20 Film Zombie Terbaik dan Terpopuler Paling Mendebarkan

7533

Suka film horor yang menampilkan zombie menyeramkan? Selain Train to Busan, berikut ini deretan film zombie terbaik sepanjang masa yang paling mendebarkan!


Film Zombie Terbaik – Cerita horor selalu jadi pilihan menarik untuk ditonton bersama keluarga, teman, atau pasangan. Asal jangan sendiri, karena rasa takut bakal naik dua kali lipat. Genre film ini tak hanya sekadar terdapat kuntilanak, pocong, atau sejenisnya. Melainkan sub genre seperti thriller, gore, psychological, monster hingga zombie.

Yang terakhir disebut, yakni zombie memiliki banyak penggemar. Film ini menggambarkan manusia yang terkena virus aneh yang berasal dari senjata biologis, hewan dan lainnya. Ini juga digambarkan sebagai mayat hidup seperti di film Night of The Living Dead karya George A. Romero.

Penasaran film-film zombie apa yang paling mendebarkan untuk ditonton? Berikut rekomendasi film zombie terbaik sepanjang masa!

Baca Juga: 15 Daftar Film Perang Sepanjang Masa yang Diangkat dari Kisah Nyata

Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

1. Train to Busan

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: Korea Times

Film zombie terbaik pertama adalah Train To Busan. Walaupun pendatang baru, tetapi Train to Busan telah memanjat tangga popularitas dengan progress sangat cepat. Hingga akhirnya film ini dapat dianggap sebagai film zombie terbaik pada tahunnya.

Disutradarai oleh Yeon Sang-ho, film ini menceritakan tentang terjebaknya seorang ayah dan anaknya dalam sebuah kereta yang diserang oleh zombie dan menginfeksi para penumpang kereta tersebut ketika mereka menuju rumah ibunya di kota Busan.

Train To Busan pertama kali ditayangkan di Cannes Film Festival pada tanggal 13 Mei dan 7 Agustus 2016. Film ini memecahkan rekor sebagai film Korea pertama yang menarik lebih dari 10 juta penonton! Mungkin juga ini film zombie terbaik dari Korea ya, Toppers!

2. 28 Days Later

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: Yell Magazine

Film yang disutradarai Danny Boyle dan diperankan oleh Cillian Murphy. 28 Days Later menceritakan tentang sebuah laboratorium rahasia yang diserang oleh beberapa aktivis pembela hak-hak hewan (animal right) dengan maksud untuk membebaskan simpanse percobaan.

Namun, mereka tidak menyadari bahwa para simpanse itu telah mengidap virus berbahaya. Akhirnya, virus tersebut menjangkiti manusia. Dalam 10 detik, para manusia yang terinfeksi akan berubah menjadi zombie.

Virus tersebut menyebar sangat cepat ke seluruh dunia dan membuat kelangsungan hidup manusia menjadi terancam. 28 Days Later pun dinobatkan sebagai film Inggris terbaik ke-97 oleh Time Out Magazine.

3. 28 Weeks Later

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: Letterboxd

Tak kalah dengan pendahulunya, 28 Weeks Later juga menjadi salah satu film zombie favorit para pecinta genre film zombie horor. 28 Weeks Later merupakan sequel dari 28 Days Later dan melanjutkan cerita dari film sebelumnya.

Mulai dari enam bulan setelah kejadian pada film pertamanya berlangsung, virus zombie telah memusnahkan populasi Kepulauan Inggris dan tentara Amerika tiba untuk memulihkan ketertiban dan memulai rekonstruksi.

Pengungsi kembali ke tanah Inggris, tapi salah satu dari mereka membawa rahasia menyeramkan. Virus zombie ini belum hilang dan bahkan lebih berbahaya dari sebelumnya. Series duology ini dikenal sebagai salah satu film zombie terbaik!

4. Zombieland

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: Wikia

Zombieland masih dikategorikan sebagai film zombie, namun bercampur dengan berbagai elemen humor dalam ceritanya. Dari kelakuan awkward dan lucu karakter utamanya yang diperankan oleh Jesse Eisenberg hingga hal-hal yang terjadi kepada zombie-zombienya.

Cerita Zombieland ber-setting post-apocalypse-road-trip pada keadaan dunia setelah serangan zombie. Di saat hampir semua orang telah terinfeksi serangan zombie, seorang pemuda bernama Columbus (Jesse Eisenberg) berhasil bertahan dan akan melakukan perjalanan ke tempat keluarganya.

Di tengah jalan ia bertemu Tallahassee (Woody Harrelson), seorang pria tangguh spesialis pembunuh zombie serta Wichita (Emma Stone) dan Little Rock (Abigail Breslin), dua kakak beradik licik. Mereka pun harus bekerja sama dalam perjalanan di tengah serangan para zombie.

5. Shaun of The Dead

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: Horror Freak News

Shaun of the Dead merupakan salah satu film zombie yang memikat para penontonnya dengan nuansa enteng dan penuh kelucuan. Unsur-unsur komedi dicampur dengan gaya cinematography khas sutradara Edgar Wright membuat film zombie ini menjadi dinamis dan tidak membosankan.

Film ini menceritakan kisah Shaun, seorang salesman barang-barang elektronik dengan kehidupan membosankan. Shaun memiliki sahabat karib bernama Ed, yang menyebalkan. Hal ini juga kemudian membuat Shaun putus dengan pacarnya, Liz.

Kehidupan Shaun berubah saat para zombie mulai meneror seisi kota. Sayangnya, Shaun masih dalam pengaruh alkohol. Setelah sadar dengan bahaya yang terjadi, Shaun langsung berusaha untuk menyelamatkan diri bersama teman-temannya, termasuk Liz dan ayah angkatnya, serta Phillip yang sangat Shaun benci.

home audio
Nonton lebih seru layaknya di bioskop dengan penawaran terbaik dari paket home theater di sini!

Baca Juga: 20 Film Action Terbaik Sepanjang Masa yang Paling Seru dan Menegangkan

6. Quarantine

film zombie terbaik sepanjang masa, dafta film zombie terbaik sepanjang masa
Sumber Gambar: Quarantine

Quarantine merupakan remake dari salah satu film zombie Spanyol terbaik berjudul REC. Quarantine menceritakan tentang reporter bernama Angela Vidal (Jennifer Carpenter) dan juru kamera Scott (Steve Harris) ketika mereka sedang meliput cerita tentang petugas pemadam kebakaran shift malam untuk program reality TV.

Sebuah panggilan darurat larut malam membawa mereka ke gedung apartemen Los Angeles, di mana polisi sedang menyelidiki laporan jeritan mengerikan. Tim TV dan petugas darurat menemukan seorang wanita tua, dan tiba-tiba menyerang mereka dan menggigit dengan agresif.

Terlebih lagi, Angela dan para penghuni apartemen tersebut menemukan bahwa bangunan tersebut telah disegel oleh pekerja CDC. Setelah itu keadaan hanya semakin memburuk. Penggunaan sudut pandang first person membuat film ini lebih tegang dan memacu adrenalin!

7. Dawn of The Dead

film zombie terbaik sepanjang masa, dafta film zombie terbaik sepanjang masa
Sumber Gambar: Little White Lies

Film zombie terbaik selanjutnya adalah Dawn of The Dead. Dawn of The Dead dirilis pada 1978 dan mungkin pada jamannya bisa dianggap sebagai film zombie terbaik karena saking populernya film ini. Bahkan, tetap populer sampai sekarang!

Film zombie ini menceritakan tentang gerombolan zombie berkerumun di A.S., penduduk yang ketakutan mencoba segala upaya untuk melepaskan diri dari serangan mayat hidup. Namun, tidak ada tempat yang aman untuk mereka, kota maupun pedesaan sudah dipenuhi makhluk tersebut.

Di Pennsylvania, pegawai stasiun radio, Stephen (David Emge) dan pacarnya, Francine (Gaylen Ross), melarikan diri dari helikopter stasiun ditemani dua anggota SWAT, Roger dan Pete. Kelompok ini mundur ke tempat persembunyian di sebuah pusat perbelanjaan untuk menyelamatkan diri.

8. I Am Legend

film zombie terbaik sepanjang masa, dafta film zombie terbaik sepanjang masa
Sumber Gambar: Gizmodo

I Am Legend adalah film yang disutradarai oleh Francis Lawrence dan dirilis pada 2007. Film ini diangkat dari sebuah novel yang ditulis Richard Matheson dengan judul yang sama.

Film yang dibintangi Will Smith ini menceritakan tentang seorang mantan US Army bidang virologi, Robert Naville, yang harus bertahan hidup dari serangan zombie dan menemukan obat untuk menyembuhkan mereka.

Ia ditemani anjingnya yang bernama Sam. Berdua, mereka melewati hari-hari yang penuh ketegangan ketika malam datang.

Virus yang menjangkit para manusia ini bermula dari obat yang ditujukan untuk menyembuhkan kanker. Anehnya, di kota itu hanya Naville yang tidak bisa terjangkit virus ini.

9. Resident Evil

film zombie terbaik sepanjang masa, dafta film zombie terbaik sepanjang masa
Sumber Gambar: Slash Film

Film zombie satu ini pasti sudah tidak asing bagi kamu. Film yang diangkat dari serial game dengan judul yang sama keluaran Capcom. Untuk film pertamanya, Resident Evil dirilis pada 2002 yang disutradarai oleh Paul W. S. Anderson.

Film Resident Evil pertama bercerita tentang Alice (Milla Jovovich) yang menyelidiki The Hive, sebuah tempat rahasia di bawah tanah yang dimiliki Umbrella Corporation. The Hive dikontrol oleh sistem komputer super canggih bernama Red Queen yang telah membuat semua orang di The Hive berubah jadi Zombie.

Hingga saat ini, Resident Evil memiliki enam serial film dan serial terakhirnya keluar pada tahun 2016 dengan judul Resident Evil: The Final Chapter.

10. World War Z

film zombie terbaik sepanjang masa, dafta film zombie terbaik sepanjang masa
Sumber Gambar: MS Power User

Pada 2013, ada film zombie yang sangat booming bertajuk World War Z. Tak bisa dimungkiri lagi, film yang diperankan oleh Brad Pitt ini mengambil banyak perhatian orang.

World War Z menceritakan kisah Gerry Lane (Brad Pitt), seorang mantan penyelidik PBB yang harus mencari cara untuk menghentikan virus zombie. Virus ini sudah mewabah di seuruh dunia dan penyebarannya sangat cepat.

Gerry harus meninggalkan istri dan kedua anaknya untuk menyelidiki virus ini bersama dokter ahli virus dari Harvard bernama Andrew Fassbach (Elyes Gabel).

Film ini terpilih menjadi film pembuka Moscow International Film Festival. Selain itu, Brad Pitt mendapatkan banyak pujian atas acting-nya dan menjadikan World War Z sebagai film zombie terlaris.

Android TV Box
Ubah televisi apa pun jadi smart TV dengan cara praktis!

Baca Juga: 15 Daftar Film Science Fiction Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

11. I Am Hero

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: Hollywood Repoter

Setalah sebelumnya ada Train To Busan, kali ini I Am Hero kembali mewakili Asia dijajaran film zombie terbaik. I Am Hero adalah film zombie dari Jepang yang dirilis pada 2015. Film ini merupakan adaptasi dari serial manga I Am A Hero karya Kengo Hanazawa dan berhasil mengambil perhatian internasional.

Film ini menceritakan tentang seorang komikus bernama Hideo Suzuki (Yo Oizumi), yang karirnya tidak berjalan dengan mulus. Cerita ini dimulai ketika kekasih Hideo meneleponnya untuk minta pertolongan. Namun, ketika Hideo masuk, ternyata sang kekasih sudah berubah menjadi zombie.

Hingga akhirnya, Hideo dan seorang anak SMA bernama Hiromi (Kasumi Arimura) harus bertahan hidup dari serangan zombie.

12. Dead Snow

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: Syfy Wire

Dead Snow menceritakan tentang mahasiswa kedokteran yang sedang berlibur ke daerah pegunungan salju. Seorang pendaki tak dikenal menceritakan kisah tentara NAZI yang mati di daerah pegunungan ini dan berubah menjadi zombie.

Ternyata, kisah yang diceritakan orang itu merupakan kisah sungguhan. Mereka pun harus melarikan diri dari teror zombie yang siap membunuh.

Film asal Norwegia ini mendapat banyak nominasi di Scream Award tahun 2009, diantaranya adalah adegan kelahi dan mati terbaik, mutilasi paling dikenang terbaik, serta film horor terbaik.

Dead Snow yang digarap oleh sutradara Tommy Wirkola adalah salah satu film zombie terbaik yang pernah ada. Drama, komedi, dan tentunya horor, semua melebur dengan sempurna di tangan Tommy.

13. Survival of The Dead

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: Horror Freak News

Survival of The Dead disutradarai oleh “Father of Zombie Film”, siapa lagi kalau bukan George A. Romero. Dirilis pada 2009 lalu, film ini berhasil masuk dalam nominasi di Venice Film Festival. Survival of The Dead adalah seri keenam film Night of The Living Dead.

Menceritakan tentang perlawanan penduduk Pulau Plump Island di utara Amerika melawan para zombie. Pulau kecil itu diisi oleh dua keluarga, O’Flynn dan Muldoons yang tidak pernah akur. Ketika pulau itu diserang oleh komplotan zombie, kedua keluarga ini pun menyelesaikannya dengan cara yang berbeda.

Keluarga O’Flynn menyelesaikannya dengan cara membantai para zombie, sedangkan keluarga Muldoons menangkap para zombie untuk diteliti agar bisa menyembuhkan mereka.

14. REC

film zombie terbaik sepanjang masa, dafta film zombie terbaik sepanjang masa
Sumber Gambar: Ginger Snaps

Jika Quarantine saja masuk ke dalam list ini, tentu film aslinya juga akan masuk. REC adalah film zombie dari spanyol yang dirilis pada 2007 di gelaran Venice International Film Festival yang ke-67. Film ini digarap oleh Jaume Balaguero dan Paco Plaza dan menuai kesuksesan besar.

Saat seorang repoter TV Angela Vidal (Manuela Velasco) dan juru kameranya, Pablo (Pablo Rosso) sedang membuat dokumenter tentang pemadam kebakaran, tiba-tiba ada panggilan dari wanita tua yang ketakutan.

Ketika sampai di apartemen wanita tua itu bersama dua polisi, wanita tua tersebut sudah menjelma menjadi zombie yang agresif.

15. Doghouse

film zombie terbaik sepanjang masa, dafta film zombie terbaik sepanjang masa
Sumber Gambar: Media in Review

Doghouse adalah film horor komedi yang direkomendasikan untuk kamu tonton. Film rilisan 2009 ini disutradarai oleh Jake West. Memang sidikit aneh, para lelaki yang sedang memiliki masalah dengan wanitanya memutuskan untuk melakukan liburan bersama, justru malah harus berhadapat dengan wanita lain. Namun, kali ini wanitanya sudah berubah menjadi zombie.

Film zombie ini menceritakan sekelompok laki-laki, Vinice (Stephen GrahamNeil), (Danny Dyer), Mikey (Noel Clarke), Graham (Emil Marwa), Matt (Lee Ingleby), Patrick (Keith-Lee Castle), dan Banksy (Neil Maskell), yang akan melakukan liburan.

Sesampainya pada tempat tujuan. Kesenangan mereka harus luntur karena kota yang mereka datangi sudah dikuasai para wanita zombie pemakan laki-laki.

film dan musik
Temani akhir pekanmu dengan deretan film dan alat musik terlengkap di sini!

Baca Juga: 20 Daftar Anime Horor Terbaik yang Seru dan Bikin Penasaran

16. Pontypool

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: Amateur Teratologist

Siap-siap merasa ketakutan dan ketegangan karena film ini, Toppers. Pontypool, film horor zombie besutan Bruce McDonald ini adalah film yang diangkat dari novel berjudul Pontypool Changes Everything akan membawamu ke dalam mimpi buruk.

Cerita ini dimulai ketika Mazzy (Stephen McHattie) seorang penyiar radio mendapatkan berita tentang sekelompok orang yang melakukan kekacauan di kota. Berita simpang siur ini terus diterima oleh Mazzy dan sang produser, Sydney Briar (Lisa Houle). Sampai akhirnya, soerang reporter di lapangan memberikan apa yang sebenarnya terjadi di Pantypool.

Bruce berhasil membangun rasa takut penonton bukan hanya dari visual saja, namun juga dialog yang dibangun dan latar tempat dari film ini. Walaupun Pontypool merupakan film dengan budget yang minim, tetapi film ini digarap dengan maksimal.

17. The Returned

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: SciFiNow

Film selanjutnya adalah The Returned. Film zombie satu ini menggambarkan keadaan dunia setelah manusia sudah terinfeksi virus dan berubah menjadi zombie.

Kate (Emily Hampsire) seorang dokter yang merawat orang-orang yang terserang virus zombie dan Alex (Kris Holden-Ried) suaminya seorang “returned”. “Returned” adalah sebutan untuk orang yang sembuh dari virus tersebut, namun setiap harinya ia harus menginjeksikan obat agar tidak kembali menjadi zombie.

Film ini tidak akan memberikan ketegangan karena adegan melawan dan dikejar-kejar zombie. The Returned menceritakan tentang perjuangan “returned” yang diburu oleh kelompok bernama Anti-Returned. Mereka tidak setuju dengan keberadaan para “returned” ini.

18. Maggie

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: IndieWire

Kalau biasanya film zombie menegangkan dan menyeramkan, hal tersebut tidak berlaku dengan film Maggie. FIlm ini disutradarai oleh Henry Hobson dan diperankan oleh aktor laga, Arnold Schwarzenegger.

Film ini menceritakan tentang Wade (Arnold Schwarzenegger) dan Maggie (Abigail Breslin), ayah dan anak yang dilanda masalah serius. Maggie yang digigit oleh zombie perlahan menjadi seorang zombie, dan Wade setia menemani hari-hari terakhir bersama anaknya.

Film ini cocok sekali untuk menemanimu mengahbiskan akhir pekan bersama keluarga. Mengingat ini merupakan film zombie yang unsur zombie-nya hanya sedikit. Maggie mengangkat kisah hangat kekeluargaan yang digambarkan oleh Wade dan Maggie.

19. The Crazies

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: Hollywood Reporter

Film thriller horror arahan George A. Romero memang tidak pernah mengecewakan. Sebenarnya juga ada film remake The Craziest yang rilis di tahun 2010, namun sepertinya The Craziest (1973) yang asli lebih cocok masuk ke dalam list ini.

Film ini menceritakan tentang orang-orang yang terinfeksi senjata kimia milik militer yang tak sengaja mencemari Evans City. Disaat kota dilanda wabah ini, para tentara justru mengurung warga kota agar tidak kemana-mana, jika ada warga yang melanggar akan langsung ditembak.

Seorang pemadam kebakaran, David (Will McMillan), bersama pacarnya, Judy (Lane Carroll), dan temannya yang sesama pemadam, Clank (Harold Wayne Jones) berusah untuk membebaskan kota dari dua jeratan ini, tentara dan warga yang sudah berubah menjadi zombie.

20. Night of The Living Dead

film zombie terbaik, film tentang zombie terbaik, daftar film zombie terbaik
Sumber Gambar: NY Books

Satu lagi film besutan George A. Romero sang “Bapak Film Zombie.” Kali ini adalah film zombie pertamanya, Night of The Living Dead yang dirilis tahun 1968. Film ini menuai kesuksesan yang sangat besar, bahkan menghasilkan uang 250 kali lipat dibandingkan budget pembuatan.

Night of The Living Dead bercerita tentang Ben (Duane Jones), dan Barbra (Judith O’Dea) yang dikepung oleh gerombolan zombie. Romero mengemas film ini dengan visual hitam putih, bukan karena disengaja, tapi karena kekurangan budget.

Namun, justru hal ini membuat Night of The Living Dead terlihat sangat keren dan autentik. Mengingat film ini adalah pionir film-film zombie sekarang ini.

Baca Juga: 7 Film Horor Thailand Paling Seram dan Bikin Merinding

Itu dia 20 film zombie terbaik pilihan Tokopedia yang bisa menemani akhir pekan atau waktu senggangmu. Sekarang kamu nggak usah bingung lagi, Toppers, kamu hanya tinggal memilih mana yang menurutmu paling seru.

Nah, supaya pengalaman menontonmu makin seru, upgrade TV kamu dengan TV LED dan home theater dengan harga terbaik yang tersedia di Tokopedia! Jangan lupa juga pasang TV kabel yang lebih praktis!

pasang tv kabel
Temukan berbagai tontonan menarik dan berkualitas dengan memasang TV kabel secara praktis di sini!

Bagikan Artikel