• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Ihsanudin Fanani & Umi Tursini – Dari Sarjana Kini Jadi Pengusaha Tas Kamera

Share

Ihsanudin Fanani & Umi Tursini – Dari Sarjana Kini Jadi Pengusaha Tas Kamera

Berawal dari ketertarikannya di dunia fotografi, Ihsanudin Fanani atau yang biasa disapa Didin tertarik berbisnis tas kamera. Awalnya ia merasa kalau harga tas kamera terbilang cukup mahal harganya. Dari sinilah Didin mendapat ide untuk membuat tas kamera lokal dengan harga yang lebih bersahabat. Responsnya pun positif di pasar dan stok produk terus ditingkatkan. Inilah yang menjadi awal mula bisnis online Tas Kamera Malang.

Screen Shot 2016-04-12 at 1.14.25 PM

Seiring berjalannya waktu, pesanan tas kamera semakin banyak dan Didin terkendala masalah modal. Beruntunglah Umi Tursini yang adalah dosennya di kampus bersedia membantu dan ikut terjun ke dalam bisnis ini.

Umi sendiri menceritakan bahwa ketika ia kuliah S3 di Australia, ia sudah menyadari tren jual beli online yang sudah lama ada di luar negeri. Ia berani meminjamkan modal ke Didin karena sudah mengenal bisnis online selama studinya di luar negeri dan mengenal Didin sebagai sosok yang gigih. Umi percaya bahwa potensi bisnis online di Indonesia itu besar dan menjanjikan.

Screen Shot 2016-04-12 at 1.16.26 PM

Perjalanan Didin dalam membangun usaha ini tidak bisa dikatakan mulus. Di awal perjalanan, Didin pernah merasa kesulitan menemukan penjahit yang cocok, belum lagi ia pernah ditipu dalam hal produksi barang. Selain itu, sebagai sarjana ia diharapkan bisa bekerja seperti kebanyakan orang, salah satunya adalah dengan menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil). Usahanya sendiri juga pernah diremehkan, terlebih karena teman-temannya sudah bekerja di bank, hotel, dan sebagainya.

Namun, pria 25 tahun ini berhasil membuktikan bahwa bisnisnya bisa membuahkan hasil yang manis. Dengan berjualan tas kamera online, Didin bisa membeli rumah dan mobil sendiri, serta bisa membiayai keperluan keluarga.

Screen Shot 2016-04-07 at 8.29.13 PM

Banyak hal yang Didin & Umi terapkan untuk terus mengembangkan bisnis ini. Mereka tidak berhenti mencoba dan berinovasi supaya tidak stagnan di satu titik saja. Langkah yang diambil dalam berbisnis pun didasari terlebih dahulu dari riset dan analisa pasar, termasuk di Tokopedia.

Model tas kamera pun tidak itu-itu saja. Keduanya terus mengikuti perkembangan tren dengan mencari tahu model mana yang sedang naik daun di internet. Meski begitu, Didin & Umi sadar bahwa apa yang menurut keduanya menarik belum tentu dirasakan yang sama oleh calon pembeli. Karena sadar selera pasar yang bisa berbeda, bagi Didin & Umi langkah apapun dalam bisnis harus dites lebih dulu.

Screen Shot 2016-04-07 at 8.30.38 PM

Tidak mau puas di satu bisnis saja, Didin & Umi kini juga merambah ke bisnis sepatu wanita di Nimi’s Footwear. Bermodalkan pengalaman dalam mengelola bisnis tas kamera, mereka menerapkan strategi yang mirip dalam berjualan sepatu wanita ini dan berhasil meraup keuntungan meski baru berjalan beberapa bulan.

Didin & Umi merasakan kebahagiaan tersendiri dalam mengelola bisnis ini karena ternyata bisa memberi kemudahan dalam pembagian waktu dan hasil yang memuaskan. Bekerja pun terasa menyenangkan dan tidak terasa seperti “bekerja” dan ternyata bisa menciptakan lapangan pekerjaan juga. Didin & Umi berhasil membuktikan bahwa selama kita berani melangkah, pasti ada jalan untuk menciptakan peluang dan menuai hasil yang baik.

Kita harus berani melangkah dan keluar dari area comfort zone. Kalau kita berani melangkah, pasti akan ada jalan.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
Seller Story
Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
© 2009-2024, PT Tokopedia