• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Tips Investasi Emas yang Benar agar Menguntungkan dan Aman

Share

5 Tips Investasi Emas yang Benar agar Menguntungkan dan Aman

Tips Investasi Emas – Dari tahun ke tahun, investasi berbentuk emas selalu menarik perhatian masyarakat berbagai kalangan. Tidak hanya orang tua saja, anak-anak muda juga mulai ikut melirik dan menjatuhkan pilihan mereka pada investasi jenis ini untuk tabungan masa depan. Selain lebih mudah untuk diperjualbelikan, investasi emas juga dirasa lebih menguntungkan karena hampir selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan nilai emas yang akan merosot karena investasi emas tidak ada hubungan dengan naik-turunnya inflasi. Nah, bagi kamu yang ingin mulai mencoba peruntungan dengan berinvestasi emas, simak beberapa tips investasi emas bagi pemula yang menguntungkan berikut ini, Toppers!

Baca Juga: Cara Investasi Emas Mudah untuk Pemula

Tips Investasi Emas yang Menguntungkan

1. Cari Tahu Tujuan Investasi

Tips investasi emas yang paling utama agar dapat menguntungkan adalah menentukan tujuan investasi. Tujuan investasi sangat penting karena akan membantu kamu menentukan target pengumpulan emas dan mengestimasi risiko investasi emas yang ada. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui kebutuhan yang akan dipenuhi dengan melakukan investasi emas yang benar ini.

2. Tentukan Jenis Investasi Emas

Tips investasi emas bagi pemula berikutnya adalah menentukan proses investasi. Sebelum memulai investasi, tentukan lah terlebih dahulu jenis investasi emas yang ingin dibeli. Terdapat berbagai investasi emas yang bisa kamu pilih, yaitu beli secara langsung atau mendapatkannya lewat perusahaan penyedia layanan emas.

Beli Langsung Emas Batangan:

Untuk embeli emas batangan secara langsung, kamu harus mempersiapkan sejumlah dana tertentu untuk melakukan pembelian. Tabungan yang kamu kumpulkan ini kemudian digunakan untuk membeli emas batangan dengan cara tunai. Walaupun  memakan waktu, emas batangan yang kamu beli bisa langsung kamu pergunakan.

Kekurangan membeli emas batangan secara langsung adalah kamu harus menentukan lagi tempat menyimpan emas yang telah kamu dapatkan tersebut, apakah secara konvensional atau melalui safe deposit dalam bank.

Beli Lewat Penyedia Layanan Emas:

Cara yang kedua adalah melalui tabungan dari perusahaan penyedia layanan pembelian emas. Dengan menggunakan jasa dari layanan ini, kamu tidak perlu terlalu repot memikirkan tempat penyimpanan emas karena seluruh proses akan dikerjakan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Emas Antam

[tkp_ads id=”investasi-emas-1″ class=”ta-inventory” template=”blog-detail” ep=”product” item=”4″ src=”blog” device=”desktop” dep_id=”1927″]

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Investasi Emas yang Menguntungkan

3. Pastikan Harga dan Jenis Emas

Setelah menentukan tujuan, tips investasi emas yang ketiga adalah melakukan pengecekan terhadap harga emas yang terdapat di pasaran. Kamu dapat melakukannya melalui situs terpercaya yang menampilkan informasi tentang nilai emas terbaru. Kamu juga bisa melakukannya lewat aplikasi khusus.

Jika ingin memastikan lebih jauh dan mendapatkan informasi lebih jelas, kamu tinggal datang ke toko-toko resmi tertentu agar bisa melakukan pengecekan harga secara konvensional seperti kantor Antam, Pegadaian dan lain-lain. Setelah selesai melakukan pengecekan, tentukan besaran emas yang diinginkan untuk melakukan investasi dengan baik.

4. Sesuaikan Waktu Pembelian Emas

Faktor-faktor tertentu seperti periode waktu pembelian emas juga merupakan hal yang harus diingat dalam tips investasi emas. Pastikan waktu yang tepat ketika harga emas sedang turun agar kamu dapat mengoptimalkan keuntungan. Ketika harga emas sedang naik dan tinggi-tingginya, segera lakukan penjualan agar tidak terpengaruh oleh harga yang fluktuatif.

5. Telusuri Latar Belakang Perusahaan

Salah satu hal yang penting dilakukan dalam investasi emas adalah perusahaan investasi yang dituju. Untuk menghindari kerugian dan penipuan, pastikan latar belakang perusahaan dengan baik. Jangan mudah percaya dengan promo yang cepat dan murah karena belum tentu tempat tersebut menyediakan layanan yang resmi. Pilihlah tempat-tempat yang sudah dikenal agar pelayanan investasi bisa terealisasikan.

Baca Juga: Tokopedia Luncurkan Tokopedia Emas, Investasi Emas Jadi Lebih Mudah dan Ringan

Itulah beberapa tips investasi emas yang benar dan menguntungkan yang bisa kamu terapkan. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan dan pemahaman kamu mengenai investasi dalam bentuk logam mulia ini. Untuk para Toppers yang tertarik melakukan investasi emas, kamu dapat juga melakukan pembeliannya di Tokopedia yang tentunya aman dan terjamin!

Tokopedia Emas

[tkp_ads id=”investasi-emas-2″ class=”ta-inventory” template=”blog-detail” ep=”product” item=”4″ src=”blog” device=”desktop” dep_id=”2098″]

Share

Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

Related Articles

Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
Keuangan
Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
© 2009-2024, PT Tokopedia