Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Film Romantis Indonesia Terbaik dalam enam Tahun Terakhir

25 March 2021
Share icon
Share
Film Romantis Indonesia Terbaik dalam enam Tahun Terakhir

Berikut ini rekomendasi film romantis Indonesia terbaik sejak tahun 2017 hingga tahun 2021. Cocok ditonton untuk kamu yang menyukai film drama percintaan.


Kamu penggemar film bergenre romantis yang sedang mencari referensi film lokal yang cocok ditonton bersama pasangan bahkan ditonton seorang diri?

Menonton film romantis memang menyenangkan dan menghibur. Namun, tak jarang film romantis juga memberikan pesan yang bisa bermanfaat untuk kehidupan kita.

Bgai kamu yang ingin menonton film romantis Indonesia, berikut ini sejumlah pilihan yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah rekomendasi film romantis Indonesia terbaik dalam 20 tahun terakhir.

tokopedia nyam
Temukan kuliner yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam

Film Indonesia Romantis

1. Layla Majnun (2021)

film romantis indonesia 2021
Sumber gambar: movfreak

Jika barat memiliki Romeo dan Juliet sebagai kisah percinta legendarisnya, bangsa Arab memiliki kisah serupa yang tak kalah mendunia yakni Layla dan Majnun.

Menariknya, kisah cinta sepanjang zaman ini diadaptasi dalam bentuk film oleh Monti Tiwa dan Alim Sudio.

Diperankan oleh Reza Rahadian (Samir) dan Acha Septriasa (Layla), film ini mencoba menginterpretasikan kisah cinta puitis Layla dan Majnun ke dalam versi lokal yang menarik untuk disimak pecinta film romantis.

Cerita film ini bermula dari Layla yang dijodohkan dengan Ibnu (Baim Wong) teman kecilnya yang juga calon bupati sebuah daerah di Indonesia.

Karena baktinya pada orangtua, Layla terpaksa menerima perjodohan tersebut dengan syarat dia diperbolehkan meneruskan rencananya menjadi dosen tamu di negara Azerbaijan.

Nah, drama dan konflik pun terjadi ketika Layla bertemu dengan Samir, warga lokal yang pernah belajar di Indonesia. Keduanya pun saling menaruh hati.

Namun, jalan apa kah yang akhirnya ditempuh Layla dan Samir? Kamu harus saksikan segera film romantis satu ini Toppers.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Film Thailand Lucu untuk Penggemar Komedi

2. Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi (2020)

film romantis indonesia
Sumber gambar: layar.id

Film yang diadaptasi dari novel terkenal karya Boy Chandra ini berkisah tentang dua sahabat, Kevin (Jefri Nichol) dan Nara (Aurora Ribero).

Seriring berjalannya waktu, benih cinta mulai tumbuh di hati Kevin. Sayangnya, dia tidak berani mengutarakan perasaanya karena takut merusak hubungan persahabatan.

Meski demikian, Kevin menjadi orang yang selalu ada untuk Nara. Saat Kevin hendak mengutarakan perasaanya, Nara justru sedang menaruh hati pada Juned (Axel Matthew Thomas).

Lantas, bagaimana nasib Kevin dan seperti apa kisah cinta diam diam ini berakhir? Tonton film ini untuk mengetahuinya.

3. Imperfect (2019)

film indonesia romantis
Sumber gambar: femina

Film romantis satu ini tidak hanya sekadar cerita cinta-cintaan biasa saja, Toppers. Imperfect menghadirkan film romantis dengan topik yang berkaitan dengan persoalan sosial yang dekat dengan kita seperti: perundungan terhadap bentuk tubuh seseorang (body shaming), standar kecantikan, hingga hubungan karier dan hidup seorang perempuan.

Film garapan Ernest Prakasa ini dibintangi anatara lain oleh Jessica Mila, Reza Rahadian, Boy William.

4. Dua Garis Biru (2019)

film indonesia romantis
Sumber gambar: samsaranews

Tidak cuma berisi kisah cinta, melainkan film yang sarat akan pesan sosial. Itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan keseluruhan film garapan sutradara Ginatri S Noer yang satu ini.

Dua Garis Biru bercerita tentang hubungan cinta sebagian remaja kota-kota besar di Indonesia yang berani melampaui batasan dan hanyut dalam buaian nafsu.

Puncak permasalahan adalah saat Dara (Zara JKT 48) hamil dan terancam tidak bisa meneruskan sekolah dan mewujudkan cita-citanya. Sedangkan Bima (Angga Yunanda) pada saat itu masih terlalu muda untuk menjadi seorang ayah.

Tidak hanya alur ceritanya yang menarik, dialog film ini juga cukup berisi dan membuka wawasan kita akan peristiwa sosial yang kerap terjadi di sekitar kita yakni pernikaha dini. Dari sisi akting dan pengambilan gambar, Dua Garis Biru juga tidak bakal mengecewakan.

5. Dilan 1991 (2019)

film romantis indonesia
Sumber gambar: netflix

22 Desember 1990, Dilan dan Milea resmi pacaran. Di tengah kebahagiaan mereka, Dilan terancam dikeluarkan dari sekolah karena berkelahi dengan Anhar. Dilan juga semakin terlibat dalam perkelahian dan mendapat musuh baru. 

Milea khawatir tentang masa depan Dilan dan merasa bahwa ia memiliki hak untuk melarang Dilan untuk terlibat dalam geng motor.

Di tengah-tengah semua masalah ini, Yugo, putra sepupu jauh ayah Milea yang baru saja kembali dari Belgia bertemu Milea.

Mereka pun sering menghabiskan waktu bersama. Film Dilan 1991 mungkin menjadi salah satu film romantis Indonesia yang paling ramai diperbincangkan di tahun 2019 lalu.

Baca Juga: 10 Film Tom Cruise Terbaik dari Tahun 1986 hingga Terbaru

6. Twivortiare (2019)

film romantis indonesia
Sumber gambar: md

Alexandra Rhea (Raihaanun) sangat bahagia saat akhirnya bisa menikah dengan lelaki impiannya, Beno (Reza Rahadian), seorang dokter bedah yang tengah naik daun. Hari-hari pertama Alex menjalani kehidupannya dengan Beno, ia merasa sangat bahagia.

Seiring berjalannya waktu, Alex merasa kehidupan pernikahannya monoton. Beno selalu memprioritaskan semua pasien dibandingkan dengan dirinya. Alex merasa tak dibutuhkan dan memilih berpisah dari Beno. Akhirnya, mereka pun bercerai.

Beberapa tahun berlalu. Alex sudah memiliki pacar dan Beno tetap sibuk dengan pekerjaannya.

Sampai akhirnya, Beno merasa ada yang kosong dalam dirinya dan menginginkan sosok Alex dalam hidupnya lagi.

7. Habibie & Ainun 3 (2019)

film romantis indonesia
Sumber gambar: imdb

Ainun (Maudy Ayunda) sangat bercita-cita ingin menjadi seorang dokter karena ia ingin sekali bisa membantu banyak orang yang sedang sakit seperti sang ibu (Marcella Zalianty). Namun, pada saat itu, banyak yang meragukan kemampuan Ainun sebab ia seorang perempuan.

Pada tahun 60-an, tak banyak perempuan yang bisa menjadi dokter. Bahkan dosennya sendiri, Husodo (Arswendi Nasution) jugs meragukan Ainun. Namun Ainun tak menyerah.

Di sisi lain, di masa kuliah Ainun, ia bertemu dengan cinta pertamanya Ahmad (Jefri Nichol). Ahmad yang pintar, kritis, dan romantis, dan sukses membuat Ainun jatuh hati. Kehadiran Ahmad membuat Ainun lupa dengan Rudi Habibie (Reza Rahadian) yang sempat mencuri perhatiannya saat SMA dulu. 

Pada masanya, apa yang dilakukan Ahmad bisa dibilang memiliki gaya pacaran yang sangat dan kebarat-baratan, seperti piknik, menonton bioskop hingga makan malam berdua. Bagi kalian yang ingin merayakan Valentine dengan pacar kamu, mungkin kamu dapat mengambil inspirasi dari sosok Ahmad dalam film ini.

8. Ave Maryam (2018)

film romantis indonesia
Sumber gambar: jakpost

Ave Maryam merupakan salah satu film romantis Indonesia yang diproduksi dengan sangat baik. Tidak hanya cerita yang merupakan kisah cinta tidak biasa, gambar yang diproduksi bisa bersaing dengan film-film luar negeri.

Ave Maryam yang dibintangi oleh Maudy Kusnaedi dan Chico Jerikho Film ini berkisah tentang kisah cinta terlarang antara seorang biarawati dan pastor.

Film yang sudah banyak menyabet penghargaan ini dijamin akan memberikan pengalaman menonton yang berbeda dari film-film romantis Indonesia kebanyakan.

9. TemanTapiMenikah (2018)

Ayu dan Ditto telah menjadi teman selama 12 tahun. Selama pertemanan mereka, Ditto diam-diam jatuh cinta padanya. Hingga suatu hari, Ayu mengatakan kepadanya bahwa dia akan menikah.

Teman Tapi Menikah merupakan sebuah film drama percintaan romantis yang ringan ditonton karena konflik yang disajikan tidak berat.

Namun, tetap memberikan kisah antara Ditto dan Ucha yang bisa mengulang kembali memori kamu tentang cinta dan persahabatan.

10. Dilan 1990 (2018)

Film ini berbicara tentang kisah cinta di sekolah menengah atas. Seorang siswa bernama Dilan bertemu dengan siswa baru yang pindah dari Jakarta ke Bandung. Siswa itu bernama Milea, seorang gadis cantik dari kelas 2 Biologi 3.

Kisah mereka bisa dibilang unik dan berbeda dari kisah cinta biasa pada umumnya. Film ini menunjukkan karakterisasi Dilan yang sama seperti dalam versi novel.

Singkatnya, mereka saling jatuh cinta walaupun pada saat itu Milea masih mempunyai pacar di Jakarta dan Dilan tetap bersikeras ingin mendapatkan hati Milea. 

Film romantis Indonesia ini akan membawa kamu bernostalgia ke Bandung era 90-an dengan romansa unik dari kedua tokoh.

11. Dear Nathan (2018)

Dear Nathan menceritakan kisah asmara antara seorang siswa berandalan dengan seorang siswi taat aturan. Si cowok adalah Nathan (Jefri Nichol) yang terkenal membuat onar disekolahnya, sedangkan si cewek adalah siswi baru yang berusaha mengukir prestasi, Salma (Amanda Rawles).

Kisah keduanya dimulai ketika Salma telat datang ke sekolah dan Nathan membantunya menyelinap masuk demi membebaskan Salma dari hukuman.

Sikap Salma yang berbeda terhadap Nathan membuat berandalan sekolah ini jatuh hati. Dia berusaha menaklukkan hati si murid baru bahkan secara terang-terangan menyatakan rasa cintanya. 

Baca Juga: 10 Film Korea Paling Sedih, Bikin Penonton Mewek Termehek-mehek

12. Galih dan Ratna (2017)

film romantis indonesia
Sumber gambar: jakpost

Film ini merupakan remake film Gita Cinta dari SMA (1979) yang diadaptasi langsung dari novel dengan judul yang sama oleh Eddy D. Iskandar.

Cerita bermula dari Ratna (Sheryl Sheinafia), gadis berbakat asal Jakarta yang mau tidak mau, dan harus tinggal bersama tantenya, Tantri (Marissa Anita) di kota Bogor, dengan alasan sang Ayah (Hengky Tornado) memfokuskan dirinya pada tugas dinas di luar negeri. 

Bukan hanya itu saja, Ratna harus siap menjajaki babak baru di sekolah barunya yang mempertemukan dia dengan Galih, pria asli Bogor yang hidup dengan bayang-bayang almarhum ayahnya dan tuntutan sang ibunda (Ayu Dyah Pasha) untuk mengutamakan pendidikan.

Film ini menggabungkan unsur modern dan jadul, seperti adanya mixtape ala millennials di film Galih dan Ratna yang disebut-sebut sebagai alat romantis untuk nembak gebetan. Cara lawas ini mungkin cocok bagi kalian yang ingin merayakan hari spesial untuk kekasih kamu.

13. Ayat-Ayat Cinta 2 (2017)

film indonesia romantis
Sumber gambar: netflix

Film ini melanjutkan kisah Fahri (Fedi Nuril) yang kini sudah menjadi seorang dosen pengganti di Edinburgh University. 

Kisah Fahri kali ini juga tidak hanya dipenuhi dengan cerita cinta dan unsur religi, namun juga memiliki unsur jenaka, seperti adanya karakter Hulusi (Pandji Pragiwaksono) sebagai asisten yang berdarah Turki dan Misbah (Arie Untung) sebagai teman lama Fahri yang menumpang tinggal di rumahnya.

Persoalan utama dari film ini adalah pertanyaan seputar nasib Aisha yang tidak ada kejelasan, sementara Fahri masih berharap bahwa Aisha akan kembali ke hidupnya.

Film Indonesia romantis ini juga menunjukkan kehidupan Fahri yang tinggal di lingkungan yang penuh dengan keberagaman, seperti nenek Catarina yang keturunan Yahudi dan Keira yang keturunan Turki Jerman yang membenci Fahri karena ia dianggap sebagai teroris yang terlibat pada saat terjadi bom di London, Inggris.

14. Critical Eleven (2017)

film indonesia romantis
Sumber gambar: socmedzen

Kisah film Critical Eleven bermula dari pertemuan Anya (Adinia Wirasti) dan Ale (Reza Rahadian) dalam perjalanan pesawat menuju Sydney, Australia.

Hubungan mereka lalu berlanjut ke jenjang yang lebih serius hingga akhirnya keduanya menikah.

Demi cintanya pada Ale, Anya rela meninggalkan kehidupannya yang nyaris sempurna di Jakarta. Karir yang cemerlang dan sahabat-sahabat dekatnya rela ia tinggalkan demi menuruti permintaan Ale pindah ke New York, Amerika Serikat.

Kota New York menjadi saksi keromantisan Ale dan Anya. Kebahagiaan mereka pun semakin bertambah dengan kehamilan Anya.

Sayangnya sebuah insiden tak terduga terjadi hingga mengubah kisah manis Ale dan Anya. Mereka pun dihadapkan pada problematika yang menguji jalinan cinta mereka. Sanggupkah Ale dan Anya bertahan?

jual laptop
Tunjang produktivitas tingkat tinggi dengan laptop andalan terbaik di sini!

Bonus: Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

  • Ada Apa Dengan Cinta
film indonesia romantis terbaik ada apa dengan cinta
Sumber gambar: idntimes

Cinta (Dian Sastro) merupakan gadis populer di sekolahnya yang jatuh cinta kepada Rangga ( Nicholas Saputra), meski di akhir cerita, cinta mereka dipisahkan oleh jarak.

Rangga akhirnya pindah ke New York, meninggalkan Cinta yang menyusulnya di Bandara Jakarta. Rangga tetap mencintai Cinta. AADC bisa disebut sebagai film romantis Indonesia yang menandai kebangkitan film Indonesia di tahun 2000an.

baca juga: Film Geek, Ini 16 Film Barat Terbaru 2020 yang Wajib Kamu Tonton di Bioskop

  • Habibie & Ainun

Telah lama menuntut ilmu di Jerman semenjak kematian ayahnya di tahun 1955,  Bacharuddin Jusuf Habibie, atau yang akrab dengan nama panggilan Rudi (Reza Rahadian), kembali ke Indonesia pada tahun 1962 untuk meninggalkan sementara risetnya dalam meraih gelar dokter di bidang teknik akibat penyakit tuberkulosis yang dia derita. 

Saat kepulangannya itulah, Rudi bertemu kembali dengan Hasri Ainun Besari, atau yang lebih akrab disapa dengan Ainun (Bunga Citra Lestari), gadis yang juga seorang dokter dan dahulu pernah menjadi teman satu sekolah Rudi ketika masa sekolah menengah pertama.

Sama-sama saling terpikat satu sama lain, Rudi dan Ainun akhirnya menikah. Tak lama setelahnya, Rudi kemudian membawa Ainun untuk hidup bersamanya di Jerman.

Namun kecintaan Rudi pada tanah airnya telah membuatnya bertekad untuk membangun sebuah pesawat terbang untuk negaranya.

Kesempatan itu akhirnya datang pada tahun 1973 ketika Presiden Republik Indonesia saat itu, Soeharto, memintanya untuk kembali ke Indonesia dan mengaplikasikan kecerdasannya untuk membangun negara – yang juga menjadi awal keterlibatan Rudi dalam dunia politik Indonesia.

  • Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
film indonesia romantis
Sumber gambar: gudang film

Film  ini bercerita tentang perjalanan cinta yang penuh cobaan antara Zainuddin (Herjunot Ali) dan Hayati (Pevita Pearce).

Tema cerita mengambil setting tahun 1930-an pada masa kolonial Belanda dalam tempat yang berbeda : Makasar, Minangkabau, Batavia, dan Surabaya.

Film ini sangat cocok untuk ditonton bersama kekasih kamu. Banyak kata-kata bijak dan romantis dalam dialog.

Beberapa diantaranya memang terkesan gombal dan lebay, akan tetapi cukup untuk menghibur dan membuat bibir tersenyum.

  • Eiffel I’m in Love

Film ini menceritakan seorang gadis 15 tahun bernama Tita (Shandy Aulia) yang harus berhadapan dengan perjodohan dengan seorang anak laki-laki dari Perancis bernama Adit (Samuel Rizal).

Tita yang memiliki sifat kekanak-kanakan dan polos, sudah punya pacar. Sementara itu, Adit merupakan orang yang cuek dan kasar.

Sepintas, keduanya sama sekali tidak cocok, dan ribut setiap saat. Namun, mereka berdua semakin akrab seiring berjalannya waktu.

Pada waktu saat mereka menyadari bahwa mereka mencintai satu sama lainnya, dan Adit harus berangkat pulang ke Perancis.

  • Catatan Si Boy
film indonesia romantis
Sumber gambar: imdb

Di era 1980 akhir hingga awal tahun 1990, film Catatan Si Boy merupakan film Indonesia genre romantis yang sangat populer.

Catatan Si Boy bercerita tentang kisah asmara tiga anak muda dari kalangan masyarakat kelas atas: Boy (Onky Alexander), Nuke (Ayu Azhari) dan Vera (Meriam Bellina). Saking suksesnya, Catatan Si Boy sampai menghasilkan 5 sekuel yang rilis pada tahun 1988, 1989, 1990, 1991 dan tahun 2011.

Baca Juga: Rekomendasi Film Romantis Korea Terbaik

Nah itu dia beberapa film romantis Indonesia yang diakui kualitasnya oleh penonton film tanah air! Film mana yang akan kamu tonton bersama pasangan mu, Toppers?

Buat kamu yang punya pasangan, ayo bikin hari pasanganmu semakin indah dengan hadiah berupa cokelat dan bunga untuk diberikan kepada pasanganmu yang bisa kamu dapatkan dengan harga terbaik hanya di Tokopedia!

Android TV Box
Ubah televisi apa pun jadi smart TV dengan cara praktis!

Penulis: Ramanov Barezki & Andina Apriliani

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

Editor Picks
NFT, Masa Depan Seni Digital atau 'Fatamorgana'?
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia