• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Film Komedi Korea Terbaik yang Wajib Ditonton

18 October 2023

Share

10 Film Komedi Korea Terbaik yang Wajib Ditonton

Bagi penggemar film komedi, cobalah untuk menonton 10 film komedi buatan Korea Selatan berikut ini. Dijamin, kamu bakal tertawa sampai rahang sakit!

Tidak hanya unggul di bidang industri musik lewat genre Korean Pop, Korea Selatan juga sudah lama aktif memproduksi film yang berkualitas, lho.

Penyajian film yang ringan namun penuh isi sangat dinanti oleh orang-orang yang sedang mencari hiburan atau ingin melepas penat. 

Selain dikenal dengan drama romantis dan film laga-nya yang tidak pernah mengecewakan, Korea Selatan juga memproduksi film genre komedi yang tidak kalah bagusnya.

Meskipun bergenre komedi, biasanya penceritaan film-film ini dibalut dengan tambahan nuansa melodramatis atau romantis yang tidak hanya menghibur penonton, tetapi juga memberi efek haru. 

Berikut ini adalah rekomendasi film komedi Korea terbaik yang bakal bikin kamu puas tertawa.

1. Miss Granny (2014)

Film drama komedi biasanya akan gagal di box office Korea, namun tidak demikian halnya dengan Miss Granny.

Dua aktris beda generasi dikasting menjadi pemeran utama, yaitu Na Moon-hee dan Shim Eun-kyung.

Na Moon-hee berperan sebagai seorang wanita tua renta berusia 70 tahun yang tiba-tiba mendapati tubuhnya terperangkap dalam tubuh wanita muda, yang diperankan aktris berbakat Shim Eun-kyung.

Eun-kyung bahkan memenangkan sejumlah penghargaan sebagai aktris terbaik dari berbagai ajang prestisius. Kehadirannya pun kian memanaskan persaingan di antara aktris muda Korea.

Baca juga: 19 Film Komedi Terbaik Sepanjang Masa

2. Miracle in Cell No. 7 (2013)

film komedi korea

Sumber gambar: 3.bp

Film yang disutradarai oleh Lee Hwan Kyung ini berhasil menjadi satu dari 8 film Korea Selatan yang berhasil menjual 10 juta tiket hanya 32 hari setelah pemutaran perdananya.

Sebelumnya, film ini akan diberi judul “December 23”. Namun, setelah rilis judulnya berganti dengan yang sekarang kita tonton.

Miracle in Cell No. 7 menceritakan kisah seorang pria bernama Lee Yong Gu (diperankan oleh Ryu Seung Ryong) yang memiliki gangguan mental dan hanya tinggal berdua bersama putrinya, Ye Sung (Kal So Won). 

Suatu hari, Lee Yong Gu dituduh oleh pihak kepolisian dan dipenjarakan untuk kesalahan yang tidak pernah dia lakukan.

Alur cerita film ini dapat membuat kamu tertawa selayaknya menonton film komedi, tetapi juga menangis tersenguk-senguk karena kisahnya sangat menyentuh.

3. Sunny (2011)

film komedi korea

Sumber gambar: uniquestream

Film ini bercerita tentang seorang gadis dari pinggiran kota bernama Na-mi yang pindah ke Seoul dan gaya berpakaiannya sering jadi bahan olokan teman sekelas barunya.

Keadaan berubah ketika enam orang siswi merekrut Na-Mi ke geng pertemanan mereka yang akhirnya dinamakan “Sunny”.

Sampai suatu hari, ada kejadian yang memisahkan mereka dan geng Sunny baru bisa bertemu lagi 25 tahun kemudian.

Film ini mampu memberi rasa nostalgia masa-masa remaja, dengan dinamika yang dapat membuat kamu tertawa dan juga menangis terharu. Selain menghibur, terdapat nilai-nilai persahabatan yang digambarkan dalam film ini. 

4. A Man Who Was Superman (2008)

film komedi romantis korea

Sumber gambar: rankingfilms

Sama seperti film-film sebelumnya, A Man Who Was Superman selain bergenre komedi juga memiliki unsur melodramatis yang menyentuh.

Jeong-min Hwang memerankan tokoh utama dengan sangat baik, yaitu seorang laki-laki tanpa kekuatan super yang menganggap dirinya Superman, sehingga ia merasa harus menyelamatkan orang lain.

Unsur komedi dalam film ini sangat kental, tetapi seimbang dengan emosi yang dibangun hingga akhir film. Pokoknya, film ini sangat direkomendasikan, deh.

Baca juga: Film Komedi Romantis yang Lucu Sekaligus Bisa Bikin Haru

5. Twenty (2015)

film komedi romantis korea

Sumber gambar: galas3

Twenty merupakan film komedi yang bercerita tentang tiga sahabat sejak SMA (Chi-ho, Kyung-jae, dan Dong-woo) yang baru memasuki usia dewasa dan memulai pencarian jati diri, dengan kesulitan masing-masing.

Terdapat adegan-adegan jenaka yang diselipkan dalam proses pencarian jati diri mereka, dan dikemas sesuai dengan keadaan remaja saat ini.

Film ini dibintangi oleh dua anggota 2PM yaitu Woo-bin, Lee Joon-ho, dan juga Kang Ha-neul. 

6. Sassy Girl (2001)

film komedi korea terbaik

Sumber gambar: pinimg

Film Sassy Girl termasuk ke dalam film romantis komedi. Terdapat sisipan-sisipan kekonyolan di beberapa adegan, seperti Gyeun-woo yang terus tertimpa kesialan saat membantu seorang gadis yang sedang mabuk dan mencurahkan isi hatinya tentang orang lain.

Film ini unik karena tokoh perempuan yang diperankan oleh Jun Ji-hyun tidak pernah diperkenalkan atau bahkan disebutkan namanya sampai film berakhir.

Alur cerita yang menarik, dipadukan dengan penataan musik dan sinematografi yang berkualitas menjadikan film ini salah satu yang harus kamu tonton!

7. Woochi (2009)

film korea komedi

Sumber gambar: IMDb

Woochi merupakan seorang penyihir yang terpenjara selama 500 tahun dalam sebuah lukisan.

Untuk bebas, ia harus menyelesaikan tugas yang diberikan oleh tiga dewa Tao, di era yang sudah modern jauh setelah masa hidup Woochi sebelumnya.

Dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, Woochi dibantu oleh rekan anjingnya yang berbentuk manusia.

Terdengar lumayan absurd, kan, Toppers? Adegan yang disajikan sangat menghibur dan pasti kamu akan tertawa menontonnya. 

8. Speedy Scandal (2008)

film komedi korea

Sumber gambar: hancinema

Film ini bercerita tentang kisah keluarga yang dibalut komedi. Seorang pria dikagetkan dengan kehadiran seorang wanita dengan anak, yang mengaku bahwa mereka merupakan anak dan cucunya.

Wanita bernama Jung Nam ini terus mencari ayahnya yang tidak pernah ia temui sejak lahir.

Selain tertawa konyol, kamu akan dibuat terenyuh dengan nilai kekeluargaan yang digambarkan dalam beberapa adegan di film ini.

9. Hello Ghost (2010)

film komedi korea

Sumber gambar: justwatch

Hello Ghost menceritakan tentang seorang pria bernama Sang Man (diperankan oleh Cha Tae Hyun) yang dapat melihat dan diikuti 4 hantu setelah percobaan bunuh dirinya yang gagal berkali-kali.

Keempat hantu ini tidak mau pergi sampai keinginannya dituruti. Hal ini merepotkan Sang Man, tetapi dengan penceritaan yang jenaka. 

Meskipun bertajuk film komedi, film ini berhasil menggabungkan unsur komedi dengan melodrama dan memberikan plot twist tidak terduga di akhirnya yang dapat membuat kamu menjadi sedih. 

10. The Quiet Family (1998)

film komedi korea

Sumber gambar: highonfilms

Film ini merupakan film ‘tertua’ di antara rekomendasi film lainnya di daftar ini. Penceritaan dalam film The Quiet Family dikemas dengan sangat baik: percampuran antara misteri, horor, drama, dan komedi.

“Quiet” dalam judul menggambarkan cara orang menyelesaikan masalah yang biasanya hanya dengan diam, pura-pura tidak tahu, dan berakhir menyembunyikannya.

Meskipun terdapat unsur horor yang menyeramkan dan misteri yang membuat penonton berpikir sepanjang film, selipan komedi di beberapa adegan atau dialog pasti mengundang gelak tawa.

Itulah 10 rekomendasi film komedi korea terbaik. Bagi kamu yang hobi menonton film di bioskop, pastikan untuk selalu top up M-Tix melalui Tokopedia.

Apalagi tiap bulannya akan ada promo menarik yang ditawarkan Tokopedia. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya Toppers.

© 2009-2024, PT Tokopedia