• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Fungsi Toner, Seimbangkan pH Kulit hingga Kurangi Jerawat

Share

10 Fungsi Toner, Seimbangkan pH Kulit hingga Kurangi Jerawat

Ingin membeli toner, tapi tidak tahu fungsinya? Simak fungsi dan manfaat toner yang ternyata punya peranan penting untuk kulit kamu!


Toner wajah pada dasarnya adalah langkah perawatan kulit di sela-sela skincare. Biasanya, toner digunakan setelah kamu mencuci wajahmu sebelum kamu menggunakan serum atau pelembap.

Salah satu perlengkapan perawatan wajah wajib ini juga bekerja untuk menyingkirkan minyak berlebih dan kotoran membandel.

Sejarahnya, toner digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit setelah menggunakan mencuci wajah dengan sabun yang mengandung alkalin. Seiring berjalan waktu, toner memiliki banyak varian dengan kandungan dan manfaat berbeda-beda.

Sekarang, banyak toner yang berbasis air, sehingga sedikit yang menggunakan alkohol.

Nah, setelah kamu mengetahui apa itu toner dan penggunaannya, sebenarnya apalagi sih manfaat toner? Simak di bawah ini, yuk!

Belanja Bebas Ongkir
Nikmati promo Bebas Ongkir Tokopedia, biar belanja makin hemat!

Baca Juga: Review Nature Republic Aloe Vera: Sebagus Itu Kah Khasiatnya?

Fungsi Toner Wajah

1. Mengecilkan Pori-pori Wajah

fungsi toner
Sumber Gambar: Allure

Pori-pori yang besar memudahkan masuknya banyak kotoran, minyak, dan racun untuk masuk ke kulit dan menyebabkan iritasi dan infeksi.

Nah, toner wajah dapat mengencangkan pori-pori wajahmu dan memungkinkan lebih sedikit minyak dan racun untuk mengendap di kulit.

Hasil akhirnya dapat memberikan penampilan yang lebih segar, lebih bersih, dan tidak terlalu berminyak sekaligus mencegah jerawat.

2. Menyeimbangkan pH Kulit

fungsi toner
Sumber Gambar: Nayelle Probiotic Skincare

Ini merupakan manfaat yang sejak dari dulu sudah dikenal. Toner digunakan untuk mengembalikan keseimbangan pH pada kulit.

Biasanya, kulit kita memiliki pH sebesar 5.5 dan toner dapat memberikan pH tersebut kembali, karena setelah mencuci wajah, kulit akan terasa lebih kering atau berminyak.

3. Menambah Lapisan Perlindungan

fungsi toner
Sumber Gambar: Mamiverse

Seperti manfaat di atas, toner dapat membantu menutup pori-pori dan mengencangkan celah sel setelah pembersihan. Selain itu, juga dapat mengurangi penetrasi kotoran dan kontaminan lingkungan ke dalam kulit.

Ia bahkan bisa melindungi dan menghilangkan klorin dan mineral yang ada pada air ledeng.

4. Pelembap

fungsi toner
Sumber Gambar: StyleCaster

Beberapa toner merupakan humektan, yang berarti mereka membantu mengikat kelembaban pada kulit.

Toner dapat melembabkan kulitmu ketika kulitmu membutuhkannya. Inilah sebabnya mengapa toner sangat bagus untuk digunakan saat kamu bepergian. Contohnya seperti udara dalam penerbangan yang membuat kulitmu mengering.

Jadi, menggunakan toner dengan kapas akan membersihkan kulit dan melembabkannya.

5. Menyegarkan Kulit

fungsi toner wajah
Sumber Gambar: Currie Hair, Skin and Nails

Toner juga dapat digunakan sebagai pengganti cleanser kulit kamu ketika keadaan kulitmu sedang berminyak atau kotor. Toner akan membuat kulitmu direvitalisasi bahkan ketika kamu sedang bepergian.

Cukup oleskan ke wajah dengan kapas dan gunakan secukupnya.

jual masker wajah hewan / animal mask
Perawatan wajah lebih seru dengan animal mask pilihan di sini!

Baca Juga: 12 Merk Masker Wajah Terbaik untuk Segala Kebutuhan

6. Mengurangi Rambut yang Tumbuh di Dalam

fungsi toner wajah
Sumber Gambar: Online Business News Singapore

Toner yang mengandung asam glikolat atau asam alfa hidroksi lainnya dapat membantu mencegah rambut tumbuh dari dalam. Maka dari itu, toner juga membantu dalam perawatan bulu pada kulit.

7. Detoksifikasi

fungsi toner wajah
Sumber Gambar: Girlterest

Banyak racun yang memengaruhi kesehatan dan penampilan kulit kamu. Biasanya berasal dari bahan kimia buatan industri. Toner wajah berfungsi untuk menghilangkan racun lingkungan seperti asap, kabut asap dan residu kimiawi lainnya dari kulit.

Sehingga dapat membantu kulit kamu terlihat lebih cerah dan sehat. Dan manfaat jangka panjangnya termasuk jerawat yang lebih sedikit, bekas jerawat yang membandel dan kerutan yang lebih sedikit.

8. Mengurangi Jerawat

anfaat toner
Sumber Gambar: JMD Medico

Toner terkenal karena dapat menghilangkan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo. Jika kamu memiliki jerawat atau kulit yang rentan terhadap minyak, cari toner yang mengandung asam glikolat atau asam salisilat.

Kandungan tersebut ampuh untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat.

9. Menghidrasi dan Menutrisi

anfaat toner
Sumber Gambar: Beyond Words

Toner wajah memberikan hidrasi pada kulitmu, yang penting untuk menjaga elastisitas, kehalusan, kelembaban dan penampilan yang lebih muda.

Hidrasi kulit yang tepat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan memberikan dasar yang efektif untuk aplikasi makeup sehari-hari

Banyak toner wajah juga menyediakan vitamin dan nutrisi kulit penting lainnya untuk menjaga kulit kamu sehat dan seimbang.

10. Menghilangkan Minyak Berlebih

anfaat toner
Sumber Gambar: Elemis

Bukan rahasia bahwa kamu berkeringat lebih banyak selama ketika beraktivitas di bawah paparan sinar matahari yang terik. Apalagi ketika bercampur dengan minyak berlebih, kotoran dan bakteri.

Hal tersebut dapat membuat kulit gelisah dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Itulah mengapa penting untuk mengambil langkah ekstra dalam pembersihan kulitmu dengan toner.

Baca Juga: 22 Manfaat Minyak Zaitun yang Bisa Bikin Awet Muda

Jadi, itulah Toppers daftar manfaat dari toner untuk kulit kamu. Toner merupakan suatu rezim yang termasuk penting pada perawatan wajah. Jika kamu ingin mendapatkan kulit impianmu, pastikan jangan lewati langkah ini, ya!

Sudah paham betul kan sekarang, seberapa penting fungsi toner? Yuk, lengkapi perawatan kulit wajahmu dengan toner pilihan di Tokopedia!

jual produk kecantikan
Temukan berbagai kebutuhan perlengkapan kecantikan dari brand-brand terpercaya dan produk berkualitas terbaik di sini!

Penulis: Adisha Kristy

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Apa Itu Moisturizer? Ini Fungsi Moisturizer untuk Kulit Wajah
Kecantikan
Apa Itu Moisturizer? Ini Fungsi Moisturizer untuk Kulit Wajah
© 2009-2024, PT Tokopedia