10 Cara Mengatasi Insomnia: Kenali Penyebab, Jenis, dan Cara Mengatasinya

342
cara mencegah insomnia

Jam sudah menunjukkan lewat tengah malam dan Toppers masih belum merasa mengantuk atau tidak bisa tidur sama kali? Bisa jadi kamu sedang terkena Insomnia alias gangguan susah tidur. Tentunya gangguan Insomnia sangat mengganggu aktivitas dan nggak baik buat kesehatan. Lalu, apa sebenarnya penyebab Insomnia dan juga cara mengatasi Insomnia? Yuk, kenali lebih dalam mengenai gangguan pola tidur satu ini.

Baca juga: Inilah Makanan Pengantar Tidur yang Membuatmu Terlelap

Gejala Insomnia

Insomnia adalah kelainan dalam pola tidur berupa kesulitan untuk tidur. Biasanya Insomnia ini diikuti juga dengan gangguan fungsional setelah bangun tidur. Berikut adalah gejala umum yang biasanya dimiliki seseorang yang memiliki gangguan Insomnia:

  1. Kesulitan untuk tidur (terjaga di malam hari)
  2. Sepanjang hari merasakan kelelahan
  3. Pada kasus tertentu penderita mungkin memiliki perasaan cemas, tegang, khawatir, atau kecemasan terhadap masa lalu atau masa depan
  4. Sulit untuk fokus dan berkonsentrasi

alat tidurSumber gambar: Pixabay

Jenis-jenis Insomnia

Berdasarkan tingkat parahnya, gangguan Insomnia bisa diklasifikasikan menjadi tiga tingkatan. Berikut adalah jenis-jenis Insomnia berdasarkan tingkat parahnya:

Insomnia biasa

Gangguan insomnia seperti ini biasanya belum terlalu parah dimana penderita membutuhkan waktu lebih untuk bisa tertidur. Penderita Insomnia tahap ini juga biasanya mudah terbangun dan sulit untuk tertidur lagi.

Insomnia akut (short-term insomnia)

Insomnia jenis ini biasanya disebabkan oleh stress atau depresi sehingga mengakibatkan penderita kesulitan untuk terlelap.

Insomnia kebiasaan

Terkadang, sulitnya tidur bisa juga disebabkan oleh kebiasaan dan juga rutinitas tidur. Jika penderita sudah terbiasa tidur pagi, hal ini bisa mengakibatkan penderita kesulitan tidur diluar dari jam tidur tersebut.

Insomnia idiopatik

Terkadang insomnia bisa juga disebabkan oleh kondisi medis yang perlu penanganan medis lebih lanjut. Jenis Insomnia parah yang belum terdeketsi penyebabnya ini biasa disebut Insomnia idiopatik. Insomnia jenis ini bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor alamiah yang mungkin tak terdeteksi.

bantal dakron

Penyebab Insomnia alias Susah Tidur

Lalu, mengapa seseorang bisa terkena gangguan Insomnia? Yuk, kenali berbagai penyebab Insomnia untum mempermudahmu mengatasi gangguan tidur satu ini:
1. Stress
2. Depresi
3. Perasaan Cemas berlebih
4. Kondisi Medis
5. Masalah Psikologis
6. Ketergantungan dengan obat tidur

Jam WekerSumber gambar: Pixabay

Cara Mengatasi Insomnia

Setelah mengenal lebih dalam mengenai Insomnia. Sekarang cari tahu cara-cara mengatasi Insomnia untuk perbaiki pola tidur yang Toppers miliki dengan langkah-langkah obati Insomnia berikut:

1. Kurangi Alkohol dan Kafein

Minum alkohol dan kafein berlebih adalah salah satu penyebab insomnia. Jadi, jika kamu termasuk penggemar minuman beralkohol dan kopi, mengurangi konsumsi alkohol dan kafein bisa membuatmu lebih mudah untuk tertidur. Jika memang harus mengonsumsi kedua minuman ini, usahakan untuk mengonsumsinya paling tidak 6 jam sebelum jam tidurmu, ya.

2. Refreshing! Hilangkan Stress

Salah satu cara mudah menghilangkan Insomnia adalah dengan menenangkan pikiran. Jadi, luangkan waktumu untuk pergi berlibur. Hilangkan rasa penat dan stress karena kedua hal ini adalah penyebab Insomnia yang banyak dialami orang-orang. Selain pergi berlibur, kamu juga bisa menenangkan pikiranmu lewat aktivitas seperti Yoga ataupun Meditasi.

Baca juga: 7 Inspirasi Interior dan Dekorasi Kamar Tidur untuk Hunian Idaman

3. Tata Ulang Kamarmu

Suasana kamar yang kondusif juga bisa membantu membuat tidur lebih pulas, lho! Atur ulang perabot dan pastikan semuanya sudah tertata rapi. Gunakan warna-warna yang lembut dan tidak terlalu terang. Kamu juga bisa menambahkan lampu tidur ataupun mengganti tempat tidur menjadi tempat tidur yang lebih nyaman. Letakkan juga aroma terapi yang membuat udara di kamar jadi lebih kondusif. Intinya, ciptakan suasana kamar yang senyaman mungkin untuk meningkatkan kualitas tidurmu.

 

Lampu Tidur

4. Olahraga

Sebuag penelitian menunjukkan bahwa orang yang aktif berolahraga cenderung memiliki tidur yang lebih nyenyak dibandingkan orang yang jarang berolahraga. Carilah aktivitas olahraga ringan yang bisa kamu jadikan rutinitas. Nggak cuma membantu mengatasi Insomnia, hal ini juga baik untuk kesegatanmu secara keseluruhan.

5. Air Putih dan Susu

Daripada mengonsumsi alkohol dan kafein yang justru akan memperparah insomnia, mending ganti minuman sebelum tidurmu dengan air putih ataupun susu. Minum air putih yang cukup, dan susu hangat sebelum tidur akan membantu membuat kondisi tubuh lebih rilaks dan mudah terlelap.

 

6. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi Insomnia selanjutnya adalah dengan mandi air hangat. Menurut penelitian uap panas yang dihasilkan oleh air dapat merileksasi otot-otot dan saraf dalam tubuh. Hal ini otomatis akan membuat tubuh lebih rileks dan tidur lebih pulas.

7. Hindari Makan sebelum Tidur

Suka makan sebelum tidur? Awas, hal ini nggak cuma bisa bikin gendut tapi juga bisa menyebabkan kamu jadi kesulitan tidur, lho. Saat tubuh menerima asupan makanan, maka sistem pencernaanmu jadi lebih aktif. Jadi, hindari mengonsumsi makanan paling tidak satu jam sebelum jam tidurmu.

8. Konsumsi Cokelat

Masih, berbicara soal makanan, makanan manis seperti cokelat ternyata bisa berfungsi sebagai penenang alami, lho. Konsumsilah sedikit cokelat sebagai kudapan untuk membuat pikiranmu lebih tenang sehingga terhindar dari Insomnia.

9. Asupan Nutrisi

Insomnia juga terkait erat dengan kesehatan fisikmu. Cara mengatasi Insomnia yang bisa kamu coba adalah mulai mengonsumsi, makanan-makanan sehat yang bernutrisi. Hindari fast-food berlebihan dan juga makanan yang banyak mengandung penyedap rasa apalagi bahan pengawet!

10. Perbaiki rutinitas tidur

Terakhir, jika perlahan kamu sudah berhasil mengurangi gejala Insomnia, perbaikilah rutinitas tidur dengan mengurangi begadang, dan juga tidur siang berlebihan. Dengan membiasakan hal ini, kamu bisa mencegah Insomnia untuk kembali lagi.

Baca juga: 6 Posisi Tidur dan Pengaruhnya bagi Kesehatan

Nggak terlalu sulit bukan untuk mempraktikkan cara-cara mengatasi Insomnia tersebut? Setelah mengenali gangguan Insomnia, kamu juga harus menghindari hal-hal yang mungkin menyebabkan Insomnia. Jika memang gangguan Insomnia masih berlarut-larut, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya!