• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Pengertian dan Contoh Surat Paklaring: Dokumen Keterangan Kerja

07 November 2023

Share

Pengertian dan Contoh Surat Paklaring: Dokumen Keterangan Kerja

Surat paklaring adalah dokumen penting yang secara resmi dari sebuah perusahaan tentang masa kerja kita. Yuk, ketahui tentang surat paklaring selengkapnya!


Surat Paklaring merupakan sebuah dokumen yang menyatakan bahwa seseorang pernah bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi tertentu dalam jangka waktu tertentu. Surat ini dibuat oleh tempat kerja atau perusahaan yang ditinggalkan sebelum akhirnya bekerja di perusahaan baru.

Tak hanya perusahaan, lembaga-lembaga juga bisa mengeluarkan surat paklaring. Surat ini juga digunakan sebagai syarat lampiran berkas saat melamar pekerjaan ke perusahaan baru sebagai bukti dari kinerja seseorang saat bekerja.

Kapasitas seseorang bisa dilihat dari surat paklaring berupa prestasi dan kontribusi yang dilakukan saat di perusahaan. Berikut ini fungsi, syarat, dan contoh surat paklaring.

Baca Juga: Manfaat, Syarat, Prosedur, dan Contoh Surat Keterangan Usaha

Fungsi Surat Paklaring

article

Sumber Gambar: Freepik

Selain berfungsi sebagai dokumen resmi bahwa seseorang pernah bekerja, surat paklaring juga memiliki beberapa fungsi lainnya yang sangat penting seperti berikut ini.

  • Membuat BPJS Ketenagakerjaan dan pencairan dana JHT atau Jaminan Hari Tua.
  • Melamar pekerjaan selanjutnya.
  • Mendapatkan Beasiswa melalui jalur profesional.
  • Mengajukan pinjaman dana ke Bank, pengajuan KTA, KKB, KPR, dan juga Kartu Kredit.

Syarat Membuat Surat Paklaring

Tak bisa sembarangan, surat paklaring bisa dibuat jika memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan. Berikut ini syarat membuat surat paklaring:

  • Surat paklaring juga dapat digunakan sebagai surat referensi atau rekomendasi dari perusahaan sebelumnya. Untuk membuat surat ini, kamu sebagai pegawai harus mengundurkan diri secara baik-baik.
  • Lama kerja minimal 1 tahun untuk membuat surat paklaring. Jika di bawah waktu tersebut karyawan dianggap kurang memiliki kinerja yang baik di perusahaan sebelumnya.
  • Telah memenuhi semua kewajiban kerja dan tidak meninggalkan pekerjaan yang belum selesai.

Contoh Surat Paklaring

Dalam pembuatannya, surat paklaring terdiri dari kop surat, nomor surat, pengesahan, isi surat, stempel, dan tanda tangan. Berikut ini contoh-contoh surat paklaring yang biasa digunakan oleh perusahaan.

1. Contoh Surat Paklaring Bahasa Indonesia

article

Sumber Gambar: Slideshare

Secara garis besar, surat paklaring memiliki format yang hampir mirip antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Contoh surat di atas merupakan surat paklaring yang biasa dikeluarkan oleh perusahaan.

2. Contoh Surat Paklaring Bahasa Inggris

article

Sumber Gambar: Template Lab

Tak hanya bahasa Indonesia, surat paklaring juga biasa dikeluarkan oleh perusahaan luar negeri atau perusahaan asing dengan fungsi dan syarat yang hampir sama. Di luar negeri, surat paklaring disebut dengan certificate of employment.

3. Surat Keterangan Kerja Paklaring

article

Sumber Gambar: 99.co

Contoh di atas merupakan surat keterangan kerja atau paklaring yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk menjelaskan bahwa pihak yang bersangkutan bekerja di perusahaan tersebut dan memiliki kinerja yang baik.

4. Surat Paklaring Lengkap

article

Sumber Gambar: SlideShare

Surat paklaring wajib untuk ditulis dengan lengkap, meliputi kop surat, nomor surat, dan isi surat yang menjelaskan kinerja dari karyawan yang bersangkutan. Surat ini dibuat oleh perusahaan dengan pernyataan yang jujur dan sebenar-benarnya.

Baca Juga: 7 Contoh Surat Niaga untuk Kebutuhan Bisnis

Itu dia Toppers pengertian dan contoh surat paklaring yang bisa menjadi keterangan resmi bahwa seseorang bekerja di suatu perusahaan. Surat ini biasa digunakan untuk melamar pekerjaan selanjutnya, BPJS, hingga pendidikan.

Untuk kamu yang ingin membuat surat, beli perlengkapan surat-menyurat seperti amplop dan cap surat hanya di Tokopedia.

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

Share

Qonita ChairunnisaQonita Chairunnisa

Related Articles

13 Jenis Soal Psikotes yang Sering Digunakan dalam Rekrutmen
Kerja
13 Jenis Soal Psikotes yang Sering Digunakan dalam Rekrutmen
© 2009-2024, PT Tokopedia