11 Keuntungan Reksa Dana yang Berpotensi Kamu Dapatkan

0
9656
keuntungan reksa dana

Mengapa reksadana adalah instrumen investasi yang tepat untuk pemula? Selain potensi keuntungannya besar, ada 9 alasan lainnya.


Investasi reksa dana atau mutual funds semakin populer dari hari ke hari. Banyak orang tertarik untuk berinvestasi reksadana karena tertarik dengan manfaat reksadana dan keuntungan-nya.

Tapi, Toppers tahu nggak sih reksadana itu apa. Buat yang belum tahu, reksadana adalah instrumen investasi yang menjadi wadah bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi di pasar modal melalui jasa manajer investasi.

Di Indonesia, reksadana terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Reksadana pasar uang
  • Reksadana saham
  • Reksadana pendapatan tetap dan,
  • Reksadana campuran

Walaupun reksadana tetap memiliki risiko, namun risiko-risiko yang ada bisa dimitigasi dengan perencanaan dan manajemen investasi yang baik.

Buat Toppers yang sedang menimbang-nimbang untuk menginvestasikan uang pada reksadana, harus tahu dulu kelebihan instrumen ini dibandingkan instrumen yang lain.

Untuk membantu kamu, berikut adalah 10 keunggulan reksa dana yang tidak dimiliki instrumen investasi lain. Yuk, kita simak!

Keuntungan Investasi Reksa Dana

1. Mudah Dipelajari

keuntungan reksa dana
Sumber gambar: pexels

Reksadana adalah produk investasi yang sangat mudah dipahami dan dipraktikkan. Untuk memulainya, kamu hanya perlu membeli unit penyertaab.

Selanjutnya, segala transaksi menyangkut trade atau sell akan dilakukan oleh manajer investasi.

Setiap bulannya, atau bahkan setiap harinya manajer investasi akan mengirimkan laporan mereka mengenai perkembangan investasimu. Kamu bisa melihat sejauh mana keuntungan yang kamu dapatkan.

Keuntungan investasi reksadana satu ini sangat pas bagi kamu yang tidak memiliki pengetahuan atau masih awam tentang dunia investasi, terlebih di bidang pasar modal.

baca juga: Investasi emas batangan atau emas perhiasan? Mana paling untung

2. Banyak Jenisnya

Seperti dijelaskan di atas, reksa dana ada berbagai jenis. Tidak hanya dibedakan dari portofolionya, reksa dana juga dapat dibagi menjadi reksa dana konvensional dan reksa dana syariah yang memiliki portofolio produk keuangan atau saham syariah.

3. Untuk Memulai Tidak Butuh Dana Besar

keuntungan reksa dana
Sumber gambar: pixabay

Seperti sudah disinggung di awal artikel, reksadana merupakan wadah pengelolaan dana yang ditangani oleh manajer investasi. Dana yang mereka kelola adalah kumpulan dana dari berbagai investor.

Dengan sistem seperti ini, investor tidak harus berinvestasi dalam jumlah besar. Keuntungannya, cara ini membuat kamu bisa memiliki saham unggulan berharga tinggi dengan uang yang tidak terlalu besar.

Namun, saat harga unit penyertaan reksadana meningkat dan mengalami untung, setiap profitnya akan dibagi secara adil sesuai jumlah unit penyertaan yang dimiliki masing-masing investor.

tokopedia reksa dana
Investasi reksa dana mudah dan menguntungkan, mulai dari Rp 10 ribu! Tunggu apa lagi?

4. Risiko Investasi Rendah

keuntungan reksa dana
Sumber gambar: pexels

Salah satu cara untuk menurunkan tingkat risiko adalah mendiversifikasi portofolio investasi. Maksudnya, modal tidak hanya dititikberatkan pada satu produk saja. Keuntungan lain reksadana adalah sifatnya yang tidak hanya fokus pada satu jenis produk saja.

Perlu diingat, terdapat dua jenis risiko, yaitu risiko gain dan risiko loss. Ketika terjadi resiko loss. Di reksdana, kamu tidak perlu khawatir karena investasi tidak cuma ditaruh di satu tempat.

Contoh, bila reksadana-mu menempatkan dana investasi di 10 perusahaan dan 4 mengalami resiko loss, jangan khawatir karena bisa saja investasi di 6 perusahaan lain tidak mengalami kerugian bahkan risiko gain. Artinya, risiko kerugian yang dialami investor jadi berkurang.

5. Dikelola oleh Profesional

keuntungan reksa dana
Sumber gambar: pexels

Di reksadana, dana yang kamu berikan akan dikelola oleh profesional dan ahli investasi. Mereka adalah orang-orang yang berpengalaman dalam mengatur dana investasi.

Makanya, Toppers.. pemula yang tak mengerti apapun tentang investasi, apalagi investasi pasar modal, lebih baik berinvestasi di reksadana karena dana tersebut berada di tangan yang tepat.

Para manajer investais inilah yang akan mengurus investasimu, mulai dari mendesain portfolio, memikirkan strateginya, dan bahkan mengarahkanmu dalam setiap langkah-langkah investasi.

6. Pengelolaan Dana Transparan

keuntungan reksa dana
Sumber gambar: pexels

Dalam investais reksadana, manajer investasi akan membuka segala transaksi yang melibatkan dana investasimu.

Misalnya, informasi seputar perkembangan portfolio, biaya, resiko bahkan laporan keuangan perusahaan manajer investais juga dirilis setiap setengah tahun dan satu tahun sekali. Hal ini membuatmu memonitor perkembangan investasi yang kamu miliki.

7. Likuiditas Tinggi

keuntungan reksa dana
Sumber gambar: pixabay

Likuiditas adalah suatu keadaan atau kemampuan di mana perusahaan mampu untuk membayar kewajiban jangka pendek.

Semakin tinggi likuiditas maka semakin perusahaan tersebut dapat dipercaya untuk membayar kewajiban jangka pendeknya.

Likuiditas yang tinggi, berarti kamu dapat mencairkan kembali unit penyertaannya setiap saat.

baca juga: cara investasi reksadana online mudah, untung dan cepat

8. Bisa Transaksi Online

keuntungan reksa dana
Sumber gambar: pexels

Investasi reksadana bisa dengan mudah kamu dapatkan melalui perusahaan manajemen aset. Selain itu kamu juga bisa membelinya dari agen penjualan bersertifikasi WAPERD/APERD dari OJK.

Bahkan saat ini, kamu bisa membeli reksadana online di Tokopedia. Prosesnya hanya butuh 5 menit saja dan kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 7% pertahun.

9. Bebas Pajak

keuntungan reksa dana
Sumber gambar: hrmasia

Keuntungan yang diterima investor dari reksadana bukan termasuk objek pajak. Hal ini berbeda dengan produk investasi lainnya yang mana akan mengenakan pajak pada setiap pendapatan atau keuntungan.

Pada dasarnya, pajak sudah terbayarkan pada tahap kedua dalam perhitungan harga reksadana atau dikenal dengan istilah NAB/Up. Sehingga, apabila dikenakan lagi maka akan terjadi pajak ganda atau double taxation.

10. Potensi Return yang Tinggi

keuntungan reksa dana
Sumber gambar: pexels

Reksa dana merupakan alternatif investasi dengan keuntungan yang dapat dinikmati dalam jangka panjang.

Bila kamu ingin memiliki return yang tinggi, kamu bisa menaruh modal yang cukup besar dan dana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi.

Dalam konteks ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan dan mengatur seberapa besar kamu percaya terhadap manajer investasi terkait.

Bila kamu cukup yakin, maka kamu hanya perlu menaruh modal yang besar maka return yang kamu dapatkan pun akan lebih tinggi dari investor lain.

11. Lebih Aman

keuntungan reksa dana
Sumber gambar: benzinga

Investasi reksadana juga minim dari kemungkinan kamu berinvestasi di lembaga ilegal. Terlebih saat ini sedang marak investasi bodong.

Namun, kamu tetap harus mencermati legalitas dari perusahaan aset manajemen (manajer investasi) yang kamu gunakan. Pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK.

BACA JUGA: CIRI CIRI INVESTASI BODONG

Gimana, Toppers? Apa kamu mulai tertarik untuk berinvestasi reksa dana? Kalau kamu memiliki dana yang terbatas namun punya niat yang tinggi untuk berinvestasi, kamu bisa coba jenis investasi ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Toppers! Jangan lupa kunjungi Tokopedia untuk mendapatkan aneka produk keuangan dengan penawaran dan harga terbaik.

tokopedia keuangan
Temukan berbagai produk keuangan terlengkap, mulai dari investasi, pinjaman hingga asuransi!