• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Film Tentang Virus dan Wabah Penyakit Paling Mengerikan

18 October 2023

Share

15 Film Tentang Virus dan Wabah Penyakit Paling Mengerikan

Deretan film tentang virus dan wabah penyakit terbaik, bikin ingat masa pandemi yang melanda dunia dalam waktu yang cukup lama!


Film dengan tema wabah penyakit telah lama menjadi salah satu genre yang paling menarik dalam dunia perfilman. Dalam beberapa tahun terakhir, ketertarikan terhadap film-film ini semakin meningkat, terutama seiring dengan pengalaman kita dalam menghadapi pandemi global.

Tema-tema seperti penyebaran virus mematikan, perjuangan untuk bertahan hidup, dan upaya heroik untuk mengatasi wabah telah menjadi fokus utama dalam banyak karya sinematik terkini.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi film-film yang menggugah hati dan menawarkan sudut pandang unik tentang wabah penyakit, yang pastinya akan memikat para penggemar genre ini. 

Baca Juga: Film Horor Terbaru Maret 2024 di Bioskop (Indonesia-Barat)

Daftar Film Tentang Wabah, Virus, dan Penyakit

Siapkan dirimu untuk menjelajahi dunia kengerian, ketegangan, dan ketabahan melalui deretan film tentang wabah penyakit di sini!

1. Train To Busan

Train To Busan merupakan film yang menceritakan tentang bencana virus yang terjadi di Korea Selatan. Dan beberapa orang pergi berjuang menyelamatkan diri dengan sebuah kereta listrik cepat dari rute Seoul ke Busan. Orang-orang yang terserang virus tersebut akan menjadi zombie dan menyerang semua orang yang belum terinfeksi virus tersebut.

2. Cabin Fever

Fim ini menceritakan lima sahabat yang menyembunyikan diri ke sebuah pondok kayu di hutan terpencil untuk bersenang-senang sebelum memasuki dunia kerja.

Entah bagaimana, saat-saat membahagiakan tersebut berubah menjadi bencana ketika sebuah penyakit demam aneh yang dibawa oleh seseorang yang terluka dan berdarah menjangkiti pondok mereka.

Berada jauh di dalam hutan tanpa perlawanan terhadap infeksi tersebut, lari dari musuh yang mereka tak bisa lihat atau bunuh, rasa takut akan tertular, membuat mereka mulai saling menyerang satu sama lain.

3. Resident Evil Series

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: Gizmo Blade

Satu-satunya hal yang perlu kamu ketahui tentang film yang diangkat dari game Resident Evil buatan Capcom ini yaitu ada sebuah perusahaan jahat (Umbrella) yang menciptakan virus untuk mengubah sebagian besar umat manusia menjadi zombie atau bioweapon.

Mila Jovovich menjadi pemeran utama dalam setiap filmnya yang memerankan karakter Alice. Bagi penggemar gamenya, kamu juga akan melihat karakter-karakter seperti Leon, Chris, dan Jill dalam filmnya yang berusaha melawan Umbrella.

4. Carriers

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: Moria

Film ini menceritakan 4 orang sahabat yang melakukan perjalanan dengan mobilnya dalam rangka menyelamatkan diri ke sebuah kota bernama Turle Bay. Ditengah-tengah krisis akibat pandemik, tentu perjalanan mereka tidak berjalan dengan mulus.

Film ini akan membuat emosi penonton campur aduk melihat 4 sahabat tersebut harus memilih hidup atau memilih bersama temannya yang telah terinfeksi dan akan mati. Berhasilkah mereka menuju kota Turtle Bay?

5. Blindness

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: Empire

Film ini menceritakan seorang wanita yang diperankan oleh Julianne Moore yang tidak tertular dari wabah aneh yang menyebabkan kebutaan di sebuah kota.

Akibat wabah tersebut, sebagian warga kota pindah ke rumah sakit dan ditempatkan di tiap bangsal yang ada. Di sini mereka harus berjuang bertahan hidup karena perlahan pemerintah hanya dapat membantu memasok makanan dengan seadanya.

Banyak konflik yang terjadi dalam rumah sakit tersebut demi memperebutkan stok makanan yang sedikit. Film ini unik karena tidak ada satu nama yang digunakan untuk penamaan karakter.

Baca Juga: Rekomendasi Film Thriller yang Penuh Misteri & Teka-Teki

6. Black Death

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: New England Nerd

Kita akan kembali ke abad pertengahan dimana di mana gereja-gereja menguasai daratan Eropa. Dalam cerita-cerita fiksi, abad ini juga dikenal sebagai masa ilmu hitam dan perburuan penyihir.

Film ini mengambil seting ketika Eropa diserang wabah bubonic (1348-1350), yang dibawa dari Cina melalui perdagangan sutra. Wabah ini tercatat sebagai wabah paling mematikan dalam sejarah umat manusia. Manusia-manusia di era itu meyakini wabah tersebut sebagai hukuman Tuhan atas dosa-dosa umat manusia.

7. Rise of the Planet of the Apes

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: Cinema Poetica

Rise of the Planet of the Apes bercerita tentang percobaan untuk menemukan obat bagi penyakit Alzheimer dan berfokus pada seekor simapnse bernama Caesar.

Nyatanya, Caesar mendapatkan kecerdesaaan otaknya dari pengobatan Alzheimer berbasis virus eksperimental, yang sayangnya bermutasi menjadi patogen mematikan yang membunuh miliaran manusia.

8. Contagion

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: Medium

Film ini terinspirasi oleh pandemi wabah virus SARS 2002-2004 dan pandemi flu 2009. Contagnion menceritakan tersebarnya virus yang berasal dari babi dan kelelawar atau disebut MECV-1.

Ketika virus menyebar, Kota Chicago memutuskan untuk melakukan lockdown atau mengkarantina diri. Dan ketika itu, penjarahan serta kekerasan mulai terjadi. Virus dalam film ini mirip-mirip dengan virus Corona yang disebabkan oleh sumber yang sama.

9. World War Z

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: Rony Fhebrian

World War Z menceritakan perjuangan Gerry Lane, seorang mantan pegawai PBB bersama istri dan kedua anaknya yang terjebak dalam kemacetan ketika segerombolan zombie menyerang kota.

Gerry dan keluarganya kemudian diselamatkan dan dibawa ke kapal milik US Navy yang berada di Samudera Atlantik di mana ilmuwan dan anggota militer menganalisis kejadian tersebut.

Seorang virologist berteori bahwa wabah zombie tersebut disebabkan oleh virus dan vaksin hanya bisa dikembangkan jika penyebab wabah diketahui. Gerry pun setuju untuk membantu mencari tahu sumber wabah tersebut setelah mengetahui bahwa keluarganya bisa diusir jika ia tidak berkontribusi apa-apa.

10. 28 Days Later

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: IMDb

28 Days Later menceritakan negara Inggris yang sedang porak-poranda akibat serangan zombie. Manusia berubah menjadi zombie akibat virus yang ditularkan melalui darah.

Jim, yang merupakan seorang kurir terbangun dari koma, mengetahui tentang keadaan negerinya dan menyadari bahwa ia adalah salah satu survivor dari pandemik nasional ini.

Bersama Selena yang menyelamatkannya dari kejaran sekelompok zombie, berpetualang menjelajahi kota London untuk mencari bantuan bersama survivor-survivor lainnya.

Baca Juga: Film Perang Terbaik Sepanjang Masa yang Diangkat dari Kisah Nyata

11. Quarantine

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: JustWatch

Quarantine adalah remake dari film horor Spanyol tahun 2007, berjudul Rec. Film ini bercerita tentang salah satu stasiun TV yang ingin meliput secara langsung aksi pemadam kebakaran di malam hari.

Tidak disangka ternyata misi yang mereka ikuti itu berubah menjadi tragis. Para anggota pemadam kebakaran mendapat panggilan ke sebuah apartement yang katanya mendengar suara teriakan seorang wanita.

Ternyata wanita itu mengidap penyakit misterius yang diketahui adalah rabies yang yang sangat cepat menular ke satu sama lainnya. Mereka yang terinfeksi menjadi ganas dan mereka tidak dapat keluar dari apartemen tersebut karena instruksi pemerintah untuk menyegel apartemen tersebut.

12. Outbreak

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: Fox Chronicle

Ketika penyakit pendarahan virus baru muncul di sebuah kota kecil di Amerika, para ilmuwan CDC berpacu dengan waktu untuk menghentikan penyebarannya.

Sayangnya, mereka juga harus berurusan dengan seorang jenderal Angkatan Darat yang haus darah yang menginginkan virus untuk dijadikan sebuah bioweapon dan bertekad untuk mencegah penyembuhan.

13. Twelve Monkeys

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: Movie Lottery

Film ini menceritakan Aktor laga legendaris Bruce Willis sebagai penjelajah waktu yang dikirim kembali ke tahun 1990-an untuk mengidentifikasi asal mula pandemi global yang hampir memusnahkan umat manusia.

14. I Am Legend

film tentang virus dan wabah

Sumber Gambar: Blu-Ray Authority

Robert Neville adalah ahli virus yang bekerja di militer Amerika. Dia tinggal di New York bersama istrinya Zoe, putrinya Marley dan anjingnya Samantha. Tiba-tiba Zoe dan Marley diungsikan dari kota New York, karena ada wabah virus mematikan yang telah menginfeksi hampir keseluruhan penduduk kota New York.

Virus yang mematikan ini adalah virus mutasi yang telah menginfeksi hampir 90% populasi umat manusia. Dari 600 juta orang yang selamat, hanya 12 juta orang yang memiliki kekebalan alami dan bisa selamat. Dan Robert termasuk dalam kategori yang 12 juta ini.

Sebagai satu-satunya orang yang selamat, Robert memilih untuk tetap tinggal dan melakukan penyelidikan untuk mencari penangkal virus tersebut. Film ini dibintangi oleh Will Smith.

15. The Flu

Film ini menceritakan sekelompok imigran diselundupkan di dalam kontainer pengiriman dengan tujuan akhir mereka adalah Korea Selatan. Di dalam wadah, salah satu imigran adalah pembawa virus yang mematikan dan sangat menular.

Byung-Ki dan Byoung-Woo pergi ke tempat pengiriman untuk membebaskan para imigran tersebut, namun menemukan bahwa semua imigran mati, kecuali satu orang.

Tak lama kemudian, setiap jam ribuan orang terinfeksi oleh virus mematikan, yang membunuh dalam 36 jam infeksi. Seluruh pinggiran Bundang dikarantina oleh pemerintah dalam upaya putus asa untuk menghentikan penyebaran virus lebih jauh.

Cerita semakin seru ketika seorang petugas pemadam kebakaran Kang Ji-Koo dan Dokter Kim In-Hae bekerja sama dalam perlombaan melawan waktu untuk menemukan obatnya.

Baca Juga: Daftar Film Indonesia Terbaru Maret 2024 di Bioskop

Dengan berbagai pilihan yang kami sajikan, kamu bisa menjelajahi berbagai sudut pandang tentang wabah penyakit dan efeknya pada masyarakat.

Semoga rekomendasi film ini dapat memberikanmu pengalaman menarik dan berpikir lebih dalam tentang bagaimana dunia dapat menghadapi tantangan kesehatan global, Toppers. Selamat menonton!

© 2009-2024, PT Tokopedia