• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Ide Permainan Indoor untuk Anak Saat Musim Hujan

Share

Ide Permainan Indoor untuk Anak Saat Musim Hujan

Ada kalanya anak terjebak bermain di dalam rumah, misalnya karena di luar sedang hujan. Jangan membiarkannya hanya bermain gadget, coba berbagai ide permainan untuk membuatnya tetap terhibur di area indoor.


Anak usia sekolah umumnya sedang aktif-aktifnya bermain. Penat selepas belajar di sekolah, ia mungkin ingin menghabiskan sore harinya bermain bersama teman-teman di luar. Namun ada kalanya ia tidak bisa bermain di luar rumah dan ‘terjebak’ di dalam ruangan, misalnya saat musim hujan tiba.

Aktivitas yang menyenangkan ini tidak hanya membuat si kecil tetap sibuk, namun juga seru jika dimainkan baik sendirian atau dengan temannya yang sedang berkunjung. kamu juga bisa mencoba ide-ide permainan indoorseru ini untuk dimainkan bersama sehingga kamu bisa menghabiskan waktu yang berkualitas bersama si kecil Tak hanya menyenangkan, permainan-permainan ini juga bisa menstimulasi kecerdasan dan perkembangannya.

Ide Permainan Indoor untuk Anak

1. Pertunjukan boneka

kamu bisa menggunakan boneka yang ada atau finger puppes Biarkan anak melakukan pertunjukan baik sendirian atau berdua dengan temannya, dengan memasukkan dialog-dialog yang akan ‘diucapkan’ oleh si boneka. Permainan sederhana ini akan mengasah imajinasinya, dan memberi panggung bagi anak yang pemalu sekalipun.

2. Membuat album kolase foto atau scrapbook

Keluarkan peralatan seni kamu dan ajari si kecil menyimpan memori atau bernostalgia dengan cara yang seru yaitu membuat album kolase foto atau scrapbook dari kegiatan-kegiatannya di beberapa waktu yang lalu. Anak-anak menyukai melihat foto-foto keluarga, jadi biarkan ia memilih foto yang akan ditempel. kamu bisa menghiasnya dengan berbagai aksesoris seperti pita, bunga kering, stiker-stiker lucu, dan lain-lain. Keluarkan gunting, lem, dan biarkan dia berkreasi sesuka hati.

3. Eksperimen sains yang menyenangkan

Sains tidak harus selalu serius dan membosankan. Bagi anak-anak usia sekolah, ada banyak eksperimen sains yang dibuat sederhana dan menyenangkan, sehingga mudah dimengerti. Meskipun begitu, kamu tetap harus memberikan supervisi dan mungkin memberi penjelasan lebih lanjut sesudahnya. Eksperimen seru ini juga bisa menjadi kegiatan menyenangkan untuk menguatkan ikatan di antara kalian.

4. Membuat makanan pencuci mulut sederhana

Mungkin anak kamu selalu tertarik untuk membantu kamu di dapur. Laki-laki ataupun perempuan, memasak adalah keterampilan yang berguna bagi semua orang. kamu bisa memulainya dengan mengajarkan membuat makanan pencuci mulut sederhana, seperti es krim, puding, atau bahkan kue bolu.

5. Bermain board games

kamu bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama si kecil dengan memainkan permainan-permainan papan seperti monopoli, ludo, catur, kartu, atau menyelesaikan bersama-sama.

6. Membuat perhiasan dari manik-manik

kamu bisa mengajarkan anak untuk membuat perhiasan seperti kalung dan gelang sederhana menggunakan manik-manik dan benang atau tali khusus. Ini bisa menjadi proyek yang menyenangkan untuk anak perempuan, dan mereka juga akan senang mengenakan perhiasan hasil buatannya sendiri.

7. Menonton film keluarga

TV tidak harus selalu menjadi musuh orang tua Asal film yang ditonton dipilih dengan seksama dan anak mendapat pendampingan dari kamu, menonton TV juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang bermanfaat. kamu bisa memilih film keluarga yang menghibur sekaligus memiliki pesan moral untuk si kecil. 

BACA JUGA: 50 INSPIRASI NAMA BAYI PEREMPUAN: ISLAMI, MODERN, JAWA HINGGA UNIK

Itu dia, Toppers beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak ketika musim hujan. Tentunya dalam cuaca apapun, kamu tetap bisa memberikan permainan yang menyenangkan sekaligus mengasah kreativitas dan kemampuan anak. Kamu bisa mencobanya langsung di rumah bersama si kecil, Toppers!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Obat Batuk untuk Ibu Hamil di Apotik, Efektif Bantu Redakan Batuk
Kids and Parenting
Obat Batuk untuk Ibu Hamil di Apotik, Efektif Bantu Redakan Batuk
© 2009-2024, PT Tokopedia