceritakan tentang peristiwa setelah Sonic The Hedgehog (2020). Keadaan damai Sonic yang tinggal di Green Hills, terusik setelah tiba-tiba mendapatkan informasi bahwa Dokter Eggman kembali mencari Master Emerald.

Sonic dan teman barunya Tails berangkat untuk menemukan Master Emerald tersebut sebelum jatuh ke tangan yang salah. Film ini dijadwalkan akan tayang pada 8 April 2022.

Baca Juga: Daftar Film Terbaik yang Disutradarai Joko Anwar

Nah, itu dia beberapa film kartun terbaik dari berbagai tahun. Apakah ada film kartun di atas yang menarik perhatian Toppers?

Penulis: Ramanov Barezki, Abya, Thalita.

© 2009-2024, PT Tokopedia