7 Perbandingan Investasi Emas Perhiasan dan Emas Batangan, Mana Lebih Untung?

373
emas perhiasan dan emas batangan, perbandingan perhiasan dan emas, perbedaan emas perhiasan dan emas batangan

Pertimbangan penting saat kamu akan berinvestasi emas. Mana kah yang lebih menguntungkan di masa depan. Emas batangan atau emas perhiasan?


Emas Perhiasan vs Batangan – Investasi secara umum adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan.

Ada banyak hal yang terlibat dalam aktivitas ini, dan beberapa di antaranya adalah jumlah dana dan tujuan dari investasi itu sendiri. Jika kamu adalah salah satu orang yang mempunyai keinginan untuk berinvestasi, kamu harus tau jenis investasi apa yang akan kamu ajukan.

Pada umumnya, investasi emas bisa berupa bentuk perhiasan maupun batangan yang hanya bisa disimpan saja di tempat aman. Nah, jika kamu bingung, berikut ini perbandingan dari investasi emas batangan dan emas perhiasan yang harus kamu ketahui sebelum berinvestasi!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Investasi Emas yang Menguntungkan

Perbandingan Emas Batangan dan Emas Perhiasan

Investasi Emas Batangan

  • Harga Stabil
emas perhiasan dan emas batangan, perbandingan perhiasan dan emas
Sumber Gambar: CNBC

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa investasi emas batangan mempunyai nilai dalam jangka waktu yang lama dan mempunyai harga yang stabil.

  • Tujuan dan Waktu Berinvestasi
emas perhiasan dan emas batangan, perbandingan perhiasan dan emas
Sumber Gambar: The Star

Tentukan untuk apa kamu investasi dan berapa lama kamu akan berinvestasi. Jangan sampai kamu rugi di kemudian hari. Karena dengan tujuan yang tepat kamu dapat tahu apa yang kamu lakukan dengan emas kamu.

Jika kamu ingin investasi dalam jangkau waktu panjang, emas batang merupakan pilihan yang tepat.

  • Keamanan Investasi Emas Batangan
emas perhiasan dan emas batangan, perbandingan perhiasan dan emas
Sumber Gambar: Market Watch

Saat membeli emas batangan kamu juga akan disertai dengan sertifikat keaslian yang berisi informasi penting seperti nomor identitas, berat, ukuran dan tingkat kadarnya. Hal itulah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk investasi emas batangan.

Tetapi selain itu, investasi emas tidak selamanya berjalan mulus, kendala yang ditemukan adalah harga emas batangan dan kuantitas yang sulit untuk mendapatkannya.

Emas Antam
Kini beli emas Antam tak perlu repot. Tentunya aman dan terpercaya, Toppers!

Baca Juga: Keuntungan dan Cara Investasi Emas Syariah

Investasi Emas Perhiasan

  • Emas sebagai Aksesoris
emas perhiasan dan emas batangan, perbandingan perhiasan dan emas
Sumber Gambar: Pixabay

Untuk kaum wanita pada umumnya pasti sangat menyukai perhiasan, entah itu gelang kalung, ataupun cincin, dan hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai investasi emas dalam bentuk perhiasan.

Selain berinvestasi, emas dalam bentuk perhiasan, kamu bisa juga menggunakan sebagai aksesoris yang akan menambah nilai penampilan seseorang. Emas memiliki nilai yang tinggi, sehingga tepat untuk dijadikan sebagai perhiasan dalam menunjang penampilan.

  • Mudah Didapatkan
perbedaan emas perhiasan dan emas batangan
Sumber Gambar: Livemint

Kamu akan mudah mendapatkan perhiasan, jika dibandingkan dengan emas batangan. Kamu dapat membelinya di tempat yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga gampang untuk berkonsultasi pada gerai tersebut tentang emas yang sudah kamu beli.

Dengan banyaknya toko-toko penjualan emas, kamu seharusnya lebih berhati-hati dalam membeli emas perhiasan tersebut. Jika kamu memilih emas perhiasan, kamu juga harus membeli di tempat-tempat yang terpercaya dan mempunyai sertifikat.

Jangan sampai kamu membeli emas palsu atau dengan kadar yang tidak sesuai harga yang kamu bayarkan.

  • Pembuatan Perhiasan yang Cukup Mahal
perbedaan emas perhiasan dan emas batangan
Sumber Gambar: Khaleej Times

Jadi, saat membeli perhiasan emas kamu gak hanya dikenakan biaya kadar emasnya saja. Tapi, juga biaya biaya pembuatannya. Itu berarti kamu kamu akan mengeluarkan biaya ekstra.

Umumnya, besar biaya pembuatan perhiasan emas yang diproduksi secara massal (pabrik) sekitar 1-7 persen dari total harga emas.

Sedangkan biaya pembuatan perhiasan emas yang dikerjakan oleh pengrajin rumahan sekitar 15-20 persen dari total harga emas.

  • Harga yang Tidak Stabil
perbedaan emas perhiasan dan emas batangan
Sumber Gambar: Wikiquote

Dengan kamu membeli perhiasan, kamu jangan mengharapkan keuntungan dari perhiasan tersebut. Jangan kaget bila kamu menjual di pasaran dengan harga yang turun atau kamu menjual dengan harga dibawah kamu saat membelinya dan kamu tidak memperoleh keuntungan.

Tapi, jangan berkecil hati dulu, pasalnya kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan cara membeli perhiasan emas di saat harga lagi turun dan menjualnya kembali disaat sedang tinggi.

Baca Juga: Cara Investasi Emas Mudah untuk Pemula

Bagaimana, Toppers? Apakah kamu akan menginvestasikan emas berbentuk perhiasan atau batangan? Sebenarnya keduanya mempunyai keuntungan dan kerugian masing-masing, pilihannya adalah kebijakan dari Toppers sendiri.

Jika kamu ingin jangka waktu panjang dan nilai yang stabil, memilih emas batangan merupakan hal tepat. Namun, jika kamu mau emas yang bisa digunakan sebagai aksesoris untuk meningkatkan penampilan dan mudah didapat, emas perhiasan bisa jadi alternatif.

Yuk, investasi emas sekarang juga bersama Tokopedia!

investasi emas
Investasi emas masa kini dengan cara yang lebih praktis dan aman di sini!

Bagikan Artikel