Daftar Orang Terkaya di Dunia (2019) & Bisnis yang Membuat Mereka Kaya

232
ilustrasi orang terkaya di dunia

Siapa orang terkaya di dunia saat ini? Sebagian dari kita akan fasih menyebut nama Jeff Bezos, Bill Gates atau Warren Buffet.


Namun, apa sih pekerjaan atau usaha yang mereka jalankan sehingga bisa memiliki kekayaan hingga ribuan triliunan rupiah?

Artikel ini memang akan fokus mengulas daftar orang terkaya di dunia dan bisnis yang membuat mereka sukses. Tapi, terlepas dari itu semua, orang-orang ini adalah para “game changer” yang mengubah dunia sehingga layak menjadi inspirasi kita.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah daftar 10 orang terkaya di dunia tahun 2019

10. Larry Page (US$ 50,8 miliar)

salah satu orang terkaya di dunia, larry page
Sumber gambar: 9to5google
  • Mendirikan Google
  • Kekayaan Rp 711,2 triliun

Pada tahun 1998, Larry Page bersama kompatriotnya, Sergey Brin, membangun cikal bakal salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Bersama sahabatnya itu, Larry Page juga menemukan algoritma pemeringkatan situs yang menjadikan Google sebagai mesin pencari terbaik di dunia.

Total kekayaan CEO Google ini mencapai sekitar Rp 711,2 triliun. Sebagian besar sumber kekayaannya itu berasal dari Google.

Kutipan inspiratif: “Sometimes it’s important to wake up and stop dreaming. When a really great dream shows up, grab it.”

tokopedia reksa dana
Investasi mudah dan menguntungkan, mulai dari Rp 10 ribu! Tunggu apa lagi?

9. Michael Bloomberg (US$ 55,5 miliar)

konglomerat media, orang terkaya dunia, michael bloomber
Sumber gambar: reuters
  • Mendirikan Bloomberg
  • Pernah di-PHK
  • Kekayaan Rp 762 triliun

Orang bisa menjadi sangat kaya dengan menjual informasi seputar keuangan. Hal ini dibuktikan oleh Michael Bloomberg, CEO sekaligus pendiri Bloomberg L.P., sebuah perusahaan media dan penyedia informasi keuangan. Kekayaannya sekarang mencapai Rp. 762 triliun!.

Tapi, tahu kah kamu Toppers, sebelum mendirikan perusahaannya dan sukses, Bloomberg sempat mengalami kehidupan yang tidak mudah. Dia pernah dipecat dari pekerjaannya setelah 15 tahun mengabdi.

Kutipan inspiratif: “Being an entrepreneur isn’t really about starting a business. It’s a way of looking at the world: seeing opportunity where others see obstacles, taking risks when others take refuge.”

baca juga: terbukti berhasil! 19 cara kreatif melunasi utang bisnis

8. Mark Zuckerberg (US$ 62,3 miliar)

mark zuckerberg menjadi salah satu orang terkaya dunia
Sumber gambar: cnbc
  • Mendirikan Facebook
  • Putus kuliah (DO)
  • Kekayaan Rp 872,2 triliun

Mungkin hampir semua orang tahu bahwa pendiri Facebook ini drop out saat kuliah di Harvard. Meski tidak lulus kuliah, Zuckerberg fokus mengembangkan temuannya yang saat ini menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Meski badai menerpanya pada tahun lalu karena kasus penjualan data pengguna Facebook, kekayaan Zuckerberg masih mencapai Rp 872,2 triliun.

Kutipan inspiratif: “I think a simple rule of business is, if you do things that are easier first, then you can actually make a lot of progress.”

7. Larry Ellison (US$ 62,5 miliar)

larry ellison salah satu orang terkaya di dunia
Sumber gambar: huhmagazine
  • Mendirikan perusahaan pengembang software
  • Putus kuliah 2 kali
  • Kekayaan Rp 875 triliun

Masih dari deretan pengusaha yang sukses setelah mendirikan perusahaan teknologi. Larry Elisson adalah Cofounder Oracle, sebuah perusahaan perangkat lunak.

Sebagian besar kekayaannya yang mencapai Rp 875 triliun dipperoleh dari berjualan perangkat lunak.

Jika Mark Zuckerberg merupakan orang yang drop out dari satu universitas, Elisson dipecat oleh dua kampus ternama yakni Universitas Chicago dan Universitas Illinois.

Kutipan inspiratif: “I’m addicted to winning. The more you win, the more you want to win.”

investasi emas
Investasi emas masa kini dengan cara yang lebih praktis dan aman di sini!

6. Amancio Ortega (US$ 62,7 miliar)

amancio ortega, pemilik brand zara, orang terkaya di dunia
Sumber gambar: elpais
  • Mendirikan perusahaan mode
  • Hidup sederhana
  • Kekayaan Rp 906 triliun

Amancio Ortega merupakan seorang pengusaha Spanyol yang mendirikan grup mode Inditex. Salah satu merek kelas dunia yang dimiliki Inditex adalah ZARA.

Amancio Ortega dikenal sebagai miliader yang tidak mau disorot media masa dan berpakaian sangat sederhana. Bahkan ia sering makan siang bersama para karyawannya. Kekayaannya mencapai Rp 906 triliun lho Toppers!

Kutipan inspiratif: “Innovation and commitment towards our customers define our corporate culture”.

5. Carlos Slim Helu (US$ 64 miliar)

orang terkaya di dunia, carlos slim helu
Sumber gambar: csmonitor
  • Sukses di bisnis telekomunikasi
  • Merambah sektor usaha lain seperti tambang & infrastruktur
  • Kekayaan Rp 896 triliun

Telekomunikasi membuat orang terkaya di Meksiko ini memiliki kekayaan sekitar Rp 896 triliun.

Setelah sukses berbisnis di bidang telepon dan telekomunikasi, Carlos Slim Helu juga memiliki saham di sejumlah perusahaan konstruksi, tambang, consumer goods dan real estate.

Bahkan, Carlos juga memiliki saham sebesar 17% di salah satu perusahaan media terbesar di dunia: New York Times.

Penting nih Toppers. Salah satu pelajaran penting yang bisa kita petik dari Carlos Slim Helu adalah diversifikasi bisnis.

Maksudnya, meski dia sukses di bidang telekomunikasi, Carlos Slim Helu merentangkan bisnis ke bidang lain yang membuat kekayaannya tetap aman meski terjadi masalah pada bisnis utamanya.

Kutipan inspiratif: “Competition makes you better, always, always makes you better, even if the competitor wins.”

baca juga: Investasi emas batangan vS perhiasan, mana yang paling untung?

4. Bernard Arnault (US$76 miliar)

orang terkaya di dunia, bernard arnault
Sumber gambar: businessoffashion
  • Berhasil mengembangkan modal pemberian orangtua
  • Kekayaan Rp 1.064 triliun

Sama seperti Amancio Ortega, Bernard Arnault berhasil menjadi orang terkaya nomor 4 dunia karena bisnis fesyen. Dengan lebih dari 70 merek fesyen ternama dimilikinya seperti Louis Vuitton dan Sephora.

Bernard memang lahir dari keluarga kaya. Lewat kekayaan ayahnya, dia membeli merek Christian Dior di tahun 1985 senilai US$ 15 juta.

Namun, insting bisnisnya terbukti tajam. Merek yang dibelinya melejit menjadi salah satu brand mewah ternama dan terlaris di dunia.

Kutipan inspiratif: “When I took over Louis Vuitton, everyone said, ‘It’s already so big – what more can you do?’ And since then, we’ve multiplied that success tenfold”.

3. Warren Buffet (US$ 82,5 miliar)

warren buffet orang terkaya ketiga di dunia
Sumber gambar: cnbc
  • Mulai investasi saham sejak usia 11 tahun
  • Kekayaan Rp 1.115 triliun

Namanya mungkin akan terus dikenang sebagai investor saham tersukses di dunia. Warren Buffet adalah bukti bahwa investasi memang harus dilakukan sedini mungkin.

Pria yang memiliki kekayaan di atas seribu triliun rupiah (Rp 1,115.000.000.000) ini mulai berinvestasi pada usia 11 tahun.

Dua tahun kemudian, ketika telah memiliki penghasilan sendiri dari investasi sahamnya, Warren Buffet melaporkan pajak untuk pertama kalinya.

Kini, Warren menjalankan Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan investasi yang memiliki saham di lebih dari 60 perusahaan raksasa di dunia.

Kutipan inspiratif: “It takes 20 years to build a reputation and five minutes to ruin it. If you think about that, you’ll do things differently.”

2. Bill Gates (US$ 96,5 miliar)

bill gates orang terkaya di dunia
Sumber gambar: inc
  • Mendirikan Microsoft
  • Kekayaan Rp 1.351 triliun

Sumber utama kekayaan Bill Gates adalah dari perusahaan yang didirikannya: Microsoft. Pria 63 tahun yang gemar membaca buku ini sudah merintis bisnis sejak tahun 1975 ketika dia mendirikan perusahaan software yang dikembangkannya hingga sekarang.

Sejarah pun akhirnya mencatat Microsoft sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Kutipan inspiratif: “Patience is a key element of success.”

1. Jeff Bezos (US$ 160 miliar)

jeff bezos orang terkaya di dunia
Sumber gambar: chiefexecutive
  • Mendirikan e-commerce terbesar
  • Kekayaan Rp 2.100 triliun

Siapa yang tidak kenal dengan amazon? Perusahaan e-commerce terbesar di dunia ini merupakan sumber utama kekayaan Jeff Bezos. Dia adalah pendiri dari perusahaan tersebut.

Pada tahun 2019, Jeff Bezos didaulat menjadi orang paling kaya di dunia. Kekayaan seorang Jeff Bezos mencapai Rp 2.100 triliun! Wah banyak banget ya Toppers.

Kutipan inspiratif: “If you do build a great experience, customers tell each other about that. Word of mouth is very powerful.”


Nah, itulah daftar orang terkaya di dunia tahun 2019! Bagaimana? Ingin seperti mereka? Ingat, kesuksesan tidak bisa dicapai dengan cara instan. Tidak ada satupun di antara orang yang namanya tercantum di daftar ini dikenal sebagai pemalas.

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah jangan menyerah ketika kita gagal. Terus berjuang dan semoga suatu saat Toppers bisa menjadi seperti mereka.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Bagikan Artikel