Film Kolosal Terbaik: 15 Film Perang Kolosal yang Mendominasi Box Office

853
film kolosal terbaik, film perang kolosal

Film kolosal adalah film yang proses pembuatannya melibatkan banyak sekali orang. Namun, sebagian besar pemain hanya berperan sebagai figuran.

Film kolosal juga bisa diartikan sebagai film yang diproduksi dengan dana tinggi dan melibatkan banyak pemain.

Sebagian besar film kolosal berkaitan dengan sejarah atau megambil setting di masa lampau.

Penggemar film kolosal cukup banyak karena pada dasarnya film jenis ini menarik untuk ditonton.

Bagian yang paling menarik dan ditunggu dalam film kolosal tentunya adalah scene pertempuran besar-besaran yang seru sekaligus menegangkan.

Nah, untuk para penggemar film kolosal, berikut ini rekomendasi 15 film kolosal terbaik dengan rating yang tinggi.Semoga dapat menambah referensi kamu ya, Toppers.

15. Trilogi The Lord Of The Rings

film kolosal terbaik lord of the ring
Sumber gambar: lotr.fandom

Pada tahun 2001, 2002, dan 2003, sutradara Peter Jackson mengunggah cerita fiksi yang diilhami oleh karya sastra yang sangat fenomenal: The Lord of The Rings.

Film ini mendapatkan respon positif baik dari penonton dan kritikus. Saking bagusnya, Trilogi The Lord of the Rings (LOTR) berhasil memenangkan sejumlah penghargaan Academy Awards.

Film kolosal satu ini intinya bercerita tentang pertarungan epik yang terjadi antara golongan putih dan golongan hitam.

Bisa dikatakan kalau LOTR menjadi film yang merepresentasikan masa depan atau nubuat mengenai akhir zaman alias kiamat.

Jika kamu teliti, akan banyak tanda-tanda kiamat yang dimanifestasikan samar-samar lewat istilah-istilah, kronologi cerita, dan tokoh-tokoh fiktif.

baca juga: 19 Film Komedi Terbaik sepanjang masa

14. Gladiator (2000)

film kolosal the gladiator
Sumber gambar: slashfilm

Film kolosal ini bersetting di kerajaan Romawi pada era pemerintahan Commodus. Cerita fiktif ini dibintangi oleh Russell Crowe sebagai General Maximus serta Joaquin Phoenix dan Connie Nielsen.

Cerita film ini sebenarnya sederhana yakni tentang balas dendam seorang jendral perang yang difitnah oleh rajanya sendiri.

Kekuatan film ini adalah riset yang mendalam dan visual yang spektakuler. Tidak heran jika film ini berhasil menyabet Oscar untuk kategori Best Picture dan Best Actor.

13. 300 (2006)

film kolosal perang 300
Sumber gambar: thrillist

300 adalah film perang kolosal fiksi yang diangkat dari novel karya Frank Miller. Film ini bercerita tentang 300 orang pasukan Spartan di bawah pimpinan Raja Leonidas yang harus berjuang dalam pertempuran kuno Thermopylae pada abad ke-6.

Pasukan Spartan harus melawan tentara Persia di bawah pimpinan Raja Xerxes yang membawa pasukan sebanyak 300.000 orang prajurit.

12. Braveheart (1995)

film kolosal perang terbaik braveheart
Sumber gambar: movieposter

Film ini dibintangi oleh Mel Gibson yang juga duduk sebagai sutradara. Braveheart tergolong sebagai film kolosal sejarah.

Film kolosar barat ini bercerita tentang seorang pahlawan Skotlandia bernama William Wallace yang melakukan perlawanan untuk membebaskan Skotlandia dari kekuasaan Inggris.

banner Top-up M-Tix cobadong

11. Troy (2004)

filim kolosal perang yunani, troy
Sumber gambar: arthipo

Troy merupakan film perang kolosal bauatan Hollywood. Film ini dibesut oleh sutradara Wolfgang Petersen. Troy dibintangi oleh sejumlah aktor ternama seperti Brad Pitt, Eric Bana dan Orlando Bloom.

Troy bisa disebut sebagai salah satu film kolosal terbaik sepanjang masa. Film yang rilis pada 14 Mei 2004 ini bercerita tentang kerajaan Troya yang diserang oleh pasukan Sparta.

10. The Last Samurai (2003)

the last samurai, film kolosal terbaik
Sumber gambar: movieposters2

Jika biasanya Tom Cruise berperan sebagai mata-mata, maka kamu akan menyaksikan hal yang berbeda di film ini.

The Last Samurai bercerita tentang mantan kapten perang Amerika, Nathan Algren (Tom Cruise) yang melatih pasukan Jepang untuk menumpas para samurai.

Di tengah pertempuran, Nathan tertangkap dan dibawa ke suatu desa yang menjadi markas rahasia para Samurai. Selama disekap, Nathan justru mendapat pencerahan dan mulai mempelajari cara hidup Samurai.

9. Pearl Harbor (2001)

film kolosal terbaik pearl harbor
Sumber gambar: moviepostershop

Pearl Harbor berkisah tentang serangan Jepang atas pangkalan militer Amerika Serikat di Hawaii. Pemeran utama dalam film ini adalah Ben Affleck, Alec Baldwin, Jon Voight, Kate Beckinsale, dan Josh Hartnett.

Selain menggambarkan penyerangan Pangkalan Militer Pearl Harbor secara dramatis, film ini juga dibalut dengan kisah cinta dua tokoh utama film ini, Rafe McCawley dan Danny Walker.

Di tengah kisah cinta yang cukup rumit, mereka harus mengesampingkan masalah pribadi demi membalaskan kematian banyak tentara akibat serangan mendadak pesawat Jepang.

8. Star Wars Double Trilogy

George Lucas adalah sineas Hollywood yang ada di belakang karya monumental ini. Double Trilogy Star Wars terdiri dari 6 film, yaitu: “Star Wars” (1977), “The Empire Strikes Back” (1980), “Return of the Jedi” (1983), “The Phantom Menace” (1999), “Attack of the Clones” (2002), dan “Revenge of the Sith” (2005).

Star Wars bahkan diterima sebagai pop culture oleh masyarakat dunia. Film ini pun merambah ke berbagai media seperti komik, mainan, buku, hingga serial televisi dan game.

Uniknya, semua media itu memiliki cerita yang berbeda dengan film asli namun sukses menciptakan dunia Star Wars yang luas.

7. The Chronicles of Narnia: Prince Caspian (2008)

film kolosal fiksi terbaik
Sumber gambar: impawards

The Chronicles of Narnia: Prince Caspian merupakan film kolosal fiksi yang bercerita tentang pertarungan antara Pangeran Caspian, sang pewaris yang sah dari Kerajaan Narnia dan raja Miraz, penguasa lalim yang telah membunuh ayahnya.

baca juga: 10 trailer Film Indonesia Terbaik & ULASANnya

6. Kingdom of Heaven (2005)

film perang kolosal kingdom of heaven
Sumber gambar: movieposters2

Ridley Scott kembali menyutradarai film sejarah-kolosal setelah mendapat kesuksesan di film Gladiator.

Kali ini dia mengambil tema Perang Salib. Kingdom of Heaven bercerita tentang Balian, seorang pandai besi dari Perancis yang hidupnya berubah drastis setelah mengetahui bahwa ayahnya adalah Baron di kota Jerussalem.

Balian yang pergi ke Jerusalem dengan motif mencari pengampunan Tuhan, kemudian berperan sebagai bangsawan dan turut membantu Raja Baldwin IV mempertahankan kota suci tersebut dari serangan

Walaupun sejarah dalam film ini kontroversial, Kingdom of Heaven tetap diakui sebagai salah satu film sejarah kolosal terbaik yang pernah ada.

5. Exodus: Gods and Kings (2014)

Dari judulnya saja Anda pasti tidak akan mengira bahwa Exodus: Gods and Kings adalah film yang bercerita tentang Nabi Musa.

Ya, film kolosal terbaik ini mengisahkan persahabatan antara Musa (Christian Bale) dan Ramses (Joel Edgerton), yang merupakan Firaun, raja Mesir.

Namun, film yang menceritakan sosok Musa, Nabi yang diimani oleh agama Yahudi, Kristen dan Islam ini bukanlah menceritakan hikayat kenabian Musa.

4. Red Cliff (2008)

film kolosal cina terbaik, red cliff
Sumber gambar: impawards

Red Cliff adalah karya luar biasa dari sutradara ternama, John Woo. Film ini menampilkan Cina di zaman kekaisaran.

Film kolosal Cina yang bertemakan sejarah ini bercerita tentang penyerbuan yang dilakukan pasukan Kaisar Xian atas daerah Changban di bawah pimpinan Li Bei.

Di film ini, Toppers akan menyaksikan perang besar-besaran yang sangat luar biasa secara visual. Red Cliff dapat disebut sebagai film kolosal Cina terbaik sepanjang masa.

3. Robin Hood (2010)

film kolosal terbaik robin hood
Sumber gambar: impawards

Film ini dimulai dari kepulangan Sir “Robin Hood” of Locksley ke kampung halamannya di Nottingham setelah Perang Salib ketiga berakhir.

Di sana dia melihat langsung penderitaan rakyat Nottingham yang hidup di tengah tekanan tirani Sheriff of Nottingham.

Sang Sheriff menggunakan kekuasaannya untuk memeras rakyat lewat pajak. Tak terima dengan kesewenangan sang Sheriff, Robin Hood membentuk pasukan kecil untuk meneror tentara sang Sheriff. Robbin Hood pun merampok harta milik sang Sheriff untuk dibagikan kepada rakyat kecil.

2. Mongol: The Rise of Genghis Khan (2007)

film perang kolosal terbaik genghis khan
Sumber gambar: timespacewarps

Mongol: The Rise of Gengis Khan, sebuah film kolosal yang menguak kisah hidup Gengis Khan dari sudut yang berbeda. Film ini bercerita lebih dalam mengenai pribadi Gengis Khan hingga menjadi sang penakluk.

Film semi-historis ini digarap oleh sutradara asal Rusia, Sergei Bodrov. Dengan tangan dinginnya, Bodrov berhasil membuat film ini meraih Academy Award 2007 untuk kategori film berbahasa asing terbaik.

1. 10,000 BC (2008)

film kolosal terbaik 10,000BC
Sumber gambar: impawards

10.000 BC menceritakan kehidupan sebuah suku di zaman prasejarah. Sekilas, setting film ini serupa dengan Apocalypto besutan Mel Gibson.

Bedanya, Roland nampak tak ingin terlalu mempersulit penonton untuk mencerna jalan cerita. Oleh karena itu, 10.000 BC menampilkan dialog-dialog berbahasa Inggris, tidak seperti Apocalypto yang menggunakan bahasa suku Maya.


Itulah film kolosal terbaik sepanjang masa yang mendominasi box office pada 1990-an hingga hari ini. Dari sekian banyaknya film kolosal yang pernah ada, apa film kolosal favorit kalian, Toppers?

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Bagikan Artikel