Jenis-Jenis Jaminan Kredit untuk Pinjaman Besar dan Kecil

86
jenis jaminan pinjaman

Jenis-jenis jaminan kredit untuk pinjaman bernilai besar tentu berbeda dengan jenis agunan untuk pinjaman bernilai kecil.


Saat akan mengajukan pinjaman, bank atau lembaga keuangan biasanya akan menganalisa seluruh syarat yang dilengkapi peminjam. Salah satunya adalah jaminan yang dijadikan agunan.

Jenis Jaminan Kredit untuk Pinjaman Besar

Jika kamu mengajukan pinjaman yang nilainya besar, jenis jaminan kredit yang dipersyaratkan tentu harus sebanding. Berikut ini benda yang yang bisa kamu jadikan agunan untuk pinjaman ratusan juta bahkan miliaran rupiah:

1. Mobil dan Kendaraan Lainnya

mobil, barang jaminan, jenis jaminan bank
Sumber gambar: consumerreports

Motor atau mobil umum dijadikan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman. Perlu kamu ketahui, semakin tinggi nilai kendaraan, semakin tinggi pula kredit yang bisa diperoleh.

Biasanya, peminjam tak perlu memberikan kunci mobil atau motor tersebut. Setelah kendaraan diperiksa (kondisi, kelengkapan surat, tahun produksi), kamu tetap bisa menggunakan kendaraan untuk beraktivitas. Peminjam hanya berkewajiban memberikan BPKB sebagai barang jaminan.

BACA JUGA: 8 hAL YANG BIKIN PENGAJUAN PINJAMAN DITOLAK

2. Mesin Pabrik

mesin pabrik bisa dijadikan sebagai jaminan kredit
Sumber gambar: maxnovomachine

Untuk kamu yang punya pabrik dan sedang membutuhkan pinjaman modal untuk ekspansi usaha, kamu bisa mengajukan kredit dengan jaminan mesin pabrik.

Plafon tertinggi yang diberikan bank/lembaga keuangan lain atas jaminan aset tersebut rata-rata di atas Rp5 miliar. Namun, ini juga tergantung seberapa besar mesin pabrik yang dijadikan jaminan.

3. Kapal dan Pesawat

pesawat sebagai barang jaminan kredit
Sumber gambar: standard

Jenis jaminan satu ini bisa dibilang bernilai sangat tinggi. Namun, transaksi ini biasanya hanya dilakukan antara bank dan kreditur perusahaan.

Cara memberikan jaminannya pun unik yakni dengan cara pemberian fidusia atas komponen penting pesawat seperti mesin, baling-baling dan lain sebagainya. Nilai pinjaman untuk jaminan skala besar seperti ini bisa mencapai miliaran rupiah.

4. Logam Mulia

emas jainan kredit pinjaman
Sumber gambar: cnbc

Logam mulia seperti emas dan perak merupakan jenis jaminan kredit yang paling sering digunakan sebagai jaminan.

Selain rata-rata orang Indonesia memang senang menyimpan emas, tempat untuk menjaminkan emas juga cukup banyak.

Emas juga mudah untuk diuangkan karena harga jualnya sudah pasti. Namun, ini hanya berlaku bagi emas batangan saja ya, Toppers.

Bagi kamu yang ingin menggadaikan emas perhiasan, kemungkinan hanya akan dihargai sekitar 70-80% dari harga asli saja.

Alasannya, tempat gadai hanya menghitung dari berat emas dan bukan dari bentuk ataupun modelnya.

5. Properti

apartemen bisa dijadikan sebagai jaminan kredit
Sumber gambar: nreionline

Ada banyak jenis properti yang bisa diajukan sebagai jaminan. Contohnya,seperti rumah, apartemen, ruko dan lain sebagainya. Sama seperti benda-benda di atas, sebagai jaminan kredit kamu cukup menyerahkan sertifikatnya saja pada bank.

Nantinya, pihak peminjam akan menerjuankan tim yang akan menaksir harga rumah dengan melihat berbagai hal seperti lokasi, kondisi dan lingkungan.

6. Surat Berharga & Saham

Surat berharga dan saham juga bisa dijadikan sebagai jaminan kredit. Khusus untuk saham, benda yang dijaminkan harus dalam kondisi aktif diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau memiliki peringkat investasi.

Biasanya, surat berharga dan saham digunakan sebagai jaminan untuk mendapakan tambahan modal usaha.

pinjaman online mudah dan cepat cair

Jenis-Jenis Jaminan Kredit untuk Pinjaman Kecil

Pada bagian ini, kita akan fokus mengulas jenis jaminan kredit untuk pinjaman yang nilainya kecil. Maka jenis jaminan kredit yang diajukan cukup menyesuaikan. Biasanya, pinjaman ini diajukan untuk kebutuhan yang lebih kecil.

Orang yang mengajukan pinjaman bisa dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, petani, nelayan dan lain sebagainya.

1. Hasil Kebun dan Ternak

hasil ternak dijaminkan untuk pinjaman
Sumber gambar: zeenews

Jenis jaminan kredit satu ini sering digunakan petani atau peternak. Suku bunga yang ditawarkan pun sangat rendah yakni 0,5 persen per bulan Untuk perkebunan.

Di Indonesia, penyedia jasa gadai juga sering menerima produk perkebunan dan pertanian seperti kopi, gabah, cokelat atau karet sebagai jaminan kredit.

Namun yang diterima hanya yang berkualitas tinggi dan mudah untuk dijual kembali. Penyedia gadai juga menerima jaminan hewan ternak seperti sapi dan kerbau. Biasanya, para peminjam mengajukan pinjaman untuk menambah modal usaha ternaknya.

BACA JUGA: mENGENAL pINJAMAN sYARIAH & Cara Mendapatkannya

2. Alat-Alat Elektronik

laptop dapat dijaminkan untuk pinjaman bank
Sumber gambar: top5

Jika kamu ingin menggadaikan barang elektronik sebagai jaminan, pastikan masa produksi barang tersebut tidak lebih dari satu tahun.

Tujuannya agar proses pencairan pinjaman lebih mudah dan cepat. Artinya, barang elektronik yang dijadikan jaminan harus tipe terbaru. Biasanya, nilai pinjaman yang diberikan atas barang elektronik tidak terlalu besar.

3. Barang Branded

barang bermerek bisa dijaminkan untuk mendapatkan pinjaman
Sumber gambar: Beritagar

Kamu bisa juga bisa menjaminkan tas, sepatu, pakaian, jam tangan, dan kacamata merek ternama. Namun, pastikan barang-barang tersebut asli. Jika perlu sertakan surat-surat pendukung keotentikan barang saat akan menjaminkannya.

4. Alat Pertanian dan Nelayan

petani bisa menjaminkan bajak untuk pinjaman modal
Sumber gambar: pixabay

Alat pertanian dan nelayan juga bisa dijadikan jaminan. Contohnya perahu, jala, traktor, bajak atau pompa air.

Penyedia pinjaman yang menerima barang-barang seperti ini biasanya beroperasi di perdesaan atau desa nelayan. Karena sifatnya yang berfungsi untuk menghasilkan uang, biasanya pembei pinjaman akan menerimanya.


Nah, demikianlah artikel tentang jenis-jenis jaminan kredit. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang ingin mengajukan pinjaman.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Bagikan Artikel