12 Perbedaan dan Kelebihan GPN Dibandingkan Visa dan Mastercard

7006
perbedaan / kelebihan gpn, visa dan mastercard

Kartu GPN banyak kelebihannya lho, mulai dari bunga ringan hingga biaya transfer yang lebih murah. Simak yuk perbedaan GPN, Visa dan Mastercard berikut ini!


Perbedaan GPN dengan Visa dan Mastercard – Toppers sering berbelanja atau bertransaksi non-tunai menggunakan kartu kredit maupun kartu debit? Kalau ya, pasti sudah nggak asing lagi, dong, dengan sederet sistem transaksi atau pembayaran internasional milik asing seperti Visa, Mastercard, JCB, Union Pay, dan yang lainnya?

Yap, memang selama ini pemrosesan data transaksi dilakukan di luar negeri sehingga sistem pembayaran internasional tersebut lah yang harus dipakai.

Namun, sekarang Indonesia sudah memiliki sistem transaksi sendiri, lho, yang disebut dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Berkat GPN, data transaksi yang tadinya di proses di luar negeri sekarang dapat diproses di dalam negeri.

Ini artinya semua transaksi dari berbagai bank penerbit kartu kredit dan debit telah terintegrasi ke dalam satu gerbang.

Hal ini membuat biaya transaksi kartu debit yang dibebankan kepada pengguna menjadi lebih rendah dari sebelumnya ketika menggunakan kartu berlogo Visa dan Mastercard.

Baca Juga: Syarat Membuat Kartu Kredit Tiap Bank yang Harus Dipenuhi agar Diterima

Perbedaan GPN dengan Visa dan Mastercard

perbedaan gpn visa dan mastercard
Sumber Foto: The President Post

Lantas, apakah Toppers harus segera menukar kartu debit berlogo Visa dan Mastercard dengan kartu kredit dan kartu debit berlogo garuda merah ini? Eits, nggak perlu terburu-buru untuk datang ke bank terdekat.

Simak dulu, yuk, beberapa perbedaan serta kelebihan GPN dibanding Visa dan Mastercard berikut ini!

Perbandingan Skema Harga Sebelum dan Sesudah Menggunakan GPN

Karena semua data transaksi dengan kartu GPN diproses di dalam negeri, sebagian besar biaya yang kamu tanggung akan lebih murah lho dibandingkan menggunakan kartu Visa dan Mastercard. Berikut rinciannya:

  1. Kenyamanan pertama yang akan dirasakan pemegang kartu debit GPN adalah adanya penurunan merchant discount rate (MDR) dari 3% menjadi 1%. Hal ini disebabkan semua data transaksi diproses di dalam negeri.
  2. Jika sebelumnya biaya transfer beda bank menggunakan kartu berlogo Visa dan Mastercard sebesar Rp 6.500 per transaksi, sekarang menjadi Rp 2.500 – Rp 4.000 dengan adanya GPN.
  3. Biaya tarik tunai di mesin ATM milik bank yang berbeda turun dari Rp 6.500 – Rp 7.500 menggunakan kartu debit Visa dan Mastercard menjadi hanya Rp 3.500 – Rp 4.000.
  4. Apabila selama ini dengan menggunakan kartu debit berlogo Visa dan Mastercard, nasabah dikenakan biaya transaksi sebesar 2-3% oleh masing-masing provider, dengan GPN biaya ini turun menjadi hanya 1%.
kartu kredit
Apply kartu kredit dengan lebih mudah dan praktis, serta nikmati banyak promo dan bonus menarik hanya di Tokopedia!

Baca Juga: Tips dan Trik, serta Cara Tarik Tunai Kartu Kredit di ATM agar Tidak Salah Langkah

Kelebihan GPN Dibandingkan Visa dan Mastercard

kelebihan gpn visa dan mastercard
Sumber Foto: Neraca

Ternyata GPN nggak hanya memiliki beberapa kelebihan di atas, lho, jika dibandingkan dengan Visa dan Mastercard. GPN yang diklaim dapat mempermudah transaksi dan memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya ini, masih memiliki banyak kelebihan lainnya terlebih dalam hal MDR.

Transaksi dengan Penerbit dan Acquirer yang Sama (On Us)

  1. Di Merchant Reguler, MDR yang tadinya berkisar 3,5% dengan menggunakan Visa dan Mastercard, dipangkas drastis besarannya menjadi hanya 0,15% oleh kartu debit berlogo GPN.
  2. Merchant Khusus Pendidikan juga mengalami penurunan MDR dari yang tadinya berkisar 3,25% menjadi sangat terjangkau yaitu 0,15% dengan GPN.
  3. Ingin isi bensin? Merchant Khusus SPBU juga menawarkan besaran MDR 0,15% dengan kartu debit berlogo GPN. Biaya ini sebelumnya berkisar 3,25% dengan Visa dan Mastercard.
  4. Merchant Khusus G2P, P2G, Donasi dari MDR mengalami penurunan biaya dari berkisar 3,25% menjadi 0%.

Transaksi dengan Penerbit dan Acquirer yang Berbeda (Off Us)

Sama seperti transaksi on us, transaksi off us dengan menggunakan kartu debit berlogo burung garuda ini juga menawarkan besaran MDR yang relatif kecil dan mengalami penurunan jika dibandingkan dengan Visa dan Mastercard. Berikut rinciannya:

  1. Apabila tadinya di Merchant Reguler memberlakukan besaran MDR berkisar 3,5% dengan Visa dan Mastercard, sekarang dengan GPN kamu dapat menikmati MDR yang turun menjadi 1%.
  2. Merchant Khusus Pendidikan juga mengalami penurunan MDR dari sebelumnya berkisar 3,25% menjadi 0,75% hanya dengan menggunakan kartu berlogo GPN.
  3. Di Merchant Khusus SPBU, dengan menggunakan kartu berlogo GPN, kamu dapat menikmati MDR yang tadinya berkisar 3,25% menjadi hanya 0,5%.
  4. Merchant Khusus G2P, P2G, Donasi bahkan memberlakukan MDR yang awalnya berkisar 3,25% dengan Visa dan Mastercard menjadi 0% alias bebas biaya!

Nah, itu dia beberapa kelebihan GPN dibanding Visa dan Mastercard. Tertarik menukar kartu debit lamamu dengan kartu debit berlogo burung garuda ini? Caranya mudah, lho. Kamu hanya perlu datang ke kantor cabang bank terdekat dan bertemu dengan customer service. Proses penukaran kartu ini hanya memakan waktu sekitar 10 menit saja, kok.

Baca Juga: Mengenal GPN dan 10 Keuntungan yang Didapat Jika Menukar Kartu GPN

Apabila kamu merasa kartu debit belum cukup untuk menunjang kebutuhan transaksimu, sekarang kamu bisa mengajukan kartu kredit secara mudah, aman, dan nyaman di Tokopedia, lho, dengan penawaran cicilan mulai 0% setiap bulannya.

Nggak hanya itu, kamu juga dapat membayar tagihan kartu kreditmu dengan mudah. Yuk, Mulai Aja Dulu penuhi segala kebutuhanmu hanya di Tokopedia!

cicilan 0% tokopedia
Kini kamu bisa membeli barang impian dengan lebih cepat dengan adanya program cicilan 0% di Tokopedia!

Bagikan Artikel