Rekomendasi Film Bertahan Hidup Terbaik Sepanjang Masa

0
308
film survival terbaik bertahan hidup

Sejak awal tahun 2000, banyak film genre survival yang tayang di bioskop maupun platform streaming online. Berikut 10 film terbaik yang layak kamu tonton.


Salah satu genre film yang selalu banyak peminatnya adalah survival. Rasanya menarik sekali melihat seseorang berjuang dan berhasil lepas dari kematian atau kejadian mengerikan seperti bencana alam, serangan binatang buas, hingga terjebak di suatu tempat.

Ada ratusan bahkan ribuan film tentang bertahan hidup baik itu fiksi atau berdasarkan kisah nyata.

Film-film ini selalu meninggalkan kesan yang membekas bagi penonton karena memperlihatkan kedalaman emosi manusia seperti ketakutan, kesedihan, amarah, cinta, dan kegembiraan. 

Jadi, dari banyaknya film survival. Film mana saja yang wajib kamu tonton? Berikut ini daftar 10 film survival terbaik dari tahun 2000 hingga sekarang yang mendebarkan dan tak pernah lekang oleh waktu:

Daftar Film Survival/Bertahan Hidup Terbaik

1. Cast Away (2000)

film survival terbaik
Sumber gambar: pinterest

Film ini memberikan gambaran pada penontonnya tentang bagaimana rasanya harus terdampar di sebuah pulau terpencil sendirian selama bertahun-tahun.

Chuck Noland, seorang pegawai FedEx merupakan korban pesawat jatuh yang terdampar di pulau tak berpenghuni dan terpaksa untuk belajar bertahan hidup sendirian.

Selama empat tahun, Chuck bertahan dan menjadikan gua sebagai rumahnya sampai akhirnya ia memutuskan untuk membangun rakit dan berlayar keluar pulau. Setelah beberapa waktu di lautan, ia berhasil diselamatkan oleh sebuah kapal kargo.

2. Open Water (2003)

film survival terbaik
Sumber gambar: Letterboxd

Kamu mungkin akan berpikir dua kali untuk liburan scuba diving setelah menonton film bertahan hidup yang sangat seram ini.

Berdasarkan kisah nyata dari tahun 1998, Open Water menceritakan tentang pasangan yang terdampar selama ekspedisi scuba setelah kelompok mereka secara tidak sengaja meninggalkan mereka.

Setelah sadar bahwa mereka hanya tinggal berdua dan tidak ada siapapun di sekitar, keterkejutan dengan cepat berubah menjadi kepanikan ketika mereka menyadari bahwa mereka berada di perairan yang dipenuhi hiu.

3. Into The Wild (2007)

film survival terbaik
Sumber gambar: soposted

Into the Wild, sebuah film survival dari kisah nyata Christoper McCandless ini akan membuatmu berdebar merasakan petualangan yang sesungguhnya.

Seorang yang baru lulus kuliah memutuskan untuk meninggalkan kehidupannya yang “normal” dan memulai hidup baru di alam liar.

Ia merusak semua dokumen yang dapat mengidentifikasi identitasnya. Ia juga mendonasikan hartanya dan menolak untuk berkomunikasi dengan keluarga. 

Hidupnya dimulai dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan melakukan apa saja untuk hidup.

Meskipun ia membenci peradaban dan memilih meninggalkannya, ia menyadari bahwa alam adalah tempat yang berat untuk ditinggali.

4. 127 Hours (2010)

film survival terbaik
Sumber gambar: thebottomline

127 Hours wajib masuk ke rekomendasi film bertahan hidup yang harus kamu tonton. Film ini menyajikan pengalaman bagaimana harus bertahan hidup setelah terjatuh di sela-sela tebing, lalu tertimpa batu seberat 360 kilogram.

Film ini didasarkan pada kisah nyata dari seorang petualang bernama Aron yang pergi mendaki sendirian ke Blue John Canyon, Utah. Dalam pendakiannya Ia terperosok ke dalam sela-sela tebing dan tertimpa batu sehingga tangannya terjepit selama 127 jam.

Dari film ini, kamu disuguhkan dengan situasi yang menyakitkan. Dan tentunya bisa membuat jantung kamu berdebar. Dibintangi oleh James Franco, film ini sukses masuk ke nominasi Oscar.

headphone bluetooth
Dapatkan rekomendasi headphone bluetooth terbaik dengan harga terjangkau hanya di Tokopedia.

5. Life of Pi (2012)

film survival terbaik
Sumber gambar: Little white lies

Film ini berkisah tentang seorang anak laki-laki yang terdampar bersama seekor zebra, orangutan, hyena dan harimau Royal Bengal di sebuah sekoci setelah kapal yang ditumpanginya karam.

Menjadi hewan liar apa adanya, satu demi satu mereka mati. Yang tersisa adalah harimau Bengal, yang berhubungan dekat dengan Pi yang dinamainya Richard Parker. Setelah 227 hari yang melelahkan akhirnya mereka berhasil diselamatkan.

Film ini menyoroti pentingnya adaptasi dan penerimaan ketika berada dalam situasi yang mengerikan. Ini menunjukkan bahwa manusia dan binatang dapat hidup berdampingan.

6. Gravity (2013)

film survival terbaik
Sumber gambar: Space

Jika kamu mengira terdampar di luar angkasa di dalam kapal terdengar cukup menegangkan, bayangkan jatuh di luar angkasa tanpa kapal untuk kembali.

Film karya Alfonso Cuarón yang memenangkan Oscar ini dibintangi Sandra Bullock, seorang insinyur medis yang misi luar angkasa pertamanya berubah menjadi mengerikan setelah puing-puing luar angkasa menghancurkan pesawat ulang-aliknya dan menewaskan kru lainnya.

Film Gravity disambut dengan pujian terhadap arahan dan visualnya. Dianggap sebagai salah satu film terbaik tahun 2013, film ini dipilih oleh Institut Film Amerika dalam daftar Film Tahun Ini.

7. The Revenant (2015)

Berlatar tahun 1823, The Revenant mengisahkan seorang pemburu bernama Hugh Glass yang nyaris mati diserang beruang grizzly. 

Dalam kondisi terluka parah, Glass mendapat sejumlah perlakuan buruk dari pasukannya sendiri. Ia kemudian bertekad untuk bangkit dan menuntut balasan atas apa yang diterimanya.

Uniknya, film yang diadaptasi dari novel karya Michael Punke ini hanya mengambil beberapa bagian dari buku tersebut untuk dimasukkan ke plot film, bukan keseluruhan nya.

8. The Wave (2015)

film survival terbaik
Sumber gambar: Variety

Sudah banyak film yang menceritakan tentang gelombang raksasa yang menghancurkan segalanya. The Wave adalah salah satu film yang dapat memenuhi syarat untuk menjadi salah satu yang terbaik dari semuanya. 

The Wave menceritakan tentang kehidupan seorang ahli geologi yang terjebak tepat di tengah bencana yang disebabkan oleh runtuhnya fyord Norwegia ke badan air di bawahnya dan menciptakan gelombang besar yang tingginya lebih dari 85 meter dan menghancurkan segalanya.

Walaupun film ini memiliki anggaran yang kecil, tetapi berhasil menghasilkan efek yang menakjubkan yang membuat seluruh pengalaman menontonmu sangat realistis dan jelas.

9. The Shallows (2016)

Film survival ini dibintangi Blake Lively dan disutradarai oleh Jaume Collet-Serra. Lively memerankan seorang peselancar yang terperangkap 200 m dari pantai.

Setelah sang ibu meninggal, seorang peselancar memutuskan pergi ke pantai rahasia tempat sang ibu biasa menghabiskan waktu.

Tempat itu terpencil dan tidak ada banyak orang. Di sana ia bertemu dengan dua orang penduduk asli. Sayangnya ketika dua orang itu telah pulang, ia justru terjebak di laut.

Ia pun harus bertahan hidup diatas karang dan menggunakan akal untuk bisa lolos dari serangan hiu putih untuk kembali ke daratan.

10. Adrift (2018)

film survival terbaik
Sumber gambar: Cosmopolitan

Film ini berkisah tentang dua orang pasangan muda bernama Tami dan Richard yang setuju untuk berlayar dengan kapal pesiar 44 ‘ menyeberangi lautan untuk mengirimkan kapal tersebut kepada pasangan kaya.

Namun sayang, ada sebuah badai besar menghantam hingga menghancurkan kapal mereka. Tami masih hidup dengan kondisi terapung diatas kapal yang sudah setengah hancur.

Tapi sayangnya ia kehilangan Richard. Tami kemudian menemukan Richard dengan keadaan kaki penuh luka dan patah tulang rusuk.

Cerita kemudian bergulir dengan perjuangan Tami merawat Richard sambil terus mencari cara agar mereka bisa bertahan hidup di tengah laut.


Itu dia deretan 10 film survival terbaik yang seru dan bisa mendebarkan. Film-film tentang kisah bertahan hidup dari tahun 2000 maupun yang baru tayang baru-baru ini ternyata sama-sama seru ya, Toppers.

Bedanya, sekarang kualitas grafis dan visual semakin bagus yang tentu saja akan memberikan pengalaman menonton yang lebih realistis.

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!