8 Cara Mudah Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

0
3690
cara menggunakan kamera dslr

Cara Menggunakan Kamera DSLR – Apakah kamu memiliki hobi fotografi atau baru mau coba menekuninya? Salah satu jenis kamera yang paling sering digunakan oleh kalangan fotografer profesional adalah kamera digital single-lens reflex (DSLR), karena hasil gambarnya yang lebih tajam dan hidup. Kelengkapan fitur dan teknologi yang ditawarkan oleh kamera DSLR membuatnya menjadi favorit para penggemar fotografi.

Namun, terkadang fotografer pemula membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kamera DSLR, karena penggunaannya yang dianggap rumit. Akan tetapi, apabila sudah menguasai teknik dasarnya, pemakaian kamera DSLR sebenarnya tidak sesulit yang kamu kira, lho.

Di artikel kali ini, Tokopedia akan memberikan tips memakai kamera DSLR untuk kamu yang ingin lebih serius dengan fotografi. Berikut langkah dan cara menggunakan kamera DSLR yang dapat kamu ikuti.

Baca Juga: 10 Tipe Kamera Mirrorless Terbaik 2018

Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

1. Kenali Fungsi Tombol-tombol pada DSLR

cara menggunakan kamera dslr untuk pemula
Sumber Gambar: Pixabay

Untuk kamu yang pertama kali menggunakan kamera DSLR, kamu pasti akan sedikit kebingungan dengan banyaknya tombol yang ada. Pelajari terlebih dahulu fungsi setiap tombol kamera kamu dengan membaca buku panduan yang tersedia, atau kamu dapat menggunakan aplikasi Canon Photo Companion di smartphone kamu untuk latihan mengoperasikan tombol-tombol pada DSLR.

2. Pilih Lensa yang Sesuai

cara menggunakan kamera dslr untuk pemula
Sumber Gambar: Pixabay

Penggunaan kamera DSLR harus didukung oleh pemilihan lensa kamera yang tepat. Ketahui terlebih dahulu fungsi dari setiap lensa yang ada, sehingga kamu dapat memilih lensa yang paling cocok dengan kebutuhanmu.

baner Maret Mantap

3. Pahami Konsep Segitiga Eksposur

Sebelum mulai memotret, ada baiknya kamu mempelajari teknik segitiga eksposur atau pencahayaan. Segitiga eksposur adalah tiga fitur kamera DSLR yang terdiri dari ISO, aperture, dan shutter speed. Dengan menggunakan konsep segitiga eksposur dalam fotografi, kamu dapat menciptakan foto dengan pencahayaan dan fokus yang seimbang.

4. Optimalkan Penggunaan Viewfinder

cara menggunakan kamera dslr untuk pemula
Sumber Gambar: Pixabay

Viewfinder adalah celah kaca kecil di bagian belakang kamera yang biasa digunakan untuk membidik objek. Walaupun banyak kamera DSLR keluaran terbaru yang sudah menghadirkan fitur layar LCD untuk melihat objek, penggunaan viewfinder memungkinkan kamu untuk menangkap objek lebih jelas, akurat, dan kamu dapat memegang bodi kamera dengan lebih stabil.

Baca Juga: Top 11 Kamera DSLR Terbaik tuk Pecinta Fotografi

5. Atur Komposisi Foto

Untuk menghasilkan foto dengan objek dan latar belakang yang selaras, pelajari pengaturan komposisi foto yang paling mendasar dalam dunia fotografi, yaitu rule of thirds (aturan sepertiga). Dengan teknik ini, kamu dapat membagi komposisi frame menjadi tiga bagian yang sama besar. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan komposisi objek foto dengan bagian latar belakangnya.

6. Kurangi Penggunaan Flash

Walaupun kelihatannya penggunaan flash akan sangat membantu kamu dalam menangkap cahaya, namun sebenarnya pencahayaan yang alami adalah sumber terbaik untuk foto yang berkualitas. Dengan mempelajari teknik pencahayaan yang tepat, kamu bahkan tidak perlu lagi menggunakan flash terlalu banyak ketika memotret di malam hari.

7. Jangan Takut Bereksperimen

Ingat dengan kutipan “practice makes perfect”? Hal tersebut juga berlaku buat kamu yang baru belajar mengoperasikan kamera DSLR. Perbanyak latihan memotret objek apapun yang ada di sekitarmu, dengan menggunakan berbagai macam teknik dan pengaturan mode fotografi yang telah kamu pelajari. Lihat betapa banyaknya gambar yang kamu dapatkan dengan mengambil objek yang sama, tetapi dengan pengaturan yang berbeda.

8. Rawat Kamera dengan Cara yang Tepat

cara menggunakan kamera dslr untuk pemula
Sumber Gambar: Pixabay

Setelah mempelajari berbagai jenis pengaturan dan konsep kamera DSLR, memberikan perawatan pada kamera DSLR kamu juga tidak kalah penting. Kamera adalah salah satu perangkat yang paling rentan debu dan kotoran, sehingga hal ini dapat mempengaruhi kualitas memotret.

Untuk mencegahnya, simpan kamera di dalam tas kamera dengan silica gel, serta letakkan di tempat yang terhindar dari debu, kondisi lembab, dan cuaca yang ekstrem. Ada baiknya bersihkan juga lensa kamera setiap selesai digunakan dengan lap khusus.

Baca Juga: Aksesoris Kamera DSLR ini Wajib Banget Kamu Punya

Itu dia beberapa tips cara menggunakan kamera DSLR untuk pemula dari Tokopedia. Dengan memahami cara-cara di atas, kamu akan lebih mengenali bagaimana menggunakan kamera DSLR dengan tepat dan menghasilkan gambar-gambar yang luar biasa.

Untuk kamu yang tertarik dengan fotografi tapi belum punya kamera, sekarang kamu bisa mengakses Tokopedia dan menemukan berbagai macam kamera DSLR sesuai dengan kebutuhanmu, dan pastinya dengan harga yang menarik!

Aksesoris Kamera Itali

Bagikan Artikel