10 Film Silat Mandarin Terbaik, Penuh Aksi dan Menegangkan

0
613
film silat mandarin

Ingin waktu libur dan bersantai kamu tambah seru, berikut daftar film silat Mandarin terbaik yang bisa kamu tonton bersama keluarga!


Siapa yang tidak kenal aktor laga, seperti Jackie Chan, Jet Li, Bruce Lee, dan Donie Yen? Mereka semua adalah aktor laga yang telah memperkenalkan dan mempopulerkan seni bela diri Tiongkok ke seluruh dunia melalui perannya.

Seni bela diri sendiri adalah kesenian yang muncul sebagai pertahanan diri seorang. Seni bela diri Cina atau biasa dikenal Kung Fu kini semakin dikenal oleh dunia karena adanya film-film silat Mandarin. 

Libur tahun baru Imlek biasanya tak lengkap tanpa menonton film laga yang menampilkan seni bela diri bukan?

Nah, untuk kamu yang ingin menonton film seni bela diri Tiongkok bersama keluarga dan teman di hari Imlek, rekomendasi film-film ini bisa jadi pilihan kamu, lho. Yuk, simak daftar film silat Mandarin terbaik berikut ini!

kisah_kasih_banner
Kisah kasih Februari di Tokopedia! Temukan promo Valentine dan Imlek di bulan kasih sayang. Dapatkan juga Bebas Ongkir-nya!

Film Silat Mandarin Terbaik

1. The 36th Chamber of Shaolin (1978)

film silat mandarin
Sumber gambar: Netflix

Film ini bercerita tentang San Te yang meninggalkan rumahnya untuk mempelajari seni pertempuran kuno di sebuah kuil Shaolin.

San Te bersumpah akan membalaskan dendamnya setelah seorang jenderal korup Pemerintah Manchu menduduki desanya dan meneror keluarganya.

The 36th Chamber of Shaolin dianggap sebagai salah satu film seni bela diri terbaik dan menjadi titik balik karir sutradara dan para pemainnya.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Film Thailand Lucu untuk Penggemar Komedi

2. Drunken Master (1978)

film silat mandarin
Sumber gambar: Netflix Auz/NZ

Seorang ayah yang cemas mempekerjakan seorang seniman bela diri terkenal, Beggar So, untuk melatih dan mendisiplinkan putranya yang nakal, Wong Fei-Hung (Jackie Chan).

Beggar So dikenal dengan reputasi metode latihannya yang menyiksa. Mendengar hal tersebut, Fei-Hung terus mencoba melarikan diri.

Saat melarikan diri, Fei-Hung kembali membuat masalah dan terlibat perkelahian dengan seorang pembunuh mematikan yang membuat Fei-Hung kalah telak.

Kekalahan tersebut membuat Fei-Hung menetapkan diri untuk berlatih bela diri bersama Beggar So. Dari Beggar So lah akhirnya Fei-Hung menguasai jurus Dewa Mabuk.

3. Fist of Legend (1994)

film silat mandarin
Sumber gambar: China Underground

Film ini sebenarnya adalah remake dari film Fist of Fury tahun 1972 yang dibintangi oleh Bruce Lee.

Fist of Legend bercerita tentang Chen Zhen, seorang murid seni bela diri Tiongkok yang sedang menempuh pendidikan di Jepang.

Namun, Chen Zhen memutuskan untuk kembali pulang ke Tiongkok setelah mendengar kematian gurunya, Master Fok Yuen Gap, oleh seorang petarung Jepang, Ryuichi Akutagawa. 

Chen Zhen tidak percaya bahwa gurunya bisa kalah di tangan Akutagawa. Kemudian Chen Zen menantang Akutagawa untuk mengembalikan kehormatan gurunya.

tokopedia nyam
Temukan kuliner yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam

4. Shaolin Soccer (2001)

film silat mandarin
Sumber gambar: FlixList

Film ini bercerita tentang Sing, seorang ahli Kung Fu Shaolin, yang bertemu dengan Fung, mantan bintang sepak bola yang ingin membalaskan dendamnya.

Sing terinspirasi oleh hadiah uang dengan jumlah besar dalam kompetisi sepak bola nasional. Kemudian Sing memiliki ide untuk mempromosikan Kung Fu melalui sepak bola dan meminta kelima saudaranya di Shaolin untuk bergabung membentuk tim sepak bola di bawah pelatihan Fung.

Campuran seni bela diri dan keterampilan sepak bola membawa mereka menjadi salah satu tim yang ditakuti dalam kompetisi.

5. Kung Fu Hustle (2004)

film silat mandarin
Sumber gambar: New on Netflix USA

Film yang disutradarai dan diperankan oleh Stephen Chow ini bercerita tentang sosok pria bernama Sing. Ia berniat untuk masuk ke dalam geng Kapak Merah. Menurutnya, menjadi anggota geng bisa membuat kehidupannya menjadi lebih baik.

Namun, Sum, pemimpin geng tersebut memiliki niatan jahat untuk menguasai kota dan membunuh orang-orang yang ingin menggagalkan rencananya. 

Sum meminta Sing untuk membunuh seseorang sebagai persyaratan menjadi anggota gengnya. 

Baca Juga: Film Animasi Terbaik dari Tahun 2010 hingga Tahun 2020

bayar tagihan listrik pln
Nonton film bisa berantakan kalau tiba-tiba pulsa listrik habis. Isi token listrik lebih mudah dan murah hanya di Tokopedia.

6. Fearless (2006)

film silat mandarin
Sumber gambar: New on Netflix USA

Fearless bercerita tentang biografi seorang master seni bela diri Tiongkok, Huo Yuanjia (Jet Li).

Huo Yuanjia memilih untuk mengasingkan diri ke desa terpencil setelah terjadi tragedi yang mengerikan. Ia belajar untuk memaafkan diri dan mendapatkan apresiasi baru atas hal-hal penting dalam hidupnya.

Namun, saat ia kembali ke kota untuk berdamai dengan masa lalunya, ia malah terjebak dalam sebuah duel maut untuk membela kehormatan Tiongkok.

7. The Forbidden Kingdom (2008)

film silat mandarin
Sumber gambar: New on Netflix USA

Seorang remaja Amerika yang terobsesi dengan Kung Fu menemukan peninggalan yang hilang. Penemuan ini membawanya berpetualang ke kerajaan misterus. 

Sesampainya di sana, ia bekerja sama dengan sekelompok prajurit untuk menyelamatkan dan membebaskan Raja Kera yang dipenjara.

8. Ip Man (2008)

film silat mandarin
Sumber gambar: Netflix

Film ini bercerita tentang seorang ahli Kung Fu Wing Chun, legendaris kaya dari Kota Foshan, Tiongkok.

Pada saat itu Kota Foshan terkenal sebagai pusat ahli bela diri. Namun, invasi Jepang pada tahun 1937 berdampak buruk bagi kehidupan semua orang di Foshan. Ini membuat Ip Man dan seluruh warga kota Foshan harus berjuang untuk bertahan hidup. 

Meskipun Ip Man pada dasarnya adalah pria yang damai, tindakan agresi tentara Jepang akhirnya menyebabkan Ip Man haru melawan penindasan untuk selamanya.

9. True Legend (2010)

film silat mandarin
Sumber gambar: Netflix Movies

Su Can adalah seorang jenderal perang yang pensiun dan kembali untuk mendirikan sekolah Wushu. Su Can dan keluarganya hidup dengan bahagia.

Namun, kehidupannya yang damai lenyap ketika saudaranya yang pendendam, Yuan Lie, kembali dari perang. Yuan Lie berusaha membunuh Su Can dengan “Five Venom Fists” yang mematikan. 

Dengan kondisi yang lemah, Su Can kembali mempelajari ilmu Wushu agar bisa mengalahkan Yuan Lie hingga akhirnya membangkitkan kekuatan “Raja Pengemis”.

10. Kung Fu Jungle (2014)

film silat mandarin
Sumber gambar: Netflix

Bercerita tentang seorang instruktur seni bela diri (Hahou Mo) dari kepolisian yang dipenjara karena telah membunuh seorang pria secara tidak sengaja.

Untuk mendapatkan kembali kebebasannya, Hahou Mo menawarkan diri untuk menangkap pembunuh licik yang berkeliaran.

Pembunuh keji tersebut bernama Fung Yu-sae. Ia membunuh para ahli bela diri dengan tujuan menjadi yang terbaik dari terbaik.

11. Ip Man 4: The Finale (2019)

Ip Man 4 adalah film terakhir dalam series iP Man. Film yang disutradarai oleh Wilson Yip dan diproduseri oleh Raymond Wong ini bercerita tentang kisah Grand Master Ip di San Francisco. Ip pergi ke sana untuk menengok muridnya Bruce Lee sekaligus mencarikan sekolah untuk anaknya Ip Ching yang bermasalah di sekolahnya di Hong Kong.

Di Amerika, jalan Ip untuk mencari sekolah tidak mulus karena harus melewati berbagai masalah, mulai dari ketidaksukaan komunitas kungfu pada muridnya, Bruce Lee hingga terseretnya dia dengan pertempuran antara seorang komandan tentara AS yang rasis dengan komunitas pendatang China yang dipimpin oleh seorang ahli bela diri.

10 Serial TV terbaik dari Tahun 1994 hingga Tahun 2020

Nah, itu dia tadi Toppers beberapa rekomendasi film silat Mandarin yang bisa kamu jadikan referensi untuk menonton bersama keluarga dan teman.

Jika kamu ingin sensasi menonton jadi makin seru, segera lengkapi device-mu dengan speaker atau headphone bluetooth terbaik yang bisa kamu dapatkan di Tokopedia.

bluetooth speaker
Nikmati lagu dan film secara maksimal di mana saja dengan speaker bluetooth terbaik di sini!

Penulis: Pamela