12 Kerja Sampingan Online dengan Penghasilan Menjanjikan

8080

Kerja Sampingan – Menuntut ilmu adalah hal yang sangat penting. Persyaratan dunia kerja yang mengharuskan calon pelamar minimal memiliki gelar sarjana adalah satu dari sekian banyak alasan bagi masyarakat untuk mengenyam bangku pendidikan. Namun, biaya kuliah yang cukup mahal terkadang menjadi hambatan untuk meraih mimpi.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mencari pekerjaan sampingan. Pilihan ini bisa menjadi bahan pertimbangan karena selain untuk mencari uang tambahan, pekerjaan sampingan dapat disesuaikan dengan jadwal kuliah sehingga tidak akan mengganggu waktu belajar kamu.

Banyak sekali jenis pekerjaan sampingan yang dapat kamu pilih, baik secara online maupun offline, bekerja di rumah, atau kerja Sabtu dan Minggu saja. Yuk, simak inspirasi kerja sampingan berikut ini!

Baca Juga: 7 Jenis-jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki untuk Ringankan Beban Hidup

Kerja Sampingan Online / di Rumah

1. Penulis Lepas

kerja sampingan online / di rumah
Sumber Gambar: Study Breaks Magazine

Menulis adalah kemampuan yang dimiliki hampir setiap orang, yang membedakan hanyalah bagaimana seseorang itu mengekspresikan kalimatnya dan menyampaikan pikirannya kepada pembaca. Toppers suka menulis? Nah, pekerjaan sampingan yang satu ini sangat cocok untuk kamu.

Menulis lepas bisa menjadi bisnis yang lumayan menjanjikan terutama untuk para mahasiswa. Sudah banyak bloggerblogger ternama yang mengawali karirnya dari keisengan menulis blog pribadi.

Selain itu, kegiatan tulis-menulis ini juga tidak hanya bisa diaplikasikan lewat blog, tapi juga beberapa bidang lain seperti jasa penulisan untuk majalah, artikel, hingga skripsi.

2. Admin Media Sosial

kerja sampingan online
Sumber Gambar: Bigly.io

Di era digital seperti sekarang ini, kebutuhan akan media sosial adalah sesuatu yang harus dipenuhi setiap harinya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan perusahaan-perusahaan besar mulai menggencarkan promosinya lewat media sosial.

Walaupun terdengar cukup sederhana, pekerjaan ini nyatanya cukup diperhitungkan terutama dalam bidang marketing karena menggambarkan image suatu perusahaan kepada publik.

Menjadi admin media sosial juga akan memberikan kamu kesempatan untuk belajar banyak hal dalam satu waktu.

3. Bikin Online Shop

kerja sampingan online
Sumber Gambar: CryptoCurrency Times

Kamu suka menjelajah online shop hingga lupa waktu? Daripada terus-menerus browsing tanpa tujuan yang jelas, ada baiknya jika kebiasaan tersebut ditujukan untuk kegiatan yang lebih berguna. Seperti misalnya, membuka online shop sendiri.

Sekarang, sudah banyak sekali jenis online shop yang bisa kamu temukan di media sosial. Kamu bisa memilih untuk menjual produk sesuai dengan keinginanmu.

Bahkan, banyak dari online shop ini yang sudah membuka tokonya sendiri, lho!

4. Jadi Reseller

kerja sampingan online
Sumber Gambar: Houston Defender

Satu lagi nih pekerjaan sampingan online yang bisa kamu coba, Toppers. Tujuan dari reseller online sebenarnya kurang lebih sama dengan online shop. Yang membedakan hanyalah produk yang diperjualbelikan.

Dengan menjadi reseller, kamu hanya perlu membeli barang dari suatu distributor atau supplier dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan yang ada di pasaran kemudian menjualnya kembali.

Penjualan produk kembali inilah yang akan memberikan reseller keuntungan.

tokopedia keuangan
Temukan berbagai kebutuhan keuangan mulai dari Reksadana, emas, hingga pinjaman modal di sini!

Baca Juga: Reksa Dana untuk Pemula: Mengenal Apa Itu Reksa Dana

5. Penerjemah Bahasa Asing

kerja sampingan di rumah
Sumber Gambar: ResumeOK

Menjadi penerjemah membutuhkan keahlian khusus dalam bidang bahasa. Untuk kamu yang berkuliah atau memiliki minat pada bidang ini bisa mencoba profesi penerjemah bahasa asing. Penerjemah profesional memiliki tarif yang cukup tinggi untuk setiap halaman dokumen sesuai dengan ketentuannya.

Kamu bisa memulai pekerjaan ini dengan menerjemahkan jurnal atau mungkin skripsi teman-teman kamu. Jika dilakukan dengan serius, bukan tidak mungkin kamu akan mampu bersaing atau bahkan direkrut oleh perusahaan-perusahaan asing.

6. Menjual Foto

kerja sampingan di rumah
Sumber Gambar: The New York Times

Punya hobi fotografi? Daripada bingung mencari objek untuk dipotret, kamu bisa membuka jasa fotografi untuk dijual. Jika pintar mencari celah, kamu bisa memperoleh banyak sekali peluang yang menguntungkan dari pekerjaan ini, lho.

Keahlian fotografi ini bisa kamu jual berdasarkan bidangnya masing-masing. Misalnya, wedding photography yang bisa kamu tawarkan untuk mengabadikan momen pasangan atau bahkan food photography yang belakangan juga mulai menjadi trend.

Selain itu, kamu juga bisa menjual foto-foto ini dengan cara menjualnya di beberapa website untuk stok foto online.

7. Guru Private Online

kerja sampingan di rumah
Sumber Gambar: Teach You English

Menjadi guru privat adalah salah satu pekerjaan sampingan yang cukup diminati oleh mahasiswa. Tidak hanya karena waktunya yang fleksibel, tetapi juga karena kamu bisa memilih mata pelajaran yang kamu sukai.

Selain mendapatkan uang lebih, kamu dapat mempelajari kembali mata pelajaran tersebut yang tentunya akan jauh lebih memudahkan penyampaian materi pada anak didik. Agar mendapat mata pelajaran yang mudah, kamu bisa memilih untuk mengajar anak SD berusia 6-12 tahun.

Banyaknya situs-situs edukasi online yang kini tersedia membuat proses belajar-mengajar jadi lebih sederhana, terutama untuk guru freelance.

8. Desain Grafis

kerja sampingan di rumah
Sumber Gambar: Mashable

Pekerjaan yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang ingin mendalami bidang desain, Toppers. Sebagai salah satu bidang yang cukup dicari dalam suatu perusahaan, desainer grafis bisa dijadikan pilihan untuk menjadi batu loncatan kamu sebelum turun ke dunia kerja.

Kamu bisa memulai karir ini dengan memberikan harga miring dan kualitas yang tidak kalah dari desainer di perusahaan besar. Selain itu, kamu juga tidak perlu bertemu langsung dengan klien karena kamu bisa membuat desain sendiri di rumah.

Sudah banyak juga situs yang menyediakan proyek untuk para desainer freelance, lho. Menarik kan?

pinjaman online tokopedia
Butuh dana segera yang tanpa ribet? Cek Pinjaman Online di Tokopedia sekarang!

Baca Juga: Nabung Reksadana di Tokopedia Lebih Untung daripada Deposito

9. Jual Pulsa

kerja sampingan sabtu minggu
Sumber Gambar: Cisco Newsroom

Kamu mungkin sering melihat penjual pulsa yang ada di pinggir jalan atau di luar toko tertentu. Walaupun kedengarannya sederhana, bisnis menjual pulsa bisa kamu manfaatkan untuk menambah penghasilan. Selain bisa dilakukan dimana saja, transaksi pengisian pulsa juga tidak terlalu lama karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah memiliki ponsel. Mekanismenya kurang lebih sama seperti berjualan kaos yang dapat dilakukan baik secara online maupun offline.

Forum-forum komunitas atau sosial media bisa kamu gunakan sebagai sarana untuk mempromosikan produk.

10. Gamer Andal

kerja sampingan sabtu minggu
Sumber Gambar: Scuf Gaming

Selain untuk menghilangkan kejenuhan, bermain game ternyata bisa dijadikan ladang usaha yang cukup menarik, lho. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan menjual akun-akun games yang sedang banyak diminati dengan harga tinggi.

Beberapa karakteristik yang tersedia bisa kamu manfaatkan untuk menentukan estimasi harga. Kemahiran dan jangka waktu permainan yang sudah advanced tentunya akan membuat akun yang kalian jual jadi lebih mahal.

Jadi, tidak hanya membuang uang hanya untuk membeli voucher game saja, tapi juga menjual akun yang telah dimainkan.

11. Jasa Edit Foto

kerja sampingan sabtu minggu
Sumber Gambar: YouTube/Hass Hasib

Tidak jauh berbeda dengan desainer grafis, pekerjaan ini juga membutuhkan keahlian dalam menggunakan software-software editing seperti Photoshop. Sudah banyak sekali website yang menyediakan proyek ini untuk para editor.

Atau jika ingin mengerjakan proyek sendiri, kamu juga bisa memulai jasa pengeditan foto dengan membuka website sendiri.

12. Ojek Online

kerja sampingan sabtu minggu
Sumber Gambar: Reporter

Jasa transportasi online telah menjadi salah satu topik yang menarik perhatian selama beberapa tahun terakhir, Toppers. Bukan hanya inovasi dalam memangkas waktu saja yang ditawarkan, bisnis transportasi online juga bisa memberikan kamu peluang usaha di sela-sela kesibukan selama berkuliah.

Hal ini berlaku terutama bagi mahasiswa yang memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Yang menarik dari jenis pekerjaan ini, kamu bisa menyesuaikan jadwal kerja dengan jadwal kuliah.

Dengan beragamnya perusahaan transportasi yang tersedia saat ini, kamu bisa mendapatkan penghasilan hingga mencapai jutaan Rupiah untuk setiap bulannya.

Baca Juga: Cara Mudah Tarik Dana dari Saldo Tokopedia

Itu dia daftar pekerjaan sampingan online dengan penghasilan menjanjikan yang bisa kamu coba. Jika kamu tertarik dengan bidang desain, beberapa laptop dengan processor Intel Core i5 ini bisa dijadikan pilihan. Kamu yang ingin menjadi fotografer juga bisa membeli paket hemat kamera mirrorless. Segera, lengkapi kebutuhan kamu hanya di Tokopedia!

pinjaman modal tokopedia
Mau usaha? Jangan khawatir kurang modal. Dapatkan Pinjaman Modal dengan praktis di Tokopedia sekarang juga!

Bagikan Artikel