• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Fransisca Anastacia – Mendapat Omset Belasan Juta Rupiah Dengan Modal Ratusan Ribu Rupiah

Share

Fransisca Anastacia – Mendapat Omset Belasan Juta Rupiah Dengan Modal Ratusan Ribu Rupiah

Halo Toppers, Seller Story kali ini mengangkat cerita dari Fransisca Anastacia atau bisa dipanggil secara singkat Sisca. Sisca selama 2 tahun terakhir ini sudah menjalankan usaha jual online melalui Tokopedia dengan fokus utama pada penjualan tas untuk para wanita. Hayo siapa yang suka berburu tas?Jangan cuma berburu cinta aja dong hahaha

Sisca yang memiliki hobi membaca, travelling, dan koleksi tas ini ternyata mengawali kesuksesannya dengan modal sebesar Rp. 300.000 saja loh. Wah kalo anak muda jaman sekarang sih uang segitu abis buat sekali pacaran di malam minggu, tapi Ibu cantik ini justru mengubahnya menjadi peluang usaha.

Penasaran bagaimana perjalanan dari TasUniq Boutique sehingga bisa bertahan dan sukses di Tokopedia? Langsung simak yuk pembicaraan kami bersamanya dibawah ini.

tasuniq

Hai Sisca ada cerita ga sih dibalik pilihan nama toko kamu ini?

Ada dong, saya memilih namaThe TasUnique Boutique  dengan tagline : “Temukan Tas Uniq-Moe Di Sini!” karena saya adalah pecinta tas dan suka sekali tas dengan model unik yang bisa mencerminkan diri kita secara personal. Tas yang kita pakai bukan hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan dompet, make-up atau handphone saja, tetapi model tas yang kita pilih dan pakai sebenarnya mencerminkan kepribadian kita.

Boleh tau dong mengenai visi dan misi dari TasUniq Boutique?

Wah boleh banget dong :D

Visi:  The TasUniq Boutique bisa menjadi pijakan awal bagi saya untuk mengembangkan bisnis online yang lebih beragam dengan skala yang lebih besar. The TasUniq Boutique dapat membantu saya untuk tetap menjadi wanita produktif meskipun telah mendedikasikan waktu untuk keluarga di rumah.

Misi: TasUniq Boutique bisa menjadi toko online yang tidak hanya menawarkan produk-produk berkualitas baik dengan model yang up-to-date dan harga terjangkau, tetapi juga bisa memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan bagi pelanggan.

 Sejak kapan sih Sisca mulai berjualan online dan bagaimana bisa berkenalan dengan Tokopedia, adakah cerita menarik saat mengawali perjalanan bersama Tokopedia?

Sejak tahun 2012 saya mulai berjualan online. Saya menemukan Tokopedia dari sebuah buku bisnis populer yang mengulas tentang pasar online. Dalam buku tersebut diulas beberapa pasar online (kelebihan dan kekurangannya masing-masing). Di buku tersebut Tokopedia sangat di rekomendasi sebagai salah satu pasar online dengan prospek yang bagus. Kemudian saya lanjutkan dengan mencoba terjun ke semua pasar online yang diulas di buku tersebut untuk uji coba dan akhirnya, saya jatuh cinta pada Tokopedia :)

Pada waktu itu saya memulai berjualan di Tokopedia pada awal maret 2012 tetapi selama 4 bulan pertama nyaris tanpa penjualan, cukup alasan buat mundur teratur ya hahaha

Tetapi saya pantang menyerah, dan akhirnya saya temukan beberapa point yang harus saya tingkatkan. Dan disempurnakan dengan doa, akhirnya pelanggan mulai berkenan mengunjungi TasUniq,bahkan tidak sedikit yang melakukan repeat order, baik untuk digunakan sendiri maupun untuk dijual ulang.

Perubahan mulai terjadi saat saya mengkonsep “Program Reseller”. Keputusan nekat untuk sebuah toko pemula karena selain keterbatasan modal dan juga karena saat itu saya melihat konsep promosi yang berhubungan dengan Reseller belum familiar bagi toko-toko lain di Tokopedia. Saya bersyukur sekali, banyak Reseller yang masih terus aktif melakukan order di toko kami, big hug buat semua partner reseller TasUniq ya! :D  

Berapa modal awal yang Sisca keluarkan saat pertama kali berjualan di Tokopedia? Dan berapa keuntungan yang diraih hingga saat ini?

Modal awal saya waktu itu sekitar Rp 300.000 hasil dari menyisihkan budget bulanan keluarga dan itu hanya cukup untuk membeli beberapa item tas dari Supplier. Tetapi saya mendisiplinkan diri untuk tidak mencampur-adukkan keuangan usaha dengan keuangan keluarga, sehingga target awal saya adalah mengembalikan pinjaman modal dari rumah dahulu dan selisihnya saya putar lagi sebagai modal. Untuk keuntungan yang saya ambil tidak banyak apalagi karena TasUniq menawarkan harga khusus grosir dan juga dibagi dengan reseller. Saat ini omset TasUniq di kisaran belasan juta rupiah/bulannya.

Ada kisah unik ga selama Sisca berjualan dan bertransaksi menggunakan Tokopedia?

Selama ini banyak toko dalam status moderasi karena “diasumsikan” telah mengarahkan calon pembeli melakukan transaksi di luar Tokopedia. Kenyataan yang sering terjadi ajakan tersebut sebenarnya banyak juga muncul dari pelanggan hahaha

Tetapi prinsip saya, TasUniq lahir berkat Tokopedia dan Tokopedia-lah yang membantu agar TasUniq bisa bertemu dengan pelanggan jadi, rasanya tidak fair bila saya melakukan hal tersebut dengan pertimbangan apapun. Alasan yang sering muncul, pelanggan mengeluh tidak tau bagaimana caranya melakukan proses order di Tokopedia. 

100_0232b

Produk-produk apa saja yang dijual di toko kamu? Lalu bagaimana ceritanya bisa tertarik untuk berjualan produk-produk tersebut?

Awalnya hanya tas fashion dengan kualitas standar yang kami jual. Kemudian kami tambahkan tas dengan model lebih exclusive dengan kualitas bahan yang lebih bagus, untuk menyasar wanita dewasa dan woman career.

Tetapi saat ini kami juga menawarkan koleksi baru : HPO Leather Clutch , rencana untuk kedepannya kami juga akan menawarkan koleksi tas pria, supaya varian produk di toko kami semakin lengkap. Jadi pelanggan bisa memenuhi kebutuhan asesoris seperti tas, dompet dan topi untuk semua anggota keluarga, sehingga bisa menghemat ongkos kirim. Profesi terakhir saya sebagai Promotion Manager di sebuah perusahaan swasta mengkondisikan saya untuk bertemu dengan banyak orang. Saat saya mempelajari Public Relation untuk mendukung profesi saya, saya menemukan bahwa melalui penampilan secara keseluruhan, kita bisa memberikan “image positif” kepada orang-orang di sekitar kita. Saya terbiasa memadupadankan warna tata rias, pakaian dan asesoris pendukung (seperti pernik-pernik perhiasan, sepatu dan terutama tas) untuk membuat saya merasa lebih nyaman dan percaya diri atas penampilan saya. 

 Tips dari saya, selain memiliki tas dengan warna favorit kita, miliki juga minimal 1 tas dengan warna netral/universal yang bisa dipadupadankan dengan banyak warna, seperti : hitam, coklat, putih, maupun abu-abu. Jadi Bags Lover nggak terlalu repot lagi memikirkan warna tas yang pas untuk dipasangkan dengan busana yang kita pakai.

Bagaimana Sisca bisa mendapatkan produk tersebut?

Hobby saya mengkoleksi tas membuat saya selalu berburu tas yang modelnya unik dan harga yang terjangkau. Awalnya saya membeli untuk saya gunakan sendiri, tetapi saat ini saya membeli untuk dijual kembali. Karena sudah bekerjasama cukup lama dan progress penjualan yang terus meningkat, maka saya bisa mendapatkan harga beli yang lebih baik dari supplier sehingga saat ini bisa menawarkan produk dengan model dan kualitas sama tetapi harga lebih murah.

Apa kesan dan pesan selama berjualan di Tokopedia?

Tokopedia mengambil alih sekitar 50% dari keruwetan proses transaksi dan FREE, love it!

Dengan bantuan Tokopedia, penjual tidak perlu lagi direpotkan dengan masalah administrasi penjualan, sehingga bisa lebih fokus pada produk, promosi dan pelayanan. Yang paling saya suka, team CS yang sangat tanggap dan siap membantu bila terjadi masalah apapun yang berkaitan dengan transaksi, meskipun kadang hanya seputar hal kecil seperti soal ongkir maupun kegunaan fitur. Terimakasih banyak Tokopedia & Team!

Apa sih produk yang menjadi best seller di TasUniq Beautique?

Produk yang saat ini menjadi unggulan TasUniq :

 

2669691_e4b462fe-42fb-11e3-a757-6bd33284bbc6
Tas multi fungsi dari bahan kulit sintetis jenis ferrari

Selain bisa digunakan dengan beberapa fungsi, bahan kulit sintetis bertekstur yang tidak kaku/lemas memberikan image lebih dinamis dan modern ( antara lain model : Sling Bag Tiga Tali , Postman Bag 2 In 1 Azzura Style & Sling Bag Classic Tunisie)

 

2962292_7fe1bde2-6f81-11e3-b654-40722523fab8
HPO Leather Clutch

Selama ini model HPO yang tersedia kebanyakan berbahan dasar parasut mikro, dan bentuknya cenderung kotak persegi standard. TasUniq menawarkan HPO dengan berbagai model yang cantik dan berbahan dasar kulit sintetis, sehingga terlihat chic saat digunakan.

Bagaimana cara Sisca menjaga kepercayaan dan kepuasan dari para pembeli? Terutama dalam hal berjualan online?

Sebagian besar varian produk yang ditawarkan TasUniq sudah saya gunakan secara pribadi. Selain untuk lebih mengenal model & jenis bahan, juga untuk mengetahui kekuatan/daya tahan tas. Produk yang saya pertimbangkan memiliki model up to date dan kualitas baik (proporsional sesuai harga) yang kami tawarkan di toko. Dalam sehari, seringkali puluhan pertanyaan kami terima baik melalui Talk About It maupun inbox. Kami selalu siap menjawab semua pertanyaan yang masuk berkaitan dengan ketersediaan stock dan warna dengan “hati penuh senyum” :)

Saya juga mencoba memberikan sentuhan personal dalam kedekatan sebagai penjual dengan pembeli supaya hubungan terjalin akrab dan tidak kaku. Salah satu contohnya, dengan berusaha mengingat nama pelanggan-pelanggan setia TasUniq, karena berkat merekalah TasUniq bisa makin berkembang hingga saat ini.

Apakah ada saran dari Anda untuk para penjual lain yang juga belum lama memulai berjualan di Tokopedia?

Jangan pernah menyerah saat menghadapi kesulitan, jadikan kendala sebagai motivasi untuk mengasah intuisi bisnis kita. Kreatif menciptakan strategi untuk membuat toko Anda makin dilirik Customer. Dan yang pasti..rajin-rajin klik tombol DINK IT/PROMO ya! Sukses buat semuanya!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
Seller Story
Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
© 2009-2024, PT Tokopedia