Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Hati-Hati dengan Penipuan yang Mengatasnamakan Tokopedia

21 January 2015
Share icon
Share
Hati-Hati dengan Penipuan yang Mengatasnamakan Tokopedia

Pahami dengan cermat mekanisme transaksi di Tokopedia dan hindari penipuan mengatasnamakan Tokopedia dengan tips ini.


Mungkin Toppers pernah membaca artikel yang berjudul “Apakah Tokopedia Penipu?”, “Hati-Hati Tertipu saat Berbelanja di Tokopedia”, “Modus Penipuan di Tokopedia” dan berbagai artikel lainnya yang terkait dengan hal tersebut.

Lalu benarkah pembeli di Tokopedia banyak yang menjadi korban penipuan? Bagi Toppers yang sudah tahu betul cara dan mekanisme transaksi di Tokopedia pastinya menjawab “TIDAK BENAR”.

Sebenarnya Tokopedia.com sendiri merupakan platform jual-beli online yang mengusung model bisnis online marketplace.

Melalui Tokopedia, semua individu dan pemilik usaha kecil bisa mengembangkan bisnis mereka melalui online secara lebih mudah dan gratis, dalam hal ini Tokopedia tidak memungut biaya apapun untuk setiap penjual yang membuka toko di Tokopedia.

Dengan sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas “Rekening Bersama” atau yang juga dikenal dengan “Escrow”, Tokopedia hadir sebagai media jual-beli online yang memungkinkan terjadinya transaksi jual-beli online yang lebih aman dan nyaman.

Tindak penipuan yang dialami oleh beberapa pengguna Tokopedia beberapa waktu lalu sebenarnya terjadi karena beberapa faktor seperti pembeli melakukan transaksi di luar sistem Tokopedia dan juga terjebak dengan modus penipuan online yang saat ini sedang marak terjadi yaitu Phishing.

Phishing sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan para peretas untuk mencuri data-data rahasia pengguna dengan membuat situs palsu yang menyerupai suatu situs resmi dan mengajak pengguna untuk masuk ke situs palsu tersebut.

Biasanya phisher (sebutan untuk orang yang melakukan phishing) mengecoh pengguna dengan menggunakan nama situs dan tampilan yang hampir 100% sama dengan situs asli, misalnya www.tokopedia.com diganti menjadi www.admin-tokopediiia.cz, www.tokopediiiia.com dan sebagainya.

tips internetan aman untuk mencegah penipuan bermodus phishing
Sumber: www.computing.co.uk

Saat masuk ke situs palsu tersebut, pengguna akan diminta memasukkan email dan kata sandi, seakan-akan seperti pengguna login di situs resmi.

Kemudian mereka akan mencuri email dan kata sandi yang digunakan pengguna untuk login, serta menyalahgunakan akses akun tersebut untuk kepentingan pribadi.

Agar terhindar dari modus penipuan online yang satu ini, kami sarankan agar Anda selalu memastikan bahwa situs yang Anda kunjungi adalah benar-benar situs resmi Tokopedia yakni www.tokopedia.com. Selain itu, hindari untuk melakukan transaksi di luar sistem Tokopedia.

Jika ada penjual yang mengajak untuk bertransaksi di luar Tokopedia, sebaiknya Anda menolak agar terhindar dari tindak penipuan.

Pastikan Anda hanya melakukan pembayaran ke nomor rekening atas nama PT TOKOPEDIA, bukan nomor rekening atas nama pihak-pihak lain. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas semua transaksi yang terjadi di luar sistem Tokopedia.

Jika ada pihak yang mengatasnamakan Tokopedia ataupun yang mengatasnamakan pihak berwenang menghubungi Anda secara langsung, atau mengirimkan pesan pribadi ke akun Tokopedia Anda untuk meminta data-data pribadi, kami himbau Anda untuk tidak memberikan data apapun.

Harap untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada kami melalui email contact@tokopedia.com

Data-data pribadi yang sebaiknya tidak Anda sebarluaskan meliputi:

  • Email dan password akun
  • Nomor rekening, termasuk juga nama pemilik rekening dan bank
  • Nomor telepon
  • Detail transaksi yang Anda lakukan
  • dan sebagainya.

Data-data pribadi bisa menjadi akses bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyalahgunakan akun Tokopedia Anda untuk kepentingan pribadi. Oleh karena itu, jangan pernah memberikan data-data tersebut kepada pihak lain selain Tokopedia. Perlu kami infokan bahwa setiap pesan pribadi dari akun resmi Tokopedia pasti menyertakan label “Administrator” pada bagian atas.

Jika Anda mendapatkan pesan pribadi yang meminta data-data tertentu, tapi tidak terdapat label “Administrator”, harap untuk mengabaikan pesan tersebut atau bila perlu laporkan ke pihak kami.

pm resmi dari tokopedia - administrator tokopedia
pm resmi dari tokopedia - administrator tokopedia

Perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak hanya membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita, tapi juga bisa menjadi media tindak penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Di Tokopedia sendiri sebetulnya fitur keamanannya sudah cukup lengkap, namun fitur-fitur keamanan ini akan kurang berguna jika user sendiri juga tidak berhati-hati.

Oleh karena itu, jadilah pembeli dan penjual online, serta pengguna internet yang cerdas yah, Toppers. Terima kasih sudah menggunakan Tokopedia sebagai situs jual-beli online yang aman dan nyaman :)

Situs dan Akun Resmi Tokopedia

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

Syarat dan Ketentuan Kompetisi Giveaway Motor Yamaha Day Tokopedia
Uncategorized
Syarat dan Ketentuan Kompetisi Giveaway Motor Yamaha Day Tokopedia
Editor Picks
30 Tempat Wisata Lembang Terbaru 2022, Populer dan Terfavorit
30 Tempat Wisata Lembang Terbaru 2022, Populer dan Terfavorit
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia