7 Habit Hubungan Percintaan Sehat yang Perlu Kamu Ketahui

723
Hubungan pacaran yang sehat

Hubungan Pacaran yang Sehat – Hubungan percintaan antara dua manusia merupakan hal yang sangat kompleks. Kebahagiaan memang ada, namun acap kali hubungan percintaan harus berakhir karena konflik melanda dan gagal menemukan solusi tanpa berpisah. Akan tetapi, kamu bisa menciptakan hubungan percintaan sehat dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan konstruktif. Habit hubungan percintaan sehat akan meredam konflik berlarut-larut.

Jika kamu merindukan hubungan percintaan sehat, berikut ini adalah habit hubungan percintaan sehat wajib kamu ketahui dan aplikasikan.

Baca juga: 5 Tanda-tanda Hubungan Tanpa Status dan Ruginya Buatmu

Membiarkan masalah pergi tanpa diselesaikan

Pacaran yang Sehat
Sumber gambar: Yoga Journal

Seolah-olah berlari dari tanggung jawab, kebanyakan pasangan berusaha menyelesaikan sebuah permasalahan bersama pasangannya, berujung pada argumentasi dan debat kusir berlarut-larut, semakin memperdalam masalah. Habit hubungan percintaan sehat ini adalah sebuah mitos, ungkap John Gottman, seorang peneliti dan pencipta kajian studi ilmu hubungan percintaan.

Dalam risetnya, John menemukan fakta bahwa pasangan yang bertahan lebih dari 40 tahun dan bahagia memiliki habit hubungan percintaan sehat berupa membiarkan permasalahan tertentu bilamana acap kali menimbulkan pertengkaran terlupakan tanpa diselesaikan.

Selalu jujur, meskipun beresiko melukai perasaan pasangan

Pacaran yang Sehat
Sumber gambar: Velvet

Lebih baik satu kejujuran pahit daripada hidup dalam kebohongan. Kalimat tersebut terdengar klise, namun nyata adanya. Pasangan selalu berusaha menjaga perasaan pasangan dengan cara berbohong terkait pendapat mereka guna menghindari permasalahan. Habit hubungan percintaan sehat seharusnya mengutamakan kejujuran ketimbang menjaga perasaan. Alasannya sederhana, kejujuran yang menyakitkan sekalipun bisa menjadi kritik konstruktif.

Kebohongan adalah hal indah, tetapi jika habit hubungan percintaan ini terus dilakukan, pasangan tidak akan pernah menjadi lebih baik dari segala aspek.

Tidak gentar mengakhiri hubungan jika situasi mengharuskan

Hubungan yang Sehat
Sumber gambar: Meekri

Memegang teguh arti hubungan percintaan sebagai ikatan sehidup semati bukanlah hal tepat untuk dilakukan. Bahkan dalam beberapa kasus, ada pasangan rela dipukuli habis-habisan oleh suami secara kejam. Semua berasaskan cinta. Namun, jika kecintaan pada seseorang membuat Anda lupa mencintai diri sendiri, maka habit hubungan percintaan tersebut harus segera ditinggalkan.

Habit hubungan percintaan sehat akan lebih tepat jika memiliki sikap ketidaktakutan mengakhiri hubungan jika memang harus segera diselesaikan. Mengakhiri hubungan juga memberikan waktu pada masing-masing pihak untuk merefleksikan diri…. Atau mencari pasangan lain.

Mewajarkan rasa ketertarikan pada orang-orang di luar hubungan

Hubungan pacaran yang sehat
Sumber gambar: Know Your Meme

Pernahkah pasangan Anda cemburu jika Anda melirik orang lain ketika berada di tempat umum? Hubungan percintaan ditafsirkan sebagai ikatan dimana pikiran, perasaan, emosi, tindakan, segala hal berkaitan dengan diri haruslah berpusat pada pasangan. Pemikiran seperti ini membuat hubungan rentan akan konflik. Habit hubungan percintaan tidak sehat tersebut menentang dan melawan insting hewani dari manusia.

Kita tidak punya kontrol penuh terhadap pikiran dan perasaan, namun kita bisa membuktikan komitmen pada pasangan melalui sikap dan tindakan yang kita lakukan. Wajar apabila ada wanita cantik atau pria atraktif di dekat pasangan dan mereka memfokuskan pandangan pada orang-orang yang terlahir dengan penampilan fisik menarik.

coklat valentine

Tidak selalu bersama

Selalu ada teman pria yang rela meninggalkan semua hobi, aktivitas, dan kesibukannya demi mengunjungi sang kekasih. Atau teman wanita, tiba-tiba menggemari komik, video game, dan segala hal terkait hobi pacar laki-lakinya padahal dirinya sama sekali tidak memahami cara memegang controller console dengan benar. Habit hubungan percintaan demikian terlihat romantis, namun faktanya jatuh cinta membuat seseorang mabuk hingga melepaskan logika dan akal sehat.

Bersama pasangan memang terasa menyenangkan, akan tetapi, Anda perlahan-lahan kehilangan teman, kolega, bahkan keluarga jika terlalu banyak menghabiskan waktu bersama pasangan. Hal tersebut berpengaruh pada karier dan masa depan Anda juga, lho.

Menerima kekurangan pasangan

Hubungan pacaran yang sehat
Sumber gambar: Pixabay

Hanya ada dua jenis pria pencari pasangan di dunia, pertama, mereka yang mencari wanita sempurna dan tidak pernah menemukan satupun; kedua, mereka yang menganggap setiap wanita adalah sempurna. Tidak ada manusia sempurna. Mencoba memperbaiki kekurangan pasangan juga tidak selalu berhasil. Habit hubungan percintaan sehat adalah dengan menerima kekurangan apa adanya, tanpa harus memaksa mereka mengubah kekurangan tersebut.

Memiliki batasan privasi

Hubungan pacaran yang sehat
Sumber gambar: Vasco

Semua kata sandi akun Tokopedia, PIN, sidik jari, foto, dan hal-hal yang sejatinya adalah privasi, merupakan milik bersama pasangan. Sadarkan bahwa batasan privasi telah dilanggar? Perlahan-lahan, Anda merasa tidak nyaman, gelisah, dan tertekan. Pada akhirnya, konflik timbul akibat tekanan dari terlanggarnya ruang privasi. Habit hubungan percintaan sehat seharusnya mengizinkan masing-masing pihak memiliki ruang privasi sendiri.

Baca juga: Cara Putus Dari Pacar Tanpa Melukai Hatinya

Toppers, sekarang kamu sudah paham mengenai habit hubungan percintaan sehat, habit hubungan percintaan mana yang harus diaplikasikan pertama kali dalam hubungan Anda?

buket bunga