• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

18 Film Natal Terbaik Klasik hingga Baru, Cocok untuk Keluarga!

21 December 2023

Share

18 Film Natal Terbaik Klasik hingga Baru, Cocok untuk Keluarga!

Agar momen libur Natal di rumah tidak membosankan, berikut ini daftar film Natal terbaik yang bisa kamu tonton bersama teman & keluarga.


Pada momen Libur Natal tahun ini sebagian dari kita mungkin akan banyak menghabiskan waktu di rumah dan berkumpul bersama keluarga.

Agar momen libur tetap menyenangkan untuk keluarga, kamu bisa menjadwalkan waktu untuk menonton film bersama.

Tentu saja, film yang dipilih haruslah bertema Natal agar suasana Natal semakin terasa. Nah, khusus untuk kamu yang ingin menonton film bersama keluarga dan teman, berikut ini rekomendasi film natal terbaik dari klasik hingga terbaru untuk momen liburan yang meriah di rumah bersama keluarga. Yuk, simak daftarnya!

Baca Juga: Deretan Lagu Natal Terbaik, dari Klasik hingga Kekinian!

Film Natal Terbaik Sepanjang Masa

Nikmati hari libur bersama orang tersayang dengan tontonan yang menghibur. Cek inspirasi film natal paling seru di sini berikut genre, rating usia, dan durasinya!

1. A Charlie Brown Christmas (1965)

  • Genre: Keluarga, komedi (SU)
  • Durasi: 30 menit

Kartunis Charles Schulz pertama-tama menerbitkan komik Peanuts untuk hidup dalam serial TV, menceritakan tentang Natal yang menakjubkan.

Lalu ia membuat film “A Charlie Brown Christmas” yang mengisahkan tentang keluhan Charlie Brown tentang materialisme yang luar biasa yang ia lihat di mana-mana selama musim Natal.

Lucy menyarankan agar ia menjadi direktur kontes Natal sekolah, dan Charlie Brown menerima, tapi ini terbukti menjadi perjuangan besar yang membuatnya frustrasi. Charlie Brown membutuhkan bantuan Linus untuk mengetahui apa makna sebenarnya Natal itu.

2. A Christmas Story (1983)

  • Genre: Keluarga, komedi (SU)
  • Durasi: 1 jam 34 menit

Sama seperti Home Alone, A Christmas Story termasuk salah satu film Natal klasik yang meskipun sudah tayang cukup lama, namun ceritanya masih bisa dinikmati kapan saja.

Film komedi Natal ini berkisah tentang anak laki-laki yang berusaha meyakinkan orang tua dan gurunya bahwa hadiah Natal yang dia inginkan benar-benar hadiah yang sempurna.

3. Home Alone (1990)

  • Genre: Keluarga, komedi (SU)
  • Durasi: 1 jam 43 menit

Ketika Macaulay Culkin yang berperan sebagai Kevin yang nakal secara tidak sengaja ditinggal pergi sendirian saat orang tua dan keluarganya terbang ke Paris selama liburan, ia tidak membuang waktu untuk bersenang-senang dengan dirinya sendiri di rumah.

Tapi ternyata, ia juga harus menjaga rumahnya dari dua perampok dengan memasang perangkap jebakan. Siapakah yang akan menang? Toppers harus nonton sendiri untuk cari tahu! Sekarang sudah ada Home Alone 1, 2, 3 dan 4 juga, lho!

4. The Nightmare Before Christmas (1993)

  • Genre: Animasi, fantasi, musikal (SU)
  • Durasi: 1 jam 16 menit

Jack Skellington yang gelisah terjerumus ke Kota Natal melalui portal magis dan menjadi sangat terpesona dengan Natal sehingga dia menculik Santa dan memutuskan untuk memberikan hadiah-hadiahnya sendiri untuk anak-anak.

Cerita ini adalah mash-up dari Natal dan Halloween, ditambah dengan lagu-lagu musikal indah, film ini wajib banget jadi tontonan menyambut perayaan natal.

5. Elf (2003)

  • Genre: Keluarga, fantasi (A-BO)
  • Durasi: 1 jam 37 menit

Tinggal di tahun 2003, Buddy (Will Ferrell) diangkat sebagai Elf yang polos dengan matanya yang besar, dan dia diberitahu terlambat bahwa dia sebenarnya manusia.

Ketika dia secara resmi menjadi besar di Kutub Utara, dia dikirim ke New York untuk tinggal dengan sejenisnya, yaitu manusia, tapi apakah dia bisa berhubungan dengan dunia luar? Ikuti petualangan Buddy, yuk!

6. The Polar Express (2004)

  • Genre: Keluarga, animasi, fantasi (SU)
  • Durasi: 1 jam 40 menit

Buku anak-anak Chris Van Allsburg yang sudah tayang di layar lebar sebagai film animasi pada tahun 2004, menarik generasi baru untuk semangat Natal yang lebih meriah.

Seiring ceritanya, pada malam Natal, seorang anak laki-laki menemukan sebuah kereta yang diparkir di luar rumahnya yang bernama The Polar Express, menuju ke Kutub Utara.

Dia tahu dia telah dipilih untuk menerima hadiah Natal yang pertama, dan dia hanya meminta satu hal yaitu bel perak dari sleigh Santa. Tapi apa yang terjadi saat dia mencoba membawa bel tersebut pulang bersamanya?

Baca Juga: Pilihan Lagu Natal Anak-Anak untuk Perayaan Natal nan Semarak

7. Fred Claus (2007)

  • Genre: Komedi, fantasi (SU)
  • Durasi: 1 jam 56 menit

Dari dua saudara Claus, Fred adalah pembuat onar dan Nicholas merupakan saudara yang suci dan baik, sangat berkebalikan dengan Fred.

Ketika Fred melakukan tindak kriminal dan membuatnya ada di dalam masalah besar, Nicholas membebaskannya dan membawanya ke Kutub Utara untuk melunasi hutang dengan membantunya membuat mainan.

8. A Christmas Carol (2009)

  • Genre: Animasi, klasik (SU)
  • Durasi: 1 jam 36 menit

A Christmas Carol adalah film animasi berdasarkan sebuah novel klasik dengan judul yang sama dan dibuat dengan teknologi animasi modern. Film ini berkisah tentang seorang pria tua bernama Scrooge yang sangat membenci hari natal.

Suatu ketika Scrooge didatangi seseorang yang memberi tahu bahwa Scrooge akan didatangi tiga sosok gaib yang akan mengungkap kisah perjalanan hidupnya.

Tiga sosok gaib ini akan mengantar Scrooge melewati perjalanan panjang melampaui batas ruang dan waktu untuk membuka mata hati Scrooge. Ketiga sosok ini memperlihatkan apa  yang akan terjadi pada Scrooge jika ia tidak segera mengubah jalan hidupnya.

9. Arthur Christmas (2011)

  • Genre: Keluarga, animasi, fantasi (SU)
  • Durasi: 1 jam 37 menit

Animasi 3D ini menjawab salah satu pertanyaan besar di malam Natal: bagaimana Santa mengunjungi begitu banyak rumah begitu cepat?

Jawabannya, tampaknya, adalah karena bantuan tentara elf berteknologi tinggi yang dikirim dari pesawat ruang angkasa yang menyamar sebagai sekelompok bintang. Tapi hal ini tidak pernah terjadi, tidak sebelum putra sulung Santa, Steve (Hugh Laurie), memodernisasi operasi tersebut.

Meski begitu canggih, satu paket tergelincir melalui jaring, yang membuat tugas ini diserahkan pada anak Santa yang paling kecil, Arthur (James McAvoy), dan Kakek Santa yang sudah pensiun dan pemarah (Bill Nighy) untuk mengantarkan paket menggunakan rusa dan sleigh-nya.

Apa yang membuat fantasi meriah ini menarik adalah cara cerdas di mana mereka menjadi belajar tentang kehidupan.

10. Rise of the Guardians (2012)

  • Genre: Keluarga, animasi, fantasi (SU)
  • Durasi: 1 jam 37 menit

Rise of the Guardians adalah film fantasi animasi komputer 3D Amerika Serikat yang berdasarkan pada serial buku The Guardians of Childhood karya William Joyce.

Film ini bercerita tentang Jack Frost, seorang roh musim dingin serta para peri dan tokoh dongeng lainnya, seperti peri gigi dan kelinci paskah.

Dalam film ini Jack Frost dan tokoh dongen lain nya bersatu melawan Pitch Black yang tiap tahun pasti mengirimkan mimpi buruk pada anak-anak di seluruh dunia.

11. The Man Who Invented Christmas (2017)

  • Genre: Drama, Fantasi (R-BO)
  • Durasi: 1 jam 44 menit

Pada bulan Oktober 1843, Charles Dickens harus menelan pil pahit atas kegagalan tiga buku terakhirnya.

Setelah ditolak oleh penerbitnya, ia lalu bertekad untuk menulis dan menerbitkan sendiri sebuah buku yang ia harap bisa menghidupkan kembali karirnya, yang belakangan akan dikenal sebagai A Christmas Carol. 

Film ini akan menceritakan proses diciptakannya Ebenezer Scrooge, Tiny Tim dan tokoh lainnya dalam serial buku A Christmas Carol yang, mengubah Natal menjadi acara keluarga penuh sukacita seperti yang kita kenal sekarang.

12. The Grinch (2018)

  • Genre: Keluarga, animasi, komedi (A-BO)
  • Durasi: 1 jam 30 menit

The Grinch merupakan film animasi komedi yang cocok banget kamu tonton bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan natalmu. 

Film ini bercerita tentang sosok makhluk hijau berbulu bernama Grinch yang sangat membenci hari natal, Grinch selalu berusaha untuk menghancurkan natal orang lain dengan cara mencuri kado natal warga yang ada di desa Whoville.

Baca Juga: Film Bioskop Barat Terbaru, Jangan sampai Terlewat!

13. The Christmas Chronicles (2018)

  • Genre: Keluarga, komedi (R-BO)
  • Durasi: 1 jam 43 menit

Berkisah saudara perempuan dan laki-laki, Kate dan Teddy Pierce, yang rencana Malam Natalnya untuk menangkap Sinterklas di depan kamera berubah menjadi perjalanan tak terduga.

Kereta luncur sang Sinterklas mengalami kerusakan dan tabrakan, dan hadiah Natal hilang. Menjelang pagi, saatnya Kate, Teddy, dan Santa untuk menyelamatkan Natal dengan mengirimkan semua hadiah dengan benar.

14. Last Christmas (2019)

  • Genre: Romantis, komedi (R-BO)
  • Durasi: 1 jam 43 menit 

Last Christmas adalah film komedi percintaan yang bercerita tentang wanita bernama Kate yang merasa frustasi dengan pekerjaannya menjadi peri di toko Natal dan selalu merasa tidak beruntung selama hidupnya.

Tapi segalanya segera berubah dia bertemu Tom, seorang pria tampan yang akan membawa hidup Kate menjadi jauh lebih baik.

15. Holiday Rush (2019)

  • Genre: Romantis, komedi (A-BO)
  • Durasi: 1 jam 34 menit

Film Holiday Rush bercerita tentang seorang ayah tunggal yang bekerja sebagai DJ dan penyiar radio. Ia baru saja dipecat dari pekerjaannya dan memutuskan pergi ke rumah bibinya membawa serta keempat anaknya untuk mendirikan stasiun radio sendiri.

Film Natal ini banyak berkisah tentang perjuangan sang ayah  untuk anak-anaknya dan bagaimana cara dia menemukan arti dari sebuah kebersamaan keluarga.

16. Jingle Jangle: A Christmas Journey (2020)

  • Genre: Musikal, fantasi (A-BO)
  • Durasi: 2 jam 2 menit

Jingle Jangle: A Christmas Journey adalah film fantasi musikal Natal yang ditulis dan disutradarai oleh David E. Talbert.

Film ini berkisah tentang, pembuat mainan yang dulunya gembira namun berubah menjadi pemurung setelah dikhianati oleh murid terpercayanya. 

Ia lalu menemukan harapan baru ketika cucunya yang baik hati dan penuh rasa ingin tahu datang ke dalam hidupnya.

17. The Noel Diary (2022)

  • Genre: Drama (R-BO)
  • Durasi: 1 jam 40 menit

Di tahun 2022, Netflix hadir dengan kisah menyentuh dlam film The Noel Diary. Pemeran utama film ini adalah Justin Hartley yang memerankan seorang novelis yang pulang ke rumahnya setelah lama melalang buana ke berbagai tempat.

Kepulangannya ini tepat di momen Ntal dan bertujuan untuk menyelesaikan urusan warisan ibunya. Tak disangka-sangka, ia justru menemukan sebuah buku yang menyimpan kisah lama hidupnya.

18. Candy Cane Lane (2023)

  • Genre: Komedia
  • Durasi: 2 jam

Dibintangi Eddie Murphy, Tokoh utama di film ini bertekad untuk memenangkan kontes dekorasi Natal tahunan di lingkungan tersebut.

Dia membuat perjanjian dengan seorang elf untuk membantunya menang--dan elf tersebut mengucapkan mantra yang menghidupkan 12 hari Natal, yang membawa kekacauan tak terduga ke kota.

Baca Juga: Lagu Barat Terbaru dan Terpopuler untuk Temani Hari

Buat malam natal menjadi malam yang penuh keajaiban dengan berkumpul bersama keluarga dan menonton film keluarga khas natal.

Natalmu akan menjadi lebih terasa feel-nya walaupun tanpa dilengkapi oleh salju yang turun di luar. Selamat Natal, Toppers!

mainan terlengkap

Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

Penulis: Naura Az-Zahra & Namira Faza

© 2009-2024, PT Tokopedia