5 Alasan Mengapa Reksa Dana Jadi Investasi Syariah yang Paling Menguntungkan

0
145
investasi syariah yang paling menguntungkan

Ingin investasi halal namun menjanjikan keuntungan menarik? Kamu bisa mengalokasikan uangmu di reksa dana syariah. Baca penjelasannya di sini.


Dalam agama Islam, berinvestasi merupakan aktivitas ekonomi yang sangat dianjurkan. Namun, sebagai muslim yang baik kamu harus hati-hati saat memilih produk investasi, Toppers.

Jangan sampai, kamu salah pilih dan malah berinvestasi di produk yang tidak dianjurkan oleh agama Islam atau malah investasi bodong ilegal.

Untungnya, saat ini hampir seluruh produk keuangan dan investasi seperti saham, obligasi bahkan reksa dana sudah memiliki lini syariah. Kamu pun bisa berinvestasi tanpa takut melanggar aturan agama.

Namun, bukan berarti masalahnya selesai di sini ya, Toppers. Kamu masih harus memilih mana instrumen investasi syariah yang paling menguntungkan.

Nah, berdasarkan sejumlah pertimbangan, reksa dana syariah ternyata menjadi instrumen investasi syariah yang memiliki prospek paling baik.

Lantas, apa bukti dan alasannya? Untuk penjelasan yang lebih lengkap, mari kita lihat ulasan di bawah ini

Mengenal Reksa Dana Syariah

Pada dasarnya, reksa dana syariah merupakan instrumen yang sama seperti reksa dana konvensional.

Hanya saja, pada reksa dana syariah, manajer investasi hanya akan mengalokasikan dana investor pada instrumen-instrumen pasar modal yang sesuai dengan prinsip syariah.

Selain itu, pengelolaan dana pada reksa dana syariah juga menerapkan prinsip mudharabah. Apa itu prinsip mudharabah?

Dikutip dari laman resmi OJK, mudharabah adalah ketika penyimpanan atau deposan bertindak sebagai shahibul maal (pemilik modal) dan bank sebagai mudharib (pengelola).

Dana tersebut digunakan bank untuk melakukan murabahah atau ijarah atau untuk melakukan mudharabah kedua. Hasil usaha tersebut nantinya akan dibagihasilkan berdasarkan nisbah yang disepakati.

Alasan Kenapa Memilih Reksa Dana Syariah

1. Mudah dan Aman

Saat ini, investor yang ingin berinvestasi pada instrumen reksa dana syariah dapat dengan mudah membeli unit penyertaan secara online.

Kamu hanya memerlukan gadget dan waktu 5 menit untuk membuka sebuah akun reksa dana. Untuk bertransaksi, baik itu membeli reksa dana syariah atau mencairkannya, kamu bisa melakukannya di Tokopedia, Toppers.

tokopedia reksa dana
Investasi mudah dan menguntungkan, mulai dari Rp 10 ribu! Tunggu apa lagi?

2. Modal Kecil, Keuntungan Jangka Panjang

Berdasarkan data reksa dana Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, hasil investasi reksa dana syariah akan semakin baik jika investasi dilakukan dalam jangka waktu panjang hingga satu tahun.

Dalam waktu satu tahun, reksa dana syariah seperti Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra dapat memberi keuntungan hingga 6,5%.

Keuntungan lainnya, investasi reksa dana syariah bisa dimulai dari nominal yang sangat kecil yakni Rp 10.000 saja.

BACA JUGA: MEMAHAMI REKSA DANA SYARIAH LEBIH DALAM LAGI

3. Investasi Sekaligus Beramal

Salah satu alasan berinvestasi reksa dana syariah adalah kamu bisa menggunakan proses cleansing. Proses ini memungkinkan proses pembersihan atas aset-aset yang tidak menggunakan prinsip syariah.

Ini terjadi bila manajer investasi terlambat menginvestasikan dana tersebut. Akhirnya, aset-aset tersebut itu akan diarahkan ke dalam bentuk amal. 

4. Diawasi OJK dan DPS

Jangan khawatir ketika berinvestasi reksa dana syariah, karena secara langsung telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

OJK dan DPS bertugas untuk mengawasi jalannya sejumlah fungsi reksa dana syariah sebagai investasi syariah, unsur kehalalan investasi tersebut, dan lain sebagainya. 

5. Risiko Lebih Kecil

Perusahaan yang masuk ke dalam Daftar Efek Syariah (DES) harus memiliki total utang yang lebih kecil daripada aset yang dimiliki.

Dalam DES terdapat nama dan jenis perusahaan yang bisa memperjualbelikan reksa dana syariah.

Dengan adanya prinsip itu, maka perusahaan tersebut dapat dikatakan sehat sehingga akan menghasilkan return yang baik. 


Nah, itulah lima alasan reksa dana syariah adalah investasi syariah yang paling menguntungkan.

Perlu kamu catat, Toppers, meskipun reksa dana syariah merupakan produk non konvensional, siapapun dan dari kalangan mana pun bisa lho menginvestasikan dana nya di reksa dana syariah.

Jadi, jangan ragu lagi. Segera beli reksa dana syariah di Tokopedia dan nikmati keuntungannya di masa depan!

Bagikan Artikel