Sinopsis & Review Film Joker: Film Terbaik 2019 dengan Rating ‘R’?

0
114
review film joker

Review Film Joker. Buat Toppers yang ingin membuat daftar film terbaru yang harus ditonton, Joker (2019) bisa menjadi alternatifnya.

Alasannya, film ini berdurasi 118 menit ini akan memuaskan para penggemar film dan fans karakter Joker lewat cerita dan akting para pemerannya yang luar biasa. Namun, kenapa film satu ini dikategorikan sebagai film dengan rating ‘R’?

Kenapa juga Joker layak disebut sebagai film terbaik (atau salah satu film terbaik) tahun 2019? Baca sinopsis dan review ini untuk mengetahui jawabannya.

Sinopsis Film Joker 2019

Jika kamu bukan penggemar komik DC, mungkin kamu akan bertanya-tanya mengenai asal usul dan alasan Joker bisa menjadi salah satu penjahat paling berbahaya di muka bumi.

Beruntung bagi kamu karena film Joker 2019 mengambil cerita original versi komik yang akan menjelaskan asal-usul Joker.

Sebelum berubah menjadi penjahat brbahaya, Joker adalah seorang komedian bernama Arthur Fleck (dipernakan Joaquin Phoenix) yang hidup di sekitar tahun 1980-an di kota Gotham.

Arthur Fleck merupakan stand-up comedian yang gagal dalam meniti karier. Alih-alih menertawai lelucon yang ia lontarkan, dia merasa masyarakat justru sedang menertawai dirinya sebagai manusia.

Hingga akhirnya, suatu kejadian berhasil mengubah sejarah Fleck. Kejadiannya bermula ketika Fleck berkeliling Gotham menggunalkan kostum badut dan menjadi korban kejahatan. Fleck dipukul habis-habisan hingga tak sadarkan diri.

Fleck yang berhasil sembuh kemudian menyimpulkan bahwa akar semua masalah hidupnya adalah masyarakat itu sendiri.

Saat itulah sosok Joker sebagai penjahat paling berbahaya dalam sejarah bangkit dan mengubur sejarah hidup Arthur Fleck.

Baca Juga: 8 Urutan Film Star Wars Sebelum The Rise of Skywalker

Review Film Joker

sinopsis film joker
Sumber gambar: hdpictures

Joker dikenal sebagai sosok kriminal psikopat yang sangat terkenal. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum memahami bahwa ia sendiri juga bergelut dengan penyakit mental dan obat-obatan yang harus ia konsumsi demi menjaga kewarasannya.

Perspektif yang digunakandalam film ini juga lebih fresh dan sanggup membawa warna baru dalam universe Joker, meskipun tetap memberikan narasi tentang sisi gelap kehidupan manusia yang terjadi di kehidupan nyata namun jarang dibicarakan secara gamblang seperti penyakit mental. 

Selain Joaquin Phoenix, terdapat juga Robert De Niro yang memerankan Murray Franklin, seorang pembawa acara talkshow.

Banyak kritikus yang mengatakan bahwa film ini banyak mengambil inspirasi dari film karya sutradara Martin Scorsese, yaitu Taxi Driver dan The King of Comedy, yang sama-sama menceritakan sisi gelap dari dunia hiburan. Entah suatu kebetulan atau bukan, peran utama film Taxi Driver adalah Robert De Niro. 

Di film ini, Joaquin Phoenix menunjukkan kelas akting berkualitas tinggi dan terlihat sekali bahwa ia mendalami peran dengan sangat baik.

Dalam sebuah wawancara, Joaquin bahkan pernah mengatakan bahwa ia hampir gila karena mencoba mendalami peran Joker. 

Campuran akting berkualitas dari aktor-aktor ternama dengan sinematografi yang apik, pantas saja film Joker menuai banyak pujian dari kritikus film yang sudah berkesempatan menonton di Venice Film Festival di Italia, Sabtu (31/8) kemarin.

Pada pemutarannya di festival film Venice kemarin, film Joker mendapatkan standing ovation selama 8 menit.

Seluruh tim produksi film ini patut mendapat pujian dengan cara penceritaan yang gelap, tetapi tetap segar dan berkualitas. 

Sayangnya, film ini mendapat rating ‘R’ mengingat banyaknya adegan kekerasan, kata-kata kasar dan scene dewasa berbau seks. Untuk itu, diperlukan kebijaksanaan bagi orangtua yang ingin mengajak anak di bawah umur menyaksikan film ini.

Kutipan paling menarik dan relatable untuk banyak orang yang bisa kamu temukan di trailer film Joker 2019 adalah tulisan Arthur Fleck di buku catatannya, yaitu:

“The worst part of having a mental illness is people expect you to behave as if you don’t.”

Baca Juga: Review Gundala, Komik Lokal yang Sukses Alih Media Menjadi Film

Nah, bagaimana Toppers, kamu jadi penasaran dengan jalan cerita dan ingin cepat-cepat menyaksikan film ini, kan?

Agar kamu tidak ketinggalan menonton film Joker 2019, segera top-up saldo M-Tix kamu melalui Tokopedia!

Dapatkan juga berbagai promo menarik untuk top-up saldo M-Tix hanya untuk bulan ini. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya, Toppers.

Bagikan Artikel